Review dan Sinopsis Welcome to Samdal-ri Lengkap! Ketika Karir, Percintaan, dan Keluarga Sedang di Uji

Review dan Sinopsis Welcome to Samdal-ri Lengkap! Ketika Karir, Percintaan, dan Keluarga Sedang di Uji
Review Drama Korea Welcome to Samdal-ri

Haiii, ini adalah kali pertama aku mereview film Korea, sebetulnya ada beberapa list drama Korea yang ingin aku review tapi keburu mager kaya darama Korea hometown cha cha cha dan juga yumi cells. Padahal 2 drama korea itu menarik banget untukku.

Salah satu drama yang ramai diperbincangkan hingga fyp di plaform tiktok dan trending di twitter. Tidak heran sih, karena drama ini BAGUS dan ringan. Jika kamu ingin menonton tanpa banyak mikir, maunya relaks saja, boleh banget untuk melihat drama yang satu ini.

First impression lihat drama ini sekilas mirip banget sama drama Home town cha cha cha, mulai dari situasi dan lokasi, orang-orang yang berkumpul di pulau Jeju, bahkan hingga kisah percintaan antara 2 orang.

Profil Drama

Judul : Welcome to Samdal-ri 
(Welkeomtu Samdalri / 웰컴투 삼달리)
Revised romanization : Welcome to Samdal-ri
Director : Cha Young-Hoon
Writer : Kwon Hye-Joo
Network : JTBC
Episodes : 16
Release date : December 2, 2023 - Januari 21, 2024
Runtime : Saturday & Sunday 22.30
Language : Korean
Country : South Korea
Genre : Comedy, Romance, Life, Drama

Daftar Nama Para Pemain Drama Welcome to Samdal-ri

Pemeran Utama
  • Ji Chang Wook sebagai Cho Yong-Pil
  • Shin Hae-Sun sebagai Cho Sam-Dal
Keluarga Cho Sam-Dal
  • Kim Mi-Kyung sebagai Ko Mi-Ja
  • Seo Hyun Chul sebagai Cho Pan-Sik
  • Shin Dong-Mi sebagai Cho Jin-Dal
  • Kang Mi-Na sebagai Cho Hae-Dal
  • Kim Do-Eun sebagai Cha Ha Yul
Keluarga Cho Yong-Pil
  • Yu Oh-Seong sebagai Cho Sang-Tae
  • Jung Yoo-mi sebagai Bu Mi-Ja
  • Kim Ja-Young sebagai Yang Geum-Oke
  • Yoo Soon-Woong sebagai Bu Dae-Choon
Lainnya
  • Kang Young-Seok sebagai Bu Sang-Do
  • Yoon Jun Sung sebagai Jeon Hye-Ja
  • Kim Hak-Sun sebagai Bu Dae Sung
  • Kwon Dong-Ho sebagai Bu Yeong Do
  • Lee Jae Won sebagai Wang Gyeong-Tae
  • Baek Hyun Joo sebagai Oh Geum Sool
  • Byeon Jong-Su sebagai Wang Sung-Gu
  • Bae Myung-Jin sebagai Cha Eun-U
  • Kim Mi-Hwa sebagai Yang Boo-Ja
  • Yu Seung-ll sebagai Cha Man Deok
  • Yang Kyung-Won sebagai Jeon Dae-Yeong
  • Kang Gil-Woo sebagai Ko Chul-Jong
  • Lee Tae Hyung sebagai Han Seok-Gyu
  • Kim Hyun-Mok sebagai Kang Baek-Ho
  • Bae Ki-Bum sebagai Kim Yong-Ho
  • Jo Yun-Seo sebagai Bang Eun-Ju
  • Han Eun-Sun sebagai Cheon Chung Ki
  • Kim A-Young sebagai Ko Eun-Bi
  • Lee Do-Hye sebagai Yang Ji-Eun

Sinopsis Welcome to Samdal-ri

Sinopsis Welcome to Samdal-ri

Drama ini mengungkap kisah di balik nama Cho Sam-Dal yang memiliki arti: di dekat sungai yang mengalir di bawah Gunung Hallasan, konon bersemayan makhluk mirip naga bernama Sam-Dal.

Setelah menghadapi kemunduran hidup yang signifikan dan telah kehilangan segalanya, Jo Eun-Hye kembali lagi ke sungai ini, dan kini dilindungi oleh Cho Yong-Pil, sebagai penjaga daerah tersebut.

Dan cerita selanjutnya bercerita bagaimana Cho Eun-Hye menemukan nilai dan cintanya lagi setelah kembali ke kampung halamannya.

Cho Yong-Pil (Ji Chang-Wook) bekerja sebagai peramal cuaca di pulau Jeju. Ia terkenal sebagai orang yang sangat tidak terkendali di badan meteorologi.

Ketika dirasa benar, ia tidak akan segan mengutarakan pandangannya bahkan kepada pengelola badan meteorologi.

Dia pertama kali ingin menjadi peramal cuaca setelah ibunya meninggal karena ramalan cuaca yang salah, ibunya bekerja sebagai penyelam wanita. 

Cho Yong-Pil lahir dan besar di Samdal-ri di pulau Jeju. Dia sangat mencintai kampung halamannya di Samdal-ri dan Pulau Jeju dan dia masih tinggal di sana dan merawat para tetua di Samdal-ri.

Dia memiliki teman semasa kecil Cho Sam-Dal (Shin Hae-Sun). Mereka lahir pada tahun yang sama dan hari yang sama hingga tumbuh bersama di Samdal-ri. Meskipun mereka dekat selama bertahun-tahun, mereka akhirnya berpisah juga.

Cho Sam-Dal adalah seorang fotografer terkenal yang bekerja dengan nama samaran Jo Eun-Hye di Seoul.

Sebagai perantau ia berhasil mencapai puncak profesinya setelah bekerja sangat keras sebagai asisten selama 8 tahun di industri fotografi fashion. Akibat suatu peristiwa, dia kehilangan karir fotografinya dan hidupnya kembali hancur.

Dia kembali ke kampung halamannya di Samdal-ri, tempat yang selalu ingin dia tinggalkan. Dan akhirnya Cho Yong-Pil dan Cho Sam-Dal bertemu lagi setelah bertahun-tahun dan hubungan mereka berkembang secara romantis.

Review Welcome to Samdal-ri

Film ini dibuka dengan dua orang anak kecil yang ingin tampil pada suatu acara di desanya, sosok anak perempuan yang bernama Cho Sam-Dal mengatakan bahwa ia adalah seekor naga yang tinggal di dekat sungai yang mengalir di bawah Gunung Hallasan.

Sedangkan sosok anak laki-laki yang nama Cho Yong-Pil, ia tetap memilih untuk menjadi sungainya, karena sejauh apapun sang naga pergi tetap akan kembali ke sungai tersebut.

Dan faktanya kedua anak ini lahir di waktu yang bersamaan, kedua orang tua mereka juga dekat, layaknya sahabat yang ingin meneruskan persahabatan mereka menjadi keluarga dengan menjodohkan anak mereka.

Namun Kedekatan mereka tiba saja terhalang dan memilih untuk memutuskan segala bentuk komunikasi.

Cho Sam-Dal, Cho Yong-Pil dan tiga teman lainnya memiliki cita-cita untuk sukses di perantauan, mereka pergi secara bersamaan, namun satu persatu kembali lagi ke kampung halaman karena merasa gagal di Kota. Hanya menyisakan Cho Sam-Dal sendiri di kota.

Cho Sam-Dal juga tinggal bersama kerabatnya, ada Jo Jin-Dal sebagai kakaknya yang dikenal sebagai seorang pahlawan wanita di Pulau Juju yang berorientasi pada keadilan semasa masa sekolahnya, yang rasa kebenarannya yang kuat terkadang menekan adik-adiknya.

Dan Jo Hae-Dal adik perempuan termuda, tumbuh diasuh oleh perhatian saudara perempuannya, mempertahankan semangat yang murni dan hidup meskipun menghadapi tantang sebagai ibu tunggal.

Ketiga saudara Perempuan ini pun sempat hangat diperbincangkan para haenyeo di desanya, karena Ko Mi-Ja (ibu mereka) secara berhasil mendidik anaknya hingga karirnya sukses dan terkenal di Kota.

Sebetulnya cerita pada di drama ini begitu realistis dan pasti pernah kita temui di sekitar kita, tidak heran jika banyak yang merasa relate dengan cerita yang ada.

Aku suka sekali dengan akting para pemain yang mendalami peran, dan emosi pada film ini dapat banget, bikin aku jadi ikutan nangis, ada ketawanya juga. 

Tapi menurutku meskipun semua peran di drama ini happy ending tapi ujungnya kaya buntu gitu, disaat Cho Yong-Pil mengajak Cho Sam-Dal untuk menikah, Cho Sam-Dal sama sekali tidak menjawab itu.

Di ending mereka berlima akhirnya sukses dengan karirnya masing-masing, Cho Yong-Pil pindah ke Swiss, sedangkan yang lainnya berada di Seoul. Pertemuan terakhir pun hanya pada saat natal, jadi benar-benar ngegantung banget. Kalaupun mereka menikah apakah salah satu diantara mereka akan merelakan karirnya?

Profesi Pemain Welcome to Samdal-ri

Bisa-bisanya aku ikut spill profesi pemain di Welcome to Samdal-ri. Tapi aslinya karena aku juga penasaran, jadi sekalian aja aku jabarkan yakan we, inilah dia profesi pemain Welcome to Samdal-ri :
  1. Jo Eun-Hye or Cho Sam-Dal : Fotografer terkenal di Seoul.
  2. Cho Yong-Pil : Memerankan ahli meteorologi, yang bekerja di kantor meteorologi di pulau Jeju.
  3. Jo Jin-Dal : Seorang Pramugari.
  4. Bu Sang-Do : Mendirikan rumah makan yang ramai.
  5. Haenyeo yang memiliki arti sebagai penyelam perempuan wanita, pada drama ini dilakukan oleh ibu-ibu penduduk setempat.

Drama Welcome to Samdal-ri Bercerita Tentang

Setiap film memiliki makna ceritanya masing - masing, apa yang kita lihat belum tentu memiliki makna yang sama.

Makanya aku tertarik untuk menyimpulkan dari versiku sendiri, bahwa drama ini bukan melulu kisah percintaan, ada pembelajaran yang bisa kita ambil, semua tergantung dari sisi apa yang ingin kita ambil.

Inilah drama Welcome to Samdal-ri yang bercerita tentang :

1. Anak Perantau Can Related!

Anak perantauan ini cukup relate sih, menjabarkan bagaimana kerasnya hidup di perantauan, dan seorang diri.

Setelah tamat dari sekolah biasanya kita pergi keluar kota untuk mencari ilmu atau mencari pekerjaan. Namun, tidak semua wacana berjalan sesuai dengan rencana, realita kehidupan sungguh seperti yang bukan kita harapkan itu bisa saja terjadi.

Sama seperti drama Korea yang satu ini!

Drama ini bercerita tentang lima pertemanan yang memilih untuk merantau ke Kota, tentu ada banyak masalah yang dihadapi, satu persatu dari mereka merasa gagal dan akhirnya kembali ke kampung halaman.

Hanya menyisakan satu diantara lima pertemanan tersebut yang masih tetap tinggal di kota, menikmati proses hingga ada pada titik ia sempurna di mata masyarakat. Namun dengan kegigihan dan kesungguhan akan dapat kita gapai dengan mudahnya. 

2. Kecurangan Pada Rekan Kerja, bak Realita!

Bagi yang belum pernah terjun di dunia pekerjaan, film ini cocok untuk kamu tonton! Maka jangan berharap jika pekerjaan yang kamu mimpikan seperti di sinetron atau drakor lainnya.

Di drama ini, Jo Eun-Hye memiliki asisten yang telah bekerja sama dengannya, tanpa di sadari Jo Eun-Hye telah dijebak oleh asistennya sendiri, mulai dari merebut pacar, memfitnah atau menuding dengan perkataan yang tidak benar, mengambil ide pekerjaan, melakukan kecurangan di pekerjaan untuk mendapatkan keuntungan.

Segala cara dilakukan oleh asistennya demi melihat Jo Eun-Hye jatuh.

Nonton film ini bikin aku jadi flashback dengan problem kerjaan di tahun 2019 lalu, di curangi oleh rekan kerja. Apalagi pada saat ide - ide dari Jo Eun-Hye dicuri oleh asistennya sendiri, jujur relate banget sama apa yang aku alami.

Jadi menurutku, itulah realita di dunia pekerjaan. Akan selalu ada orang yang curang, bermuka dua, pandai bersilat lidah, dan rela melakukan apa saja demi menyingkirkan dirimu.

Tapi disini aku suka dengan sikap dari Jo Eun-Hye/Cho Sam-Dal karena memiliki sikap yang tenang, menghadapi rasa emosi tanpa reaksi bar-bar.

3. Drama Percintaan yang Rumit, Antara Restu, Perselingkuhan, & Bertepuk Sebelah Tangan

Kisah cinta pemeran utama di Welcome to Samdal-ri emang ribet banget sih, bayangkan disaat sedang jatuh cinta dan berbunga-bunganya harus berpisah karena keadaan dan tak direstui oleh orang tua.

Hingga Cho Sam-Dal mengganti namanya menjadi Jo Eun-Hye saat bekerja di Seoul dan bertemu dengan kekasihnya, yang ternyata berselingkuh dengan asistennya.

Karena insiden yang menimpanya Cho Sam-Dal akhirnya kembali ke desanya, dimana ia bertemu lagi dengan Cho Yong-Pil, merakit kembali puing-puing cinta yang sempat patah dan mulai tata kembali.

Bu Sang-Do yang ternyata selama ini menyukai Cho Sam-Dal, ia selalu merasa kalah cepat dengan Cho Yong-Pil. Bu Sang-Do sama sekali tidak pernah menyatakan cintanya kepada Cho Sam-Dal, meski ia pernah bercerita tentang sosok wanita yang ia sukai, tetap saja perasaan ia bertepuk dengan sebelah tangan.

4. Kisah Dukungan Sahabat

Setelah menonton Welcome to Samdal-ri siapa yang iri dengan kisah dukungan dari sahabat ini?

Aku pun ikut mewek disaat mereka kehilangan satu teman yang ternyata sudah sukses di kota, meski sudah 8 tahun tidak kembali, mereka tetap menunggu, dan terus support dari jauh bahkan tidak terlihat.

Hangatnya pertemanan ini rela melakukan apa saja, yang membuatnya nyaman.

Mungkin, di awal kisah mereka merantau gagal. Namun, saat semuanya membantu permasalahan Cho Sam-Dal secara bersama-sama. Cho Sam-Dal kembali mengajak mereka untuk kembali merantau, dan benar, kali ini mereka sukses bersama.

5. The Real Gosip Tetangga dan Kekompakan Desa

Resiko tinggal di desa, biasanya gosip yang dibicarakan lewat mulut ke mulut hingga mampu menyebar ke seluruh desa. Di film ini the power of  julidnya menonjol banget, dimana ada ibu-ibu si paling juru gosip, keceplosan, ada disini woiiiii.

Di balik sikap yang menurut kita 'bad' banget itu, warga desa di pulau Jeju ini cukup kompak dan saling merangkul satu sama lain.

Terlihat disaat para wartawan datang ke pulau Jeju dan mengetahui bahwa Jo Eun-Hye itu adalah Cho Sam-Dal, para warga saling menjebak wartawan untuk melindungi Cho Sam-Dal.

6. Belajar Pengendalian Diri, Menahan Emosi dan Memikirkan Strategi

Kalau kata Ny. Ko, diantara ketiga anaknya, cuma satu yang paling benar, siapa lagi kalau bukan Cho Sam-Dal.

Dari sikapnya Cho Sam-Dal aku pribadi pun jadi belajar banget, cara mengendalikan emosi, belajar tenang disaat ada masalah, dan melakukan strategi apa untuk menghadapi lawannya.

Cho Sam-Dal merupakan sosok yang berani, tegas dan profesional saat di pekerjaan. Sikapnya yang loyal banyak yang sayang terhadapnya, tidak heran jika ia memiliki banyak orang yang sayang dengannya.

Kalau kalian menonton film ini, semua karakter disini tuh hidup, bahkan kita bisa belajar bagaimana sikap baik yang bisa kita terima dan seharusnya bersikap. Tapi ya, kembali lagi kan... tontonan kita mungkin sama, tapi apa yang diserap otak kita, atau yang diterima oleh otak kita tentu berbeda

Ending Welcome to Samdal-ri

Apasih yang kalian harapkan dari setiap drama korea yang ada? Kalau nyatanya sad ending dan tidak sesuai dengan yang kita bayangkan, pasti akan ikut merasakan patah hatinya juga.

Tapi, Welcome to Samdal-ri endingnya sesuai dengan harapan kita semua. Yes, happy ending. Hampir keseluruhan pemeran di film ini mendapatkan kisah akhir yang baik dan bahagia, jadi bukan hanya pemeran utama saja.

Rating, Kelebihan & Kekurangan Welcome to Samdal-ri

Aku memberi rating 4.5/5 dari drama ini, dengan alasan memiliki kelebihan dan kekurangan dari film ini

Kelebihan Welcome to Samdal-ri

  1. Kualitas Aktor yang Apik.
  2. Cerita yang menarik
  3. Akur cerita yang tidak bisa ditebak

Kelemahan Welcome to Samdal-ri

  1. Ada scene yang sangat dipaksakan, membuat kita sebagai penonton merasa itu tidak nyambung, atau bahkan seharusnya tidak perlu.

Alur Welcome to Samdal-ri

Welcome to Samdal-ri memiliki alur maju mundur, hampir setiap episode menyajikan alur maju mundur yang akhirnya kita paham pada cerita-ceritanya.

Kutipan-kutipan dari Welcome to Samdal-ri

"Apa yang tidak membunuhmu, membuatmu lebih kuat"

"Punya tempat untuk pulang adalah kelegaan luar biasa"


Referensi
https://kyahaha.com/welcome-to-samdal-ri/
https://asianwiki.com/Welcome_to_Samdal-ri

Post a Comment for "Review dan Sinopsis Welcome to Samdal-ri Lengkap! Ketika Karir, Percintaan, dan Keluarga Sedang di Uji"