Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

23 Fitur Aplikasi Instagram Lengkap dan Terbaru 2021

By; Pinterest

Instagram adalah sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna bisa mengambil foto ataupun video, dan bisa menerapkan filter digital dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Dari pengalaman saat kuliah dulu, termasuk saya sendiri, sebagai anak komunikasi pasti ada mempelajari mengenai media sosial, jika dibahas lebih rinci lagi yaitu media sosial instagram, ini hanya salah satunya saja.

Buku yang mengenai instagram juga lumayan sulit ditemukan. Di toko buku seperti gramedia paling hanya ada tiga atau lima buku saja. Dan itu cepat sekali habisnya. Sepertinya para penulis buku mengenai media sosial harus memperbanyak eksemplar buku yang akan diterbitkan. Karena jujur saja, buku yang mengenai media sosial pasti banyak, tapi susah dicari dan cepat sekali habis. hal ini sering saya rasakan saat diperkuliahan dulu.

Saya tertarik ingin menuliskan mengenai fitur - fitur instagram sebab saat menyusun skripsi dulu, judul skripsi saya mengenai media sosial instagram. Makanya saya tertarik untuk menuliskan fitur - fitur instagram yang kian hari semakin berkembang, kita juga harus bisa beradaptasi dengan fitur - fiturnya yang baru dan sangat menarik ini. Sekiranya ini yaa sangat bermanfaat bagi mahasiswa dibangku perkuliahan sama seperti saat saya berkuliah dulu.

Menurut Pohonketelamenulis.com, Aplikasi Instagram telah berhasil membuat para penggunanya agar tidak berdalih ke aplikasi lain dengan menyajikan fitu - fitur terbaru dan trendi. Bisa kita lihat pada fitur - fitur yang telah disajikan di Instagram begitu sangat menarik pengguna.

Berikut beberapa fitur terbaru instagram yang harus kamu ketahui :

1. Instagram Shopping



70% orang mencari barang yang mau dibeli melalui instagram, jika sebelumnya para penjual mempromosikan jualan miliknya melalui promosi feed dan story tidak lupa mencantumkan nama marketplace agar mempermudah dicari oleh pembeli.

Kini Instagram sudah menyediakan fitur instagram shopping, dengan guna mempermudah calon konsumen untuk melihat katalog dan berbelanja.

Caranya cukup mudah, pastikan akunmu sudah beralih pada akun bisnis. Lalu daftarkan dan buatlah tokomu terlebih dahulu. Jika sudah selesai maka toko siap ditampilkan dan konsumen akan semakin mudah untuk berbelanja di instagram shopping milikmu.

2. Instagram Reels



Instagram kian dihebohkan dan sempat trending di twitter karena telah meluncurkan Instagram stories. Fitur terbaru dari instagram ini mirip sekali dengan aplikasi tiktok. Kamu tentu saja bisa memanfaatkan fitur ini untuk membuat konten video singkat. Reels ini sangat bisa mendongkrak viewers secara drastis.

Instagram reels juga bisa dapat masuk dalam halaman feed, masuk Explore, bisa ditampilkan di halaman hastag untuk waktu yang lama, gambar bisa di save, mudah di share, dapat berbagi audio, dan dengan mudah dapat menjangkau audience di luar followers.

Instagram reels juga dimanfaatkan dengan baik oleh akun bisnis. Dengan cara membuat konten yang menarik, maka insight yang didapat juga akan naik, besar kemungkinan orang - orang yang melihat konten kamu akan tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa bisnis kamu semakin kian tinggi.

Pada 27 Juli 2021 lewat akun twitter, pihak instagram resmi mengumumkan bahwa pengguna meme agar terlihat lebih friendly dengan para usernya. Dengan durasi video lebih lama, yaitu 60 detik. Para content creator kini bisa lebih bebas dalam menuangkan ide - ide kreatifnya dalam bentuk video. Karena sebelumnya fitur instagram reels ini hanya memiliki durasi yang cukup pendek, yaitu hanya berdurasi 30 detik saja.

3. Stories Calender



Story kalender adalah arsip story yang tersimpan. story - story lama yang pernah dipublikasikan, bak itu dalam jangka waktu tiga tahun lalu, dengan adanya fitur stories calender ini mempermudahkan kita untuk dapat melihatnya kembali.

Stories calender juga dapat dibagikan ulang. Untuk mengetahuinya, kamu bisa membuka arsip story ada tambahan fitur kalender untuk memudahkan mencari instagram story sesuai dengan tanggal yang telah kita post sebelumnya.

Bagaimana? Sangat menarik bukan? story lama kenangan bersama mantan kamu masih tertaut gak? awas bernostalgia yaa.

4. Instagram Translate



Instagram kini resmi menghadirkan sebuah fitur translate atau terjemahan. tentu mempermudah pengguna agar tidak perlu repot - repot membuka google translate lagi.

Instagram translate memiliki tujuan untuk mempermudah para pengguna, tapi tak heran juga bisa arti dari translate terkadang suka ngawur.

Instagram translate ini bisa kamu temui di story, tepat dibawah nama pengguna akun story dan juka pada feeds instagram.

5. Insight Instagram



Fitur insight instagram tentu sangat berguna, terutama untuk para pelaku bisnis instagram untuk dapat melihat perkembangan bisnis yang mereka kelola.

Selain untuk mengetahui perkembangan fungsi insight, tentu sangat penting untuk evakuasi instagram buat kedepannya.

fungsi dari fitur insight instagram kita dapat mengetahui perkembangan instagram, menampilkan keseluruhan kinerja dan data, dan dapat melihat analisis terperinci pada setiap postingan.

Vanish Mode



Vanish mode terdapat pada bagian direct message dari instagram, kita bisa mengaktifkannya dengan swipe up keatas di dalam kolom message tersebut.

Jika mode ini diaktifkan, pesan dari pengirim maupun penerima menghilang setelah pesan itu dibaca atau percakapan ditutup.

Apabila ingin melakukan screenshot terhadap percakapan tersebut maka akan muncul notifikasi dari instagram. Fitur ini bisa digunakan untuk ngobrolin sesuatu rahasia ke sesama pengguna.

6. Sembunyikan Jumlah Suka

Instagram kini telah resmi menyembunyikan hitungan "like" di platformnya secara global. Fitur ini disiapkan guna untuk menjaga kesehatan mental penggunanya, agar tidak terobsesi dengan jumlah like dari akun lainnya.

7. Menautkan Link pada stories

Instagram sudah memiliki fitu "Swipe Up" yang bisa menautkan link ke instagram stories. Namun, itu terbatas, hanya untuk pengguna yang memiliki pengikut sebanyak 10.000 ke atas.

Baru - baru ini beredar kabar kalau instagram telah memperluas kemampuan tersebut. Tapi fitur yang akan dihadirkan bukanlah pengembangan swipe up melainkan stiker tautan.

Stiker tautan ini akan beroperasi dengan cara yang sama seperti Swipe Up. Hanya saja melalui ketukan, bukan gesekan. Stiker tautan ini juga bisa diaplikasikan oleh pengguna yang tak memiliki pengikut sebanyak 10.000.

8. Auto reply

Auto Reply biasa digunakan oleh akun bisnis. Pengguna bisa memilih pesan tertentu yang akan dibalas sehingga minimnya misskomunikasi. Kegunaannya untuk mempermudah balas chat konsumen. Lalu kamu bisa ke settings - business dan pilih saved replies atau FAQ ya.

Dengan adanya fitur Auto Reply atau balas cepat ini dapat meningkatkan proses komunikasi yang efektif, dari pengguna bisnis kepada pelanggannya melalui DM (Direct Message).

9. Specific Reply

Fitur ini terdapat dalam direct message, kita dapat membalas pesan tertentu dengan cara tekan dan tahan pesan tertentu yang mau kita balas.

Fitur ini sebenarnya sudah terdapat pada platform chat lain seperti whatsapp, telegram dan juga line. Tentu fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang aktif di direct message.

10. Filter Inbox

Filter box adalah salah satu fitur terbaru di instagram, dunanya untuk menyaring pesan yang terdapat di direct message atau DM. Pengguna bisa menandai beberapa pesan yang masuk untuk menentukan pesan mana yang harus di tinjau dan mana yang hanya melihat - lihat saja.

Fitur filter inbox juga bisa menyaring pesan - pesan mana yang belum dibaca. Tentu saja hal itu untuk menjaga hubungan dengan pengguna lain maupun pelanggan.

11. Instagram Musik

Instagram Musik ternyata sudah dirilis pada bulan juni 2018 lalu loh. Namun pada akhir Juni 2021 Instagram musik kian dihebohkan warganet Indonesia. Sebab sebelumnya fitur ini hanya tersedia dan bisa dinikmati oleh beberapa negara saja karena faktor dari lisensi musik, salah satunya ya Amerika Serikat.

Instagram telah menyediakan ribuan lagu berlisensi yang langsung dapat dipilih di aplikasi. Cara menambahkan fitur music ini  pun sama dengan cara ketika ingin menambahkan fitur lainnya seperti stiker GIF, poling atau lokasi.

Setelah memilih music, pengguna dapat menggeser lagu untuk mendapatkan potongan lagu yang di inginkan untuk dimasukkan ke dalam postingan video atau gambar. Durasi waktu yang di dapat sekitar 30 detik saja.

Namun, Instagram music memiliki beberapa tampilan yang dapat kita nikmati sesuai selera kita.

12. Video Chat

Video chat yang merupakan unggulan dari fitur aplikasi Skype ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan video call melalui direct message. Video chat ini bisa dilakukan oleh satu orang ataupun grup, namun memiliki maksimal sebanyak empat orang saja.

Cara penggunaannya juga cukup mudah, jika kamu sudah masuk ke direct message, cukup ketuk ikon kamera video chat yang terletak di sisi kanan atas layar. Lantas teman kamu akan menerima notifikasi panggilan masuk.

13. Fitur Question

Fitur yang diluncurkan pada akhir Juni 2018 ini sepintas mirip dengan aplikasi tanya jawab populer Ask.fm. Fitur ini mempermudah pengguna untuk bisa saling berinteraksi dengan followersnya, begitupun sebaliknya.

Fitu ini ternyata memang dibuat agar pengikut atau followers bisa bertanya kepada si pemilik akun. Setelah itu, si pemilik akun tersebut bisa menjawab pertanyaan dan langsung dipublikasikan pada postingan instagram stories.

14. Instagram TV

Pada akhir juni 2018, pengguna instagram dikejutkan dengan kehadiran IGTV .

Jika Video in feed hanya memiliki durasi waktu hanya satu menit saja, IGTV memiliki durasi waktu yang terbilang cukup panjang.

Cara mengupload IGTV bukan hanya sekedar memasukkan video saja, melainkan Jika kamu melakukan IG LIVE dengan durasi waktu yang cukup panjang, maka IG LIVE kamu bisa tersimpan di IGTV itupun jika kamu menginginkannya untuk menyimpannya.

Dengan durasi waktu yang cukup panjang inilah yang membuat IG TV dilirik oleh pengguna lainnya. Karena dapat menawarkan apa keinginan dari pengguna instagram.

15. Nametag di Stories

Pada Oktober tahun 2018, Instagram hadir dengan fitur terbarunya yang sedikit menyerupai Snapcode milik Snachat yaitu fitur nametag instagram.

Fitur ini hanya terseedia di stories saja, tidak berlaku di feed. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menambahkan teman secara pribadi, kamu tidak perlu mengetik nama akun. Cukup menggunakan fitur nametag maka para pengikut atau followers akan dengan sangat mudah menemukan akun tersebut hanya dengan sekali ketukan saja.

Fitur ini bisa kamu temukan di profile, kemudian pilih fitur @mention akun tujuan maka akan tampil di stories dan sangat mudahh ditemukan oleh pengguna lainnya.

16. Senyapkan Stories

Cocok nih buat kamu yang lagi ada masalah sama teman atau males lihat postingan dari mantan, gak mau unfollow tapi story sama foto di feed nya jangan sampai lewat di beranda. Dengan adanya fitur membisukan story, ini mempermudah pengguna untuk tidak memutuskan komunikasi dengan cara unfollow.

Fitur ini tentu bukan hanya bisa menyembunyikan story saja, tetapi juga feed dari pengguna lain.

Cara nge-mute story ini juga cukup mudah, yakni tinggal tekan atau tahan foto profil pengguna di bagian stories, lalu pilih "Senyapkan Cerita" atau "Senyapkan Postingan dan Cerita". Jika kamu sudah mengaktifkan fitur ini maka story ataupun feed dari pengguna yang kamu sembunyikan tidak akan terlihat pada laman feed kamu.

17. Ubah Ikon Instagram

Kini tampilan instagram pada home screen bisa dapat disesuaikann dengan selera penggunanya loh.
Terdapat ikon pride berwarna pelangi hingga ikon lawas diawal kemunculan instagram. Ubah tampilan ikon denga cara membuka fitur pengaturan pada aplikasi instagram.

18. Vanish Mode in message

Apabila mode ini diaktifkan, pesan dari pengirim maupun penerima menghilang setelah pesan itu dibaca atau perakapan ditutup.

19. Switch Account

Switch Account yang terdapat di instagram ini biasanya digunakan oleh pengguna yang memiliki akun bisnis atau jualan, menggunakan 2, 3 atau 4 akun. baik itu akun pribadi, akun jualan atau akun perusahaan.

Jika kamu mempunyai beberapa akun instagram, maka dengan mudah kamu bisa tap foto profil instagram yang terdapat di kanan bawah. Dengan cepat akun instagram akan berpindah ke akun yang lainnya.

Fitur ini tentu sangat berguna bagi yang mempunyai banyak akun, mempermudah untuk berpindah akun dengan segera.

20. Arsipkan foto

Para pengguna tentu sangat menyukai adanya fitur arsip tersebut. Fitur Arsipkan foto adalah menyembunyikan foto ataupun video dan tidak dapat dilihat oleh pengguna lain, namun fitur ini juga bisa mengembalikan foto dan video untuk tampil di profil kembali.

Kebanyakan para pengguna instagram menggunakan fitur ini untuk menyembunyikan sesuatu agar tidak terlihat oleh pengguna lain, atau ingin merapikan feeds instagram tanpa mengahapus fotonya.

Jadi jangan heran yaa jika seandainya foto- foto ataupun video yang selama ini kamu lihat pada laman profil milik pengguna lain suka hilang dan tiba - tiba suka timbul lagi.

Fitur arsipkan foto ini juga biasanya digunakan oleh pengguna yang sangat sulit sekali move on. Kebanyakan update foto bersama mantan, daripada dihapus, lebih baik menggunakan fitur ini untuk menjadikannya kenang - kenangan. Teruntuk pasangan, siap - siap cek arsip milik pasangan kamu ya, mana tau mereka ada yang seperti ini. Semoga saja tidak.

21. Hastag

Hastag adalah sebuah tanda "#". Hastag juga termasuk keyword atau kata kunci yang akan memudahkan para pengguna untuk menemukan apa yang dicari dan mempermudah konten agar dapat dilihat oleh banyak orang.

Hastag yang kita ikuti juga akan tampil di beranda atau feeds instagram. Misalnya kamu mengikuti hastag #Lombatulis maka disetiap pengguna lain yang memposting dengan menggunakan hastag tersebut. akan dengan mudah muncul di beranda yang kamu miliki

22. Sematkan Komentar


Instagram resmi merilis fitur komentar yang disematkan. Dengan adanya fitur ini memungkinkan para pengguna menyematkan tiga komentar pada postingan ke urutan teratas.

Fitur ini telah tersedia baik itu pengguna IOS maupun Android. Beberapa tahun belakangan ini instagram berusaha memperbaiki alatnya untuk memerangi pelecehan, penyalahgunaan dan informasi yang salah, dan upaya tersebut meningkat di bawa CEO Adam Moseri saat ini.

Secara khusus, moderasi komentar instagram meningkat secara signifikan. Instagram kini menggunakan kecerdasan buatan untuk secara otomatis memblokir komentar ofensif.

Komentar yang disematkan, walaupun bukan alat yang efektif seperti dalam beberapa penambahan sebelumnya, masih dapat membantu pembuat konten, selebritas dan bisnis di instagram untuk mengelola profil mereka secara lebih baik.

23. Nonaktifkan komentar

Instagram kini memiliki fitur membatasi dan menonaktifkan komentar. Adanya fitur ini tentu sangat membantu para pengguna untuk mencegah adanya komentar - komentar negatif yang akan diberikan oleh netizen.

Untuk menghindari hal tersebut, fitur ini membantu untuk menonaktifkan komentar diakun instagram.

Dengan perkembangan fitur instagram ini, selain harus mengetahui banyaknya fitur - fitur yang telah disajikan oleh instagram, kita juga harus mampu beradaptasi dengan pembaharuan yang selalu di update.

Jadi, fitur - fitur mana yang sudah kamu ketahui dan yang belum kamu ketahui? Selamat beradaptasi dengan fitur - fitur terbaru yang disajikan oleh instagram.

Pohonketelamenulis.com akan terus memberikan pembaharuan yang paling update mengenai fitur - fitur terbaru dari instagram.

12 comments for "23 Fitur Aplikasi Instagram Lengkap dan Terbaru 2021"

  1. Semakin ramai fiturnya, semakin asik. Yang saya belum pernah coba, reels :)

    ReplyDelete
  2. Memang sebuah brand itu harus terus berinovasi supaya bisa bertahan. IG bagus selalu ada fitur baru walau kadang dianggap tukang tiru. Yang saya enggak suka dari IG itu, kalau kayak pasang IG Ads atau daftar toko, harus ngurusnya ke FB. Padahal saya udah enggak aktif FB.

    Penjelasan di sini lengkap banget, ada beberapa yang saya jadi tau. Makasih infonya^^

    ReplyDelete
  3. Ternyata banyak betul sekarang fiturnya. Saya sendiri cuma selewatan kalau buka ig, paling cuma ngecek story buat ngeliat kalau2 ada info atau kondisi temen yg lagi butuh bantuan. Setelah itu tutup lagi, lebih sering jadi anak twitter hihi.

    Sekarang kayaknya ig malah jadi e-commerce shopping ya.

    ReplyDelete
  4. Sekarang saya lagi senang bikin story dengan music. Meski katalognya masih terbatas untuk lagu Indonesia. Lagu-lagu terbaru sering tidak ada ketika saya melakukan pencarian. Dan beberapa juga tidak menyediakan lirik.

    ReplyDelete
  5. Instagram semakin maju dan berkembang, pintar dalam memanfaatkan metode amati tiru dan modifikasi fitur dari pesaingnya untuk diterapkan di platformnya.
    tentunya para pengguna akan semakin betah dan nyaman. Goodjob IG.

    ReplyDelete
  6. Yang masih ramai tentang fitur instagram reels. Dan ternyata banyak banget fitur dari instagram yang blm sya tau hehe emang blm terlalu main instagram sih, tapi bisa dijadikan ilmu baru untuk kedepannya saat mulai serius main instagram (buat konten).

    Terimakasih kak atas sharingnya :)

    ReplyDelete
  7. Dari semuanya yang ada di atas , Reels instagram sangat menarik dan sangat memancing atensi penggunanya sekaligus beradu jurus sama dengan aplikasi lainnya. Namun kini, dengan adanya Reels banyak orang yang enggan punya tiktok, jadi semakin enggan punya tiktok karena di instagram sudah menyediakan ya juga, jadi lebih hemat memori hp

    ReplyDelete
  8. Kalau seperti ini Instagram semakin mendukung UMKM masyarakat Indonesia

    ReplyDelete
  9. Aku pgen bgt dpt fitur yg swipe up, biar klo ngisi IG story ttg postingan blog, bagi yg mau baca bs lgsg menuju ke halaman blogku. Tp apa daya, followerku msh sedikit hehe.

    ReplyDelete
  10. Hebat banget emang Instagram, fitur apaan aja ada di sana. Jago memantau kompetitornya! Fitur kesukaan aku insight, music, sama archive bisa liat stories yang lama-lama, nostalgia hehe.

    ReplyDelete
  11. Aku lg suka pake Reels nih soalnya reachnya lebih banyak drpd feeds hahaha, sama jadi suka hide jumlah likes biar gak insecure sama postingan orang lain dan jadi kompetisi gak sehat 😅

    ReplyDelete
  12. Wah banyak bgt ternyata yang tidak diketahui, lgian mgkn ga mencari tahu haha..tp belakangan saya menyeting komentar yang bisa dinonaktifkan untuk non followers.

    ReplyDelete