Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Janji Bakkara Humbang Hasundutan - Lokasi, Htm dan Sejarahnya.

Air Terjun Janji
Air Terjun Janji

Air Terjun Janji Bakkara merupakan salah satu dari destinasi wisata Danau Toba yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Banyak wisata yang terdapat di lokasi ini, salah satunya adalah Air Terjun Janji yang tepat berada di Desa Marbun Toruan Kecamatan Baktiraja.

Dari Kejauhan, Air Terjun Janji juga terlihat sangat memukau. Sehingga tidak mengherankan jika lokasi wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh para wisatawan.

Air Terjun ini juga mengalir hingga menuju Danau Toba.

Air Terjun Janji Bakkara

Air Terjun Janji Bakkara Humbahas
Air Terjun Janji

Air Terjun ini memiliki cerita yang konon katanya di lokasi Air Terjun ini menjadi tempat berjanji atau bersumpah bagi Raja - raja Batak Terdahulu.

Selain itu, Air Terjun Janji ini juga di percaya jika menyatakan janji disini maka akan terjaga selamanya. Banyak pula para pasangan yang mengikat janjinya disini.

Ketinggian Air Terjun ini sekitar ±30m, memiliki volume air yang sangat besar dan deras. Sehingga mencipratkan air yang cukup kencang. Maka kita yang begitu dekat dengan air terjun, jika terlalu dekat, maka akan basah.

Saking besarnya gelombang dan volume dari air terjun, kita tidak dapat mandi di area ini. Jika pun memaksakan diri hanya akan menyiksa tubuh anda.

Air Terjun Janji Humbahas
Vibes di bawah air terjun

Meski begitu, anda tetap dapat mandi - mandi di area yang telah di tentukan. Sebab sudah ada area khusus yang telah di sediakan di lokasi ini. satu kolam untuk wanita, dan satu kolam lagi untuk pria.

Dari pintu masuk hingga menuju ke Air Terjunnya, Kerabat Ketela dapat menempuh perjalanan ±100m. 

Lokasi Air Terjun Janji Bakkara

Air Terjun Janji berada di Desa Marbun Toruan Kecamatan Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas).

Jika cukup sulit, anda dapat menemukan jalannya dari Google Maps atau bisa klik link peta yang ada di bawah.


Akses menuju kemari, anda pastikan bahwa anda membawa kendaraan pribadi. Karena jalan menuju lokasi ini tidak begitu luas. Meskipun begitu sepanjang jalan beraspal, mulus dan tidak ada jalan yang rusak.

Air Terjun Janji ini buka setiap hari, Pada pukul 07.00 - 18.00.

Akan ramai di kunjungi pengunjung mulai dari siang hari hingga ke sore hari, Jika anda ingin menghindari keramaian anda dapat datang di pagi hari, dan pastikan bahwa anda tidak datang pada hari - hari libur atau hari besar.

Parkir & Harga Tiket Masuk (HTM)

Parkir

Parkir dan kantin tepat berada di pintu masuk. Untuk Parkir, di area ini cukup luas dan lapang. Hanya saja, untuk menuju lokasi ini tidak dapat di lewati bus - bus besar. Karena jalur jalan yang sempit dan kecil.

Harga Tiket Masuk (HTM)

Harga Tiket Masuk di lokasi ini, sama sekali tidak di pungut biaya. Atau disebut dengan GRATIS. Jadi, walau harga tiket masuk ini Gratis, tetap di jaga kebersihan ya Kerabat Ketela.

Spot Menarik dari Air Terjun Janji

Air Terjun Janji

Berikut adalah spot - spot menarik yang dapat anda nikmati, simak terus tulisan ini hingga akhir.

1. Terdapat dua bagian tempat Mandi

Jangan sedih dong Kerabat Ketela! Jika anda tidak dapat mandi tepat di bawah air terjun. Karena sudah disediakan dua kolam khusus yang airnya mengalir dari Air Terjun Janji tersebut.

Air Terjun Janji yang memiliki ketinggian kurang lebih 30m dan dasar airnya kurang lebih 1m. Selain air terjun, di lokasi ini juga telah di sediakan dua tempat untuk mandi. satu untuk laki - laki, dan satunya lagi untuk perempuan.

Air yang di dapat berasal dari air terjun janji. Jadi, kita dapat mandi disitu dan langsung mandi di bawah pancuran yang telah di sediakan.

Rasanya sangat menyenangkan karena badan seperti di pijat di bawah pancuran air yang berasal dari air terjun janji.

2. Pendopo

Pendopo Air terjun Janji
Pendopo Air terjun Janji

Selain kantin yang telah tersedia, di lokasi ini juga terdapat sebuah pendopo yang berwarna putih dan di ukir dengan ukiran Batak.

Di pendopo ini bukan hanya sekadar tempat istirahat saja, tetapi bisa juga sebagai tempat swafoto, karena menampilkan bentuk yang indah dan menarik.

3. Berhadapan langsung dengan Danau Toba

Air Terjun Janji
Pemandangan yang di lihat dari Air Terjun Janji

Disaat kita ingin berjalan menuju Air Terjun, ternyata terdapat spot yang tidak kalah menarik. Pemandangan dari Air Terjun ini ternyata berhadapan langsung dengan Danau Toba.

Semakin menampilkan keindahan dan megahnya danau toba semakin terlihat dari Air Terjun Janji Bakkara.

4. Tufa Toba Terlaskan (OTT)

Tufa Toba Terlaskan (OTT)
Tufa Toba Terlaskan (OTT) - Image by @iaputrii_

Batuan Tufa Toba Terlaskan, berupa ignimbrit dan membentuk dinding Kaldera yang terjal. Batuan ini merupakan bukti atau jejak peristiwa letusan yang terjadi 800.000 tahun lalu (OTT) dan akibat letusan supervolkano Toba 74.000 Tahun lalu membentuk dinding Kaldera di Geoarea Sibandang pada dinding Kaldera ini terdapat air terjun janji.

5. Patung Ikan Mas

Patung Ikan Mas di Pintu Masuk Air Terjun Janji
Ikon Ikan Mas terdapat di Pintu Masuk

Patung air mancur berbentuk ikan mas berada di pintu masuk sebagai ikon selamat datang. Dimana ikan mas ini sudah menjadi legenda di Danau Toba.


Terima Kasih telah membaca artikel ini sampai akhir, jangan lupa untuk tinggalkan jejak komentar yang telah tersedia di laman terbawah. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, anda dapat share ke yang lainnya.

Post a Comment for "Air Terjun Janji Bakkara Humbang Hasundutan - Lokasi, Htm dan Sejarahnya."