Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Solitaire.org Game Klasik Yang Bikin Nostalgia


Solitaire.org Game klasik yang bikin nostalgia - Apakah anda pernah mendengar kata solitaire sebelumnya? Jika sudah, anda dapat dijuluki sebagai generasi 90-an, walau dari sejarah yang di dapat pada game ini, sudah ada pada tahun 1700-an di Eropa Utara. Solitaire adalah salah satu permainan kartu yang berbasis online. Pada websitenya pun tersedia banyak game klasik yang mampu membuat kita bernostalgia akan permainan - permainan yang tersedia.

Sebagai generasi yang lahir pada tahun 1998, saya ingat betul akan orang - orang sekitar yang sangat menyukai game solitaire ini. Hingga mampu bikin saya tertarik untuk memainkan game ini juga, bukannya berhasil dan tertarik seperti yang lain. Malah semakin membingungkan saya, karena saya gagal terus memainkan game solitaire ini. Tak usai, saya masih penasaran dengan cara bermain game solitaire ini.





Hingga akhirnya saya menemukan sebuah situs website yang khusus menyediakan permainan kartu yang sering disebut dengan Solitaire ini, situs website tersebut yakni solitaire.org.

Pada situs tersebut, banyak sekali penjelasan mengenai game solitaire ini, dimulai dari sejarah, dasar - dasar solitaire, dan banyak lainnya, bahkan kita juga akan diberi tau mengenai cara bermain solitaire klasik ini. Tersusun rapi, ringkas, dan sangat lengkap untuk uraian mengenai permainan kartu. Yang membuat saya pada awalnya sempat bingung dan kesulitan, tetapi diberi jawaban oleh situs website ini, lengkap pula hingga membahas sejarah dari game permainan kartu.

Pada saat kita bermain game secara online di situs website solitaire.org, kita tidak akan dibuat menganggu oleh tampilan iklan. Karena game solitaire ini menyediakan game online solitaire klasik tanpa ada iklan, sehingga kita bisa bermain dengan tenang dan juga nyaman.

Solitaire juga memiliki 6 (enam) game inti yang menjadi populer di situs websitenya, yakni ada klondike, Freecell, Spider, Piramida, Tripeaks, dan Golf. Namun saya akan menjelaskan game yang paling populer ini secara singkatnya saja dan memilih 3 permainan, yaitu :

1. Klondike Solitaire


Klondike solitaire adalah permainan kartu yang menantang, dan bisa dimainkan sendiri.

Game ini mengharuskan kita untuk mengklik dan menyeret kartu secara manual, lalu meletakkan ke tempat yang kita inginkan. Permainan ini juga diatur oleh waktu yang telah kita sepakati. Namun tujuan dari permainan game ini adalah untuk menumpukkan kartu - kartu tersebut ke dalam urutan. Urutan ini juga berdasarkan pada setelan dan peringkat. Namun jangan sampai kita memblokir diri sendiri. Jika kita memblokir diri sendiri maka dapat dikatakan bahwa kita akan kalah pada permainan ini

2. Freecell Solitaire


Freecell Solitaire adalah game yang memiliki 4 sel gratis untuk tempat anda menyimpan kartu secara gratis.

Pada game ini juga memberikan panduan untuk pemula dalam bermain game freecell solitaire. "Freecell" memiliki empat ruang kosong atau sel yang digunakan sebagai penyimpanan kartu sementara. Kartu freecell ini juga dapat menyimpan untuk kartu tunggal. Hampir setiap permainan dapat dimenangkan karena para pemain dapat merencanakan langkah mereka kedepan.

3. Piramida Solitaire


Pyramid solitaire Seperti namanya, permainan ini tersusun rapi seperti piramid, tidak seperti  permainan kartu lainnya yang tersusun rapi berbaris atau berkolom.

Cara bermain piramid solatire ini juga terbilang cukup mudah. anda hanya membagikan kartu dan membentuk sebuah piramida, lalu dimulai dengan deretan satu kartu lalu selanjutnya diikuti oleh deretan dua kartu, sampai pada deretan terakhir yang terdiri dari tujuh kartu.

Total keseluruhan kartu yang terdapat pada piramida ini memiliki dua puluh delapan kartu yang ditampilkan menghadap ke atas. Setiap baris yang dimiliki harus tumpang tindih dengan yang sebelumnya.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengeluarkan semua kartu dari piramida. Kartu yang akan dikeluarkan berpasangan dan pasangan ini harus memiliki jumlah tiga belas. Misalnya saja, sepuluh dan tiga dapat dihapus secara bersama - sama, karna jumlahnya sudah menjadi tiga belas.



Walaupun pada situs website solitaire ini terfokus pada permainan kartu, namun tetap menawarkan permainan lainnya yang juga mampu membuat kita kembali pada permainan klasik yang ada di masalalu. Berikut adalah beberapa permainan atas hasil rekomendasi pohon ketela yang dapat anda mainkan

1. Daily Crossword



Daily crossword adalah permainan teka - teki silang, ini termasuk game yang paling saya sukai dan juga banyak diminati, dulu semasa sekolah sering menabung untuk membeli majalah, atau buku TTS (Teka - Teki Silang) hanya sekadar mengisi teka - teki silang yang juga berhadiah.

Teka - teki silang yang tersedia pada soltaire.org ini menawarkan teka - teki yang terbaru, selalu memberikan update, dan kita juga dapat melihat teki - teki pada masa yang akan mendatang.

Kita juga akan diberi jeda waktu untuk mengisinya. Total petunjuk melintang ada sekitar 50 pertanyaan, sedangkan yang menurun mendaptkan 45 pertanyaan. Jika kita mengisi jawaban yang benar, maka huruf akan berwarna hijau, namun apabila jawaban salah maka huruf atau kata tersebut akan berwarna merah.

2. Daily Sudoku


Daily Sudoku adalah permainan tebak angka. Dulu saya sering memainkan game ini pada saat handphone masih jadul banget, menjadi game paling favorit dan dapat menghilangkan rasa bosan. Apakah anda salah satunya orang yang suka memainkan game sudoku ini?

Cara memainkan game sudoku ini juga terbilang cukup mudah - mudah sulit. Kita dipinta untuk menebak angka pada kolom yang tersedia dengan ukuran 3 x 3 pada setiap kolomnya. Beberapa nomor sudah tersedia dan sebagai petunjuk agar kita mencari tau jawaban dari isi kolom - kolom yang kosong. Untuk emmainkan game ini tetap memakai durasi waktu ya.

3. Zuma Ball



Zuma ball adalah salah satu permainan klasik yang dulu tersedia di komputer ataupun laptop. Game yang memiliki nama zuma ball ini pada umumnya memiliki khas unik yang membuat para pemainnya begitu hafal, yakni menggantinya dengan sebutan game kodok atau kodok zuma. Hanya saja pada situs website solataire, game ini bukan dilempar oleh si kodok melainkan gambar seperti  lebah yang memiliki sayap dan memegang bola untuk di lempar.

Cara bermain game ini juga terbilang cukup mudah, kita hanya mencocokkan warna yang akan dilempar, jika bola dengan berwarna sama sudah menyatu dan berkumpul 3 bola, maka bola tersebut akan menghilang dan akan habis. Begitulah seterusnya untuk memainkan game ini.

Sepertinya kita akan benar - benar dikejutkan oleh game yang tersedia di solitaire.org tersebut. Seperti judul artikel ini, bahwa ia menyediakan game klasik yang betul - betul bikin nostalgia. Apakah kamu salah satunya yang sudah pernah mencoba permainan ini?

Untuk dapat menikmati permainan yang bikin kita bernostalgia, anda dapat memainkannya pada link berikut Solitaire.org anda dapat langsung klik tulisan biru tersebut, maka anda akan diberikan tujuan pada laman situs website solitaire itu.

Jika anda sudah pernah singgah dan bermain pada situs website solitaire tersebut, coba sebutkan pada kolom komentar game apa saja yang sudah anda mainkan? dan game apa yang paling berkesan hingga membuat anda dapat bernostalgia ke permainan jaman dulu.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai game klasik yang bikin nostalgia solitaire.org. Semoga game ini benar - benar bisa bikin kita bernostalgia ya kerabat ketela.

15 comments for "Solitaire.org Game Klasik Yang Bikin Nostalgia"

  1. Mau bilang pernah denger, tapi kayaknya bakal ketahuan deh produk generasi berapa, wkwkwkw. Tapi aku juga memang ada pengalaman banyak sama game yang satu ini.

    Dulu, saat di tempat kerja, ya cuma game ini yang setia menemani membunuh waktu. Pas kalau berhasil main sampai selesai itu, lho... bagus ya? kartunya tersusun jadi model yang apik! :)

    ReplyDelete
  2. Nostalgia banget lihat list game yang dijelasin di sini.
    Solitare cukup berkesan bagi saya, karena saat pertama kali punya PC, game ini yang saya temukan pertama kali di dalam PC.

    Jujur sampai sekarang saya masih enggak ngerti cara main sudoku.

    Dulu waktu sekolah saya juga sering beli buku TTS, kangen... pengen coba yang versi online ini.

    ReplyDelete
  3. Dulu saat masih SMP, sering ke Warnet cuma untuk main game Solitare ini wkwkkw,
    rasanya Solitare ini game PC yang paling populer saat itu. Juga ada Sudoku dan Zuma Ball yang juga sering saya mainkan. 1 Jam di warnet hanya untuk main game-game tersebut, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  4. Aku ga bisa mainnya hiks aku main zuma dan zumba aja di rumah heheh nostalgia banget ya

    ReplyDelete
  5. Pas jaman kuliah belum marak kan game-game online. Nah aku demen main game solitaire ini di komputer. Nyocok-nyocokin kartu gitu kan. Duh emang bikin nostalgia banget dah.

    ReplyDelete
  6. Solitaire ini games yang gak membosankan. Selalu asik untuk dimainkan. Malah waktu kerja di backoffice pas rehat, daku suka mainkan ini

    ReplyDelete
  7. Yess generasi 90-akhiran hadir mba, aku pernah memainkan beberapa gamenya tapi skrg gamenya langsung bisa dimainin di websitenya langsung, senang nih jadinya, hihi

    ReplyDelete
  8. Ah sebagian besar mainan yang disebut di sini bikin nostalgia bgt :") aku termasuk anak 90an nih yang pernah mainin hampir semua game itu di komputer. Bahkan baru aja beberapa bulan yg lalu aku download solitaire di hp karena lg kangen.

    ReplyDelete
  9. Kalau di komputer atau laptop, game solitaire ini masih populer sejak 90-an sampai hari ini, soalnya ringan bisa langsung di-minimize kalau pas lagi gabut kerja hihi.

    ReplyDelete
  10. Solitaire kayaknya masih jadi game andalan untuk bermain di komputer atau laptop. Permainannya sangat ringan dan sederhana, cocok untuk menemani sela-sela aktivitas kerja.

    ReplyDelete
  11. Yg teka teki silang mungkin aku bisa hihi aku ga paham game makasih sudah dikasih gambaran kak

    ReplyDelete
  12. Belakangan ini aku juga mulai main game solitaire ini. Lumayan bisa bikin otak lebih relaks pas lagi tegang.

    ReplyDelete
  13. Wah kita satu server mbak hahhaa angkatam kelahiran 80-90an ya. Kenal solitaire ini dri komputer pentium sekian gtu hahaja jadi emang nostalgia ya hwkakaka

    Aku suka ngegame tanpa donwload gini

    ReplyDelete
  14. Solitaire ini game kesukaanku sampai sekarang. Paling suka yang freecell gitu.

    Ngegame solitaire selain bisa bikin relax juga bikin kreatif otak kita. Karena harus memecahkan masalah biar menang.

    ReplyDelete
  15. Nostalgiaaaaa pake banget ini mah! Wkwkwk ...
    Saya termasuk orang yang tidak suka main game yang rumit, cenderung lebih suka game-game kasual seperti ini. Untung masih ada Solitaire ya. Gak perlu download aplikasi juga lagi. Hahahaha ...

    ReplyDelete