Review Film Action Indonesia13 Bom di Jakarta, Resensi, Sinopsis, Soundtrack Lengkap!

Film 13 Bom di Jakarta
Film Aksi 13 Bom di Jakarta

13 Bom di Jakarta telah rilis pada 28 Desember 2023, sebagai penutup tahun yang menyajikan adegan aksi yang sangat intens dari awal hingga akhir cerita. Film terbaru karya Angga Dwimas Sasongko yang mengusung genre aksi-spionase berhasil mengambil hati masyarakat.


Sutradara Angga Dwimas Sasongko
Produser Taufan Adryan
Ditulis Oleh Angga Dwimas Sasongko
M. Irfan Ramli
Pemeran Chicco Kurniawan sebagai Oscar
Ardhito Pramono sebagai William
Lutesha sebagai Agnes
Rio Dewanto sebagai Arok / Ismail Gani
Putri Ayudya sebagai Karin
Ganindra Bimo sebagai Emil
Niken Anjani sebagai Gita
Rukman Rosadi sebagai Damaskus
Muhammad Khan sebagai Waluyo
Andri Mashadi
Penata Musik Abel Huray
Sinematografer Armand Pratikto
Penyunting Hendra Adhi Susanto
Perusahaan Produksi Visinema Pictures
Indodax
Legacy Pictures
Volix Pictures
Folkativ
INFIA
Barunson E&A
Tanggal Rilis 2 Desember 2023 (JAFF)
28 Desember 2023
(Indonesia)
Durasi 143 menit
Negara Indonesia
Bahasa Indonesia
Anggaran Rp. 75 Miliar (perkiraan)

13 Bom di Jakarta - Tayang 28 Desember 2023 di Bioskop

Sinopsis Film 13 Bom di Jakarta

13 Bom di Jakarta, film ini bercerita tentang teror dari sekumpulan teroris yang ingin menyerang Jakarta, ibukota Indonesia. Serangan 13 Bom ini akan menghancurkan kota dan menimbulkan banyak korban jiwa yang tak terhitung jumlahnya. Badan Kontra Terorisme Indonesia atau yang dikenal dengan Indonesian Counter Terrorism Agency (ICTA) mendapatkan kabar tentang rencana bom tersebut, dan mereka langsung bertindak dengan membuat tim agen rahasia tersebut yang dipimpin oleh Emil (Ganindra Bimo), sebagai seorang agen intelijen yang berpengalaman.

Review Singkat Film 13 Bom di Jakarta

13 Bom di Jakarta bercerita tentang adanya ancaman teror bom dari Arok (Rio Dewanto) yang telah disebar di seantero Jakarta. Arok telah mengancam akan meledakkan bom setiap 8 jam sekali demi mendapatkan keinginannya. Ia berusaha untuk menghancurkan sistem keuangan Indonesia yang dianggap korup, dengan berbagai penipuan keuangan yang telah banyak merugikan masyarakat

Badan Kontra Terorisme Indonesia (ICTA) bergegas untuk mencari Arok agar menstabilkan keamanan negeri. Namun hasil dari penelusuran mereka justru mengarah pada Oscar (Chicco Kurniawan) dan William (Ardhito Prmono), dua pengusaha muda sekaligus pendiri Indodax. Hingga akhirnya kedua Founder Indodax di tahan.

Kedua founder Indodax ini akhirnya berupaya melakukan permintaan dari ICTA dan rela menyerahkan 100 bit coin ke Arok demi melacak keberadaan para terorisme. Bahkan layar utama yang menjadi pemantau juga ikut diretas oleh Arok akibat adanya akses dari jalur dalam yang tidak diketahui.

Namun kedua founder Indodax tentu saja berhasil kabur dari ICTA, dan menelusuri apa yang sebenarnya terjadi sehingga mereka di tahan. Meski begitu sesuai dengan tujuan mereka pula, mereka mampu menyelesaikan misi dan mengungkap terorisme dari Arok.

Soundtrack Film 13 Bom di Jakarta

Soundtrcak pada film 13 Bom di Jakarta ramai dicari - cari oleh penonton, lantaran musik tersebut terdengar begitu pas dan mendukung dengan adegan film ini, tidak heran jika kini ramai diputar orang.

lagu "Merintih Perih - SORE" ternyata telah di rilis pada tahun 2008 lalu melalui albumnya yang bertajuk sama seperti nama band yakni Sore Band.

Karakter Film 13 Bom di Jakarta

Karakter pemain 13 Bom di Jakarta juga patut di apresiasi. Baik itu dalam memeranan protagonis ataupun antagonis, karena karakter yang diterima peran cukup masuk dan baik bahkan diluar dugaan penonton.

Ada Putri Ayudya sebagai pemeran Karin adalah Deputi Cyber ICTA (Indonesia Contra-Terrorism Agency) dan seseorang kepercayaan Damaskus dengan semangat dan tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya. Meski jabatannya sempat ditangguhkan tapi ia tetap membara. Lihat aktingnya disini, sebagai perempuan kita jadi cukup salut dan melihatnya cukup ambis, tegas, percaya diri, positif thinking, dan tidak gegabah sama sekali.

Selain itu ada Lutesha sebagai Agnes yakni kekasih William (Ardhito Pramono) ternyata sebagai pengemudi yang handal sekaligus sebagai pemeran yang sangat membantu di dalam film ini. Ia hadir sebagai sosok perempuan yang pemberani, kuat mengambil keputusan dan karakternya benar - benar tidak bisa di tebak tapi lihat dia disini itu super seru.

Untuk Ardhito Pramono sebagai William di film ini karakternya agak sedikit cupu, tidak berani mengambil langkah, bahkan mudah banget gregetan. Tapi, disini ia cukup membantu untuk menyadarkan Oscar pada saat dipengaruhi Arok.

Sedangkan Chicco Kurniawan sebagai Oscar memiliki karakter yang berani mengambil langkah dan mengambil tujuan ke depannya.

Ada Ganindra Bimo sebagai Emil, yang bikin penonton ikut greget dengan karakternya, ia tegas, tapi suka menyimpulkan sendiri padahal belum tentu itu benar. Sebagai Deputi Anti - Teror dalam ICTA, Emil bergerak memimpin perlawanan dan harus siap atas segala penyerangan yang terjadi di negara.

Niken Anjani yang berperan sebagai Gita, adalah staff di Divisi Cyber ICTA dan sebagai orang kepercayaan  tangan kanan dari Putri Ayudya, tapi ternyata dibalik itu ada plot twist yang mengejutkan di balik karakter dan perannya.

Waluyo menjadi bagian dari aksi terorisme yang mengancam Jakarta dengan 13 Bom yang sudah tersebar dan sebagai tangan kanan Arok. Waluyo memiliki karakter yang pesimis dan masih memiliki visi misi yang sama dengan Arok, namun disatu sisi lain ia memiliki empati yang cukup besar. Meski Waluyo membantu Arok untuk masuk ke sistem keamanan Negara dan fasilitas umum untuk serangan bom yang sudah mereka rencanakan.

Kekurangan dan Kelebihan Film 13 Bom di Jakarta

Pada resensi penulisan, maka akan terdapat kekurangan dan kelebihan, untuk menilai dan melengkapi film tersebut. Dengan durasi waktu 143 menit tentu saja film ini akan menerima kritikan baik itu dalam segi positif ataupun negatif, berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari film 13 Bom di Jakarta :

Kekurangan

  • Beberapa adegan mudah tertebak seperti adanya orang dalam di bagian ICTA, karena sedari awal sudah menyorot ke arah sana. Namun, meski begitu di akhir plot twist nya tidak bisa di tebak sama sekali.
  • Ada scene yang dapat bikin kita jadi boring banget, seperti di pertengahan film gitu, dan bisa bikin kita jadi ngantuk. Bahkan ada beberapa adegan yang terkesan dipaksakan, hanya untuk mendukung intensitas aksi dalam film.

Kelebihan

  • Memiliki alur cerita yang menarik, mudah di pahami.
  • Memiliki visual efek dan score musik yang disusun secara apik, sehingga membangun kesan elegan pada film ini.
  • Koreo aksi dari pertarungan, tembak - tembakan, bahkan hingga kejar - kejaran mobil yang telah berhasil di eksekusi dengan baik.

Rating Film 13 Bom di Jakarta

Rating untuk film 13 Bom di Jakarta dari saya adalah 9.5/10, sebetulnya ini nyaris hampir sempurna. Bahkan sangat direkomendasikan untuk di tonton, olah raga jantungnya dapat, karena ada suara dar der dor, greget juga iya, ada ketawa juga iya, semua rasa ada disini. Intinya film ini dikemas dengan sangat baik dan sangat direkomendasikan untuk di tonton.

Fakta di Balik Film 13 Bom di Jakarta

Setelah menonton film 13 Bom di Jakarta, saya baru mengetahui banyak hal mengenai film ini. Seperti adegan bom di pusat kota yang saya kira hanya editing belaka, ternyata sebelum shooting sempat di coba diledakkan secara nyata dilahan kosong demi mendapatkan gambar mobil tersebut dapat terbalik. Dan secara fakta ledakan bom di pusat kota pada adegan awal itu bukanlah editing, tapi benar - benar diledakkan secara sungguhan dan NYATA.

Meskipun saya begitu jarang melihat film action, tapi bagi saya film action Indonesia untuk 13 Bom di Jakarta ini cukup baik dan BAGUS BANGET. Bahkan patut untuk di apresiasi termasuk pemain dan seluruh tim yang berperan.

Fakta kedua yang mungkin banyak orang belum mengetahui dan sempat diributkan pada kolom komentar sosial media salah satunya adalah "iklan indodax mulu". Karena saya sendiri sempat pernah mendengar nama 'indodax' tapi tidak mengetahui seberapa detail apa itu indodax. Dan yang mengejutkan ternyata  film ini diklaim dan terinspirasi dari kejadian nyata.

Kesimpulan Film 13 Bom di Jakarta

Film 13 Bom di Jakarta ini sangat cocok untuk kamu tonton kapan pun. Film ini dibintangi oleh para pemain yang berpengalaman, dan kualitas aktingnya tidak perlu lagi untuk diragukan. Ketika menontonnya kamu akan merasakan sensasi luar biasa, menegangkan dan seru.

Note : Film ini masih tayang di bioskop kesayangan anda.

Anda juga dapat melihat review lengkap melalui video tiktok yang telah kami bagikan dibawah ini.
@iaputrii_ SUPER MENEGANGKAN, FILM ACTION INDONESIA TERBAIK DI AWAL 2024 #13BomdiJakartaFilm ♬ Bunga Hati - Salma Salsabil
Refrensi
https://poskota.co.id/2024/01/01/makna-dan-lirik-lagu-merintih-perih-sore-yang-menjadi-soundtrack-film-13-bom-di-jakarta

Post a Comment for "Review Film Action Indonesia13 Bom di Jakarta, Resensi, Sinopsis, Soundtrack Lengkap!"