Kelebihan dan Kekurangan Daycare Dibanding Babysitter, Pilih Mana?

QRIS

Bagi orang tua yang keduanya bekerja dan tidak ada anggota keluarga yang bisa membantu untuk menjaga si kecil, menitipkan anak di daycare adalah salah satu opsi yang seringkali dipilih. Namun, bukan berarti memilih si kecil diasuh oleh babysitter adalah pilihan yang salah.

Pasalnya, daycare dinilai lebih terstruktur karena anak-anak memiliki jadwal kegiatan yang telah ditentukan sehingga dapat membantu mereka dalam membentuk rutinitas yang baik. Kemudian, daycare juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung perkembangan anak. Jika orang tua ingin menitipkan si kecil di daycare, simak apa saja kelebihan dan kekurangannya, berikut ini:

Apa Itu Daycare?

Daycare adalah jasa penitipan anak yang menyediakan perawatan dan pengasuhan untuk anak-anak usia dini, biasanya mulai dari bayi hingga sebelum masuk sekolah dasar. Di daycare, anak-anak akan mendapatkan perawatan harian seperti makan, istirahat, dan bermain, sambil dilengkapi dengan program pendidikan awal yang sesuai dengan perkembangan usia mereka.

Daycare juga menjadi tempat di mana anak-anak dapat berinteraksi dengan teman sebaya dan belajar untuk mandiri secara sosial, emosional, dan intelektual sebelum memasuki sekolah formal. Di daycare juga, anak-anak diawasi dan dijaga oleh beberapa pengasuh yang telah terlatih dan profesional dibidangnya. Beberapa daycare bahkan menyediakan kemudahan pembayaran menggunakan QRIS, memudahkan orangtua dalam proses administrasi dan pembayaran.

Kelebihan Daycare

Daycare memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan babysitter. Beragam kelebihan tersebut yakni sebagai berikut:

1. Mendorong Interaksi Sosial Anak

Di daycare, anak-anak memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan teman sebaya mereka sehingga memperkaya keterampilan sosial seperti berbagi, bekerja sama, dan mengatasi konflik. Kemudian, anak-anak juga belajar tentang keberagaman dan beradaptasi dengan berbagai situasi. Tentunya, ini adalah pengalaman yang mungkin tidak didapatkan di rumah.

2. Memiliki Program dan Kegiatan Terstruktur

Setiap daycare memiliki jadwal harian yang teratur sehingga, membantu anak belajar tentang kedisiplinan dan belajar menghargai waktu. Mereka memiliki waktu yang ditentukan untuk bermain, makan, tidur, dan aktivitas lainnya. Dengan memperkenalkan anak pada rutinitas yang teratur, si kecil dapat mengembangkan kebiasaan yang positif.

3. Adanya Program Pengembangan Keterampilan

Daycare memiliki program pengembangan keterampilan yang mirip dengan pendidikan anak usia dini. Dengan begitu, si kecil bisa belajar hal-hal yang akan membantu mereka saat memasuki sekolah formal. Kemudian, mereka juga dapat memperoleh manfaat pendidikan yang sesuai dengan usia mereka dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk masa depan yang lebih terstruktur.

4. Dilengkapi dengan Fasilitas yang Lengkap

Daycare tidak hanya menawarkan berbagai pilihan permainan yang bermanfaat, tetapi juga menyediakan fasilitas seperti makanan dan camilan, penjadwalan imunisasi, dan kegiatan di luar ruangan. Bahkan beberapa day care juga menyediakan rekaman kegiatan anak untuk memudahkan orang tua memantau perkembangan si kecil. Berbagai fasilitas ini membantu menciptakan lingkungan yang aman, mendukung, dan merangsang perkembangan anak secara optimal.

5. Diawasi oleh Tenaga Profesional

Daycare memiliki tenaga profesional yang sudah terlatih dan berpengalaman dalam merawat serta mendampingi anak-anak. Hal ini tentunya membuat orang tua tenang karena mereka tahu jika si kecil berada di tangan yang aman dan dapat dipercaya. Dengan adanya tenaga profesional ini, anak-anak dapat mendapatkan perhatian dan bimbingan yang sesuai dengan tahap perkembangan mereka.

Kekurangan Daycare

Aplikasi QRIS

Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun daycare juga terdapat kekurangan yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi orang tua. Simak apa saja kekurangan daycare, berikut ini:

1. Adanya Risiko Kesehatan

Salah satu kekurangan utama daycare adalah adanya potensi risiko kesehatan. Karena anak-anak berkumpul dalam satu tempat, pastinya risiko penyakit dapat meningkat. Oleh karena itu, pastikan daycare yang dipilih nantinya memiliki kebijakan khusus soal standar kebersihan maupun aturan yang tidak mengizinkan anak yang sedang sakit masuk ke daycare.

2. Kurangnya Pengawasan Individual

Di daycare pengawasan secara individual tentunya lebih rendah dibandingkan diasuh oleh baby sitter. Pasalnya, daycare bukanlah penitipan untuk satu anak saja dan pengasuh harus mengasuh beberapa anak sekaligus. Padahal, anak-anak cenderung membutuhkan perhatian lebih ketika berada di lingkungan yang ramai.

3. Kurang Fleksibel

Daycare memiliki jam operasional sehingga orang tua perlu mengantar dan menjemput si kecil dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, jika tertarik memasukkan anak ke daycare, pastikan jam operasionalnya menjawab kebutuhan keluarga.

4. Rutinitas Tidak Sesuai

Daycare adalah tempat penitipan yang terdiri dari beberapa anak sehingga rutinitasnya dibuat standar untuk semua anak. Bagi beberapa anak, tentunya ini dapat menimbulkan masalah karena bisa jadi si kecil tidak merasa nyaman dalam melakukan rutinitas tertentu.

5. Biaya Tinggi

Biaya daycare sangat bervariasi sehingga kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan budget dan kesanggupan. Tentunya, semakin lengkap fasilitas dan program yang ditawarkan, biaya yang perlu kamu keluarkan pun semakin tinggi. Namun, hal ini tentunya seimbang dengan apa yang akan didapatkan. 

Itulah ulasan yang menarik tentang kelebihan dan kekurangan daycare dibandingkan babysitter yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran yang dimiliki dan yang terpenting jangan lepaskan pengawasan pada si kecil, ya.

Kemudian, untuk pembayaran daycare yang lebih praktis dan sat set, kamu bisa mengandalkan digibank QRIS dari digibank by DBS. Pasalnya, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan metode pembayaran ini, diantaranya adalah tambahan cashback hingga ratusan ribu di merchant terpilih.

Untuk berbelanja kebutuhan si kecil, kamu juga bisa memanfaatkan digibank QRIS karena terdapat limit 10 juta per transaksi per hari. Aplikasi QRIS dari digibank by DBS juga mudah digunakan karena kamu tinggal scan QR code, masukkan password untuk otentikasi dan proses pembayaran pun selesai.

Kini pembayaran daycare menjadi lebih efisien, cepat, dan mudah karena digibank QRIS dari digibank by DBS. Jika kamu tertarik informasi digibank lainnya, simak di sini.

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan Daycare Dibanding Babysitter, Pilih Mana?"