Review Lengkap & Sinopsis Film Agak Laen

Film Agak Laen
Resensi dan Sinopsis Film Agak Laen

Jika sebelumnya film Ngeri-Ngeri Sedap menjadi Film Terfavorit di Indonesia, Pada tahun 2023 akhirnya diluncurkan pula Film Agak Laen yang memulai syuting pada 3 September 2023.

Proses syuting pun dijalankan dalam kurun waktu yang singkat, yakni hanya 18 hari saja. Untuk durasi film Agak Laen di 119 menit, masa produksinya dapat dikatakan cukup singkat.

Agak laen merupakan film komedi Indonesia yang hadir pada tahun 2024, film ini disutradarai dan ditulis oleh Muhadkly Acho.

Film Agak Laen tayang perdana di bioskop Indonesia pada 1 Februari 2024, hingga hari ke-90 film Agak Laen masih tayang di beberapa bioskop Indonesia dan telah dilihat oleh 9 juta lebih penonton.

Film ini di produksi oleh Imajinari serta Jagartha yang di bintangi oleh Bene Dion, Oki Rengga, Boris Bokir, dan Indra Jegel. 4 Komedian yang berhasil membawakan filmnya dan bikin penonton bolak-balik ke bioskop untuk melihat film yang sama.

Tidak heran jika pada sebulan pertama, film ini laris manis, hingga sulit sekali menemukan kursi yang kosong.

Untuk lebih lengkapnya, tetap simak artikel ini hingga tuntas, berikut Profil dari Film Agak Laen, sinopsis, hingga resensi film Agak Laen.

Profil Film Agak Laen

Sutradara Muhadkly Acho
Produser Dipa Andika
Ernest Prakasa
Skenario Muhadkly Acho
Pemeran Bene Dion
Oki Rengga
Indra Jegel
Boris Bokir
Tissa Biani Indah Permata Sari
Penata Musik Ofel Obaja Setiawan
Sinematografer Arfian
Penyunting Ryan Purwoko
Perusahaan Produksi Imajinari
Jagartha
Trinity Entertainment
Network
A&Z Films
Legacy Pictures
Tanggal Rilis 1 Februari 2024 (Indonesia)
7 Maret 2024 (Malaysia & Brunei Darussalam)
14 Maret 2024 (Singapura)
22 Maret 2024 (Amerika Serikat)
Durasi 119 menit
Negara Indonesia
Bahasa Bahasa Indonesia

Sinopsis Film Agak Laen

Film Agak Laen berfokus pada empat petugas rumah hantu yang bernama Boris (Boris Bokir), Jegel (Indra Jegel), Bene (Bene Dion), dan Oki (Oki Rengga). Dikisahkan bahwa mereka berempat bertugas sebagai hantu yang menakut-nakuti pengunjung rumah hantu yang berada di sebuah pasar malam.

Film Agak Laen dibuka dengan menampilkan sebuah pasar malam. Dan salah satu wahana nya yang ditawarkan oleh pasar malam tersebut adalah sebuah rumah hantu yang mana di dalamnya terdapat berbagai macam jenis hantu dari Indonesia.

Namun, alih-alih menyeramkan dan membuat para pengunjung terkesan, rumah hantu tersebut justru sama sekali tidak menunjukkan kesan yang seram.

Bahkan hantu-hantu di dalamnya pun tidak berhasil membuat pengunjung terkejut maupun ketakutan.

Situasi tersebut membuat pihak pengelola wahana mencoba sebisa mungkin untuk menghadirkan wahana rumah hantu yang menyeramkan.

Hingga akhirnya ada sebuah kejadian yang berhasil membuat geger para petugas wahana rumah hantu.

Diketahui bahwa ada salah satu pengunjung yang mengalami gagal jantung hingga membuatnya kehilangan nyawa karena terlalu terkejut.

Para hantu yang tugas pada saat itu lantas panik dan mencoba untuk menguburkan mayatnya.

Setelah kejadian tersebut, wahana rumah hantu menjadi viral karena banyak pengunjung yang mengaku mengalami kejadian mistis saat berkunjung di sana.

Mereka pun mendapatkan banyak keuntungan karena banyaknya pengunjung yang datang.

Akan tetapi siapa sangka, mayat yang telah mereka kuburkan tersebut merupakan orang penting. Berita hilangnya dia pun sontak membuat heboh masyarakat.

Hal tersebut membuat pihak kepolisian turun tangan dan menyelidikinya.

Hingga akhirnya keempat petugas tadi pun dihantui oleh rasa bersalah dan berusaha untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada malam kejadian berlangsung.

Resensi Film Agak Laen

Film horor, dengan genre komedi? Emang ada ya?

Kalau di ingat-ingat, film horor dengan tambahan komedi biasanya dapat kita temukan pada film horor thailand.

Tapi kini, Indonesia punya film Agak laen yang bergenre horor dibalut dengan komedi. Bagaimana tidak? Para pemainnya hampir semua dari kalangan komika ternama dan sering nongol dibanyaknya media.

Tanpa di jelaskan isi film, sebetulnya sudah pernah di spill oleh penulisnya langsung bahkan cukup detail poin yang disampaikan, selain itu sinopsis diatas juga cukup mewakili bukan?

Film ini berawal dari 3 orang petugas rumah hantu yang kian hari semakin sepi pengunjung. Dikarenakan rumah hantu tersebut sama sekali tidak memiliki unsur horor-horornya, bahkan tidak seram sama sekali.

Tidak heran jika pengunjung pasar malam enggan memasuki rumah hantu tersebut. Lalu datang 1 kawan mereka yakni Oki, yang akhirnya merombak keseluruhan wahana rumah hantu.

Namun sayangnya hal yang tidak di inginkan terjadi di wahana rumah hantu, salah satu pengunjung mengalami serangan jantung yang mengakibatkan pengunjung tersebut meninggal ditempat.

Sayangnya, ke-empat petugas rumah hantu tersebut bukan menyelamatkan nyawa sang pengunjung, malah menguburkannya tepat di wahana. Sejak saat itu, wahana rumah hantu jadi lebih ramai tidak seperti biasanya, dan disinilah semua masalah dimulai.

Btw, disini tuh mereka memiliki problem hidup masing-masing, tapi saling merangkul satu sama lain termasuk peran Oki.

Karena Oki memiliki peran yang cukup berat, ia seorang mantan napi, setelah keluar ingin mencari pekerjaan untuk menebus obat Ibunya, tapi harus diam-diam menggadaikan rumahnya dan meminjam makam ibunya untuk menguburkan si pengunjung tadi.

Selain itu ada Boris, yang mau tidak mau juga membohongi orang tuanya dan mengaku telah lolos sebagai tentara. Walau sudah di tipu berulang kali, ia merasa menyesal telah membohongi orang tuanya.

Semua konflik difilm ini tergambar dengan jelas. Komedi yang dibawa juga seru dan menarik. 

Kelebihan & Kekurangan Film Agak Laen

Setiap film pasti akan memiliki kelebihan serta kekurangannya, sama seperti film Agak Laen. Film ini pun memiliki kelebihan serta kekurangannya.

Dan berikut adalah kelebihan serta kekurangan dari film Agak Laen yang disimpulkan oleh pohonketelamenulis.com :

1. Kelebihan

  • Alur yang mudah dipahami, semua penonton pasti setuju kalau alur cerita dari film Agak Laen merupakan film yang sangat mudah dipahami ceritanya. Karena, alur yang dibangun tidak membosankan, kita diajak tertawa, ikut sedih, serta menegangkan.
  • Pemain yang handal, mungkin karena mereka sering bertemu dalam sebuah program, membuat peran yang mereka mainkan jadi terlihat lebih akrab dan harmonis, serta saling melengkapi satu sama lain.
  • Pengambilan gambar yang apik, pengambilan gambar cukup apik, sesuai dengan situasi yang sedang dijalankan, karena film ini kebanyakan scene berada di pusat pasar malam.

2. Kekurangan

  • Adanya Iklan dalam scene, mungkin sebagian penonton menyadari dengan adanya iklan di dalam beberapa scene. Meski sudah diselipkan, tetap terkesan terlalu dipaksakan sehingga menjadi membosankan dan sedikit aneh atau bikin ngantuk.

Lokasi Shooting Film Agak Laen

Meski pemeran utama berasal dari Medan, dan film sebelumnya (Ngeri-Ngeri Sedap) juga syuting di Sumatera Utara atau Samosir.

Kali ini, Film Agak Laen melakukan syuting di luar daerah Sumatera, lebih tepatnya lokasi syuting Film Agak Laen dilakukan di Kota Bogor, Jawa Barat.

Pasar malam di film Agak Laen berada di Pasar Malam Rawa Senggol yang dijadikan sebagai set lokasi yang ada di film Agak Laen. Dimana di dalamnya telah terdapat sebuah wahana rumah hantu yang menjadi tempat mencari nafkah bagi keempat personel Agak Laen.

Cast Film Agak Laen

Daftar pemain film Agak Laen di ntaranya ada Boris Bokir, Indra Jegel, Bene Dion, Oki Rengga, Indah Permata Sari, Tissa Biani, Arief Didu, Anggi Marito, Soleh Solihun, Mamat Alkatirie, Arie Kriting, Andrie Nadeak, dan Sadana Agung.

Namun, saya akan melampirkan sedikit bagaimana profil seorang pemeran utam di film Agak Laen, berikut adalah 4 pemain utama di film Agak Laen:

1. Boris

Boris di film Agak Laen jadi apa?
Sumber : IG @pilem.agak.laen

Di film ini Boris mengaku ke orang tuanya kalau ia sudah jadi tentara. Ia selalu melakukan segala cara untuk mewujudkan mimpi menjadi seorang tentara. Karena selalu di beri harapan oleh seorang oknum, yang akhirnya berujung di kibulin seorang oknum.

Endingnya? Boris tetap mengaku kepada mamaknya kalau sebenarnya dia tidak jadi sebagai tentara, walaupun mamaknya udah semangat 45 yakan mau merayakan upah-upah atau syukuran keluarga di kampung. Tapi mamaknya Boris tetap menerima dengan lapang dada tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Di film ini, ada adegan terlucu sih, saat mamaknya Boris menelpon, terus disuruh perintah anak buahnya, dimana disitu peran si jegel dan bene berpura-pura menjadi anak buah Boris, lalu diperintah saling menampar satu sama lain. Emang ada yang ga ketawa di scene ini?

2. Jegel

Indra Jegel di film Agak Laen jadi apa?
Sumber : IG @pilem.agak.laen

Di film Agak Laen, Jegel memiliki peran sebagai seorang penjudi, ia kalah banyak saat berjudi dan memiliki hutang sehingga dikejar-kejar oleh orang lain, namun Jegel memutuskan untuk lari ke Mesjid bukannya bertobat untuk memperbaiki diri malah jadi tempat persembunyian.

Di film ini Jegel selalu mengeluarkan ide-ide terandalnya yang ternyata zonk, tapi tetap disetujui oleh teman-temannya

Para penonton pasti akan selalu ingat kata-kata ini "Aku ada ide" dari seorang Jegel, cukup bikin lawak dan terngiang sih ya.

3. Bene

Bene Dion di film Agak Laen jadi apa?
Sumber : IG @pilem.agak.laen

Di film Agak Laen, ada kehadiran Bene nih. Bene juga sebagai salah satu petugas rumah hantu bersama dua teman diatas.

Bene memiliki problem untuk memperjuangkan cintanya agar bisa mencapai tujuan pernikahan. Tapi, permintaan dari calon mertua cukup membebankan Bene, yaitu meminta untuk 1000 tamu undangan.

Meski hidupnya pas-pasan, ia masih mau berjuang demi cintanya, Naomi. Meski akhirnya mencapai target dan bisa menikah.

4. Oki

Oki di film Agak Laen jadi apa?
Sumber : IG @pilem.agak.laen

Peran Oki di Film Agak Laen lebih tertonjol disini. Karena kehadiran dari Oki wahana Rumah Hantu jadi berubah drastis.

Sebelum bertemu ke tiga temannya, Oki dikenal sebagai mantan napi. Di balik itu, Oki orang yang paling setia kawan dan berbakti sama mamaknya. Meski melakukan hal ternekat sekalipun akan tetap di usahakan Oki.

Ujungnya agak sedih ya, karena Oki udah berjuang, bahkan mengiyakan permintaan aneh temannya, berat tapi tetap dilakukan. Walau ujung-ujungnya mamaknya Oki tetap harus pergi. Ini cukup bikin mewek sih.

Jumlah Penonton Agak Laen

Saat artikel ini ditayangkan pun film Agak Laen masih tayang di beberapa bioskop Indonesia. Tidak heran jika jumlah penonton masih tetap bertambah.

Pohonketelamenulis.com mencari referensi data jumlah penonton melalui akun instagram Agak Laen yang kini mencapai hingga 9juta penonton.

Berikut adalah jumlah tayang dari hari ke hari penonton Agak Laen.
  • Hari pertama tayang : 181.689 penonton
  • Hari ke-2 tayang : 377.563 penonton
  • Hari Ke-3 tayang : 700.000 penonton
  • Hari ke-4 tayang : 1.012.990 penonton
  • Hari ke-5 tayang : 1.291.178 penonton
  • Hari ke-6 tayang : 1.571.371 penonton
  • Hari ke-7 tayang : 2.000.000 penonton
  • Hari ke-8 tayang : 2.376.703 penonton
  • Hari ke-9 tayang : 3.000.000 penonton
  • Hari ke-10 tayang : 3.310.107 penonton
  • Hari ke-11 tayang : 3.701.935 penonton
  • Hari ke-12 tayang : 4.010.735 penonton
  • Hari ke-13 tayang : 4.307.130 penonton
  • Hari ke-14 tayang : 4.746.587 penonton
  • Hari ke-15 tayang : 5.000.000 penonton
  • Hari ke-16 tayang : 5.265.614 penonton
  • Hari ke-17 tayang : 5.646.304 penonton
  • Hari ke-18 tayang : 6.003.515 penonton
  • Hari ke-19 tayang : 6.233.402 penonton
  • Hari ke-20 tayang : 6.437.391 penonton
  • Hari ke-21 tayang : 6.615.162 penonton
  • Hari ke-22 tayang : 6.774.531 penonton
  • Hari ke-23 tayang : 7.000.000 penonton
  • Hari ke-25 tayang : 7.354.239 penonton
  • Hari ke-26 tayang : 7.500.000 penonton
  • Hari ke-28 tayang : 7.700.960 penonton
  • Hari ke-29 tayang : 7.807.182 penonton
  • Hari ke-30 tayang : 8.000.000 penonton
  • Hari ke-32 tayang : 8.205.798 penonton
  • Hari ke-37 tayang : 8.545.950 penonton
  • Hari ke-38 tayang : 8.631.027 penonton
  • Hari ke-39 tayang : 8.728.716 penonton
  • Hari ke-40 tayang : 8.800.337 penonton
  • Hari ke-45 tayang : 8.904.670 penonton
  • Hari ke-51 tayang : 8.979.000 penonton
  • Hari ke-53 tayang : 9.006.211 penonton
  • Hari ke-74 tayang : 9.100.371 penonton
  • Hari ke-86 tayang : 9.121.767 penonton
  • Hari ke-98 tayang : 9.125.188 penonton
Selain di Indonesia, Agak Laen juga tayang di 3 negara lainnya, yakni tayang di Singapore, Malaysia, Brunei dan Amerika Serikat.

Saya menonton film Agak Laen di bioskop di bulan kedua setelah film ini tayang, karena emang benar-benar seramai itu saat di bulan pertama film ini tayang. Karena mau beli online pun kursi yang tersisa tinggal di bagian bawah saja.

Saya memang menghindari duduk di kursi bagian paling bawah karena pegal banget rasanya pas lihat ke layar.

Nonton di bulan kedua setelah film ini tayang, yang saya harapkan pengunjung akan sepi, ternyata masih tetap ramai. Salut sama antusias warga Kisaran bahkan mau nonton secara berulang.

Tapi ini benar adanya, bioskop di Kisaran dan Medan, saya sudah bertemu dengan beberapa orang yang bolak balik nonton film Agak Laen.

Jadi, gak heran sih kalau film ini mencapai 9 juta penonton.

Kesimpulan Film Agak Laen

Kesimpulannya, film Agak Laen berhasil menjadi film komedi yang memikat dengan daya tariknya, terbukti dari banyaknya jumlah penonton. Termasuk alur cerita hingga konflik yang cukup seru namun dapat membangun penonton jadi lebih mudah diserap.

Konsisten menonjolkan komedi disepanjang cerita hingga candaan yang mudah diserap oleh penonton. Mungkin karena para pemain juga merupakan tokoh komedi yang tidak asing lagi bagi masyarakat.

Akan Tayang, "Agak Laen 2"

Jeng... Jeng... Jeng... Kita dapat surprise dari para ketua nih. Pada 9 mei melalui akun instagram @pilem.agak.laen mereka mengumumkan bahwa akan ada Agak Laen 2.

Siap-siap kelen ramaikan bioskop lagi ya! Dan jadi penasaran kekocakan yang seperti apa lagi yang akan hadir.

Note : Artikel ini murni ditulis oleh pohonketelamenulis.com, dan mengambil referensi atau mengumpulkan data melalui akun instagram @pilem.agak.laen.

Posting Komentar untuk "Review Lengkap & Sinopsis Film Agak Laen"