Review & Sinopsis Film Shaitaan, Ilmu Hitam itu Ada!

Sinopsis Film Shaitaan
Review dan Sinopsis Film Shaitaan

Shaitaan memiliki arti sebagai "Iblis", dalam beberapa kutipan film ini merupakan genre film horor supranatural yang di sutradarai oleh Vikas Bahl.

Film yang diproduksi oleh Devgn Films, Jio Studios dan Panorama Studios menggunakan bahasa Hindi India dan muncul pada tahun 2024.

Film Shaitaan merupakan remake dari sebuah film Gujarati yang tayang tahun 2023 Vash, yang kembali mengulangi perannya dari film aslinya.

Dimana ada sebuah keluarga yang terkena masalah dengan putrinya yang terpengaruh oleh ilmu hitam, yang dilakukan oleh orang asing. Mereka bertekad untuk menghentikan kepemilikan dan berusaha mengungkap motif kejahatan yang dilakukan oleh orang asing tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Film Shaitaan, silakan baca artikel ini sampai akhir.

Profil Film Shaitaan

Directed by Vikas Bahl
Written by Aamil Keeyan Khan
Story by Krishnadev Yagnik
Based on Vash
by Krishnadev Yagnik
Produced by Vikas Bahl
Jyoti Deshpande
Ajay Devgn
Abhishek Pathak
Kumar Mangat Pathak
Cast Ajay Devgn as Kabir Rishi
R. Madhavan as Vanraj Kashyap
Jyothika as Jyoti Rishi
Janki Bodiwala as Jahnvi Rishi
Anggad Raaj ad Dhruv Rishi
Cinematography Sudhakar Reddy Yakkanti
Edited by Sandeep Francis
Music by Amit Trivedi
Production companies Jio Studios
Devgn Films
Panorama Studios
Distributed by Pen Marudhar
Entertainment
Release date 8 march 2024
Running time 132 minutes
Country India
Language Hindi

Sinopsis Film Shaitaan

Liburan keluarga jadi menakutkan saat seorang tamu menguasai tubuh si anak perempuan remaja dan mengendalikannya dengan perintah-perintah yang kian lama kian jahat.

Film Shaitaan dapat kamu lihat di Netflix sekarang Juga.

Film ini berkisah tentang kehidupan keluarga yang memiliki hidup tenang, damai dan bahagia. Kabir Rishi, merupakan seorang akuntan dan istirnya Jyoti tinggal di Dehradun, Uttarakhand bersama anak-anaknya Janvi dan Dhruv.

Selayaknya para orang tua, mereka memanjakan dan memberi kasih sayang kepada kedua anaknya tapi dengan sisi kemampuan dan usahanya, terlihat dari parenting atau cara pendekatan anak dan orang tua.

Putrinya, Janvi yang berusia remaja memiliki sifat yang ramah dan friendly kepada teman-temannya, tapi hal yang tak wajar terlihat oleh ayahnya, saat sang ayah menjemput Janvi disekolah, di usianya yang merangkul dan memeluk teman lawan jenis bukan hal yang harus di wajarkan.

Tak heran jika sang ayah kembali menegurnya, di sisi lain Janvi juga ingin berpamitan untuk izin pergi bersama 10 orang teman-temannya termasuk pacarnya, yang tak diceritakan kepada ayahnya. Walau ayah tak memberikan jawaban, ia tidak pernah berhenti untuk membujuk sang ayah.

Dan adiknya yang bernama Dhruv memiliki keahlian dibidang kreatif, ia selalu mengambil momen suara dan gambar di setiap waktu dan perjalanan.

Seperti perjalanan bersama keluarga yang mereka habiskan sebelumnya, ia merekam perjalanan terakhir dan di edit sebaik mungkin.

Untuk anak seusianya melakukan editing video sebagus itu merupakan skill yang tak masuk di akal namun harus di asah. Ya, namanya juga film, memang belum tentu dia yang mengedit secara nyata, tapi bukan berarti menyepelekan, kadang imajinasi dan skill anak kecil itu tidak bisa ditebak dan harus didukung kemampuannya.

Setelah video selesai di edit, keluarga itu melihat hasilnya secara bersama di ruang keluarga. Hingga akhirnya momen liburan kembali dirindukan, dan keluarga tersebut memutuskan untuk pergi berlibur ke rumah pertanian mereka yang berada di stasiun bukit terpencil, sebelum Janvi akan pergi bersama teman-temannya.

Setengah perjalanan mereka berhenti di sebuah rumah makan untuk sejenak merehatkan diri. Beberapa konflik pun terjadi antara sang ayah dengan pemilik warung yang ternyata kehabisan uang kecil sehingga tidak dapat menerima pemesanan dengan uang besar.

Sampai kehadiran orang asing, Vanraj Kashyap, yang datang dan menawarkan minuman tersebut kepada Kabir.

Sebagai bentuk terima kasih, Kabir menawarkan lelaki asing itu untuk gabung dan duduk bersama.

Vanraj memberikan laddu kepada Janvi, yang telah diberi mantra untuk mematuhi setiap perintah Vanraj layaknya boneka.

Setelah tiba di rumah pertanian dan menghabiskan waktu bersama, secara tiba-tiba Vanraj muncul di depan rumah dengan alasan baterai ponselnya mati.

Para keluarga mulai gelisah dengan kehadirannya di rumah pertanian, sehingga meminta Kabir untuk memintanya segera pergi. Sayangnya, Janvi, atas perintah Vanrah, dapat mencegah ayahnya untuk mengusirnya.

Vanraj mengungkapkan bahwa ia telah menghipnotis putri mereka dengan ilmu hitam, sehingga Janvi akan menuruti semua yang ia perintahkan. Meski Vanraj memintaa izin secara baik-baik untuk menyerahkan Janvi kepadanya, atas restu orang tua Janvi.

Tapi, kembali lagi, orang tua siapa yang rela anaknya dijadikan boneka oleh orang asing yang sama sekali tidak dikenal.

Karena mereka menolak tawaran tersebut, maka secara perlahan Vanraj mulai perintah Janvi untuk memutus saluran telepon, membanting semua ponsel, memukul dirinya sendiri, memakan teh kering, dan melakukan hal-hal kejam yang aneh kepada adiknya.

Sampai akhirnya polisi datang karena menanggapi panggilan dari ponsel Jyoti yang telah disembunyikan. Sayangnya semua keluarga bersikap normal untuk mencegah Janvi melakukan ledakan.

Kabir selalu berusaha untuk menyelamatkan Janvi dan menawarkan uang sebagai imbalan untuk melepaskan anaknya, akan tetapi Vanraj membakar seluruh harta yang diberikan dan ngatakan bahwa ia tidak tertarik dengan materialistis; ia mengungkapkan dirinya adalah seorang iblis yang memiliki tujuan untuk mengendalikan dunia, dan percaya bahwa dirinya sebaik Tuhan.

Mengetahui bakat Janvi yang pandai menari, lagi-lagi Janvi perintahkan untuk menari dan menikam siapapun yang ingin mendekat disaat ia tertidur. Sang ayah berusaha untuk mencuri telepon milik Vanraj, namun Janvi berusaha menghentikannya dengan uang air kecil di celana pendeknya tanpa perlu menikam sang ayah.

Vanraj terbangun dan merasa kecewa dengan kelakuan Janvi, dan memintanya utnuk mengganti pakaian.

Merasa muak dengan kelakukan Vanraj, Kabir dan Jyoti mulai menyerang Vanraj. Sayangnya Vanraj juga perintahkan Janvi untuk tertawa sampai mati, walaupun ia mati maka Janvi akan tetap tertawa seumur hidupnya sebab itulah perintah terakhir dari Vanraj.

Lagi-lagi Vanraj memerintahkan Janvi untuk membunuh saudara laki-lakinya, tapi Dhruv berhasil selamat meski ia terluka parah dan kehabisan darah. Namun, sejauh apapun Dhruv bersembunyi tetap ketahuan oleh Janvi, sampai akhirnya Janvi berhasil melempar Dhruv dari lantai atas ke bawah. Sejak iotu Kabir dan Jyoti memberikan izin untuk mengambil Janvi.

Jyoti dan Kabir membagi dua tugas untuk saling menyelamatkan anak-anak. Jyoti mengantar Dhruv ke rumah sakit. Sementara, tanpa sepengatuhan Vanraj, Kabir membuntutinya ke sarangnya, setelah memasang pelacak di ponselnya.

Sampai akhirnya terungkap bahwa selama ini Vanraj telah menghipnotis para 208 gadis dengan cara yang sama, dan Janvi merupakan gadis terakhir untuk melakukan ritualnya yang mendapatkan kekuatan utnuk mengendalikan siapapun secara suka hati.

Namun tindakan itu berhasil dihentikan oleh Kabir yang bertindak memotong lidah Vanraj dan memutarkan rekaman dengan suara Vanraj untuk melepaskan mereka yang terhipnotis. Dengan demikian, semua gadis-gadis dapat terbebas dari kendalinya.

Kabir akhirnya memulihkan diri di rumah sakit, dan para sandera lainnya telah dipulangkan ke alamat rumah masing-masing. Polisi juga mengakui bahwa selama ini Vanraj merupakan buronan yang tidak berhasil ditangkap, banyak pelapor yang mendaftarkan sayangnya para polisi merasa tak percaya, sampai akhirnya polisi memberi tahu bahwa Vanraj telah hilang.

Dalam setahun kemudian, Kabir turun ke ruang terisolasi, tempat di mana Vanraj tertahan. Kabir mulai mengolok-olok Vanraj yang tidak dapat berbicara lagi, karena menginginkan kekuasaan dan menyatakan bahwa kekuatan sejati hanya berasal dari orang tua, apapun akan dilakukan untuk selalu melindungi anak-anaknya.

Kabir juga mengatakan bahwa ia adalah neraka dan iblis Vanraj yang sekarang. Ia memastikan bahwa Vanraj akan terus menderita.


Review Singkat Film Shaitaan

Berikut adalah beberapa kutipan singkat yang pohonketelamenulis.com setelah melihat film Shaitaan, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Kelebihan dan Kelemahan Film

Setiap film pasti akan menemukan kelemahan dan kelebihan, sama seperti yang terdapat pada film Shaitaan berikut rangkuman kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan

  • Memiliki alur cerita yang menarik
  • Pengambilan gambar yang apik serta di dukung musik yang power memberikan ketegangan pada film ini.

Kelemahan

  • Terlalu bertele-tela dan banyak mengulur waktu, sehingga membosankan. Karena ada di beberapa scene yang dipercepat, tapi sedari awal hingga akhir mengulur-ulur waktunya sangat terlihat jelas.
  • Terlalu dipaksakan, terdapat beberapa adegan yang terlalu dipaksakan, yang seharusnya tidak perlu jadi perlu.

2. Alur Cerita Film Shaitaan

Film Shaitaan memiliki alur maju-mundur, yang terdapat dibeberapa scene yang memperlihatkan beberapa kejadian sebelumnya, hingga menemukan jawaban di akhir film.

Meski begitu, alur cerita sangat mudah dipahami dan tidak menyulitkan.

3. Film Shaitaan memiliki Genre Horor atau Thriller?

Dari judul film saja sudah diberi nama "Shaitaan", ya jelas horor lah!

Eits... Eits, eits, eits!

Meskipun film ini diberi kategori horor, sebenarnya film ini merupakan genre horor thriller.

Malah kesan horornya kurang dan tidak begitu terlihat. Lebih banyak adegan Thriller yang akan kamu dapatkan.

Kalau kamu takut ada jumpscare hantu yang menyeramkan dan tiba-tiba muncul, maka untuk adegan tersebut tidak dapat kamu temukan di film ini. Percayalah, film ini tidak seperti yang kamu bayangkan.

Adegan thiller akan lebih banyak, bahkan sampai akhir film ini pun saya masih bertanya, dimana letak horornya? Cuma nama judul? cuma pemuja setan tapi ketahuan di akhir?

4. Tidak Tertarik dengan Harta, Tapi Haus Kekuasaan

Ada scene yang melibatkan seorang Kabir mengumpulkan semua harta benda paling berharga miliknya hingga penuh dalam satu tas.

Setelah semua harta yang ia miliki telah diserahkan, apakah sang anak akan dilepas begitu saja? Jawabannya tentu tidak.

Ia pergi membawa seluruh isi tas tersebut, namun tahu apa yang terjadi? Ia malah membakar seluruh harta yang telah ia kerahkan.

Dan iya mengatakan seberapa pun banyak hartamu, aku tidak membutuhkannya.

Bayangkan sakit hatinya. Eh itu duniawi ya, hehe maapkeun. Tapi kalau dipikir-pikir hasil kerja keras sendiri, tinggal menikmatinya bareng keluarga dan malah diambil itu tuh kaya ujian.

Jadi yang dia cari sebenarnya bukan harta melainkan kekuasaan, Itulah sebabnya ia mengumpulkan para remaja wanita sesuai dengan targetnya untuk mencapai targetnya dan mendapatkan kekuasaan hanya dengan perintahnya. Dan kekuasaan yang dimaksud, akan terjawab di akhir film.

5. "Reminder" antara Ilmu Hitam, Makanan, dan Orang Baru

Film ini sekaligus menjadi pengingat bahwa ilmu hitam itu ada dan ragam bentuknya. Dan pada film ini, Vanraz memberikan mantra kedalam permen yang ia kasih.

Lalu, apa pelajaran yang bisa dijadikan sebagai pengingat diri?
  • Bisa warning anak-anak untuk jangan langsung ambil/dimakan.
Mengesampingkan rasa sudzon ke oranglain, kembali lagi bahwa film ini hanya jadi reminder yang bisa kita ambil pelajarannya di kehidupan nyata.

Kesimpulan

Secara keseluruhan film Shaitaan ini dapat memberikan pembelajaran untuk anak-anak agar tidak mudah percaya dengan orang asing, meski terdapat adegan-adegan yang mengerikan. Tetap saja film ini sangat worth to watch utnuk di tonton, mulai dari opening yang menyenangkan, dan endting theme song yang cukup enak untuk didengar, bahkan ikut kita menyanyikan terus menerus. Silakan sisakan waktumu untuk menonton film ini.

Rating/Rate

5/10

Posting Komentar untuk "Review & Sinopsis Film Shaitaan, Ilmu Hitam itu Ada!"