Asal Usul Mie Balap, Kuliner Khas Medan Wajib di Coba!

Mie Balap Medan
Mie Balap Medan

Asal Usul Mie Balap yang tidak di ketahui banyak orang. Konon katanya, Mie Balap ternyata cuma ada di Medan loh!

Penasaran tidak dengan Asal Usul dari Mie Balap? Silakan baca artikel ini sampai selesai ya!

Hal ini saya ketahui saat salah satu mutual twitter yang berasal dari Jawa, pada saat itu ingin melakukan backpacker ke Sumatera Utara lebih tepatnya mencari kuliner di Kota Medan dan mengunjungi indahnya wisata alam Danau Toba, Samosir

Awalnya ia sempat bertanya apa saja kuliner di kota medan, dan apa saja oleh - oleh yang bisa di bawa di Kota Medan.

Saya sempat terkejut ketika ia mencari tahu tentang mie balap dan menanyakan kepada saya;

"Apa itu Mie Balap?"

Setelah berdiskusi dengan sangat panjang, ternyata Mie Balap hanya ada di Sumatera Utara.

Mungkin, jika mutual twitter saya tidak main kemari, dan menanyakan hal ini. Saya sampai sekarang tidak tahu bahwa ternyata Mie Balap adalah salah satu kulinernya Medan yang paling di lirik.

Hal ini sebetulnya membuat saya tertarik

Asal Usul Mie Balap Medan

Asal Mie Balap Medan
Asal Usul Mie Balap Medan

Mie balap merupakan salah satu menu sarapan favorit yang paling di cari di Medan. Kehadiran mie balap di Medan juga sudah cukup lama sekali, hingga terdengar sangat asing di telinga masyarakat Sumut.

Di sebut dengan mie balap karena pembuatan dan penyajiannya yang super cepat, sehingga masyarakat medan menyebutnya dengan Mie Balap.

Bukan berarti si penjual menjual mie di area balapan ya.

Meskipun di sajikan dengan begitu cepat kilat, rasa yang di tawarkan tetap nikmat dan mengunggah selera.

Mie balap dimasak menggunakan campuran tauge, daun bawang, bumbu rempah, kecap dan satu yang tidak boleh ketinggalan, wajib banget loh! Yaitu sambal untuk menambah cita rasa pedas pada mie.

Kurang lebih begitu lah asal usul terciptanya Mie balap tersebut.

Mie Balap dengan Harga Bersahabat

Harga dari Mie Balap benar - benar ramah di kantong, terkhusus lagi para anak kost. Maka tidak heran jika cukup banyak penjual Mie Balap yang berjualan yang ramai dengan anak kost.

Karena harga Mie balap dimulai dari Rp. 5.000 saja. Tapi tidak semua tempat penjual Mie balap harganya sama ya Kerabat Ketela.

Untuk setiap harga, juga tergantung pesanan. Untuk penambahan topping dan varian seperti, telur, baso dan juga seafood memiliki harga yang berbeda. Biasanya ditaksir sebesar Rp. 8.000 hingga belasan ribu rupiah.

Lokasi Mie Balap Mudah di Temukan

Halo Traveller, sebagai travaller yang pastinya bukan penduduk asli Medan, bingung banget mau makan mie balap dimana, dan mana sih kira - kira mie balap yang paling di rekomendasi kan di kota Medan ini.

Sebetulnya, lokasi mie balap di Kota Medan cukup mudah di temukan, karena disetiap jalan pasti akan selalu ada penjual yang berjualan mie balap.

Jika takut tersesat, anda bisa memesan via aplikasi online yang telah tersedia. Ada banyak sekali terdapat mie balap yang pastinya dekat dengan lokasi anda.

Oh iya, Mie balap ini, bukan hanya ada di Kota Medan saja ya. Karena sudah hadir di seluruh kota di Sumatera Utara, seperti Kota Deli Serdang, Kota Binjai, Kota Kisaran dan lain - lainnya.

Sejauh ini, Mie balap sangat mudah di temukan pada pagi hari, biasanya pada pukul 10 pagi sudah banyak yang tutup karena begitu cepat sekali habisnya.

Jadi, jangan sampai kehabisan ya Kerabat ketela. Sayang banget loh, jika sudah main ke Medan, tapi belum mencicipi mie balap yang paling hits banget di Kota Medan.

Banyak Menu

Penasaran, mie balap terdapat menu apa saja dan sebanyak apa? Ini dia mie balap yang dapat anda coba, dimulai dari pemilihan mie :
  1. Mie Kuning
  2. Bihun
  3. Mie Tiaw
  4. Indomie
Varian rasa dan menu dari mie balap juga berbeda, kita bisa memilih menu sesuai yang kita mau.
  1. Mie balap biasa : hanya di masak dan di goreng biasa dengan pemakaian bumbu, tidak ada campuran apapun.
  2. Mie balap telur : yang paling di cari dan yang paling laris.
  3. Mie balap bakso : mie balap ini di beri topping berupa bakso.
  4. Mie balap Seafood : mie balap ini juga termasuk yang paling di cari karena adanya seafood pada mie balap tersebut.
Kira - kira, anda suka menu yang mana nih Kerabat Ketela? Oh iya, untuk mie kita bisa request permintaan di campur ya, misalnya bihun dicampur dengan mie tiaw. Harga tetap sama, hanya kembali lagi mau di variasi dengan apa.

Topping Mie Balap

Topping mie balap tidak pernah lepas dari kerupuk dan buah mentimun segar. Dua buah topping yang pasti tidak akan pernah ketinggalan. Jika dua topping ini tidak tersedia, dapat di pastikan bahwa si penjual mie balap tersebut tidak lengkap.

Rekomendasi Menu Sarapan

Jangan bingung lagi deh, kalau mampir ke Medan, mau sarapan apa. Karena di Medan setiap paginya banyak yang menjual Mie balap kok.

Penulis sangat merekomendasikan mie balap sebagai menu sarapan anda. Meski harga hanya Rp. 5000, porsi yang tersedia juga banyak banget kok, dijamin kenyang deh. Makanya, mie balap saja cukup mengganjal isi perut agar tidak lapar.

Penulis sebagai mantan anak kost pada jamannya, selalu menjadikan mie balap sebagai rekomendasi menu sarapan di pagi hari. Ingat betul semester akhir dan menuju sidang, dimana tidur tidak teratur, bangun kesiangan, suka kehabisan mie balap. Dan, sesering itu dulu beli mie balap, karena tidak sempat lagi untuk masak di kost.

Intinya yaa, mie balap ini penolong banget bagi anak kost.

Hal Unik dari Mie Balap Medan

Ternyata ada hal unik juga loh dari mie balap ini, penasaran dengan hal uniknya? Silakan di simak Kerabat Ketela.

1. Tempatnya Pakai Baskom dan daun pisang

Penjual biasanya akan memasak satu persatu mie balap tersebut, lalu meletakkan mie balap yang sudah masak ke dalam baskom yang beralaskan daun Pisang. Tak lupa pula, bahkan penjual menutup baskom tersebut dengan daun pisang agar terhindar dari kotoran debu atau serangga.

2. Di bungkus dengan daun pisang

Sepertinya, mie balap memang tidak bisa lepas dari daun pisang. Terbukti dari pembungkusan mie balap yang masih menggunakan daun pisang sebagai lapisan setelah kertas pembungkus nasi.

Kalau menurut saya, dengan dipakainya daun pisang, makanan tersebut lebih ada aroma wangi dari daun pisangnya.

3. Sambal

Eits, ini sih yang paling tidak boleh ketinggalan loh Kerabat Ketela. Orang Medan, rata - rata sangat menyukai pedas, jadi wajib banget harus ada sambal cabai di setiap pesanan mie balap.

Oh iya, mie balap ini tentu saja sangat bisa makan di tempat, selalu disediakan meja dan kursi oleh penjual, juga terdapat camilan lainnya seperti kerupuk, goreng-an dan sate.

Hayoo, apakah anda sudah pernah mencoba kuliner Medan yang satu ini? Jika belum, silakan dicoba pada saat main ke Kota Medan.

Post a Comment for "Asal Usul Mie Balap, Kuliner Khas Medan Wajib di Coba!"