Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menuju Perusahaan Pelabuhan Terintegrasi, PT Pelindo Mengusung Tema Pelindo Bersatu Indonesia Maju

www.pohonketelamenulis.com

Pertama kali mengenal salah satu Perusahaan milik Badan Usaha Milik Negara yang satu ini yaitu sejak saya mendapatkan kesempatan untuk Pelatihan Kerja Lapangan (PKL) dari pihak kampus selama kurun waktu sebulan hingga selanjutnya saya di beri kesempatan dan bergabung untuk mengikuti Program Mahasiswa Magang Besertifikat Batch 1 di PT Pelindo 1 selama 6 bulan. Lebih tepatnya pada saat itu saya beralokasi di TPKDB (Terminal Peti Kemas Domestik Belawan) yang kini sudah menjadi TPK Belawan (Terminal Peti Kemas Belawan).

Sebelum masuk saat PKL, saya selalu bertanya, apa itu Pelindo? Perusahaan yang bekerja di bidang apa? Menawarkan jasa apa saja?

Tentu saya akan mencari tahu terlebih dahulu mengenai pertanyaan - pertanyaan diatas. Mungkinkah teman - teman memiliki penasaran yang sama? Jika jawabannya adalah IYA, maka saya akan menjelaskan lagi dari apa yang saya ketahui.

Jika kita mendengar kata Pelindo, yang kita pahami bahwa itu adalah salah satu perusahan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN). PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) ini bergerak dibidang jasa kepelabuhanan Indonesia juga logistik. Pelindo ini terbagi menjadi 4 (empat) bagian yakni PT. Pelindo 1, PT.Pelindo II, PT. Pelindo III dan PT.Pelindo IV.


PT. Pelindo 1 memiliki wilayah kerja usaha meliputi daerah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatera Utara (SUMUT), Riau dan Kepulauan Riau (Kepri). Memiliki 16 Cabang Pelabuhan, juga mengelola unit galangan kapal serta 5 (lima) anak perusahaan, salah satunya yang bergerak dalam usaha pelayanan kesehatan.

PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau PT. Pelindo II ini dikenal dengan nama Indonesia Port Corporation (IPC). Pelabuhan ini bergerak dibidang logistik, secara spesifik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan.

PT. Pelindo II saat ini memiliki 12 pelabuhan yang terletak pada 10 provinsi di Indonesia. Dari Sumatera Barat (Sumbar) hingga Jawa Barat (Jabar).

PT. Pelindo III ini memiliki peran yang cukup strategis dalam mendorong pertumbuhan dan pemerataan ekonomi nasional dengan melalui ketersediaan fasilitas pelabuhan dan terminal berstandar internasional serta efisiensi dalam inovasi pelayanan. PT. Pelindo III ini telah berhasil mengoperasikan 43 Pelabuhan di 7 (tujuh) provonsi di Indonesia.

PT. Pelindo IV memiliki wilayah operasional yang terletak pada daerah kawasan Indonesia Timur, dan memiliki 24 cabang pelabuhan, 1 Unit Pelaksana Kepelabuhanan, 2 anak perusahaan, 1 afiliasi dan memiliki 1 cucu perusahaan.

PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) tak pernah lepas dari bisnis utama mereka yaitu memberikan jasa pelayanan untuk kapal, bongkar muat barang dan peti kemas, dan pelayanan penumpang. Selain itu, Pelindo juga menawarkan peluang kerjasama operasi dan kerjasama usaha dengan berbagai pihak.

www.pohonketelamenulis.com

Namun, ke-empat BUMN dibidang pengelola pelabuhan akan segera digabung menjadi satu perusahaan pelabuhan terintegrasi. Merger PT. Pelindo I, PT Pelindo II, PT Pelindo III, dan PT Pelindo IV ditargetkan akan selesai pada september 2021. Penggabungan ke-empat BUMN yang menuju integrasi dan lebih kuat.

Yang di lansir pada laman sosial media milik Pelindo, Salah satu tujuan integritasi Pelindo adalah meningkatkan layanan dan pangsa pasar bisnis kepelabuhanan. Untuk mewujudkannya, pasca penggabungan, portofolio Pelindo Terintegrasi ini akan dikelompokkan ke dalam klaster - klaster bisnis. Hal ini bertujuan agar eksekusi dan pengembangan bisnis dapat lebih fokus sesuai dengan lini bisnisnya.

Pada sisi lain dengan pemfokusan ke dalam klaster - klaster bisnis akan juga meningkatkan kapabilitas dan keahlian yang akan berdampak pada :
  • Peningkatan Kepuasan pelanggan melalui kualitas layanan yang lebih baik
  • Peningkatan efisiensi dalam sumber daya keuangan aset, SDM, serta,
  • Penguatan strategi yang akan meningkatkan pangsa pasar.
Empat klaster yang akan dibentuk setelah penggabungan Pelindo, yaitu:
  1. Peti kemas
  2. Non-peti kemas
  3. Logistik dan hinterland development
  4. Marine, equipment dan port service
Dengan adanya integrasi Pelindo tentu saja memberikan manfaat yang signifikan terhadap pemangku kepentingan seperti masyarakat, pelaku industri, BUMN Pelabuhan dan juga Negara.

Manfaat Integrasi Pelindo bagi Masyarakat

www.pohonketelamenulis.com

  • Efisiensi lalu lintas barang antar pulau
  • Efisiensi dari penurunan harga barang yang diangkut
  • Peluang terbukanya kesempatan lapangan pekerjaan baru
Integrasi Pelindo yang terutama adalah untuk masyarakat. Pemerintah memutuskan untuk menggabungkan ke-empat BUMN Pelabuhan ini agar secara bertahap masyarakat bisa merasakan manfaat pada penurunan harga barang yang diangkut.

Penurunan harga yang dimaksud adalah dampak dari meningkatnya produktivitas dan efisiensi, melalui standarisasi proses bisnis dan pelayanan di pelabuhan saat terinstegrasi nanti. Selain itu masyarakat juga akan di untungkan dengan efisiensi lalu lintas barang antar pulau melalui integrasi hub dan spoke yang lebih terkoordinasi
Dan yang tidak kalah pentingnya pula, dengan adanya integrasi pelindo ini, maka akan membuka lebih banyak lagi lapangan pekerjaan baru, baik itu melalui investasi di sektor pelabuhan yang semakin meningkat misalnya operator alat, lapangan, administrasi, dan lain sebagainya.

Manfaat Integrasi Pelindo Bagi BUMN

www.pohonketelamenulis.com

  • Menjadi operator terminal peti kemas terbesar nomor 8 dunia
  • Efisiensi operasional dan CAPEX
  • Sumber daya keuangan lebih kuat
  • Potensi Value Creation baru dari klasterisasi bisnis
Dengan terciptanya integrasi pelindo bagi BUMN akan meningkatkan posisi Pelindo menjadi operator terminal peti kemas terbesar kedelapan di dunia dengan total throughput peti kemas sebesar 16,7 jute TEU!

Tak hanya itu saja, integrasi pelindo I hingga IV juga akan melakukan peningkatan yang efisiensi operational dan belanja modal (capex). Capex diarahkan pada kebutuhan prioritas misalnya peralatan dan infrastruktur.

Selain itu pula, dengan penggabungan ini maka akan menyatukan sumber daya keuangan, meningkatkan leverage dan memperkuat permodalan. Penggabungan ini juga mendorong Pelindo terintegrasi untuk lebih fokus pada bisnis sesuai dengan klasterisasi dibentuk pasca integrasi nanti.

Penggabungan BUMN Pelabuhan ini membuka kesempatan Pelindo yang terinterrasi untuk menuju go global alias masuk dalam daftar sepuluh besar operator peti kemas kelas dunia.

Manfaat Integrasi Pelindo bagi Negara

www.pohonketelamenulis.com

1. Koordinasi

Mempermudah koordinasi antara pemerintah dengan BUMN pelabuhan terintegritas

2. Pendapatan

Meningkatkan Pendapatan Negara melalui dividen dan pajak

3. Investasi

Foreign Direct Investment (value creation) lewat klasterisasi bisnis.

Tentu saja, dengan terbentuknya Integrasi Pelindo juga akan memberikan yang terbaik bagi Negara, penggabungan Pelindo akan mempermudah koordinasi pemerintah dengan 1 (satu) pengelola BUMN Pelabuhan di Indonesia. Selain itu integrasi ini pun diharapkan dapat meningkatkan kontribusi pada pendapatan Negara melalui dividen dan pajak sejalan dengan meningkatkannya profitabilitas perusahaan nanti.

Tidak hanya itu saja, dengan menggabungkan PT. Pelindo I hingga Pelindo IV juga mendapatkan manfaat lain yaitu membuka peluang yang lebih besar untuk masuknya investasi. Antara lainnya yaitu Foreign Direct Investment atau penanaman modal asing lewat value creaction di tingkat klaster bisnis, termasuk juga kerjasama investasi lewat Sovereign Wealth Fund atau SWF.

Bagaimana? Dengan adanya Pelabuhan yang terintegrasi maka menjadikan Pelindo Bersatu Indonesia Maju dan Menjadi Lebih baik lagi.

Post a Comment for "Menuju Perusahaan Pelabuhan Terintegrasi, PT Pelindo Mengusung Tema Pelindo Bersatu Indonesia Maju"