Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Mengikuti Program Magang Mahasiswa Besertifikat (PMMB) Batch 1 (one) di PT. Pelabuhan Indonesia 1(Persero)


Haii, Assalamualaikum
Perkenalkan, saya Ismayanti Afrina Putri. Sering disapa dengan Putri. Saya alumni dari Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik di UIN Sumatera Utara. Mau sharing nih pengalaman selama magang di PT. Pelindo 1. Lebih tepatnya di cabang TPKDB (Terminal Peti Kemas Domestik Belawan) kalau sekarang TPKDB sudah menyatu dengan cabang BICT (Belawan International Container Terminal) menjadi TPK (Terminal Peti Kemas) Belawan.
Saya mau sharing mengenai kegiatan dan beberapa mentor pendukung selama melakukan magang di TPKDB
Yang saya sharing disini, berupa pertanyaan dari banyak temen - temen.

Apa sih PMMB itu?

Seperti kutipan pada laman resmi website dari PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang tergabung dalam Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

FHCI sendiri dibentuk berdasarkan Nota Kesepahaman antara Kementerian Perindustrian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Ketenaga kerjaan dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara Nomor MOU-04/MBU/11/2016 Tanggal 29 Nopember 2016 tentang Pengembangan Pendidikan Kejuruan dan Vokasi Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri.

Termasuk sebagai bagian dari FHCI, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) berkomitmen untuk mewujudkan pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Besertifikat (PMMB). Adanya program PMMB merupakan upaya bersama untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia dengan memberikan kesempatan magang kepada para mahasiswa.
Nah, dari penjelasan tersebut, sudah mengertikan apa itu PMMB?

Bagaimana Caranya Agar Bisa Masuk Magang atau PKL?

Diceritain dikit, gapapa yess hehe. Jadi sebelum masuk ke PMMB, saya sudah mengikuti PKL selama sebulan di Pelindo 1 cabang TPKDB. Diakhir saya mengikuti kebetulan PMMB bacth 1 hadir, jadi segera mendaftar dan mengikuti seleksi.
Jadi, kalau kita ingin masuk ke PMMB, kita akan mengikuti tahap seleksi nya yaa, seperti rekan saya yang juga mengikuti tahap seleksi nya, bisa baca disini.

Untuk pembukaan PMMB biasanya akan ada informasi yang akan di share dari pihak Pelindo 1 di media, seperti Intagram, twitter, Whatsapp dan lainnya. Jadi jangan lupa di follow semua akun media sosial PT. Pelindo 1, agar kamu bisa update mengenai informasi yang ada.

Namun, beberapa juga ada yg kasih pertanyaan seperti ini : kak, saya mau PKL di pelindo, caranya bagaimana ya?
Sejauh ini yang saya tau itu, kita cukup melampirkan surat permohonan PKL ke Kantor pusat PT. Pelindo 1, dan dalam waktu yang ditentukan kita akan menerima balasan dari surat tersebut.

Oiia, selama masa menjalani program magang. Seluruh anak pmmb akan mengikuti program yang semacam outbond gitu, karena kita semua pasti berasal dari almamater yang berbeda, dan penempatan yang berbeda pula. Tujuan yaa, kita bisa saling mengenal satu sama lain, dan menjadi kebuh akrab tentunya.

Berapa lama program PMMB?

Pelaksanaan dari program Magang selama minimal 6 (enam) bulan di Tim PMMB PT. Pelabuhan Indonesia I (Persero).
Untuk penempatan, diseluruh Cabang PT. Pelindo 1 (Persero) dan ada juga yang bertempat di pusat kantor.

Apa saja Kegiatan yang dilaksanakan?

Berikut laporan umum dari kegiatan yang dilaksanakan dan wajib di ikuti:
  1. Kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan arahan mentor dan mengikuti bimbingan dari Co. Mentor.
  2. Membuat laporan harian pekerjaan sesuai dengan format yang telah ditentukan
  3. Membuat laporan keseluruhan magang
Laporan tersebut akan dikumpul tiap bulannya.

Bukan hanya itu, tetapi kami yang magang di Cabang TPKDB tersebut juga ada laporan wajib dari mentor kami yaitu Bapak Krisna Ingalaga, pada setiap hari Rabu kami wajib mengumpulkan laporan dan perkembangan yang telah kami buat. Seperti apa yang sudah kita dapatkan selama seminggu, apa hasilnya, dan menentukan target kedepannya seperti apa. Begitu terus hingga selesai, dan apakah target tersebut tercapai atau tidaknya.

Paparan diatas hanya laporan tugas yang wajib di kumpul tiap minggu, kalau kegiatan harian nya yaa pasti ada lagi.

Berbeda tempat, berbeda mentor pula, dan berbeda juga tugas dan arahan yang diberikan.

di TPKDB sendiri saya bertempat di Divisi Keuangan dan Umum, namun lebih tepatnya berada di bagian Umum.
Diakhir,
Jika program magang telah selesai, kita akan diberikan tugas akhir dan wajib mempresentasikan hasil yang di dapat saat magang selama 6 bulan tersebut di depan mentor dan teman lainnya.

Menurut saya pribadi selama Magang di TPKDB Pelindo 1. Saya banyak sekali mendapatkan ilmu pada bidang dunia pekerjaan dan perkantoran. Jadi engga kaget deh kalau kedepannya tiba tiba kerja di kantor tuh gimana, yaa karena kita sudah perkenalan dulu mengenai dunia perkantoran dan bagaimana bekerja.

Kepada Ibu Wiwik, Bapak Aswi, Bapak Indra Pamjlihan, Bapak Krisna Ingalaga, Abangda Deni Spartan, Bunda Dina dan lainnya yg berada di TPKDB saya mengucapkan Terima kasih atas bimbingan dan diberinya kesempatan magang hingga selesai.

Penulis : IAPUTRI.

Post a Comment for "Pengalaman Mengikuti Program Magang Mahasiswa Besertifikat (PMMB) Batch 1 (one) di PT. Pelabuhan Indonesia 1(Persero)"