Sate Memeng Medan, Lokasi dan Harga Menu Kuliner Legendaris di Kota Medan

Sate Memeng Medan
Sate Memeng

Kedai legendaris Sate Memeng di Kota Medan, Sumatera Utara. Meskipun kini dikelola oleh generasi keempat, sate memeng ini tidak pernah sepi pengunjung.

Hal ini terbukti disaat saya singgah ketempat ini. Malam - malam mencari makanan di atas jam 9 malam. Sate memeng termasuk salah satu kuliner yang buka sampai malam hari.

Lumayan cukup membantu untuk saya yang sedang kelaparan dan mencoba mencari rekomendasi di aplikasi online dan google tentunya. Namun, dari hasil rekomendasi makanan terdekat di pusat kota Medan, selalu saja tertuju pada Sate Memeng.

Awalnya saya tidak menyangka kalau Sate Memeng adalah salah satu kuliner yang cukup legendaris di kota Medan. Hal ini terlihat betul disaat saya sedang mampir di kedai ini.

Pengunjung luar kota Medan, juga ramai sekali datang ke kedai sate memeng, singgah untuk mengenyangkan perut yang sebelumnya keroncongan. Bahkan setiap pengunjung yang datang biasanya akan membawa rombongan keluarga.

Sate memeng berdiri sejak tahun 1953, dan kedai sate ini milik Haji Muhammad Saimin yang masih berdiri hingga sekarang.

Asal usul sate memeng dikarenakan dahulunya salah satu pembeli yang memiliki background sebagai orang cina tersebut tidak bisa menyebut nama pak Saimin, hingga akhirnya menyebut nama Memeng. Dari situ, dan sejak saat itu kedai ini dikenal dengan sebutan Sate Memeng.

Saya begitu penasaran, diantara banyaknya sate yang bertebaran di kota Medan, mengapa sate memeng masih menjadi promadona, kira - kira apa ya keistemewaan dari sate memeng tersebut?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, jawaban yang tersedia adalah cita rasa yang disajikan oleh sate memeng ini sungguh berbeda.

Lokasi Sate Memeng Medan

Lokasi Sate Memeng Medan
Lokasi Sate Memeng Medan

Lokasi sate memeng masih sekitar pusat kota Medan, dan tidak jauh dari keberadaan Kereta Api Besar Kota Medan.

Untuk lokasi sate memeng tersebut, berada di Jalan. Irian Barat No. 2, Medan Timur.

Namun, untuk mempermudah anda mencapai titik lokasi tujuan, anda juga dapat mengikuti alur dari google maps yang telah saya sediakan di bawah ini.


Lokasi sate memeng selain strategis juga cukup mudah ditemukan, sebab titik lokasinya terletak di pinggir jalan, 

Harga dan Menu Sate Memeng

Harga dan Menu Sate Memeng
Harga dan Menu Sate Memeng

Meskipun tempat ini dikenal dengan "Sate Memeng", akan tetapi menu yang tersedia bukan hanya sate saja loh. Banyak menu pilihan lainnya yang dapat kita nikmati sesuai selera kita. Seperti Mie rebus, contohnya.

Untuk menu sate tersedia dari sate kambing, sate sapi, sate ayam, sate hati kambing, sate paru kambing, sate jeroan / usus kambing.

Bumbu dari sate tersebut juga tersedia Bumbu padang, bumbu kacang, bumbu kecap.

Menu lainnya terdapat, mie rebus dan mie sate.

Untuk mencicipi sate memeng yang nikmat ini, akan dikenakan biaya sebesar Rp. 30.000. Dan untuk harga menu lainnya, seperti mie rebus dikenakan bisaya dengan harga Rp. 20.000.

Untuk minuman yang tersedia ada beberapa macam aneka jus, mulai dari teh manis dingin, teh manis hangat, teh botol, kopi dan juga aqua.

Review Makanan Sate Memeng

Review Sate Memeng
Bumbu kuah padang

Seperti biasa, dan akan menjadi suatu ciri pohon ketela adalah mengulas makanan, dan kali ini berhubung saya menginap di salah satu pusat kota, dan posisinya tidak jauh dari lokasi sate memeng.

Akhirnya saya memilih sate ini sebagai pengenyang perut. Menu makanan yang saya pesan adalah sate padang, sate kacang dan mie rebus.

Untuk sate, pada malam itu hanya tersedia sate ayam saja. Sebab, saya datang sudah terlalu malam, dan yang tersedia hanya sate ayam dan mie rebus saja.

Untuk minuman yang saya pesan adalah minuman teh manis dingin. Tapi, kalau orang Medan menyebutnya dengan Teh Mandi, yakni sebuah singkatan dari teh manis dingin tersebut.

Sate Kacang

Sate Kacang terenak di Medan
Sate Kacang


Tidak di ragukan lagi, bahwa sate bumbu kacang ini emang juara. Rasanya, untuk satu porsi menikmati sate kacang akan terasa kurang.

Pada sate bumbu kacang juga akan diberi potongan jeruk nipis, yang akan dicampur dengan kuah sate, sesuai dengan selera pembeli.

Untuk potongan dari lontongnya lumayan besar, dan potongan dari daging yang di sate cukup besar dan lumayan mengenyangkan

Sate Padang

Sate Padang
Sate Padang

Hampir mirip dengan sate kacang, bedanya terletak pada kuah bumbu saja. Untuk sate padang, rasa kuahnya tidak sesuai dengan lidah saya.

Ini kembali pada selera lidah kita masing - masing yaa kerabat ketela. Tidak bisa kita samakan. Cukup enak dan mengenyangkan.

Potongan lontong dan daging satenya juga besar. Untuk sate, perporsinya akan mendapatkan 5 tusuk sate.

Mie Rebus

Mie Rebus
Mie Rebus

Saya belum pernah mencicipi rasa kuah bumbu dari mie rebus yang se-enak ini. Porsinya cukup banyak dan mengenyangkan perut.

Mienya cukup banyak, ada campuran toping lainnya, seperti toge, kerupuk, bawang, telur rebus bulat, potongan jeruk nipis dan lainnya.

Dari segi rasa, saya belum pernah mencicipi sate dan mie rebus dengan rasa yang berbeda. Kuah dan bumbu dari menu yang mereka sajikan, benar - benar tidak akan anda temukan dimana pun.

Sate Memeng tidak ada cabang di manapun
Sate Memeng tidak ada cabang di manapun

Tidak heran, jika mereka juga memberikan label bahwa, Sate Memeng Tidak Ada Cabang Di Manapun.

Mungkin itu juga penyebabnya karena sate memeng begitu legendaris, banyak di kunjungi dan melekat pada ingatan masyarakat. Karena cita rasa yang disajikan, sungguh berbeda.

Oh iya, agar dapat mencicipi Sate Memeng ini, jika anda malas keluar rumah dan tidak ingin makan di tempat. Tentu saja anda bisa membawanya pulang atau memesan via aplikasi online.

Karena Sate Memeng merupakan salah satu kuliner legendarisnya Medan, sekarang tidak perlu ragu lagi kalau ada teman dari luar kota yang sedang main ke Kota Medan lalu bertanya rekomendasi kuliner Kota Medan.

Karena Sate Memeng adalah salah satu kuliner yang wajib di coba ketika anda berkunjung ke Kota Medan, selain itu Sate Memeng ini sudah terkenal banget loh.

Terima Kasih telah membaca artikel ini sampai akhir, anda juga dapat menemukan Kuliner khas Kota Medan pada link berikut Klik Disini!

Semoga Artikel ini dapat membantu anda, menemukan apa yang sedang anda cari

Posting Komentar untuk "Sate Memeng Medan, Lokasi dan Harga Menu Kuliner Legendaris di Kota Medan"