Bukan Blogger Sekadarnya, Karena Kita Wajib Up To Date!

Gambar di ambil oleh BCC Squad | Kamu harus tahu keseruan dan tantangan Blogger menjadi apa?

Tiba-tiba tertarik untuk menuliskan alasan aku menjadi seorang Blogger, yang tanpa terasa ternyata sudah berjalan selama empat tahun.

Begini ceritanya, sebelumnya aku tidak mengetahui apa itu istilah blogger dan semacam lainnya. Yang aku tau, dari jaman sekolah hingga perkuliahan aku punya ambisi untuk mengelola sebuah website.

Tapi, "mulai dari mana?"

Keterbatasan pengetahuan dan lingkungan di dalam pondok pesantren tidak membuat aku melangkah dan bertumbuh. Lalu, apa ambisi ku akan memudar? Tentu saja tidak.

Aku juga ingat alasan aku mengambil jurusan Ilmu Komunikasi dan konsentrasi Jurnalistik, selain suka terjun di lapangan, aku juga ingin sekali terjun di media. Sampai akhirnya kami pernah bertanya kepada salah satu dosen untuk mengajari kami cara membuat website, karena ketika kami sedang ujian, ia selalu memberikan soal ujian lewat situs website yang ia kelola sendiri, dan tahu kah kamu apa jawabannya?

"Membuat situs website itu mahal, kalian masih kuliah, mana sanggup" Yappp! sebagai angkatan pertama di kampus, keterbatasan lab dan fasilitas, jalan kami cukup suram.

Tentu saja aku masih tetap bersyukur karena berkesempatan magang di salah satu televisi ternama di Indonesia dan dipilih untuk mengikuti program magang mahasiswa besertifikat (PMMB) di salah satu BUMN, lebih tepatnya aku bersama ke-empat teman kuliah ku.

Kami diberi amanah untuk mengelola tiga sosial media dan satu website. Tentu saja, saya masih ambis untuk sekadar mengetahui "bagaimana caranya?"

Lagi dan lagi bukan jalannya aku untuk mengetahui bagaimana cara mengelola website itu.

Sampai akhirnya aku bekerja di salah satu marketplace di Kota Medan dan diberi kepercayaan untuk mengelola situs website mereka yang baru saja dibuat.

Tentu saja ini menjadi kesempatan baru untuk ku. Dan yang paling aku suka, aku di wajibkan untuk mengeksplore situs tersebut yang merupakan akhirnya atau nantinya akan menjadi tanggung jawabku. Iya, mulai dari desain, penempatan menu sub menu hingga copywriting untuk produk-produk mereka.

Dari sana, akhirnya aku mendapatkan sedikit bekal dan mengenal apa itu website, aku suka ketika atasan ku memberikan amanah untuk mengelola secara pribadi, dia mempercayakan aku bahwa aku pasti bisa, lagi pula, satu kantor kita tidak ada yang mengerti bagaimana cara membangun website, dan ini merupakan pemula bagi kami semua, termasuk aku.

Meski akhirnya aku tidak bertahan lama disana, karena pandemi riuh menyapa. membuat aku harus balik ke kampung halaman.

Sebulan kemudian setelah resign bekerja, aku membuka youtube dan menemukan video yang berisi tentang "cara membuat blog".

Bukan hanya melihat, tentu saja langsung aku praktek kan, aku terus memperhatikan langkah per langkah, hingga aku mengerti kenapa ada sebutan "blogger" itupun aku mengetahuinya karena searching lewat facebook, twitter dan instagram, yang pada saat itu aku masih berpikiran kalau, 

"ternyata komunitas blogger itu ada, dan saling support satu sama lain. Bahkan kalau kita bingung saat mengelola blog, semuanya pada responsif, se-welcome itu ya?"

Jadi, dapat dikatakan pada tiga bulan pertama di awal tahun 2020 aku masih mengurus ruang blog ini, dan pertengahan 2020 aku mulai mencari dan ikut bergabung beberapa komunitas blogger yang ada di Indonesia.

Pilihan Menjadi Blogger, After Resign

Aku tertarik ingin menceritakan apa sih serunya menjadi blogger setelah resign dari pekerjaan pasca pandemi dan apa yang aku dapatkan?

Kalau pada saat itu aku tidak bertemu dengan video cara membuat blog dari youtube dan belajar secara otodidak, sejujurnya aku tidak tahu harus apa dan bagaimana.

Diam saja dirumah? Ahh entahlah, yang pasti itu bukan aku, aku tidak tertarik hanya berdiam diri dan tidak ngapa-ngapain dirumah saja.

Meski menjadi blogger saat pandemi juga mengharuskan kita dirumah saja, tapi jika tetap tidak ada kegiatan aku merasa dunia tidak se-asik itu.

Caraku menjadi seorang blogger after resign cukup membuka pandangan ku, bahwa ternyata kita tetap bisa melakukan aktivitas meski hanya dirumah saja, aku tetap dapat mengajak otak ku untuk berpikir dan menemukan solusi.

Menjadi blogger, meski hanya di rumah saja melatih aku untuk terus berkembang, belajar dan meningkatkan kualitas diri. Banyak hal baru yang aku pelajari di dunia blogger, tentunya tumbuh bersama komunitas blogger yang aku ikuti.

Selain mengenal teman-teman blogger di Indonesia, yang membuat kita jadi menambah relasi, menjadi blogger juga tetap bisa berpenghasilan, dan itu bagiku adalah bonus.

Jadi, menjadi blogger tidak membatasi kita pada suatu ruang, justru kita dipaksa eksplore hal-hal baru yang harus kita pelajari, contohnya? Adanya perkembangan AI, atau kehadiran video singkat yang sedang marak-maraknya.

Jadi Blogger, Wajib Up to Date! Bertumbuh dan Tingkatkan kualitas diri

Jadi, menjadi seorang blogger itu bukan cuma sekadar nulis atau cuma nulis blog doang. Iya, 'doang', tapi kembali lagi pada tujuan kita ngeblog untuk apa, cuma tulis curhatan saja atau ingin mengembangkan kualitas diri?

Karena menjadi seorang blogger kita juga perlu belajar, mengasah ilmu, mengasah kemampuan, upgrade skill, dan banyak lainnya yang wajib kita ketahui, itupun jika kita menginginkan untuk berkembang, jika kita menolak perkembangan, maka siap-siap jika kita harus tertinggal, bye!

Bagi ku, menjadi seorang blogger merupakan peluang dan membukakan jalan agar tetap bisa melakukan aktivitas dan melakukan kegiatan.

Menjadi blogger, aku akhirnya paham mengenai ikatan antara blog dan digital marketing, bagaimana cara membranding diri, bagaimana cara menulis yang baik dan benar, menulis dengan SEO, kualitas tulisan, hingga tools - tools yang dipakai saat menulis blog.

Dan menjadi blogger, aku dapat meningkatkan kualitas diri untuk berkembang ke langkah selanjutnya. Cara ku berkembang ketika aku melihat diriku yang hanya menulis satu topik, lalu mendapatkan tantangan untuk menuliskan topik lain yang sebelumnya tidak pernah aku pelajari. Bagiku, ini adalah tantangan untuk diri sendiri, apakah aku bisa atau menyerah?

Bagaimana Cara Blogger Berkembang dan Bertumbuh?

Aku juga tertarik ingin menuliskan bagaimana cara blogger berkembang dan bertumbuh, baik itu dari orangnya yang juga akan berdampak pada kualitas isi dari blog.

1. Tentukan Tujuan

Yang paling utama adalah tentukan tujuan, aku sering memperhatikan para pemula atau seseorang yang telah lama memiliki blog akhirnya ingin aktif kembali menjadi seorang blogger namun masih belum tau arah.

Jika pemula, kebanyakan dari mereka ingin mengejar cuan, padahal yang kita tau tidak akan semudah itu. Dan blogger lama yang ingin kembali mengurus blog ternyata masih bingung arahnya kemana.

Emangnya tujuan ngeblog itu sepeting itu ya?

Menurutku itu adalah poin yang harus kita tanyakan pada diri sendiri, "ngeblog untuk apa?" karena akan ada tantangan-tantangan baru yang akan kita hadapi, jika siap akan menuai hasil, jika kalah maka akan terbengkalai.

2. Upgrade Skill dengan Mengikuti Kelas

Dari pengalaman yang selama ini aku ikuti, kita bisa mendapatkan ilmu baru dengan cara mengikuti kelas. Sejauh ini kelas yang aku ikuti masih kelas gratis yang disediakan oleh komunitas, podcast youtube, dan kelas gratis lainnya yang bisa kita cari di sosial media.

Tapi, setiap kelas selesai, jangan lupa untuk langsung di terapkan agar tidak lupa. Dan dengan mengikuti kelas tersebut kamu akan melihat sejauh mana kita mau belajar dan mengembangkan diri.

Jika ditanyakan apa pengaruhnya mengikuti kelas untukku, tentu saja aku akan menjawab, banyak. Ada banyak hal yang aku dapatkan ketika mengikuti kelas Blogger.

Meski jika kegiatan atau kelas blogger sering dilakukan secara online, aku juga sering menghadiri kelas blogger secara offline di kota ku.

3. Bergabung dengan Komunitas

Ternyata, komunitas blogger itu ada banyak sekali. Yang aku ingat, aku mulai mencari komunitas dan ikut bergabung karena aku ingin belajar lebih dalam tentang blog, dan bonusnya aku mendapatkan relasi dari banyak daerah.

Komunitas blogger biasanya menghadirkan kegiatan-kegiatan berupa kelas, support blog dan banyak lainnya. Dengan komunitas bisa menjadi peluang kita agar bisa berkembang secara lebih, karena kita telah masuk ke wadah yang tepat.

Contohnya Komunitas Bloggercrony Indonesia, aku mengikuti akun sosial medianya dari Mei 2021, dan pada tahun 2022 aku berkesempatan menjadi Volunteer di BloggerDay 2022. Pengalaman Volunteer pertama bagi ku, apalagi saat pandemi dan online.

Dari sisi pandangku, Komunitas Bloggercrony merupakan komunitas yang mengajak semua membernya untuk turut aktif dan terus bertumbuh bahkan mendukung usaha dari para blogger, melalui beberapa kegiatan yang dilakukan. Merupakan komunitas yang memberi wadah dan menaungi para blogger.

Dan pada tahun 2024 ini, Komunitas Bloggercrony Indonesia merayakan Anniversary tepat pada 25 Februari 2024 di Carro Square Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Kemeriahan 9th Anniversary Bloggercrony Community

Kakak-kakak tim BloggerDay yang keren, karena acara sukses hingga selesai

Ternyata, di tahun 2024 ini Bloggercrony telah berusia 9 tahun, mendengar kabar Bloggerday 2024 kali ini akan diadakan secara tatap muka atau full offline tentu saja aku turut bahagia dan ada sedih juga.

Bahagia yang artinya pandemi sudah benar-benar usai, pertemuan tatap muka memang sangat dinantikan, apalagi jika akhirnya ada kesempatan untuk bertemu dengan blogger-blogger lain dari luar daerah seperti blogger Bandung, Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Sedih karena lokasi ku paling ujung dan cukup jauh, tapi kesedihan itu jadi beralih bahagia sejak aku dihubungi mba wawa, founder Bloggercrony, untuk ikut bergabung secara online di BloggerDay 2024. Walaupun hasil kerja ku di BloggerDay 2024 belum maksimal banget uhuhuhu. Tapi tetap saja aku sangat berterima kasih karena sudah diberikan kesempatan.

Meskipun aku dari jauh, aku tetap memantau kegiatan teman-teman blogger yang memeriahkan BloggerDay 2024 lewat story instagram mereka.

"Wahhh, seru ya" ujarku, semoga tahun depan aku bisa ikut bergabung meramaikan Bloggerday di tahun 2025.

Pin BloggerDay yang aku punya setelah mengikuti selama 3 tahun

Ternyata sudah terkumpul tiga pin BloggerDay, lagi-lagi aku merasa beruntung bisa berpartisipasi di BloggerDay 2024 ini, meski kinerjaku yang tergolong masih belajar, huhu.

Pin BloggerDay 2024

Beberapa keseruannya aku tulis dalam beberapa bagian.

1. Launching Buku Perdana Bloggercrony

Bloggercrony itu merupakan komunitas yang penuh dengan kejutan, dan yang paling aku suka komunitas ini juga aktif melakukan kegiatan, aku termasuk salah satu yang beruntung dan bersyukur bisa masuk ke dalam komunitas ini.

Dan pada perayaan milad Bloggercrony yang ke-9, dengan spesial mereka baru saja launching buku perdana dari Bloggercrony. Buku tersebut merupakan kolaborasi antara BCN Squad  x Besty x BCC Squad.

Dan merupakan salah satu kesempatan baru untuk ku, menjadi salah satu narasumber pada penerbitan buku tersebut.

Tapi aku juga setuju dengan kehadiran buku perdana Bloggercrony ini, jangankan buku yang membahas tentang blogger. 2019 lalu, disaat aku masih berperang dengan skripsi dan mencari rekomendasi buku yang membahas mengenai sosial media, itu sulit banget ditemukan. Apalagi buku yang membahas tentang blogger, aku pun belum pernah menemukannya.

2. Peserta BloggerDay di Dukung Mobilitas Bigbird

Bigbird, mendukung mobilitas Peserta BloggerDay luar Jabodetabek

Bigbird merupakan armada terbaru dari Bluebird yang hadir dengan versi terbaik dan telah menyediakan beberapa versi.

Para peserta BloggerDay2024 yang hadir ternyata bukan dari Jabodetabek saja, tetapi ada juga dari Pulau jawa. BCC Squad yang sebagai perwakilan dari Blogger Bandung, Blogger Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Ketika melihat video dari teman-teman perwakilan, sepertinya mereka merasa sangat nyaman dalam perjalanan. Dan setelah aku cari tau ternyata Bigbird ini sudah terstandarisasi SNI (Standar Nyaman Indonesia), cukup menarik.

Pengemudi Bigbird yang sangat profesional dan dapat di andalkan, armadanya aman dan nyaman dan mudah di aktes

Membuat para teman-teman blogger memiliki pengalaman mobilitas yang menyenangkan dan bisa diandalkan serta pengalaman tak terlupakan saat pergi bersama Bigbird.

Melakukan perjalanan jauh emang jadi rekomendasi banget nih, apalagi cara charternya juga mudah. 

3. Didukung oleh Sponsor dan UMKM


Ahhh rasanya ini paling menarik yaa, BloggerDay 2024 didukung oleh Carro Indonesia serta co-partners Genie Indonesia, MSIG Indonesia, Igloo Insurance, Mega Central Finance/MFC-MAF dan Bluebird Group, Alfa Kreasi Decoration, Ngafe-in Teras, juga produk lokal Bloggerpreneur yang ikut meriahkan BloggerDay 2024 yaitu ada Ummi Doodle, Kamiya Project, Nyi Pede Souvenir, Ayee Deo dan UMKM Malang Demadols, Venzfood, Aira Cake & Cookies dan Kayis Craft.

Jadi, Bloggerpreneur merupakan salah satu program dari Bloggercrony sebagai bentuk promosi atau memberikan wadah serta dukungan kepada UMKM pada saat perayaan BloggerDay.

Aaahhh seru, selain mendapatkan Pin BloggerDay 2024, aku juga mendapatkan pouch unik dari Nyi Pede Souvenir, dengan kualitas bahan yang benar-benar bagus banget.

Isi Goodie Bag yang banyak banget, ada botol minum, kalender & sampul pasport

Selain itu ada Kalender dari MSIG, yang cocok banget di letak diatas meja kerja aku, serta botol minum lucu dari MACF x Carro.

Oh iya, kira-kira kamu sudah tau belum ya, Carro itu apa?

Jadi, Carro Indonesia merupakan platform jual beli mobil bekas dengan kualitas terbaik, dan Carro pula telah menyediakan tempat untuk kegiatan BloggerDay 2024 yang berlangsung pada 25 Februari 2024 kemarin.

Carro - Layanan Jual & Beli Mobil Bekas

Kalau di lihat-lihat, aku juga sempat tidak percaya jika di Carro menyediakan layanan jual beli mobil bekas, tapi mungkin sesuai dengan namanya, mobil yang dijual sangat berkualitas dan persis seperti baru.

Duh, malah jadi pengin nabung kalau gini, apalagi jual mobil di Carro juga mudah hanya dengan melakukan 3 langkah simpel, yaitu dengan cara isi formulir yang tersedia di website, lakukan booking inspeksi gratis dan dapatkan pembayaran secara instan.

Jika kamu tertarik menjual mobil, silakan kunjungi https://carro.id/jual-mobil untuk menjual mobil kamu sekarang juga!

Gimana? Seru banget ya event offline dari Bloggercrony kemarin. Keren sih, baru kali ini aku menemukan komunitas yang benar-benar mengajak para membernya untuk aktif dan saling support satu sama lain.

Komunitas banyak mengajarkan aku menambah wawasan baru, Dengan komunitas pula menunjukkan bahwa blogger bukan cuma nulis doang, kita bukan blogger sekadarnya seperti pemikiran kaum awam, karena menjadi Blogger kita bisa mengambil langkah untuk terus maju dan berkembang, melatih kualitas diri dan kemampuan diri serta selalu mencoba hal baru.

Menjadi blogger, kita wajib peka terhadap hal-hal baru, kita wajib up to date dengan perubahan siklus media dan yang lainnya.

Lalu, apakah benar blogger sudah setertinggal itu?

Jawabannya tentu tidak. Karena banyak blogger berkualitas dan profesional yang tersebar di Indonesia, dan aku bangga menjadi seorang blogger.

Post a Comment for "Bukan Blogger Sekadarnya, Karena Kita Wajib Up To Date!"