10 Rekomendasi Kuliner Khas Kota Medan, Dijamin Beda dari yang Lain!

Kuliner Medan
Rekomendasi Kuliner Khas Medam


Kota Medan dikenal dengan adat dan budayanya yang begitu kental, tentunya tidak ketinggalan juga kuliner khas Medan yang wajib di Coba.

Ibu Kota yang berada di Bagian Barat ini di kenal dengan kuliner yang kaya akan rempah, masakan yang harus terasa pedasnya dan asinnya.

Bakal cocok dengan lidah kita tidak ya?

Rekomendasi kuliner ini khusus bagi traveller atau pengunjung luar Kota yang akan singgah di Medan.

Inilah rekomendasi kuliner Khas Kota Medan yang dapat anda Coba

1. Mie Balap

Konon katanya, Mie Balap cuma ada di Kota Medan loh.

Disebut dengan Mie Balap karena penyajiannya yang super duper cepat, seakan sedang berbalap - balapan padahal sedang memasak mie.

Mie balap banyak terdapat di setiap sudut kota Medan. Rasanya yang nikmat dan harganya juga cukup bersahabat. Dimulai dari Rp. 5000 sampai Rp. 12.000 itu pun tergantung tempat dan menu yang di pilih.

Mie balap terdapat beberapa varian mie, seperti mie kuning / mie lidi, bihun, mie tiaw, dan indomie.

Mie balap di masak dengan bumbu spesial, dan dicampur dengan daun bawang, kecap dan juga telur. Tidak lupa sebagai pelengkap ditabufkan sambal cabai agar mie lebih terasa nikmat dan sedap.

Intip menu Mie balap dan cara membuat mie balap KLIK DISINI.

2. Rujak Simpang jodoh Tembung

Rujak Simpang Jodoh sudah dikenal dan tak asing lagi terdengar di telinga orang Medan.

Rujak simpang jodoh memang sudah melegenda masyarakat Medan, orang - orang bilang bahwa inilah rujaknya orang Medan. Jadi, para wisatawan wajib banget harus cobain rujak yang satu ini.

Rujak Simpang Jodoh tembung ini sudah ada dari tahun ±1950-an dan masih ramai sampai saat ini.

Tepat berada di Pasar 7 Tembung, Deli Serdang sumatera Utara.

Seporsinya diberi seharga Rp. 18.000. Untuk satu porsinya juga cukup banyak dan lengkap juga kok.

Jika anda mengunjungi Kota Medan, jangan lupa untuk mencicipi rujak simpang jodoh ini. Jarak nya juga cukup dekat dengan Bandara Internasional Kualanamu, sekitar 17km.

3. Soto Medan Kesawan

Sudah sampai di medan, rasanya memang tidak afdal jika tidak mencicipi Soto Medan, dimana rasa soto Medan begitu sangat istimewa dan bikin nagih karena rempah yang terdapat di dalamnya.

Soto Medan merupakan kuliner yang paling di minati di Kota Medan. Soto Medan di kenal berbeda karena ada pemakaian santan pada kuahnya, sehingga membuat soto Medan lebih terasa nikmatnya.

Soto Medan Kesawan sudah hadir sejak 1950 sehingga begitu legendaris di Kota Medan yang rasanya luar biasa.

Terdapat beberapa varian menu pilihan isi soto berupa daging sapi, udang, ayam, jeroan,  babat dan tersedia juga menu lainnya seperti martabak dan juga roti canai.

Soto Medan Kesawan buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 15.30. Tergantung keadaan dan juga kondisi dari ketersediaan menu.

4. Indomie Bangladesh Warkop Agem Senyum

Cuma indomie, akan tetapi warung indomie Bangladesh Agem Senyum ini selalu ramai di kunjungi pembeli.

Warkop ini sudah sangat terkenal di kota Medan dan selalu ramai di kunjungi. Mesti pandai - pandai mencari waktu yang tepat untuk makan di warkop Agem ini, karena selalu penuh. Walaupun begitu, tetap ada sepinya kok, anda dapat datang di pagi hari juga. Sebab, warung ini buka 24 Jam loh.

Untuk menghindari keramaian dan takut tidak ada kursi ada baiknya hindari datang pada malam hari dan juga pada saat weekend tiba.

Rahasia dari keviralan dan ramainya pembeli di warkop ini disebabkan karena mienya di campur dengan bumbu Aceh, sehingga membuat mie terasa lebih nikmat dan juga lezat.

Untuk menu dari warkop agem ini terdapat berupa, mie Bangladesh, mie kuah, mie pakistan, mie ig, mie goreng, mie jumbo.

Anda juga bisa request untuk tambahan telur pudingnya juga. Untuk harga mie di warkop agem mulai dari Rp. 13.000 saja.

5. Lontong Medan

Selain soto Medan, ada pula Lontong Medan yang juga ikut populer di Medan. Kuah dari lontong Medan di kenal dengan kuahnya yang gurih, kental, dan rempahnya yang lezat.

Lontong Medan biasanya dilengkapi dengan sayur, ikan teri, telur dan beberapa lainnya, lalu di taburkan dengan kuah santan.

Sebagai rekomendasi berikut Lontong Medan yang cukup populer di kota Medan :
  1. Lontong Kak Lin
  2. Lontong Warintek
  3. Lontong Stasiun Medan
  4. Lontong Tenda Biru
  5. Soto Medan 1930
Agar mempermudah menemukan titik lokasi, anda dapat menemukannya di Google Maps, selain itu anda juga dapat memesan lontong Medan yang berada di aplikasi online.

6. Tip Top Restaurant

Tiptop Restaurant merupakan restaurant tertua di kota Medan. Sehingga menjadi salah satu ikon kuliner ter-legend se-kota Medan.

Di kenal dengan cake dan kue jaman dulu (Jadul) dan tempat yang masih bersejarah.

Restoran ini merupakan resto yang sudah lama ada di Kota Medan, bahkan sejak zaman panjajahan Belanda ada.

Maka tidak heran jika hidangan yang di sajikan adalah menu yang sudah ada sejak dulu, bahkan ada juga cake dengan rasa lokal.

Restorant ini menyajikan makanan halal dan bisa menjadi tempat nongkrong terbaik di tengah - tengah kota yang padat lalu lintas.

7. Mie Aceh titi Bobrok

Mie Aceh Titi Bobrok merupakan kuliner khas Medan yang juga melegenda. Berlokasi di Jalan Setia Budi No. 17D, Sei Sikambing, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan.

Saking viralnya Mie Aceh Titi Bobrok juga menyediakan tempat yang cukup luas, dengan kapasitas pengunjung lebih dari 600 orang yang menjadikan tempat yang bagus untuk mencoba kuliner khas Aceh.

Rasa dari Mie Aceh Titi Bobrok pun tidak terbilang main - main, dijamin deh bakal ketagihan jika anda makan di tempat ini.

Untuk menu yang terdapat dari Mie Aceh Titi Bobrok juga terkesan bervariasi, ada mie Aceh goreng, mie Aceh basah dan mie Aceh kuah.

Selain itu juga terdapat varian tambahan seperti menggunakan udang, daging, cumi maupun kombinasi lainnya.

Selain Mie juga terdapat menu lainnya seperti nasi goreng aceh, martabak mesir isi telur maupun daging, roti cane, dan lain lainnya.

8. Martabak Terang Bulan

Martabak Terang bulan juga merupakan salah satu kuliner yang sudah legend di kota Medan, karena sudah buka lebih dari 29 tahun dan merupakan salah satu martabak terenak di kota Medan.

Martabak terang bulan ini sehari bisa laku lebih dari 150 loyang martabak. Dari harga juga sudah terjangkau banget kok, apalagi rasanya dijamin bikin ketagihan deh.

Meskipun pilihan tidak terlalu banyak, tetapi rasa dari martabaknya tidak perlu di ragukan lagi, karena sudah generasi kedua loh.

Martabak yang tersedia bukan hanya martabak manis saja, tetapi ada juga martabak telur hingga martabak mesir.

9. Mie Ayam Jamur Hj Mahmud

Salah satu menu kuliner yang paling populer hingga membuka cabang di luar pulau Sumatera.

Mie ayam jamur Hj Mahmud di kenal karena masih mempertahankan resep dan cita rasa sejak tahun 1988.

Pertama kali membuka outlet pada tahun 1990 di depan Masjid Al-Jihad, ternyata membawa keberkahan dan berkembang sampai sekarang, sehingga dapat membuka cabang di beberapa tempat juga luar kota Medan.

Mie ayam jamur Haji Mahmud merupakan satu di antara gerai legendaris yang telah menyajikan menu - menu favorit di Kota Medan.

10. Es Pokat Kocok simpang Glugur

Setelah lainnya menu makanan, ada satu yang tidak boleh ketinggalan jika anda main ke kota Medan, yakni menikmati segar dan lezatnya es pokat kocok disini.

Es pokat kocok disini memang sudah cukup terkenal dan viral sejak lama. Rasa yang di tawarkan juga memiliki kenikmatan tersendiri.

Bahkan cara pengolahannya bisa kita lihat secara langsung. Yang bikin nikmat dari pokat kocok ini juga adalah campuran yang terdapat, berupa gula aren, gula putih, susu dan juga santan.

Es pokat kocok simpang Glugur ini sudah resep turun temurun dan telah berjalan selama tiga generasi. Walaupun begitu rasanya masih tetap sama enaknya.

Awal mula Es pokat kocok ini berdiri pada tahun 1968, lalu di lanjut pada tahun 1992 hingga sekarang.

Selain pokat kocok, di tempat ini juga tersedia menu lainnya, seperti es campur dengan harga Rp. 8.000, sedangkan pokat kocok itu sendiri seharga Rp. 14.000 saja.

Warung es pokat kocok ini buka pada pukul 11.00 Wib sampai pukul 18.00. Sebagai saran lebih baik anda mencicipi es pokat kocok ini langsung disini. Karena jika pesan lewat online, es akan segera mencair dan menghilangkan kesegaran dari es tersebut.

Itulah ke-10 Rekomendasi kuliner khas kota Medan, rekomendasi yang di dapat memang sedikit berbeda dari yang lain. Akan tetapi ke -10 kuliner ini masih pemenangnya sampai saat ini.

Jika anda datang ke kota Medan, jangan lupa untuk membeli oleh - oleh khas Kota Medan, anda dapat mencarinya pada link berikut 7 Oleh - Oleh Khas Medan Dari Makanan hingga Souvenir.

Sudah berada di kota Medan, memang tidak asik jika anda tidak mengunjungi wisata kota Medan, silakan simak rekomendasi dari wisata sejarah Kota Medan yang wajib di kunjungi.

Hai, terima kasih telah membaca tulisan ini sampai selesai, semoga rekomendasi ini dapat membantu anda, jangan lupa untuk tinggalkan jejak berupa komentar atau share.

Post a Comment for "10 Rekomendasi Kuliner Khas Kota Medan, Dijamin Beda dari yang Lain!"