Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Instagram Marketing untuk Pelaku Usaha Pemula, Content Creator dan Influencer

www.pohonketelamenulis.com


Di era yang serba digital, instagram kini menjadi salah satu sosial media terbaik untuk menarik pelaku bisnis dengan menjalankan promosi di sosial media instagram ini. Tak heran jika para pelaku bisnis berlomba - lomba menguasai dengan mencari tahu rahasia instagram marketing agar pengguna instagram akan sangat mudah terjangkau.

Apakah Instagram marketing mempunyai rahasia? Iya, tentu saja. Bukankah seperti yang terlihat bahwa instagram kian hari semakin berkembang, selalu ada perubahan - perubahan meningkat dan terus meng-upgrade melai fitur - fitur yang telah tersedia agar para pengguna tidak lari dari aplikasi tersebut. Apalagi instagram adalah salah satu aplikasi yang kini banyak dipergunakan.

Small bussines tak luput memanfaatkan hal tersebut untuk memasarkan usaha dan bisnis yang mereka miliki. Apakah anda salah satunya yang memiliki usaha dan bisnis? Maka berikut adalah hal yang harus anda perhatikan dengan baik - baik.
 

Daftar isi

  • 1 Apa Itu Instagram Marketing?
  • 2 Apakah Instagram Marketing Itu Penting?
  • 3 Kenali Produk dan Target Market
  • 4 Merek Perusahaan
  • 5 Menggunakan Akun Bisnis Instagram
  • 6 Optimasi Profil Akun Instagram
  • 7 Bagaimana Cara Membuat Konten yang Menarik
  • 8 ADS/Iklan
  • 8 Tujuan
  • 1. Apa Itu Instagram Marketing?

    Instagram marketing adalah sebuah upaya pemasaran yang dilakukan melalui instagram, untuk meningkatkan hasil penjualan dan melakukan promosi, hingga mendatangkan pengunjung agar tertarik untuk mengikuti akun dan produk - produk yang ditawarkan secara visual dan terlihat lebih efektif.

    Instagram marketing biasa dilakukan oleh small business. Untuk menarik pelanggan, agar tertarik terhadap apa yang mereka tawarkan. Namun, instagram marketing bukan berlaku hanya untuk small business saja, tetapi sangat berlaku untuk seluruh akun termasuk pelaku content creator instagram, microblogging dan juga para influencer.

    Instagram marketing juga dapat dilakukan dengan banyak cara. Uniknya, para pelaku usaha, influencer atau content creator instagram dan lain - lainnya tidak pernah kehabisan akan ide - ide yang sangat kreatif untuk mendatangkan pengunjung mereka.

    2. Apakah Instagram Marketing itu Penting?

    Untuk para pelaku usaha, tentu saja instagram marketing itu sangat penting. Di era yang serba digital kini, jika anda tidak peka terhadap instagram marketing, perkembangan - perkembangan di dunia bisnis, bisa - bisa akun yang anda miliki tidak akan pernah berkembang. Dan personal branding yang kamu lakukan dapat dinyatakan gagal. Waktu yang terbuang pun sia - sia.

    Tak banyak orang mengerti bagaimana caranya untuk mendatangkan dan menghasilkan di instagram:
    Hal yang harus kamu perhatikan untuk melakukan instagram marketing adalah, gunakan cara berikut dan Apa saja yang harus dipersiapkan? Mari lanjut yang perlu dilakukan:

    3. Kenali Produk dan Target Market

    Untuk terjun di dunia marketing, anda harus mengenali terlebih dahulu tentang produk apa yang ingin anda perkenalkan pada khalayak ramai. jika anda sendiri tidak mengerti produk apa yang ingin anda jual, bagaimana dengan konsumen? pasti akan pusing juga yakan. Untuk mengenali produk yang kita jual. Jadi, terlebih dahulu yang harus dipahami adalah produk / barang atau jasa apa yang ingin kita jual, apa manfaatnya, harganya dan lain - lain.
    Jika anda sudah memahami produk yang ingin anda jual, maka anda harus menentukan target market anda sendiri. Target market memiliki tujuan kemana produk tersebut akan ditawarkan dan dipublikasi. Pointnya, kenali produk dan target marketmu sendiri.

    4. Merek Perusahaan

    Untuk memulai usaha, jualan, dan lainnya tentu kita harus memulai yang namanya company's branding. Lalu, apa saja yang harus anda dipersiapkan? Berikut penjelasannya :

    4.1 Merek

    Setiap brand pasti memiliki mereknya sendiri, contohnya seperti : H&M, Wardah, Make Over, Scarlett, Eiger dan masih banyak lainnya.

    Merek atau yang sering dikenal dengan istilah brand ini adalah sebagai tanda pengenal, seperti simbol atau merek dagang. Merek dapat dikombinasikan dengan simbol, nama, tanda, istilah dan juga desain. Tentu merek lebih tinggi tingkatnya dari logo.

    Dengan adanya merek yang di ciptakan oleh si pengusaha maka akan memudahkan konsumen untuk mengenali produk yang mereka jual. Dan menandakan bahwa produk - produk tersebut adalah produk yang terpercaya.

    Jika anda baru saja membuka bisnis baru, tentukan merek yang sangat mudah dikenal oleh orang lain. Karena, ketika konsumen ingin membeli produkmu lagi, maka mereka akan hafal produk dari merek mana yang mereka beli. Merek yang anda ciptakan akan meninggalkan jejak di dalam ingatan. Maka, pilihlah merek yang singkat dan juga mudah di ingat.

    4.2 Logo


    Logo adalah sebuah gambar atau bentuk berupa sketsa, lambang atau simbol yang memudahkan para konsumen untuk menandai dari logo apa produk tersebut.

    Contoh saja ketika kita menggunakan merek dari Eiger, yang ada di ingatan kita, eiger identik dengan warna orange, memiliki bentuk logo seperti segitiga. Seperti yang sering kita lihat, di jaket, gelang dan juga sepatu, eiger selalu melabeli-nya dengan logo mereka.

    Hanya dengan sebuah logo saja mudah sekali bukan, terekam dalam ingatan kita?

    Contoh lainnya adalah logo dari tut wuri handayani. Apakah anda ingat logo dari tut wuri handayani? logo yang selalu tertera sebagai atribut di bangku sekolah ini memiliki desain berwarna biru, memiliki bidang segi lima, burung garuda, belencong menyala bermotif garuda belencong, semboyan tut wuri handayani, dan juga buku. Tahukah anda, jika disetiap lambang yang tertera sebagai logo memiliki arti dan makna tersendiri.

    Pada setiap Logo yang tercipta memiliki arti dan makna tersendiri, dimulai dari bentuk, tulisan dan juga warna. Maka jangan heran jika seorang pendesain logo mendapatkan nilai upah yang terbilang cukup tinggi.

    Jangan lagi ada yang bilang "cuma logo doang, kok mahal sih". Hargailah setiap orang yang memiliki jasa dan juga usaha. Karena, sekecil apapun jasa yang mereka buat, sesungguhnya memiliki nilai yang sangat tinggi.

    4.3 Warna


    Warna sangat berperan penting dalam marketing produk kita. Jika seseorang mengucapkan produk "Wardah" maka, orang lain akan mengingat produk ini dengan warna biru muda nya. Atau Blogger, blogger identik dengan warna orange sedang wordpress identik dengan warna biru.

    Carilah warna yang tepat untuk menandakan bahwa produk tersebut adalah milik kita, atau memudahkan konsumen mengingat warna dari logo / merek yang kita punya.

    5. Menggunakan Akun Bisnis Instagram

    PohonKetela

    Menurut Pohon Ketela, akun instagram terbagi dalam 3 bagian, Yakni, akun instagram pribadi, akun instagram privasi dan akun instagram profesional.

    Akun instagram privasi sama sebetulnya sama saja dengan akun instagram pribadi, hanya saja. Akun instagram privasi ini akunnya tergembok atau terkunci. Sehingga orang lain tidak dapat melihat konten - konten yang telah di buat. Akun privasi biasanya dimiliki oleh orang - orang yang mengelolanya sebagai akun pribadi.

    Akun instagram pribadi merupakan akun milik pribadi namun tidak bersifat privasi dan tidak bersifat profesional, namun bersifat umum.

    Akun Profesional, akun profesional di instagram ini memiliki 2 kategori yakni, bisnis dan juga creator. Jika anda memiliki bisnis maka pilihan ada di bisnis, beitupun dengan creator. Jika anda seorang content creator maka pilihannya adalah sebagai creator.

    Jadi, dapat di pahami akun instagram yang anda kelola sekarang termasuk ke akun privasi, pribadi atau akun profesional?

    5.1 Cara Mengubah Akun Bisnis Instagram (Akun Profesional)

    Cara mengubah akun pribadi menuju ke akun profesional terdapat dua (2) cara, sangat mudah dan tentu bisa di ikuti. berikut adalah caranya :

    Cara 1 :
    1. Menuju bagian profil
    2. Klik edit profil, pada bagian bawah terdapat fitur "Beralih ke akun profesional"
    3. Jika anda sudah klik "Beralih Akun Profesional" maka anda akan di alihkan pada pertanyaan berupa Dapatkan Fitu profesional, Pelajari Tentang Pengikut Anda, Jangkau Lebih Banyak Orang dan terakhir Dapatkan Opsi Kontak Baru, yang dapat anda lakukan hanya me-klik tombol "selanjutnya".
    4. Pilihlah kategori yang sesuai dengan kamu, bisa penulis, jasa penulis, belanja & ritel, seni & hiburan, layanan lokal, fotografer dan banyak lainnya.
    5. Jika Sudah, klik "Selesai" dan kamu akan diberi 2 pilihan, Bisnis atau kreator.
    6. Selanjutnya, tampilan profil anda akan berubah, tidak seperti akun pribadi sebelumnya.

    Cara 2 :
    1. Menuju bagian profil
    2. Klik garis 3 atau titik 3 yang terdapat di pojok kanan atas
    3. Pilih dan klik pengaturan
    4. Selanjutnya, klik akun. Lalu scroll terus sampai ke bawah hingga anda menemukan "Beralih ke akun profesional"
    5. Selanjutnya anda bisa mengikuti panduan di Cara 1 diatas pada bagian ke-3

    5.2 Kelebihan jika Menggunakan Fitur Akun Profesional

    Kelebihan menggunakan akun profesional adalah sebagai berikut :
    1. Akun Tepercaya : Dapat meyakinkan pengunjung bahwa akun tersebut adalah akun asli dan akun tepercaya, sehingga pengunjung tanpa ada rasa takut untuk mengikuti akun anda
    2. Jangkauan lebih luas : dapat dibandingkan dengan akun pribadi, maka akun profesional bersifat lebih luas, termasuk dalam memasarkan konten - konten yang kita punya.
    3. Promosi : Yapp, dengan menggunakan fitur profesional sangat memudahkan anda untuk mempromosikan, baik itu promosi akun, dan juga konten - konnten yang anda miliki.
    4. Terdapat fitur kontak dan alamat : Tahukan anda, jika kita menggunakan fitur profesional, maka kita akan mendapatkan fitur kontak dan alamat, ini dengan tujuan agar memudahkan pengunjung untuk mencari tau informasi kontak dan alamat kita.
    5. Fitur Iklan : Salah satu kelebihan yang dapat dimiliki adalah adanya fitur iklan. Anda dapat mengiklankan postingan anda dengan cara mempromosikannya memakai fitur ini.
    6. Terdapat fitur insight : Pada akun profesional terdapat fitur insight, dimana kita dapat melihat stastistik jumlah pengikut, interaksi postingan dan cerita jangkauan akun profil, jumlah klik situs, jumlah tayangan, dan banyak lainnya.

    Kelebihan yang terdapat pada akun profesional ini tidak dapat ditemukan pada akun pribadi maupun akun privasi. Namun anda tetap dapat mencicipi kelebihan yang di dapat, jika anda sudah mengubahnya ke akun profesional atau akun publik ini.

    6. Optimasi Profil Akun (Rahasia Instagram Marketing)

    Point penting adalah Memodifikasi akun instagram kita, agar lebih dikenal oleh pengunjung dan tertarik terhadap apa yang kita tawarkan. Berikut adalah penjelasan dari setiap template akun yang harus kita perhatikan:

    6.1 Nama Akun (Username)

    PohonKetela


    Username atau nama akun adalah alamat dari instagram anda. Mempemudah orang lain untuk menemukan akun dengan menggunakan username. Seperti contoh pada gambar diatas, username terletak di bagian posisi atas ketika anda membuka profil. Jika anda ingin mengedit nama profil, cukup dengan membuka profil lalu klik pada bagian edit profil. Dalam menentukan nama profil atau username ini gunakanlah nama yang menarik, singkat dan juga mudah dipahami orang lain.

    6.2 Logo

    PohonKetela
    Jika anda adalah memiliki small business jangan melakukan kesalahan dengan menaruh foto pribadi anda sebagai foto profil di akun instagram business ini, tetapi gunakanlah logo yang telah diciptakan agar mempermudahkan para penunjung menandai produk - produk anda dan menjadikan sebuah kepercayaan bahwa akun anda adalah akun tepercaya dan dengan adanya logo adalah menandakan sebuah identitas dari akun anda tersebut secara resmi.

    6.3 Keyword


    Banyak yang belum mengetahui bahwa "nama" pada fitur edit profil yang sesungguhnya adalah keyword.

    Jika kita ke kolom pencarian, dan ingin mencari akun seseorang, contoh saja kita mencari akun seseorang dengan menggunakan keyword "blogger" maka dimesin pencari akan keluar dengan sederetan nama blogger.

    Bukan kah dengan cara yang sama, jika anda menaruh kata kunci dengan nama anda, maka dalam mesin pencari akan menampilkan nama dan akun anda.

    6.4 Akun Publik / Akun Profesional



    Seperti penjelasan sebelumnya yang berada di atas, anda harus mengoptimasi akun anda dengan akun publik. Jika anda sudah mengubahnya ke akun publik maka bantuk tampilannya akan sama seperti di gambar tersebut.

    Ikuti panduan cara membuat akun publik atau akun profesional pada point ke 5 diatas.

    Pohon Ketela

    6.5 Deskripsi


    Deskripsi adalah bentuk penjelasan dari akun yang anda kelola, anda berjualan apa, informasi apa yang harus di dapat pengunjung lain agar tertarik mengikuti instagram anda, ada promosi terbaru apa dan banyak hal lainnya yang bisa anda kembangkan mengenai produk yang akan dijual sebagai informasi yang dibutuhkan oleh konsumen atau pengunjung.

    Jika anda masih bingung bagaimana caranya untuk memulai deskripsi mungkin point - point berikut dapat membantu anda dalam menentukan deskripsi yang tepat:

    1. Memperkenalkan produk / akun anda
    2. Pemberitahuan promo, diskon dan sebagainya
    3. Jadwal ketersediaan atau jadwal aktif
    4. Pantun lucu,
    5. Akun sosial media, dll

    6.6 Bagaimana Cara Menghubungi (Contact)


    Bagaimana cara menghubungi termasuk bagian poin penting. Kenapa penting? Karena untuk mempermudah cara menghubungi, entah anda akan mendapatkan tawaran kerjasama, edorsement, keluh kesah customer, dan banyak lainnya.

    Dan ini berlaku bukan hanya untuk pelaku usaha saja, melainkan untuk influencer dan juga content creator.

    Apa saja informasi kontak yang harus kita buat? biasanya, kontak yang tertera berupa email, line dan juga whatsapp. Maka, jangan lupa untuk letakkan informasi kontak kamu pada bagian isi deskripsi yaa.

    6.7 Link


    Anda bisa saja menaruh tautan anda pada bagian profil, walau tidak semua akun menaruh link, namun hal ini mempermudah para pengunjung untuk menemukan akun jualan anda lainnya.

    Tautan yang di taruh bisa berupa tautan website, akun tautan jualan seperti shopee, tokopedia, lazada dan lain - lainnya, atau tautan youtube. Dan banyak tautan yang akan ditampilkan guna untuk mempermudah pengguna mengenali akun anda untuk menemukan apa yang mereka cari.

    6.8 Story Hinglight


    Apakah story higlight sangat penting untuk akun bisnis kita? Yaapp, tentu saja dengan adanya story highlight ini sangat berperan penting loh bagi akun anda. Ibaratnya, ini adalah rekam jejak atau berupa sebuah pengganti dari akun website untuk mengenali tentang akun anda, jadi di setiap orang yang berkunjung akan melihat apa yang mereka cari pada akun ini.

    Dengan adanya story highlight juga terlihat lebih tersistematis dan lebih rapi teratur. Maka gunakanlah gambar - gambar yang unik, terlihat lebih cerah dan berikan sedikit cuplikan gambar yang menceritakan isi dari story highlight tersebut. Apakah anda sudah mencobanya?

    6.9 Konten


    Buat konten yang bisa dibagikan, sama seperti menulis sebuah website. Pada instagram pun kita harus bisa membuat konten yang berkualitas, bagaimana agar orang lain bisa tertarik pada konten - konten yang telah kita post lalu mereka membagikan ke story mereka atau mengirimnya melalui fitur direct message (DM).

    7. Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Menarik

    Secara teknis ada beberapa konten yang bisa kita ulik, sebagai berikut :

    7.1 Photo / Video

    Apa yang perlu dilihat dari photo / video yang akan kita post? sepenting itu ya? Apa seperti hubungan kita pentingnya? ceileh haha. Memperapi postingan tentu saja akan menarik pengunjung. Banyak cara yang bisa kita perlihatkan untuk postingan baik itu melalui foto ataupun video. Jika kita berandai, "Sepertinya, postingan ini menarik deh". Menarik, tapi tidak dibutuhkan tentu saja tidak akan mendatangkan pengunjung. Banyak fitur yang bisa anda manfaatkan seperti : 
      1. Postingan : Anda dapat membagikan foto  dan juga video, yang akan tampil pada halaman dan juga beranda. Buatlah postingan semenarik mungkin yang tidak bosan dilihat dan yang terus di cari - cari oleh konsumen.
      2. Reel : Fitur terbaru ini hampir sama seperti tiktok, bahkan jangkauannya lebih luas lagi. Dengan durasi waktu minimal 15 detik dan maksimal 1 menit, anda bisa membuat konten video baik itu berupa promosi dan juga video kreatif lainnya.
      3. Cerita : Fitur cerita atau story dapat anda bagikan berupa video dan foto, anda dapat membagikan kegiatan - kegiatan yang sedang anda lakukan atau jika anda mempunyai tim, maka anda akan menggunakan fitur story ini untuk mebagikan kegiatan yang dilakukan bersama tim. baik itu dalam pengerjaan produk atau yang lainnya. Fitur cerita ini dapat tersimpan di story highlight sebagai bahan referensi pengunjung. Baik itu berupa testimoni, cara memesan dan banyak lainnya.
      4. Siaran Langsung : Dengan melakukan siaran langsung anda dapat menemukan seberapa besar pengikut anda setia pada akun yang sedang anda kelola, Jika anda masih bingung ingin buat konten apa pada siaran langsung. Mungkin yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mempromosikan atau memperkenalkan produk anda, atau sediakan pembicara sebagai teman ngobrol dengan tema tertentu. Wait, jangan lupa diselipin hadiah kecil - kecilan bagi pendengar yang setia mengikuti siaran langsung yang kamu mulai dari awal hingga akhir yaa, jadikan itu sebagai bentuk reward atas pastisipasi mereka karena telah mengikuti siaran langsung tersebut.

    Siaran langsung juga dapat di simpan loh, jika anda telah selesai melakukan siaran langsung dan ingin menyimpannya, maka anda akan mendapatkan pilihan untuk menyimpannya di IG TV.

    7.2 Caption

    Males gak sih kalau lihat postingan yang di post itu gak ada caption-nya? atau, ketika kita melihat sebuah akun yang sedang share event perlombaan nih, namun mengenai penjelasan hanya di share photo saja, tanpa adanya keterangan. Sama juga seperti, jika anda menjual sebuah produk, misalnya baju. Tetapi yang anda lakukan hanya upload foto - foto produk tersebut saja, tanpa adanya keterangan terbuat dari bahan apa, ukuran berapa, dan harganya apa. Pengunjung akan ragu ingin membeli barang yang anda jual loh, pengunjung akan berkata "Nih, orang niat gak ya jualan, keterangan aja gak ada, males banget kan?". 

    Jangan lagi gitu ya, jika kita mempunyai usaha / jasa dan lain - lainnya, kita memang harus dipaksakan untuk bisa menceritakan sesuatu mengenai apa yang kita post, atau yang sering disebut sebagai story teller. Bagaimana membangun sebuah cerita mengenai produk kita. tidak melulu keterangan mengenai produk tersebut. Namun anda dapat membuat caption menarik seperti memperbanyak kata - kata kiasan pada caption, yang dimana dapat membuat luluh hati pengunjung agar tertarik membeli produk yang kamu jual.

    7.3 Hastag (#)

    Jika anda pelaku usaha, jangan pernah sekalipun anda abaikan fitur hastag (#) ini. Hastag (#) dapat membantu memunculkan postingan anda untuk lewat di beranda milik orang lain yang juga mengikuti hastag yang anda buat tersebut. Pastikan bahwa anda menggunakan hastag yang tepat sesuai dengan isi postingan anda. Anda bisa meriset hastag populer dan relate dengan bisnis anda.

    Jika hastag terkesan terlalu menyampah di postingan anda, maka anda dapat memberikan hastag pendukung pada bagian kolom komentar. Jadi, berikan sebagian hastag pada caption, dan sebagian lagi sebagai hastag pendukung yang terletak di bagian kolom komentar.

    8. ADS/Iklan

    Jika anda mempunyai bujet lebih, mau tidak mau anda harus memakai ads untuk menambah audiens agar tertarik untuk mengikuti akun atau tertarik pada produk - produk yang ditawarkan.

    Ada berbagai macam cara untuk bisa beriklan, salah satunya beriklan melalui instagram itu sendiri, bisa melalui facebook atau bisa memakai facebook ads manager

    Cara memasang iklan tersebut, terlebih dahulu anda harus memiliki saldo. Jika saldo telah terpasang, anda diminta untuk memilih salah satu postingan yang akan di iklankan atau promosikan. Dengan mengiklan kan, anda dapat diarahkan untuk mengikuti ke akun profil atau menuju link website, dengan ketentuan anda sebagai pengguna dan pengelola instagram.

    Dengan memakai ads / iklan anda banyak mendapatkan tawaran target dan juga pilihan. Jika fitur iklan di instagram, minum anggaran sebesar Rp. 20.000 / hari namun sesuai dengan jangkauan yang akan di dapat. Dan dengan Maximal anggaran sebesar Rp. 10.000.000 / hari tentu akan mendapatkan jangkauan yang lebih luas lagi. Untuk durasi, kita juga dapat menentukan seberapa lamanya.

    9. Tujuan

    Biar apasih akunnya di modifikasi sedemikian rupa? Mungkin pertanyaan tersebut sempat terbesit ditelinga dan pikiran kita ya.

    Tetapi, salah satu tujuannya ialah agar orang lain paham mengenai akun yang anda kelola membahas tentang apa, jualan apa, bagaimana jika ingin menghubungi, apakah sudah terdeskripsi di template akun instargam. Dan dengan menggunakan cara ini, bukan hanya meningkatkan pengunjung instagram. Namun juga meningkatkan target pasar kita semakin meningkat dan akun yang anda kelola mendapatkan kepercayaan bagi si pengunjung atau konsumen.

    Inilah pentingnya anda harus mengetahui rahasia instagram marketing, dengan mengikuti cara - cara seperti di atas, maka anda akan merasakan perubahannya.

    Dan terakhir sebagai saran pohon ketela, anda diwajibkan untuk selalu aktif di akun anda. Jadwalkan saja, 1 (satu) hari minimal 1 - 2 konten yang harus anda post. Tetap aktif pada fitur story walaupun hanya sekadar menggunakan fitur tanya jawab atau mer-repost ulang postingan. IG TV atau melakukan siaran langsung. Karena dengan begitu, akun yang sedang anda kelola terlihat aktif dan dapat mendatangkan pengunjung.

    Bagaimana, Apakah anda sudah mengikuti panduan seperti diatas? Jika belum, maka segeralah optimasi akun anda.

    Semoga artikel ini bermanfaat dan Selamat Mencoba!

Post a Comment for "Rahasia Instagram Marketing untuk Pelaku Usaha Pemula, Content Creator dan Influencer"