Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Gunung Tertinggi di Sumatera Utara, Travellers dan Pendaki Harus Tau!

Gunung Tertinggi Sumatera Utara
7 Gunung tertinggi di Sumatera Utara


Sebagai seorang pendaki pasti akan selalu mencari tahu salah satu Gunung Tertinggi di Sumatera Utara. Entah anda adalah seorang pendaki yang berasal dari Sumatera atau bahkan luar Pulau Sumatera? Tetap saja, Gunung tertinggi di Sumatera pasti akan masuk wishlist pendakian kan?

Sumatera Utara merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian Utara pulau Sumatera yang banyak sekali menampilkan keindahan alam dan budaya yang begitu sangat di jaga dan di percaya.

Banyak pendaki luar Sumatera yang mengunjungi Gunung - gunung tertinggi di Sumatera Utara, Biasanya yang paling banyak di minati oleh pendaki dalam pendakian dengan tujuan Gunung Sibuaten dan Pusuk Buhit.

Gunung Tertinggi di Sumatera Utara


1. Gunung Sibuaten

Gunung Sibuaten atau yang paling sering di sebut dengan Gunung Sibuatan, katanya agar lebih mudah di pahami dan di ingat. Dalam bahasa Karo biasanya disebut dengan Deleng Sibuaten.

Gunung Sibuaten ini berlokasi di Perbatasan Kabupaten Karo dengan Kabupaten Dairi dengan ketinggian 2.457 mdpl.

Gunung Sibuaten merupakan gunung tertinggi di Sumatera Utara yang titik lokasinya tidak jauh dari Danau Toba dan masih berada pada deretan pegunungan Bukit Barisan. 

Selain di kenal dengan gunung tertinggi di Sumatera Utara, Gunung Sibuaten juga di kenal dengan trek pendakian yang cukup sulit dengan medan yang cukup ekstrim lembab dan licin, terlebih lagi jika saat hujan datang menghampiri maka lumpur akan menghiasi seluruh tubuh.


2. Pusuk Buhit

Pusuk Buhit Merupakan salah satu puncak di pinggir barat Danau Toba. Dalam mitologi suku batak, puncak tersebut merupakan tempat kelahiran suku batak.

Pusuk buhit adalah salah satu gunung merapi yang terdapat di Sumatera Utara. Pusuk Buhit memiliki artian dalam bahasa batak berarti Puncak Bukit.

Gunung ini memiliki ketinggian 1972 mdpl yang mencakup beberapa desa di Kecamatan Sianjur Mula - mula dan Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir.

3. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung memiliki ketinggian 2.145 meter di atas permukaan laut (MDPL). Gunung Sinabung merupakan Gunung tertinggi kedua yang ada di Sumatera Utara. Dalam bahasa Karo Gunung Sinabung biasanya disebut dengan Deleng Sinabung.

Sinabung merupakan gunung merapi yang masih aktif. Sejak tahun 2010 Sinabung kembali meletus bahkan hingga kini masih saja mengeluarkan Abu vulkanik serta lahar panas dan dingin.

Sehingga jalur pendakian terpaksa di tutup dan belum pernah di buka kembali.

4. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak memiliki ketinggian 2.212 mdpl ini berada di daratan tinggi Karo Brastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Merupakan gunung merapi aktif dan terakhir meletus pada tahun 1881. Berada sekitar 50km dari barat daya Kota Medan.

Gunung Sibayak lebih ramah terdengar di telinga masyarakat Kota Medan, karena lokasinya yang paling sering di datangi pengunjung untuk mengisi waktu libur, selain itu pula Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung yang bisa di daki untuk pendaki pemula sebelum mencoba untuk mendaki gunung - gunung lainnya karena akses pendakian yang terbilang mudah.

Gunung Sibayak terdapat kawah di tengah - tengah gunung, dan memiliki tiga gunung tinggi.

Pohonketelamenulis.com juga pernah menuliskan Mendaki Gunung Sibayak dari Kota Medan Untuk Pemula.



5. Gunung Sibual - Buali

Gunung Sibual - Buali berlokasi di Sipirok, Tapanuli Selatan. Sedikit melipir dari Kota Medan dan Toba Samosir. Namun Gunung Sibual Buali masih dalam satu deretan pulau Sumatera.

Walau untuk menuju titik lokasi ini, anda harus menempuh waktu kurang lebih selama 20 jam dari Kota Medan. Gunung Sibual - Buali memiliki ketinggial 1861 mdpl.


6. Gunung Sipiso - piso 1900 MDPL

Gunung Sipiso - piso berada di Kecamatan Merek Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara yang memiliki ketinggian 1900 mdpl.

Gunung ini memiliki keunikan sendiri, karena pohon hanya tumbuh di bagian puncaknya saja, sehingga tak heran jika selama ii gunung si piso - piso disebut dengan Bukit Gundul.

Gunung sipiso - piso atau yang di kenal ramah oleh telinga dengan Bukit Gundul selalu ramai pengunjung. Bagi anda yang tertarik melihat pemandangan danau dan pepohonan hijau sekaligus, bisa mendatangi tempat ini.

Btw, saya pernah ke lokasi ini pada tahun 2017 silam. Mungkin saja kini Bukit Gundul lebih terawat dan terjaga.

Sebagai saran, jika anda ingin camping atau berkemah di tempat ini, carilah alas tidur yang cukup tebal. Jika perlu di double. Sehingga dinginnya tanah tidak terlalu begitu menusuk ke badan saat rehat di malam hari.

Karena itu yang kami rasakan pada saat malam itu, dimana angin akan terlihat kencang pada jam - jam tertentu. Di tenda kami sudah beri alas dan juga matras, tetap saja dinginnya tanah menusuk hingga ke tulang.

Angin dan tanah di gunung ini sedikit berbeda, entah karena pada saat itu mau hujan, bisa jadi sedingin itu.

7. Gunung Sorik Merapi

Gunung Sorik Merapi berada di kawasan Taman Nasional Batang Gadis (TNBG) di Desa Sibanggor Julu, Kecamatan Puncak Sorik Merapi, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara.

Gunung Sorik Merapi memiliki ketinggian dengan 2.145 mdpl. Gunung ini menawarkan pemandangan kawah biru nan memukau serta dukungan alam dan pemukiman di area kaki gunung yang sangat bisa di nikmati oleh pendaki.

Dengan dukungan kawah biru tersebut banyak pendaki Sumatera mengatakan bahwa lokasi ini mirip seperti kawah biru Lombok di Gunung Rinjani.

Selama perjalanan pendakian, semak belukar pasti akan di temukan oleh pendaki, Gunung Sorik Merapi juga dikatakan memiliki medan yang cukup ekstrim. Hanya beberapa pendaki yang tertarik saja untuk dapat menaklukkan pendakian ke Gunung Sorik Merapi ini.

Itulah deretan gunung tertinggi di Sumatera Utara, Para pendaki luar daerah biasanya mencari tour guide untuk menemani masa pendakian di gunung - gunung Sumatera Utara.

Post a Comment for "7 Gunung Tertinggi di Sumatera Utara, Travellers dan Pendaki Harus Tau!"