Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Ampuh Melupakan Mantan Gampang Untuk MOVE ON Hanya Satu Hari


Tips Ampuh Melupakan Mantan Gampang Untuk MOVE ON 
- Halo kerabat ketela, Kali ini aku mau berbagi mengenai permasalahan percintaan, tidak juga dengan percintaan sih, bisa juga hal ini terjadi pada teman dekat kita sendiri. Tidak jauh, yaitu mengenai Tips Ampuh Melupakan Mantan Gampang untuk Move On Hanya Satu Hari saja!


Aku tertarik menuliskan tentang ini, Kenapa? Karena aku sering menjadi tempat curhat atau memilih sebagai pendengar. Permasalahan yang tidak pernah usai adalah tentang MELUPAKAN. Termasuk melupakan masa lalu.

Aku menuliskan ini, berdasarkan fakta nyata yang sudah aku rasakan sendiri. Dan hal ini juga sering sekali aku share kepada rekan - rekan ku yang lainnya ketika mereka bercerita kepadaku.

Jadi, kalau dilihat dari judul "Tips Ampuh melupakan mantan Gampang untuk move on hanya satu hari" adalah suatu hal yang terdengar begitu mustahil, dan pasti kebanyakan orang mikirnya "Ya iyalah cuma satu hari, kamu tidak cinta sama dia, tidak ada perasaan sama dia".

Haha, bebas sih orang lain mau berasumsi apa saja, tidak akan ada yang melarang. Tapi yaaa, seperti kata ku pada paragraf yang di atas, aku menuliskan ini berdasarkan fakta dan juga riset pada diriku sendiri dan juga rekanku lainnya.

Mungkin, aku sedikit bercerita kali yah. Dulu, selama jaman cinta monyet nih, aku susah banget move on dari seseorang, yang jelas dia adalah sosok cinta monyet ku pada saat itu. Aneh memang yaa! Padahal, kita putus baik - baik. Kalau baik - baik ngapain putus? Bukan seperti itu maksudnya jamileh yee.

Putus secara baik - baik, dengan cara komunikasi yang baik pula. Keputusan kita untuk berakhir atau putus tentu saja atas kesepakatan kita berdua. Kenapa putus? Karena LDR, kita berdua tidak bisa LDR. di balik itu, dia bagaimana, jelas aku tidak tau.

Waktu terus berjalan, tapi ingatan tentang dia masih saja menetap dalam ingatan. Padahal, waktu berjalan sudah 3 (tiga) tahun lebih melupakan dia. Kenapa ya? cuma gara - gara ini, sampai tidak bisa membuka hati pada manusia lainnya. Kini, waktu ku sudah berjalan sampai 5 (lima) tahun. Aku merasakan ada hal yang aneh, kenapa dia masih saja melekat di ingatan. Mungkin ini adalah kali pertama aku mengenal sosok yang baik, memori yang tersimpan tentangnya juga baik, tidak ada peninggalan rekam jejak yang buruk, meski itu cuma cinta monyet. Aku mencari beribu cara tentang melupakan, Hingga di satu hari, aku bertemu dengan seseorang yang lebih dewasa usianya dari usia ku, sifat dan sikap nya sama persis seperti cinta monyet ku dulu. Dengan kehadiran sosok itu, perlahan, ingatan itu memudar, dan tidak lagi memori tentang dia tertinggal.

Di hari lain, aku bertemu dengan seseorang yang aku terima di kehidupan ku tanpa sengaja. Hubungan yang berjalan 1,5 tahun lebih. Hanya sebentar, namun banyak sekali menoreh-kan luka. Banyak sekali rekam jejak buruk tertinggal. Dan bisa dikatakan, orang ini, berbanding terbaik 360° dengan 2 (dua) orang yang aku temui sebelumnya. Seseorang yang aku temui tanpa sengaja, dengan sengaja pula aku menjatuhkan hatiku pada dia. Gaya berpacaran kami sangat jauh dari kata sehat dan menyakitkan, kalau orang jaman sekarang bilang toxic relationshit.

Dia yang aku kira, kita berdua bisa berjalan bersama di masa depan, ternyata cuma aku sendiri yang memikirkan itu, dia masih mau main - main. Padahal, usia tidak bisa di ajak bercanda, dan hati bukan sebagai tempat wisata.

Di suatu hari, aku memutuskan, bagaimana caranya melupakan, agar tidak terjadi lagi seperti masa lalu ku. sampai bertahun - tahun lamanya. Apalagi pilihan kami putus bukan dengan cara yang baik, sama - sama meninggalkan rekam jejak yang buruk sekali di ingatan. Dan, kamu tau apa yang aku lakukan? ini dia tips melupakan mantan hanya dengan satu hari versi aku.

Tips Ampuh Melupakan Mantan Gampang Untuk Move On Hanya Satu Hari

Berikut adalah tips ampuh melupakan mantan, gampang untuk move on hanya satu hari yang perlu kamu ketahui :

1. Niat dan Ikhlas

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari, yang pertama kali aku lakukan adalah dengan NIAT. Niat untuk melupakan. Aduh, ribet banget hidupku, melupakan saja pakai niat ya haha.

Kenapa pakai niat sih? Menurut aku, dengan kita niat untuk melupakan. Sekuat apapun ingatan yang dipanggil tentang dia, tidak akan bisa menghadirkan sosok-nya dia lagi di ingatan. Sama sih hal nya dengan ikhlas. Iya, Niat dan ikhlas ini seperti satu paket. Harus kita lakukan secara bersamaan.

Jika bagimu sedikit sulit melakukan ini, coba baca tulisan di bawah ini dengan sebaik - baiknya. Mungkin bisa sedikit membantu kamu untuk segera melupakannya:
  1. Diam, silakan cari tempat sepi, aman dan nyaman, dan jangan lupa untuk memejamkan mata.
  2. Berani, iya, kamu perlu mengumpulkan keberanian kamu untuk melakukan ini, jangan pernah setengah - setengah melakukannya.
  3. Tarik napas, silakan tarik napas kamu panjang -  panjang, lalu lepaskan, dan terakhir
  4. Niat dan ikhlas, niat dan ikhlaskan bahwa kamu serius ingin melupakan dia.
Aku tau kok kalau melupakan itu tidak mudah, dan tentu saja kita butuh waktu kan? Aku juga sering katakan pada mereka kalau "Iya, aku tau bicara itu mudah, ngelakuinnya susah kan?". Sebetulnya tidak akan susah, jika kamu benar - benar ingin dan sungguh ingin melupakan.

Dan usaha untuk melupakan mantan, langkah pertama adalah dengan niat dan ikhlas. Apakah kamu sudah melakukannya? Jika kamu yakin sudah melupakannya dengan niat dan ikhlas, maka kamu bisa melanjutkan dengan langkah ke dua.

2. Hide Story / Postingan atau Blokir

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari yang ke - dua adalah dengan cara hide story / postingan atau memilih untuk memblokir. Siapa nih diantara kamu kalau putus tidak pernah saling memblokir mantan? Untuk pilihan ini ada baiknya dan ada tidaknya juga loh.

Baiknya, kamu bisa menjalin silaturahmi yang baik, itupun jika di akhir perpisahan kalian memilih untuk berteman saja. Buruknya, jika kita masih memiliki perasaan kita bisa nyesek, se-nyesek - nyeseknya ketika melihat postingan mantan kita sudah bersama pasangannya yang baru.

Kalau ini, kembali pada kalian masing - masing lagi. Dan yang perlu kamu ingat, dengan memblokir belum tentu itu sifat kekanak-kanakan ya. Karena dengan memblokir ini adalah salah satu cara melupakan versi terbaik bagi seseorang. Jadi kamu jangan terlalu cepat me - judge seseorang dengan pikiran buruk.

Teruntuk kamu yang memilih masih berteman di sosial media dengan mantan. Kalau mantan masih sering reply dengan membalas story, Hati - hati sobat bahwa itu adalah MODUS. 

Tetapi, untuk kamu yang masih berteman di akun sosial media instagram, jika kamu tidak ingin memblokirnya. Mungkin kamu bisa melakukan cara ini, yaitu dengan hide story dan postingan. caranya cukup mudah, pernah aku jelasin di artikel yang ini :

Jika kamu melakukan hide story dan feed, maka postingan dan story dia tidak akan pernah muncul di beranda kamu, tanpa perlu kamu memblokir dia.

Jadi, sebagai saran bisa nih kamu lakukan, pilihan juga ada di kamu, mau nge-hide story dan feed atau memilih untuk memblokir akun mantan.

3. Jangan Pernah Stalking

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari yang ke - tiga adalah Jangan pernah stalking akun sosial media mantan kamu. Masih ada kaitannya dengan point sebelumnya.

Ini penyakit banget gak sih? Kalau aku pribadi stalking mantan pernah. Yaaa, cimon dan mantan gebetan aku dulu hehe. Tapi untuk mantan yang terakhir ini sepertinya tidak pernah. Dan sebagai saran aku, ada baiknya untuk menahan diri, dan jangan pernah stalking apalagi kepo sama urusan mantan.

Ya walau ada beberapa teman kita pastinya akan memberikan kabar mengenai mantan kita, dimulai dari perubahan dari si mantan mungkin. Tetapi, yaa belajar untuk bodo amat dan lebih positif thinking saja.

Menurut aku, Stalking adalah suatu bentuk terciptanya penyakit hati, ini sih berdasarkan survei yang aku lihat dan juga dari mendengarkan. Tujuan dari stalking biasanya tak pernah jauh dari kata, "penasaran", "kepo" dan yang terakhir adalah "rindu".

Kenapa aku katakan penyakit hati? kita bisa jadi overthinking, kalau diluar dugaan, bisa bikin kita sakit hati dan buat nyesek.

Salah satu cara mengatasinya adalah berhenti untuk mencari tahu, sayangi diri sendiri dan jauhi diri kamu dari perasaan kepo terhadap masa lalu kamu ataupun pasangan kamu yaa.

Untuk stalking ini sangat tidak dibenarkan sekali sobat, benar - benar bahaya, tolong dijauhi. Hehehe, tetapi ini juga berlaku untuk kamu yang memiliki pacar, ataupun yang baru saja putus dan ingin melupakan mantan yaa.

Dan gimana jadinya kan, kalau niat melupakan hanya sebatas ucapan di bibir saja, tetapi hati masih memanggil, mata masih ingin melihat, jari masih saja mencari.

4. Beri Jeda Waktu

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari yang ke - empat adalah dengan cara memberi jeda waktu untuk diri sendiri.

Jeda waktu, beri jeda waktu untuk dirimu sendiri. Kamu bebas mengekspresikan segala rasa bentuk perasaan yang kamu miliki. Kamu bisa menuangkan rasa sakit dengan menangis sendirian di kamar, teriak, tidak apa. Di hari itu, kamu harus berjanji pada dirimu sendiri untuk
"Hari ini aku akan menangis, aku akan melampiaskan dan mengeluarkan segala rasa yang bercampur aduk di dalam diriku. Aku berjanji, hanya di hari ini saja. Esok aku akan hadir dengan wajah baru, diriku yang baru, dan hari ku yang baru. Tidak apa, kita mulai hari dari awal, hiduplah dengan tenang, tanpa adanya perasaan dendam, kemarin adalah kemarin, dan esok adalah hari baru untuk diriku"
Hiduplah menjadi lebih baik, singkirkan pikiran negatif atau hal - hal buruk. Biasanya, pemikiran aneh dan buruk akan hadir disaat situasi dan perasaanmu berantakan bak porak poranda. Jika bisa, tahan dirimu, dan saat pemikiran buruk itu datang, selingi dengan pemikiran positif. Maka akan menjadi keseimbangan, dan hal positif akan mengalahkan pemikiran negatif.

Gak tau kenapa, tetapi menurut aku, ini berguna banget, ampuh untuk melupakan mantan.

5. Jangan terburu - buru Menghapus Kenangan / Foto

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari mantan yang ke - lima adalah jangan terlalu terburu - buru untuk menghapus kenangan / foto bersama mantan.

Aku paham banget sih, pasti disitu rasanya campur aduk, kecewa, sedih, tangis, marah, kesal, dan inginnya teriak. Terlihat lebay, jangan salah! Ada juga loh yang seperti ini. Menurut aku ini wajar, sebagian dari ekspresi kita.

Ada yang langsung membuang foto kenangan, baju couple, sepatu, jam tangan dan barang - barang lainnya dari pemberian mantan, dengan cara merobek, membuang atau bahkan membakarnya. 

Loh, kenapa sih? kok jangan terburu - buru? Karena ini tips dari aku, maka kalian bisa ikutin dan bisa tidak, tergantung pada kamu yang juga pandai - pandai mengelola emosi kamu ya.

Ada alasan tersendiri kenapa aku tidak mau membuang barang dari mantan, apalagi jika itu berbentuk foto yang tertinggal disebuah file laptop ataupun smartphone yang kita punya.

Alasan ku tidak membuang barang yang pernah mantan kasih adalah karena aku menghargainya. Karena aku tau, disetiap barang yang mereka kasih ke aku, itu mereka butuh perjuangan, bahkan sampai nabung uang mereka dari kerjaan mereka. Jadi, semacam bentuk apresiasi dan menghargai sih lebih tepatnya. Dan sampai sekarang masih aku simpan, aku bohong kalau aku membuang barang yang pernah mereka kasih.

Kalau foto, sengaja aku simpan. Jadi, selama proses melupakan aku simpan foto - foto itu ditempat yang akan aku lupa. Suatu hari, satu bulan, atau bahkan satu tahun kemudian. Ketika aku kembali membuka dokumen foto - foto aku bersama mantan, rasanya akan aneh. Iya, aneh. Anehnya adalah, aku tidak dapat mengingat orang atau bahkan momen dimana foto itu diambil dan lokasinya.

Disitu adalah waktu yang tepat untuk aku membuang foto kenangan bersama mantan. Ketika kita melihat wajah kita di dalam sebuah dokumentasi foto, maka kita kan terlihat biasa saja, tidak akan ada lagi perasaan yang muncul, bahkan tidak dapat menghadirkan sosok mantan di ingatan kita.

Coba aja deh, bahkan pun ketika seseorang teman kamu kembali mengingat moment masa lalu mu. Kamu tidak bisa mengingat moment tersebut dengan jelas, untuk mengingat wajahnya kembali saja susah.

Dan ini lah yang aku lakukan sebuah proses melupakan mantan dengan cepat, hanya butuh satu hari untuk meluapkan segalanya, agar esok lebih lega dan hadir dengan wajah yang baru, hari baru dan semangat yang baru.

Tips ampuh melupakan mantan gampang untuk move on hanya satu hari ini tentu saja sangat bisa kamu lakukan. Cara ini benar - benar mudah, ampuh dan sudah dibuktikan oleh saya dan beberapa orang terdekat saya.

Kamu bisa mencobanya dengan cara - cara di atas ini, jika kamu sudah sukses melakukannya, kamu bisa menceritakan pengalaman kamu melupakan di kolom komentar yang ada di bawah ya sobat.

Hai, terima kasih telah membaca tulisanku. Jika ingin membaca tulisan - tulisan aku yang lainnya dalam bentuk fisik, kamu bisa membeli buku ku dengan cara klik disini. Dan jika kamu ingin sharing, butuh teman cerita, butuh pendengar kamu bisa menghubungi aku melalui media sosial milik pohon ketela @pohonketela_ dengan format, "Curhat bareng pohon ketela". Terima kasih.

Post a Comment for "Tips Ampuh Melupakan Mantan Gampang Untuk MOVE ON Hanya Satu Hari"