7 Oleh - Oleh Khas Medan Dari Makanan hingga Souvenir Yang Wajib di Bawa Pulang!

Oleh - oleh Populer Kota Medan

Horas kawan Medan, Hayooo siapa nih yang sedang mencari oleh - oleh khas Medan. Kalau sudah main ke Medan emang ada baiknya yang di bawa ya oleh - oleh, bukan bawa masalah. Eh, ya begitulah ya kan sekiranya cakap di Medan ini.
Eits, bagaimana pembukaan awal sudah mirip bahasa medan banget belum ya?

Medan merupakan salah satu pusat Kota di Sumatera Utara. Kota Medan di kenal akan budaya, kuliner dan juga wisata.

Sesuai dengan Judul oleh - oleh khas Medan, maka ini lah oleh - oleh khas Medan yang dapat anda bawa pulang.

Kira - kira apa saja sih oleh - oleh khas Medan yang bisa kita coba dan di bawa pulang? Simak tulisan ini sampai akhir ya.

Oleh - Oleh Makanan Khas Medan

Berikut oleh - oleh khas Kota Medan yang wajib anda cobain, dimulai dari makanan hingga aksesoris loh :

1. Bika Ambon

Bika Ambon merupakan salah satu kuliner favorit yang sering di jadikan oleh - oleh sebagai khas dari Kota Medan.

Rasa dari kue Bika Ambon ini sangat lembut, gurih dan begitu lezat di nikmati. Dijamin, satu kotak kue Bika Ambon pasti akan terasa begitu kurang di lidah. Jadi, pastikan jika anda membeli oleh - oleh bika ini, jangan hanya satu kotak ya.

Bika Ambon juga terdapat beberapa macam varian rasa, ada yang original, rasa pandan, rasa keju, rasa mocca dan ada juga yang rasa durian.

Selain itu, tersedia juga Bika ubi loh. Untuk harga dari bika ini dimulai dari Rp. 32.000 - Rp.95.000. Tergantung dari rasa hingga ukuran dari bika tersebut.

Oh iya, Ketahanan kue ini hanya dapat bertahan hingga tiga hari saja.

Jika anda tertarik untuk membeli Bika Ambon dari Medan ini, anda dapat membelinya di outlet Zulaikha Jalan Mojopahit, Medan, Sumatera Utara. Outlet tersebut sudah begitu di kenal di kota Medan, dan telah di jadikan sebagai outlet pertama Bika Ambon Medan.

Saking sudah terkenalnya, di outlet ini juga banyak makanan dan jajanan lainnya yang dapat anda nikmati dan dapat di jadikan sebagai oleh - oleh.


Beberapa orang yang belum mengetahui makanan Bika Ambon, pasti akan merasa aneh mengapa kuliner yang satu ini, menjadi salah satu makanan yang paling terkenal di Sumatera Utara. Padahal sudah jelas namanya "Ambon" kenapa bukan Bika Medan?

Ada yang berpikiran demikian juga?

Jadi, asal muasal terciptanya kue bika, di buat pertama kali oleh orang tionghoa yang tinggal di daerah Medan, tepatnya di Jalan Ambon. Karena kue bika tersebut sangat laris dan terkenal dengan rasanya yang enak. Maka orang - orang menyebutnya dengan Bika Ambon, karena si penjual berasal dari Jl. Ambon. Agar mempermudah untuk mengingatnya.

Nah, bagaimana kira - kira, sudah pernah nyobain bika ambon belum? Kalau main ke Kota Medan, jangan lupa untuk singgah ya. Apalagi oleh - olehnya juga berada di Pusat Kota Medan loh Kerabat Ketela.

2. Bolu Meranti

Siapa yang tidak kenal dengan bolu meranti? Bolu Meranti merupakan salah satu kuliner yang dapat di jadikan sebagai oleh - oleh khas dari Medan.

Bolu Meranti merupakan bolu gulung yang terdapat banyak sekali varian rasa, bolu meranti ini juga sangat di kenal dengan kelembutan dari bolu tersebut, rasanya yang nikmat dan aromanya yang khas.

Kalau sudah singgah ke outlet bolu meranti, gak bakal heran kalau pembeli akan membeli bolu meranti berkotak - kotak. Bahkan di bandara juga masih sering menemukan orang - orang membawa oleh - oleh bolu meranti yang di lapisi dengan label kotak.

Produk roll cake ini hanya bertahan hingga tiga hari saja, dan dapat di simpan pada lemari pendingin. Untuk harga dimulai dari Rp. 80.000 hingga Rp. 115.000saja, selain itu, di outlet juga tersedia banyak sekali jajanan lainnya yang dapat anda nikmati dan di jadikan sebagai oleh - oleh.

Bolu Meranti juga sudah di kenal sampai Mancanegara loh. Jika anda tertarik untuk menikmati kuliner bolu meranti anda dapat mengunjungi outletnya di Jalan Kruing No 2K. Produk baru keluar setiap jam 08.00 dari dapur produksi.

Bolu meranti ini juga di kenal dengan produksi kuenya yang sangat berkualitas, dapat di pastikan tidak menjual produk yang kemarin hari, karena aneka makanan bolu meranti selalu di produksi setiap harinya, dan selalu habis terjual.

3. Buah Durian Viral

Buah Durian menjadi salah satu makanan terfavorit dan terkenal di Kota Medan. Tahukah anda, Kota Medan juga di kenal dengan buah duriannya yang tidak ada habisnya, Setiap hari selalu ada saja tersedia durian, tentunya di lokasi - lokasi tertentu.

Terdapat dua outlet yang viral di Kota Medan, yaitu Ucok Durian dan Sibolang durian.

Kedua outlet ini sama - sama memiliki pengunjung yang ramai, dan buah durian yang tidak pernah ada habisnya. Keduanya sama enaknya, anda hanya dapat memilih ingin mengunjungi outlet yang mana saja.

Yang membuat buah durian ini menjadi salah satu icon kuliner kota Medan, dikarenakan buahnya yang selalu ready setiap hari, rasanya yang enak dan manis, hingga daging buahnya yang cukup tebal.

Selain kedua outlet tersebut, anda juga dapat menemukan durian di daerah Marelan. Lokasi ini juga salah satu tempat yang banyak sekali menjual buah durian.

4. Pancake Durian

Setelah mencicipi buah durian, rasanya tidak afdal jika anda juga tidak mencicipi olahan dari buah durian ini.

Kota Medan juga di kenal dengan Pancake Durian loh, yang membuat pancake ini menjadi populer karena rasa pancake yang isinya 100% di isi dengan durian asli.

Isinya cukup padat, rasanya nikmat dan begitu lezat bahkan ampuh banget bikin ketagihan. Untuk ketahanan pancake durian aslinya tidak akan bertahan lama, namun pancake durian ini tetap akan bertahan lama jika pada suhu yang dingin.

Untuk tetap menjaga kualitas dari rasa durian tersebut. Jika lewat dalam durasi waktu tujuh jam pada suhu luar ruangan, maka pancake tersebut dapat berubah rasa menjadi lebih keasam - asaman.

Outlet pancake durian ini terletak di jalan sekip No. 67

5. Lemang

Lemang adalah salah satu makanan khas Melayu. Bentuk dari lemang ini minimal dari 30cm saja, berisikan pulut yang dicampur dengan santan, dan sedikit di taburkan garam agar memberikan rasa pada lemang.

Sekilas, lemang memang mirip sekali bentuknya dengan lontong. Tetapi cara pembuatannya saja sudah jelas berbeda. Lemang akan dilapisi oleh daun pisang lalu di masukkan ke dalam bambu, dan di masak dengan cara di bakar.

Lemang ini memiliki tekstur yang lembut, dan aromanya yang begitu wangi. Lemang, biasanya memiliki isi rasa pulut dan Ubi.

Di Kota Medan, lemang kini semakin sulit di temukan hanya di beberapa tempat tertentu saja.

Kini lemang lebih di kenal menjadi oleh - oleh di daerah Tebing Tinggi. Meski begitu di Kota Medan tetap terdapat penjual lemang.

Jika anda ingin mencari lemang di Kota Medan, Lemang juga tersedia pada outlet oleh -oleh Medan.

6. Lapis Legit

Lapis Legit merupakan kuliner oleh - oleh yang populer di Kota Medan. Lapis legit di kenal dengan aromanya yang khas akan rempah - rempahnya, yakni di campur dengan cengkeh dan kayu manis.

Rasanya cukup gurih dan nikmat banget, teksturnya juga lembut sehingga menjadikan lapis legit menjadi makanan untuk oleh - oleh khas Medan.

7. Teri Medan (Sartika / Sambal Teri Kacang)

Percaya tidak bahwa ternyata Teri Medan adalah ikan termahal di Medan? Namun, ini lah faktanya, ikan teri dan ikan - ikan asin lainnya di Medan dan sekitarnya memang begitu sangat mahal.

Teri Medan biasanya sering dijuluki dengan Sartika yang memiliki arti sebagai Sambal Teri Kacang oleh warga Medan.

Olahan ikan teri di tambah dengan topping kacang tanah lalu di beri sambalado, ini merupakan makanan favorit warga Medan. Teri Medan paling enak di santap dengan sepiring nasi putih hangat.

Anda dapat mencoba teri Medan di Jalan Bajak V Gang Sejahtera, yang buka pada pukul 09.00 hingga 17.30.

Oleh - Oleh Souvenir Khas Medan

Medan, aslinya di duduki oleh penduduk Melayu Deli, Banyak orang luar Sumatera mengira bahwa orang medan akan mengeluarkan logat - logat batak. Padahal aslinya, penduduk medan di kuasai oleh suku Melayu.

Sedangkan Suku Batak lebih banyak di dapati pada daerah Karo, Samosir, Toba, Tapanuli dan lain - lainnya.

Mungkin anda ingin membeli oleh - oleh dengan ciri khas Medan, Karen Souvenir merupakan benda mati yang tidak akan mati, dan tentu saja bisa menjadi pajangan.

Sebagai rekomendasi oleh - oleh Souvenir Khas Medan, anda dapat mengunjungi Istana Maimun, Karena di dalam Istana Maimun tersebut terdapat pedagang yang menjual souvenir hingga adanya jasa sewa kostum di dalamnya.

Banyak souvenir yang di dapat mulai dari pakaian, kain sarung, mainan kunci dan banyak lainnya. Tapi, jika anda mengunjungi tempat ini, jangan lupa untuk menyewa jasa kostum adat melayu dan membeli kain sarung khas Melayu Deli.

Note : Oleh - Oleh di atas berasal dari Kota Medan, untuk mempermudah anda menemukan apa yang anda cari selama anda berada di Kota Medan. Selain dari Kota Medan, maka tidak akan dapat di temukan pada artikel ini, namun anda dapat menemukan pada artikel yang selanjutnya.

Post a Comment for "7 Oleh - Oleh Khas Medan Dari Makanan hingga Souvenir Yang Wajib di Bawa Pulang!"