Resensi Kumpulan Kutipan Buku Puisi Meraki (t) Harap Karya Novika Devi dan Pohon Ketela



Judul MERAKI (t) HARAP
Penulis Novika Devi & Pohon Ketela
Ukuran 13 x 19
Sampul Hardcover
Tebal Halaman 144 Halaman bw + 4 hal. warna
Kategori Kumpulan Kutipan


Blurb

Sedari awal aku tak mau menjadi pilihan
Sedari awal aku tak mau menjadi pelarian
Sedari awal aku tak mau menjadi pelampiasan
Cintaku tulus dan tak ingin dipermainkan
Namun, kau tak demikian
Setelah setengah jalan kita lalui
Ternyata kau dengannya belum usai
Setengah hatimu masih untuknya
Aku hanya sebagai pilihan pelarian untuk melampiaskan semuanya
Kini, kita usai, tetapi tak benar - benar selesai
Aku yang tak akan pernah selesai mencintaimu
-Novika Devi

Kukira aku adalah rumah bagimu
Tempatmu tinggal dan menetap
Ternyata aku hanya sebuah persinggahan
Kamu datang hanya untuk duduk
Dan memberikan janji akan setia
Namun, saat kupercaya dan kujaga serius
Ternyata dirimu pelan - pelan hilang
Ah, aku ingin menutup pintu kembali
Takut salah menyayangi orang lagi
-Pohon Ketela

Ulasan Singkat Buku Meraki (t) Harap

Buku Meraki(t) Harap adalah kumpulan buku Quotes/ Kutipan dan juga puisi. Buku ini dibadikan oleh dua penulis yaitu novika devi dan pohon ketela.

Penulis menuangkan ekspresi dalam bentuk kata sehingga menjadi sebuah karya, yang kemudian dirakit dari kumpulan tulisan hingga menjadi sebuah buku. Mungkin akan terus terkenang tentu kan abadi.

Ketika membaca buku ini, kita harus bersiap - siap bertempur dengan aneka macam perasaan. Karena isi dari buku tidak melulu perihal percintaan atau patah hati tetapi juga ditinggal pergi, juga kesembuhan diri.

Isi dari buku ini sengaja dalam bentuk kumpulan dari beberapa kutipan. Ada yang begitu singkat, ada pula yang sangat panjang.

Makna Meraki (t) Harap

Bahasa terus tumbuh, Begitupun dengan kosa kata. Penulis terinspirasi dari beberapa kumpulan kosa kata baru. Dimana kosa kata akan terus menerus bertambah dan memiliki maknanya tersendiri, berikut penjelasan mengenai judul buku Meraki(t) Harap:

Meraki /Me.ra.ki/ memiliki arti Melakukan sesuatu dengan cinta, kreativitas, dan sepenuh jiwa. Meraki yang dimaksud penulis adalah sebuah karya kreativitas yang dijadikan sebuah buku, dimana didalamnya terdapat kumpulan kata yang ditulis dengan penuh cinta.

Dan tambahan huruf (t) di akhir kata Meraki, sehingga jika disambung akan menjadi "Merakit"

Merakit /Me.ra.kit/ dalam KBBI memiliki arti yaitu membuat rakit, menyusun dan menggabungkan. Merakit yang di maksud penulis adalah ini adalah rakitan kata yang terpendam, tidak pernah terucapkan. Lalu dirakit kembali menjadi sedemikian rupa. Hingga wujudnya akan abadi dalam sebuah buku.

Harap /Ha.rap/ dalam KBBI memiliki arti yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi: - hati - hati. Mohon; minta; hendaklah :-- sabar menunggu; -- tenang, jangan gelisah. Harap yang dimaksud penulis adalah Harapan - harapan yang selama ini tidak sempat terucap, kini dapat tersampaikan lewat tulisan, maka pesan akan tersampaikan.
"Sebab harap - harap yang kita jaga harus dirakit sedemikian rupa dengan sepenuh jiwa dan cinta yang kita punya"
-Meraki(t) Harap


Berikut Fakta Menarik dari Buku Meraki (t) Harap

1. Dikerjakan Via Online

Dari awal pembuatan project untuk membuat buku bareng. Kedua penulis ini selalu berdiskusi via online dengan chat melalui Whatsapp, baik itu voice note, hingga telpon. Tanpa pernah bertemu sekalipun.

Semua berlandaskan dari komunikasi yang baik, maka berjalan dengan lancar hingga akhir penyusunan sampai terbit.

2. Penulis Sedang Menyusun Skripsi

Salah satu penulis di buku ini mengerjakan project buku Meraki (t) Harap, sembari mengerjakan tugas akhirnya di perkuliahan, yaitu Skripsi. Buku ini sebagai hadiah pertamanya untuk mendapatkan gelar S.IKOM.

Sedang satu penulisnya lagi sudah menyelesaikan kuliahnya dengan gelar S.Ikom juga pada November 2019 lalu. Dan sekarang disibukkan menjadi seorang blogger dan freelance writer.

3. Kolaborasi Pertama

Pohon Ketela telah berhasil menyelesaikan empat buku, 1 (satu) buku solo yang berjudul Vibes Positivity, 2 (dua) buku antologi dengan judul Memori 2020 dan Cerita tentang 2020 jilid 2, dan yang terakhir adalah sebuah buku kolaborasi dengan judul Meraki(t) Harap.

Buku Meraki (t) Harap adalah buku kolaborasi yang pertama kali dikerjakan oleh kedua penulis ini. Pohon Ketela yang kerap kali diajak bekerja sama untuk mengerjakan suatu project selalu saja di ghosting oleh rekannya, hanya karena seorang rekan yang memiliki semangat di awal saja, bukan niat dari hati untuk mengerjakan project tersebut hingga selesai. Bagi Novika Devi ini adalah Kolaborasi pertama dan buku pertama yang ia miliki.

4. Terdapat Fakta Kisah Nyata

Isi dari buku Meraki (t) Harap sebagian adalah kisah nyata yang dikutip dan dikumpulkan oleh penulis. Penulis mengumpulkan riset dari mendengarkan dan juga kiriman - kiriman cerita nyata yang dijalani oleh kerabat dekat dan menjadikannya sebuah kutipan. Penulis menjadikan kisah - kisah masalalunya yang tak pernah terucap dan menjadikannya sebuah tulisan agar bisa menetap. Sebagian lagi, hanya imajinasi yang terlintas lalu dijadikan sebuah kutipan.

Kutipan - kutipan yang terdapat pada buku ini tak melulu tentang patah hati, tapi juga tentang cinta yang hadir. Kisah nyata pun bukan dari penulis saja. Penulis yang sering dianggap sebagai pendengar oleh teman terdekatnya. Karena penulis sering dianggap sebagai wadah mereka untuk bercerita. 

5. Dikerjakan ± selama Sebulan

Penulis mulai berdiskusi dan mengerjakan project buku ini pada Maret 2020 lalu. Mereka berdiskusi mengenai target, jadwal dan semuanya mengenai project ini. Tentu saja, untuk menuliskan sebuah project penulis pasti menggunakan plotter. Agar tertata lebih rapi.

Mereka mulai menuliskan isi kutipan dimulai dari awal hingga akhir pada bulan April. Iya, penulis me - manage waktu cukup satu bulan saja untuk menuliskan naskah dan mencapai 120 kutipan.

Di bulan selanjutnya, yaitu pada bulan Mei. Penulis merampungkan semua naskah, mengedit naskah secara mandiri sebelum di kirimkan kepada penerbit.

Setelah rampung, pada bulan Juni akhirnya penulis mengirimkan naskah kepada penerbit. Dan akan diseleksi hingga menunggu waktu terbit pada akhir juli.

Rangkuman 
1 bulan (Maret) - diskusi
1 bulan (April) - tulis naskah
1 bulan (Mei) - edit naskah
1 bulan (Juni) - kirim dan menunggu waktu terbit
1 bulan (Juli) - terbit dan sudah bisa PO Buku
1 bulan (Agustus) - buku sudah terbit, sudah dalam genggaman dan sudah dapat dibaca 

6. Desain Cover

Desain Cover diciptakan oleh Ismayanti Afrina Putri S.Ikom.

Desain cover juga memiliki makna tersendiri, bukan dibuat asal - asalan. Cover ini juga adalah pilihan kedua penulis.

Kurang lebih, seperti ini penjelasan maksud dari cover tersebut. Sebuah surat dan ada bunga di dalamnya. Dimana surat biasanya tertuliskan sebuah harapan. Harapan yang berisikan sebuah pesan, entah harapan pesan apapun itu yang akan hendak dibaca oleh orang yang dituju. Sedangkan bunga yang disusun atau dirakit sedemikian rupa agar terlihat lebih indah atau rapi.

Jadi, judul dan desain cover memiliki makna tersendiri.


Pemesanan Buku

Masa PO buku Meraki(t) Harap : 21 Juli - 31 Juli 2021
Harga PO : Rp. 78.000
Harga sesudah PO (harga asli buku) : Rp. 88.000

13 comments for "Resensi Kumpulan Kutipan Buku Puisi Meraki (t) Harap Karya Novika Devi dan Pohon Ketela"

Comment Author Avatar
wah keren bisa nerbitin buku pertamanya, selamat ya kak :) ,,
jadi motivasi saya sudah banyak blogger yang mampu menulis dan menerbitkan buku, doakan saya juga ya kak hehe
Comment Author Avatar
Keren banget ini penulis, dikesibukannya menyusun skripsi masih bisa menyempatkan untuk menulis buku, mungkin karena sudah hobi menulis ya jadi enjoy-enjoy aja gitu 😂
Comment Author Avatar
Semangat, Kak untuk ksrya-karya selanjutnya. Semiga makin dirasa manfaat dari masyarakat.
Comment Author Avatar
pas baca blurb nya aku udah langsung terngiang lagunya Amigdala yang ku kira kau rumah! ahhh, emang soal cinta dan rumah punya makna tersendiri buat aku sih. Btw, aku baru tau loh, makna meraki, aku pikir tadi emang merakit aja
Comment Author Avatar
Wadidaw, salut sama Pohon Ketela. Bisa menyelesaikan buku saat skripsi. Dulu saya boro-boro nulis buku, revisian saja bikin pusing setengah mati.
Comment Author Avatar
Ya Allaah.. gak bosen-bosen bacanya ini, inspiratif banget, paling tidak buat aku. Semoga bisa mengikuti jejak orang-orang luar biasa ini, yak!
Comment Author Avatar
Dari nama penulisnya aja udah sangat inspiratif yaaaa

Selamat selamat selamat... Karya karya puisinyanya bernas, jujur sekaligus rupawan
Comment Author Avatar
Baru tau soal kata meraki itu, dan bagus juga artinya ya. Sukses terus, semoga bisa ngelahirin karya-karya berikutnya.
Comment Author Avatar
Selamat atas terbitnya buku barunya kak, aku baru tau kata meraki itu punya arti Melakukan sesuatu dengan cinta, kreativitas, dan sepenuh jiwa. Keren banget
Comment Author Avatar
Udh lama gak baca puisi, baca puisi di atas jd terkagum2 sendiri. Kalimatnya sederhana tp ada chemistry nya ya.
Comment Author Avatar
Jadi ingat jaman-jaman kuliah ada kelas pembahasan puisi. Keren banget kak, bisa menerbitkan buku, saya sebagai lulusan bahasa merasa kentang, nulis aja masih typo. Semoga sukses yah buku-bukunya
Comment Author Avatar
Waaah keren kakak udah nerbitin buku. Semangat terus berkarya kak. Walaupun aku ga begitu suka puisi, tapi puisi kakak ngena banget ini. ngejleb di hati.
Comment Author Avatar
Wah, keren banget pohon ketela nerbitin buku kolaborasi. Isinya juga menyentuh dan bikin mellow...