Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berawal dari Jerawat, Review Produk dan Blogger!


Berawal dari Jerawat, Review Produk dan Kekuatan Blog. Iya, semuanya berawal dari sini. Mungkin tulisan ini akan berisikan sebuah cerita tentang aku. Tau sendiri, aku kalau bercerita suka menceritakan semuanya dari awal.

Tulisan yang menurut aku sampai sekarang masih tidak percaya aku berada di posisi ini, mendapatkan ini, apalagi jika kita konsisten dan memilih fokus melakukan hal ini.

Memang benar kata orang - orang rezeki dari Allah tidak di sangka - sangka, dan benar saja aku mendapatkan itu, dan aku pun menyadari itu.

Awal Mula Cerita

Pada akhir tahun 2019 yang lalu, aku dan beberapa teman kampus ku akan melakukan touring. Hal ini biasa kami lakukan setiap akhir semester. Tapi, mungkin kali ini berbeda. Karena ini adalah perjalanan terakhir kami, sembari penutupan akhir masa perkuliahan.

Semoga ada kesempatan lainnya untuk kami dapat melakukan perjalanan di lain waktu untuk menjelajahi alam, semoga saja itu bukan yang terakhir, Aamiin.

Perjalanan yang kami lakukan pada november 2019 lalu adalah ke Bukit Holbung. Bukit holbung ini terletak di Daerah Sumatera Utara, Kabupaten Samosir, view dari bukit holbung langsung ke arah Danau Toba.

Aku ingat betul kondisi teman boncengan ku. Sony namanya, ia menggigil demam. Aku sempat panik dan khawatir. Terlebih lagi seorang teman memberikan ia obat untuk meredakan demam namun memberikan efek samping mengantuk yang cukup berat. 

Pada perjalanan menuju pulang, sony menawarkan aku untuk gantian bonceng. Akhirnya aku setuju dengan permintaan sony. Karena, pada saat perjalanan ia sudah setengah sadar dalam membawa sepeda motor, bahkan sempat lawan arah. Syukur-nya jalanan sepi dan tidak ada kendaraan lain selain kami pada saat itu.

Tak lama, sony meminta mengejar salah satu teman, untuk gantian berboncengan, aku dengan temanku yang wanita, dan sony dengan teman ku yang laki - laki. Tak lama dari itu, sebuah tragedi pun terjadi.

Seorang teman yang tertinggal jauh dari belakang menabrak sepeda motor kami. Iya, kami terjatuh. Aduh rasanya kalau ingat ini, benar - benar memanggil ingatan yang sulit di lupa.

Diantara kecelakaan tersebut. Yang jatuh hanya ke-3 teman ku dan aku. Ke - 3 teman tersebut mengalami luka lebam, sedang aku dibagian pipi atas dan alis sempat terkena goresan aspal.

Iya, berawal dari sini. Bekas luka yang tertinggal di bagian wajah. Rasanya aku malu dan begitu tidak percaya diri untuk keluar dari rumah.

The power off wanita, bisa menutupi itu dengan make up. Tapi aku? hu hu benar - benar tertutup sekilas. Jika diperhatikan dengan sungguh - sungguh. Pasti akan ada yang bertanya "Kenapa wajahmu?"

Ini biar aku kasih lihat kondisi wajah aku ketika aku terjatuh dari motor.

Foto Wajah Luka
Tidak terlalu parah memang jika di lihat, tapi ya namanya juga wanita, bisa saja tidak sepercaya diri itu.

Foto sebelah kiri yang memakai helm itu di foto sehabis jatuh dari motor, sedang yang kanan, mungkin seminggu setelah jatuh.

foto awal tahun, sebelum berjerawat
Dan ini adalah foto awal tahun 2020. Padahal baik - baik saja kan kalau dipakai make up?

Tapi tetap saja sahabat, bekas dari luka ini membuat aku kehilangan percaya diri.

Awal Mula Timbulnya Jerawat di Wajah

Dari kecelakaan dan ketidak percayaan diri. Akhirnya aku memilih untuk mencari solusi lewat internet dan juga youtube.

Bukan skincare yang aku cari, melainkan salep / obat dari apotek. Obat/salep menghilangkan bekas luka khusus wajah. Karena aku mengira ini bisa di atasi dengan resep dokter.

Aku lihat rekomendasi dari youtube, hasil review-nya bagus, dan itu recomended. Aku membeli dua salep obat. Seingat aku, saat itu yang ukuran kecil harganya Rp. 7000. Untuk merk tidak perlu aku sebut ya, yang pasti itu sebagai salah satu rekomendasi para influencer.

Aku pergi lagi ke apotek lainnya, mencari obat salep yang lain. Pada saat di apotek lain aku bertemu dengan seorang perawat sepertinya. Dia memberikan salah satu obat salep penghilang luka khusus wajah. Harganya cukup tinggi, yakni Rp. 99.000.

Si Perawat yang dari apotek itu juga mengatakan bahwa obat tersebut, bukan hanya dapat menghilangkan bekas luka, tapi juga dapat mengecilkan pori - pori yang ada di wajah, selain itu juga dapat mencerahkan.

Jujur, siapa yang tidak tergiur? Menurut aku, worth it, untuk harga yang segitu dan efek yang di dapatkan. Padahal belum pernah aku coba, hanya tergiur saja.

Oke baik, hari itu tanggal 3 Januari 2020 aku mencoba yang harga Rp. 99.000 pada malam hari sebelum tidur, aku menaruhnya rata ke seluruh wajah. Pagi aku memakai yang seharga Rp. 7000, hanya menempelkan di bagian luka saja. 

Kebetulan, pada saat itu aku belum bekerja, jadi masih bolak - balik antara kost dan juga kampus. Jadi, bisa rutin memakai salep obat itu ke wajah aku. tanpa harus malu menaruhnya di wajah.

Ingat, itu aku memakainya pada tanggal 3 Januari. Jelang tanggal 5 Januari. Hanya hitungan hari aku mulai merasakan sedikit ada yang berbeda di wajah aku, seperti ada yang aneh.

Hingga tiba pada tanggal 6 Januari 2020. Terlambat aku menyadari, ternyata kedua salep obat yang aku beli dan aku pakai dari apotek, itu bukanlah solusi.

Ya, bekas luka tidak hilang apalagi memudar dalam waktu yang singkat, beberapa hari pemakaian belum ada terlihat perubahan. Dan yang terjadi adalah timbulnya jerawat di bagian wajah, full jerawat.

Jujur saja, ini membuat aku sendiri drop. Ternyata tidak semua hasil review di youtube itu benar, aku juga tidak menyalahkan. Mungkin memang tidak cocok di kulit wajah aku. Dan jujur, aku kesal sekali dengan perawat dari apotek yang mengatakan bahwa bisa mengecilkan pori - pori wajah.

Baik, aku menyesali. Seharusnya aku tetap bisa percaya diri dan menimpanya dengan make up. Seharusnya tidak terjadi yang seperti ini, menimbulkan yang lebih parah lagi, mengeluarkan keuangan yang lebih banyak lagi. Dan iya, ternyata benar. Penyesalan memang selalu timbul di akhir.

Telinga ku harus semakin tebal, walau aku sendiri masih tidak bisa menerima kenyataan bahwa wajah ku berjerawat parah sekali.

Berikut ini ada beberapa update-an foto yang paling menyedihkan menurut aku.

Blog dokumentasi foto bulan februari
Februari
Foto ini di ambil pada bulan februari 2020, dimana jerawat hilang dan timbul satu persatu.


Juli
Foto ini di ambil pada Juli 2020 lalu, dimana kondisi kulit wajah ku mulai kusam, terlihat tidak cerah, merasa menyerah memakai skincare, karena tidak ada satupun yang cocok.


September
Foto ini di ambil pada bulan September 2020. Iya, kulit wajah ku terlihat semakin kusam, bahkan kerutan mata terlihat begitu jelas, tapi di foto ini, kondisi jerawat sudah tidak ada, semuanya hanya sisa bekas dari jerawatnya saja.

Dan disini, aku sudah menemukan skincare yang tepat untuk menghilangkan jerawat. Sebelumnya aku juga pernah menulis skincare tentang permasalahan kulit ku yang ini, disini

Akhir Oktober

Foto ini aku ambil pada akhir bulan Oktober 2020, wajah kusam ku sudah memudar perlahan, bekas jerawat juga mulai berkurang. dan paling ajaib-nya jerawat tidak satupun lagi muncul.

O iya, tentu aku sudah menuliskan artikelnya, dan kamu dapat membacanya disini
Tentu aku memakainya rutin sampai di awal tahun 2021, dimana kondisi wajah sudah mulai lebih membaik, dan menggantinya ke produk brightening.

Dalam menangani hal ini, Tau apa yang aku lakukan?

Uang gaji dan uang tabungan aku habiskan hanya untuk membeli skincare, mencoba dari satu skincare ke skincare lainnya.

Ada lagi pengalaman terburuk ku, aku pernah membeli satu paket rangkaian skincare, disaat aku memutuskan untuk konsultasi ingin membeli yang acne atau yang brightening, dengan harga yang cukup mahal menurutku.

Bagiku, konsultasi itu penting, untuk tau produk mana yang bagus dipakai, makanya aku memilih untuk konsultasi, aku juga mengirimkan fotoku yang full dengan kondisi wajah berjerawat. Namun ia malah memberikan aku yang brightening, katanya ini hanya untuk pemakaian di awal, perkenalan dengan produk itu, kalau ada perubahan baru aku dikasih memakai yang acne.

Sedikit tidak masuk akal menurut ku, tetapi ya mau bagaimana. Hasil dari konsultasi mengatakan yang seperti itu, ya aku juga percaya - percaya aja anaknya hehe. 

Satu rangkaian skincare itu sudah habis dipakai, namun tidak ada perubahan sama sekali, akhirnya aku memutuskan untuk membeli produk lainnya.

Sepanjang perjalanan 2020, pengeluaran aku habis untuk membeli skincare. Dari sini juga aku mengetahui mana produk yang terbaik untuk mengatasi permasalahan kulit wajah yang berjerawat seperti aku, cara menghilangkan bekas jerawat, dan produk mana yang dapat mencerahkan dan melembabkan kulit wajah.

Mulai Menulis Review di Blog

Dari tahun 2020 juga perjalanan aku menjadi blogger di mulai, setelah resign pada awal april 2020.

Sebelumnya, bertahun - tahun aku ingin sekali membuat blog, akhirnya tercapai. Aku belajar sendiri, otodidak, sumber hanya dari youtube. Ingat betul, pada saat itu aku melihat youtubenya Pakar Tutorial aku tertarik, dan langsung belajar. Tidak berhenti disitu.

Sepertinya aku memang haus kalau sudah dapat ilmu baru, kalian sama tidak? Aku mencari tau semuanya tentang blog, dimulai dari 0 iya, cara membuat blog, memasang template, menerbitkan tulisan, memasang domain tld, bahkan di 2020 aku berhasil daftar google adsense, walau kena peringatan di akhir tahunnya, sehingga adsense di liburkan selama satu bulan.

Iya, aku belajar blog sendiri hanya mengandalkan youtube, bahkan disaat aku ada masalah di blog, dan belum bergabung dengan komunitas, aku mencari solusi sendiri, seperti tanya ke line atau lihat info di grup facebook.

Kok habis cerita skincare, lari ke blog sih? Ada apa?

Iya, karena pada saat itu aku mengenal apa itu niche, niche blog sendiri adalah salah satu bentuk fokus blog terhadap tema yang dibangun. Beberapa niche blog seperti kesehatan, kecantikan, lifestyle, pendidikan, blogging, dan banyak niche lainnya,

Niche yang aku gunakan, kalau kata blogger lain yakni niche gado - gado yang isinya random dan dapat membahas apapun.

Nah, dari sini juga aku tertarik menuliskan apa saja yang aku ketahui dan yang pernah aku alami. Karena dari pengalaman aku yang berjerawat satu wajah ini, akhirnya aku tau mana skincare yang bagus dan yang tidak. Dari sini lah aku mulai menuliskan tentang dunia per-skincaren-an.

Dan untuk sebuah konten di blog, akhirnya aku menuliskan dan merekomendasikan ke orang - orang lewat tulisan yang aku bagikan melalui blog ini. Makanya semua hasil review yang aku tulis, selalu aku buat #honestreview.

Semua produk sudah aku coba terlebih dahulu, bagaimana kondisi wajah, dan skincare mana yang tepat. Dapat di katakan, itulah perjalanan 2020 yang aku lalui.

Tulisan review pertama kali yang aku post pada agustus 2020 lalu membuat aku semakin tertarik untuk review skincare lainnya.

Ini adalah beberapa tulisan awal tentang review produk, jika kamu berkenan untuk membacanya.
Aku juga mempelajari, apa - apa saja yang dibutuhkan dan di cari oleh pembaca, sehingga tulisan yang aku tulis dapat menemukan jawaban yang mereka cari.

Oh iya, aku mau kasih lihat kondisi wajah aku di tahun 2021, yang menurut aku ini perubahan yang aku dapat setelah memakai skincare yang tepat.


2021 The Power Of Blogger

Tiba saatnya 2021, ternyata blogger penuh dengan kerahasiaan dan kejutan. Dapat aku katakan, di tahun 2021 ini, adalah tahun yang penuh dengan keberkahan. Aku banyak banget bersyukurnya di tahun ini.

Keuangan, dan segala sesuatu bentuk rezeki lainnya berdatangan, termasuk mendapatkan teman - teman blogger yang saling support. Aku mengenal beberapa komunitas, seperti BloggerHub, BloggerCrony, SEO Moms Community, 1 Minggu 1 Cerita, dan beberapa komunitas lainnya.

Perlahan, berbagai macam brand kecantikan juga mulai melirik blog Pohon ketela ini, tawaran kerja sama pun banyak berdatangan, untuk review dari satu produk ke produk lainnya. Padahal, menurut aku, tulisan aku masih banyak kurangnya, SEO juga masih tahap belajar, tapi aku bersyukur sih, Alhamdulillah.

Bahkan di tahun 2021 aku juga mendapatkan tantangan kok, adsense ku lagi - lagi sempat mendapatkan peringatan dan berhenti sekitar sampai 5 bulanan. Cukup lama, dan bikin pasrah, tapi entah kenapa aku yakin aja kalau akan ada rezeki lain yang datang, ternyata itu benar.

Tapi di balik itu juga aku mendapatkan rezeki lebih, dan berkali lipat dari yang lain, masih sama dari blog juga sih, cuma bukan adsense.

Iya, semuanya berasal dari blogger.

Jujur, aku sampai sekarang tidak menyangka kalau kekuatan blog sehebat ini. Ketika tahun 2020 uangku habis untuk membeli skincare, 2021 datang tak satupun aku membeli skin care, kecuali akhir tahun kemarin, karena ada diskon hehe. Iya sih, dapat dikatakan skincare aku aman.

Selama aku resign dari pekerjaan, aku beralih mengambil profesi menjadi freelance writer dan juga blogger. Ya cukuplah membantu aku yang belum menemukan pekerjaan tetap ini.

2021 juga banyak sekali ilmu yang aku dapat tentang blog, dunia pertemanan dengan blogger lainnya. Di tahun 2022, aku juga banyak belajar dari beberapa teman blogger, tawaran kerja sama sebagai influencer semakin bertambah.

Rasanya, aku ingin sekali mengucapkan terima kasih kepada diri sendiri, dan teman - teman blogger lainnya yang membantu aku, ketika aku sulit menemukan jawaban dalam dunia blog. Jika untuk tuhan, tentu saja aku tidak berhenti bersyukur untuk hal ini.

Karena blog, yang tidak pernah aku pelajari sebelumnya, yang tidak aku ketahui, dan tidak aku mengerti, sekarang menjadi satu - satunya jalan sumber penghasilanku.

Mungkin jika aku mengetahui sedari dulu, dan sudah lama berkecimpung dalam dunia perbloggeran, mungkin saja aku sudah fasih dalam dunia blog. Tapi sayangnya aku sebuta itu akan sosial media.

Awalnya, aku ingin menuliskan sebuah thread tentang "Berawal dari Jerawat, Review dan Blog" di akun twitter milikku, bahkan sebuah utas sudah selesai, hanya saja masih aku simpan di draft, belum berani aku publish. Aku malu, karena ilmu ku masih awam banget, aku masih banyak kurangnya.

Karena niat aku di awal ingin share tentang tulisan ini, karena aku menyadari suatu hal kayak wah, ternyata blog sehebat ini, aku kemana saja selama ini? Kenapa begitu buta akan sosial media?

Gara - gara blog aku dapat teman baru loh, gara - gara blog tulisan aku dibaca banyak orang dari bermacam daerah juga negara, gara - gara blog skincare aku aman terkendali, gara - gara blog juga aku dapat sumber pemasukan.

Kalau kalian membaca tulisan aku ini sampai akhir, aku ingin mengatakan, Terima Kasih. Semoga tulisan aku ini bermanfaat, bisa kamu ambil  yang baiknya di tulisan ini.

Satu isi pesan ku, Jika kamu menyukai di suatu bidang, fokus lah di bidang itu sendiri, nanti kau akan rasakan kehebatan yang kembali padamu.

Aku mungkin masih baru berteman dengan blogger, pada 2020 lalu. Tapi aku masih perlu banyak belajar, dan tentunya aku masih mau mempelajari banyak hal, sampai sekarang. Dan jika kamu baru saja memulai untuk membuat blog, ayo belajar dan coba pahami.

Dan ingat, tujuan kamu membuat blog itu apa? Pelajari dan Pahami.

Sekali lagi, jangan tergiur jika rumput tetangga lebih hijau, Lihat proses bukan hasil.

2 comments for "Berawal dari Jerawat, Review Produk dan Blogger! "

  1. Alhamdulillah semakin bergabung dengan komunitas blogger makin banyak rezeki, rezeki ilmu, dukungan, dan rezeki lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, iyaa benar mbak. Komunitas blogger banyak banget membantu, salah satunya rezeki ilmu, rezeki dan dukungan. Itu yang luar biasa

      Delete