Rate Card adalah: Contoh & Cara membuat Rate Card Lengkap! Rate Card Instagram, Tiktok dan Blog!

Pengertian rate card dan contohnya

Memasuki dunia influencer pasti akan diperkenalkan dengan yang namanya rate card yang bertujuan untuk menunjukkan sikap keprofesionalan dalam kerja sama antara suatu brand dengan pekerja freelancer seperti content creator, influencer dan banyak lainnya.

Kata rate card biasanya tidak akan jauh dari para influencer, content creator dan juga freelancer. Jadi meskipun pertama kali kamu mendengar kata 'rate card' kamu dapat menemukan pengertian, contoh hingga cara membuat rate card secara lengkap. Jadi pastikan kamu tetap membaca artikel ini sampai akhir, agar kamu mendapatkan sesuai yang kamu inginkan.

Pengertian Rate Card

Pengertian Rate Card adalah dokumen lengkap yang telah tercantum tarif dari sosial media yang telah dikelola oleh seseorang yang berpengaruh dan memiliki nilai untuk mem-branding-kan produk atau jasa, atau bisa juga disebut sebagai biaya promosi atau iklan dengan tarif yang telah ditentukan oleh influencer tersebut.

Seseorang yang berpengaruh itu biasanya disebut dengan influencer atau content creator dan lainnya. Tentu saja dengan aktif di media sosial dan platform media lainnya yang memiliki engagement yang baik dan pengikut yang aktif pula.

Rate Card Endors untuk Pemula

Sebagai freelancer ataupun creator pemula sering kali pusing dalam menentukan rate card endors atau tawaran bekerja sama. Mungkin kalimat rate card masih begitu asing untuk di dengar atau terucap. 

Tawaran kerja sama pada creator pemula biasanya mulai dari followers 1k atau sebuah konten yang tiba - tiba saja booming, yang sering disebut dengan fyp. Sehingga menarik brand untuk melakukan kerja sama.

Emangnya followers nano bisa dapat endors? Bisa, asalkan memiliki engagement yang baik pada akun nya, dan akun tersebut fokus pada satu topik tertentu saja. Tidak heran jika banyak brand yang menawarkan kerja sama terhadap akun nano tersebut lho!

Selain itu, pohonketelamenulis.com akan sebut keberuntungan jika ternyata akun yang kamu miliki malah fyp secara terus menerus, mulai dari viewers yang tiba - tiba saja tinggi, followers yang tiba - tiba saja bertambah, hingga kolom komentar mulai ramai menyerbu.

Hal inilah yang dapat membuat creator pemula panik mengenai tawaran kerja sama dan juga sebutan rate card. Namun sekarang, para creator pemula jangan sampai panik lagi! Sebab, Pohon Ketela akan membantu kamu untuk menghitung dan menentukan rate card endors.

Cara Membuat Rate Card

Untuk membuat rate card kamu harus memperhatikan beberapa hal penting yang tertera sebagai berikut. 

1. Pilih Media Kerja Sama

Tiap media yang kita gunakan pasti memiliki nilainya sendiri, karena pada setiap media memiliki insight yang berbeda pula. Maka dari itu kamu dapat memilih media apa yang telah kamu punya.

Beberapa media yang sering mendapatkan tawaran kerja sama adalah sebagai berikut 
  • Instagram
  • Tiktok
  • Twitter
  • Youtube
  • Blog
  • Podcast or spotify, dan media - media yang lainnya.
Bagaimana? sudah ada gambaran jelas mengenai media apa yang ingin kamu pakai dalam kerja sama? Untuk membuat template Rate Card, kamu dapat memilih lebih dari satu media atau hanya satu media saja.

2. Memahami Jenis Kerja Sama

Ternyata ada banyak macam jenis kerja sama dengan influencer, freelancer, maupun content creator. Eits, Jangan sampai salah. Karena tiap jenis penawaran kerja sama, akan berbeda pula nilainya.

a. Jenis Penawaran Kerja Sama di Instagram

Penawaran kerja sama di instagram biasanya terbagi pada tiga jenis konten, yakni:
  1. Endorsment.
  2. Visit.
  3. Review.
Ke-tiga jenis kerja sama di atas merupakan jenis penawaran kerja sama yang sering dilakukan. Namun kamu harus memastikan kembali, dari jenis kerja sama tersebut, dibutuhkan dalam bentuk apa. Karena pada sosial media instagram terdapat variasi konten berupa :
  1. Single Image.
  2. Foto feed (Carousel).
  3. Instagram Story.
  4. Reels.
Dan alangkah baiknya, sebelum mematokkan nilai, cari tahu lebih lanjut mengenai konten apa yang harus dibuat, dan dan akan di upload dimana?

Contoh : "Halo kakak, perkenalkan saya Putri dari tim marketing brand TIAFRINP. Kami tertarik ingin mengajak kakak untuk bekerja sama dengan produk kami. bla bla bla ... Kami sangat senang jika kakak bersedia bekerja sama dengan produk kami berupa video review di instagram. Mohon bantu share Rate Card nya ya kak".
Dari contoh di atas, tim brand sudah menjelaskan ingin video review di instagram. Kamu dapat langsung memberikan nilai yang kamu miliki. Atau jika kamu sedikit ragu mengenai video review yang dimaksud, tentu saja kamu bisa menanyakan untuk kebutuhan video review akan di post pada instagram story atau reels?

Bagaimana? Sudah dapat dipahami kah Kerabat Ketela?

Oh iya, untuk ke-3 jenis kerja sama tersebut, hampir sama dengan yang ada di tiktok ya.

b. Jenis Penawaran Kerja Sama di Blog atau Tulisan

Ada banyak jenis penawaran kerja sama di blog. Beberpa diantaranya sebagai berikut :
  1. Sponsored post
  2. Content review
  3. Visit
  4. Ghost writer
  5. Content Placement
  6. Space banner iklan, dll.
Sebagai blogger, kamu paling sering mendapatkan penawaran kerja sama yang semacam apa nih?

Dari banyaknya jenis konten, tentu saja memiliki nilai yang berbeda pula ya Kerabat Ketela

c. Jenis Kerja Sama Freelancer

Ada banyak jenis kerja sama freelancer tergantung masing - masing job desk yang dimiliki dan skill yang telah dikuasai.
  1. Content Design
  2. Video Editing
  3. Illustrations
  4. Content Planning
Sebetulnya, ini lebih ke jenis - jenis freelancer yang paling sering di cari. N

3. Indikator

Indikator yang di maksud adalah kualitas dari akun yang kamu punya. Jika pada blog biasanya akan dilihat dari DA, PA, jumlah traffic dan jumlah followers. Sedangkan pada akun sosial media lainnya seperti instagram dan tiktok indikator yang akan di lihat adalah jumlah followers dan engagement rate.

4. Harga

Setelah menentukan poin 1 - 3 dari atas tersebut, sebagai langkah terakhir adalah menentukan harga rate card. Pastikan bahwa kamu menulis harga secara lengkap, jelas dan detail. Mulai dari harga satuan hingga harga paketan atau bundling.

Bagaimana? apakah sudah dapat gambaran mengenai harga rate card? Jika belum, tetap stay di artikel ini sampai akhir atau kamu bisa tanyakan pada kolom komentar di bawah artikel ini ya.

Perbedaan Rate Card Sosial Media & Blog

Beda aplikasi tentu saja akan berbeda pula cara menilai dan harganya. Sebagian informasi sudah cukup lengkap pengertian yang telah di berikan. Namun tetap saja Pohon Ketela tertarik ingin menentukan perbedaan dari rate card sosial media dan blog. Semoga kerabat ketela dapat memahami perbedaan yang harus diperhatikan dan berikut adalah perbedaan rate card dari sosial media dan blog : 

1. Rate Card Instagram & Tiktok

Berikut adalah nilai yang dicari untuk menentukan rate card sosial media instagram dan juga tiktok :
  • Followers
  • ER (engagement rate)
  • Viewers, like, komen
Biasanya brand akan melihat bagaimana keaktifan kamu di media sosial, walaupun sudah mengetahui ER yang kamu miliki.

2. Rate Card Blogger

  • DA/PA
  • DR
  • SS
  • Pageview
  • Followers (Ada, tapi jarang banget)
Kurang lebih dalam menentukan rate card biasanya di lihat dari poin - poin diatas, bahkan poin tersebut juga dapat berpengaruh loh untuk tinggi - rendahnya nilai rate card kamu.

Macam - Macam Contoh Rate Card

Yang paling sering di cari adalah contoh rate card. Agar kerabat Ketela tidak bingung lagi, berikut merupakan contoh rate card yang telah Pohon Ketela buat, agar mempermudah para kerabat ketela untuk mengetahui contohnya.

Contoh Rate Card Instagram, Tiktok, Twitter, Youtube
Contoh Rate Card Sosmed

Template diatas merupakan contoh dari rate card, dan bukan rate card milik penulis sendiri. Karena ada banyak teman - teman yang ternyata masih bingung bagaimana contoh rate card. Semoga contoh rate card ini dapat membantu para Kerabat Ketela.

Posting Komentar untuk "Rate Card adalah: Contoh & Cara membuat Rate Card Lengkap! Rate Card Instagram, Tiktok dan Blog!"