Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Melegenda, Pelengkap Wisata Kuliner Medan

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Pelengkap Wisata Kuliner Medan Legendaris
Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, Wisata Kuliner Medan yang wajib di Kunjungi!

Dari Jaman Kuliah Sampai 2023, Mie Ayam Jamur Hj. Mahmud Tetap dihati - Sebagai mahasiswi yang merantau ke kota Medan pada tahun 2015 lalu, ada beberapa hal yang harus saya ingat sebagai perantau. Yang pertama adalah jalan. Karena menurut saya, Jalan Kota Medan ini begitu rumit. Padahal sebelumnya sesering itu untuk main ke Medan, tapi begitu sulit untuk menghafal jalan. Yang kedua adalah angkot, angkot adalah cara alternatif bagi saya untuk mengetahui nama daerah, tempat, dan sedikit seluk beluk Kota Medan. Kenapa tidak membawa kendaraaan? Sebagai perantau ada baiknya untuk lebih memahami bagaimana situasi dan kondisi di kota medan dan untuk meminimalisir bahaya dan kesasar di jalan, meski angkot di kota Medan ini terkenal begitu bar - bar. Dan yang ketiga, apalagi kalau bukan wisata kuliner.

"Jangan suka pergi sendirian, jangan suka pergi terlalu jauh, hati - hati sama makanan di medan, jangan mudah percaya sama orang, apalagi baru dikenal, hati - hati".
Itu adalah pesan orang tua saya, yang selalu mengkhawatirkan anak perempuannya di perantauan. Tapi saya selalu menenangkan dengan menjaga sebuah kepercayaan. Dan bagi saya, mungkin saya terlalu berani. Karena, jika saya tidak berani, saya tidak akan mungkin tau dan hafal jalan Kota Medan, saya tidak mungkin dapat merekomendasikan makanan enak di Medan.

Sampai akhirnya saya di sadarkan dengan relasi, teman - teman dari luar kota yang baru pertama kali mengunjungi Kota Medan ini. Pertanyaan yang sering terucap dari mereka adalah "Rekomendasi wisata kuliner Kota Medan dong, Put".

Ternyata, menjadi perempuan yang berani, mungkin lasak ya, dan suka melalak banyak memberikan saya hal baru yang positif. Dari situ pula saya jadi memiliki jaringan dan rerata berasal dari luar daerah Sumatera Utara, termasuk beberapa teman yang meminta rekomendasi tadi. Beberapa diantara mereka juga meminta saya untuk menjadi tour guide mereka selama di Medan. Bagi saya itu cukup menyenangkan, memperkenalkan Kota Medan termasuk pada wisata kuliner yang melegenda.

Seperti yang kita tahu bahwa kuliner di Medan memang sering sekali di lirik para wisatawan. Membuat saya tertarik untuk mendokumentasikan dan merekomendasikan lewat tulisan mengenai makanan dan wisata yang ada di Kota Medan.

Tapi rasanya akan ada yang kurang jika salah satu menu kuliner yang sangat melegenda dan gaul di Kota Medan ini tidak saya bagikan juga. Padahal, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud adalah menu spesial yang saya suka sedari jaman kuliah.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud - Makanan enak di Medan

Kalau tidak kuliah di Medan dan pernah tinggal di Medan, mungkin sampai sekarang saya tidak akan menemukan Mie Ayam Jamur yang se-enak di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini. Saya juga pernah membawa ke-4 teman saya yang berasal dari Batam untuk menikmati Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Karena mie ayam memang menjadi makanan terfavorit saya sedari dulu. Ia memiliki cita rasa yang berbeda dan biasanya pada mie ayam akan mendapatkan topping yang lebih banyak dan cukup komplit, sehingga dapat membuat perut lebih kenyang.

Tak kenal, maka tak sayang. Saya juga tertarik untuk menuliskan sejarah singkat salah satu kuliner yang Legendaris dan Gaul di Kota Medan ini. Walaupun sudah pasti informasinya tersebar luas, semoga saja pengunjung pohon ketela dan teman - teman traveller lainnya juga mendapatkan informasi serupa dari blog ini.

Sejarah Singkat Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud telah berdiri pada tahun 1988 dari bentuk gerobak dan dikelola langsung oleh Pak Mahmud. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini sangat ramai dan diminati oleh pengunjung hingga akhirnya Pak Mahmud berinisiatif membuka satu outlet pada tahun 1990 dan kemudian membuka cabang. Dan pada tahun 2000 outlet terbesar Mie Ayam Jamur Haji Mahmud telah dibuka di Jalan Abdullah Lubis.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga melek digital loh, hal ini dibuktikan pada tahun 2020 lalu Mie Ayam Jamur Haji Mahmud telah menerbitkan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk delivery maupun reservasi. Tidak salah emang kalau Mie Ayam Jamur Haji Mahmud disebut dengan kuliner Khas Medan yang Legendaris dan Gaul.

Lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud berada di Jl. Abdullah Lubis No.57 / 71, Merdeka, Kec. Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Dan hanya membutuhkan waktu ∓ 13 menit dari Stasiun Kota Medan.

Lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga sangat berdekatan sekali loh dengan Masjid Al-Jihad Medan, hanya bersebrangan saja. Untuk mempermudah mencapai ke lokasi tujuan, silakan cek melalui maps di bawah ini.


Titik lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Medan tersebar di beberapa lokasi yang mungkin tidak akan jauh dari lokasi kamu nih, berikut adalah titik lokasi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud di Kota Medan yang dapat kamu temui
  1. Jl. Abdullah Lubis No 57/71, Merdeka, Kec. Medan Baru (Sebagai outlet pusat di Kota Medan).
  2. Jl. Merak No. 58, Sei Sikambing B, Kec. Medan Sunggal.
  3. Transmart Medan Fair
  4. J-Walk,  J-CityPangkalan Masyhur, Kec. Medan Johor.
Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga memiliki outlet di luar Sumatera loh. Jadi, jika kamu tinggal jauh dari Kota Medan, tetap bisa mencicipi menu kuliner khas Kota Medan ini di beberapa outlet dibawah ini
  1. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Banjarmasin
  2. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Banjarbaru
  3. Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Bekasi

Fasilitas Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Datang ke Mie Ayam Jamur Haji Mahmud kira - kira bakal dapat fasilitas apa saja ya?

Tentu saya sangat tertarik untuk membagi informasi ada apa saja di Warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini. Karena yang datang ke warung ini dari berbagai kalangan. Tak heran jika warung ini selalu ramai dan sangat diminati pengunjung. Berikut adalah fasilitas - fasilitas di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang dapat di ketahui :

1. Banyak Varian Menu

Menu Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Banyak pilihan menu tersedia, dan bisa pilih sesuai selera kita.

Menu utama di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud adalah mie ayam jamur spesial-nya. Selain mie dan perbaksoan, ditempat ini ada banyak sekali varian menu yang bisa kita pesan sesuai dengan selera kita, ada seafood, oriental, soto & sop, aneka makanan nusantara dll.

Jika kamu mengikuti sosial media Mie Ayam Jamur Haji Mahmud, kini sudah ada menu terbaru loh! Yakni Mie Pangsit Kari Katsu dan Mie Pangsit Kari Daging. Jadi tidak sabar buat cobain menu terbaru ini, dan pasti akan saya ulas di blog selanjutnya.

Oleh-oleh khas Medan - Sate Kerang Tanjung Balai

Oh iya, kalau datang kemari jangan pernah lupa untuk mencoba sate kerang Tanjung Balai dan Pancake yaa!.

Siapa yang tidak kenal dengan Sate Kerang Tanjung Balai. Sebagai penduduk Asahan, yang bertetangga dengan Tanjung Balai, paham banget betapa hitsnya kerang - kerang di Tanjung Balai ini.

Sate kerang Tanjung Balai memiliki ukuran yang cukup lumayan besar, rasa dari bumbunya juga super nagih dan aroma kerangnya menggiurkan banget. Apalagi untuk pancake duriannya, rasa daging duriannya super terasa. Jadi, kalau singgah makan disini, wajib cobain menu favorit kamu dan cemilan lainnya ya.

2. Harga Ramah Kantong, Gak bikin Kering

Jangan bilang harga menu disini mahal kalau nyatanya belum pernah datang kemari! Sebagai anak kost menurut saya Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini cukup ramah kantong gak bikin kantong bolong ya.

Karena harga perporsi dari setiap makanannya sesuai dengan isi porsi dan kualitas rasanya. Tidak akan bikin kantong anak kost kering kok.

3. Pelayanan Cepat & Ramah

Salah satu yang paling disukai dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud adalah pelayanannya yang super cepat dan ramah. Meski pengunjung selalu ramai, pelayanan selalu super sigap dan murah senyum.

Emang kalau pelayanannya aman dan bikin nyaman, pasti akan bikin kita balik lagi, dan kenyamanan itu saya temukan juga di tempat ini. Kita sebagai pengunjung hanya perlu duduk cantik lalu menunggu makanan datang untuk dicicipi.

4. Parkir yang luas

Walau selalu ramai pengunjung, jangan khawatir dengan fasilitas parkir di area ini. Sebab, parkir dari Mie Ayam Jamur Haji Mahmud cukup tertata dan luas loh. Letak parkir tepat berada di halaman, namun tetap teratur rapi.

5. Musholla

Meskipun titik lokasi bersebrangan dengan Masjid Al-Jihad, tetap saja Mie Ayam Jamur Haji Mahmud telah menyediakan musholla tersendiri. Musholla tersebut juga aman dan nyaman, dan tersedia tempat wudhu juga.

Untuk kita yang suka mencari tempat makan tapi yang ada Musholla-nya juga, bisa banget untuk coba datang kemari, perut kenyang, pekerjaan lancar, ibadah aman.

6. Wifi Gratis

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga telah menyediakan wifi gratis untuk pengunjungnya. Apalagi jika kita memanfaatkan wifi gratis ini untuk upload di story keseruan makan di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

7. Ruang VIP / Meeting Room

Ruang VIP ini sering dipakai untuk berkumpul nih. Dari berbagai macam kegiatan, organisasi, komunitas, meeting, dll.

Rekomendasi & Review Menu Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Rekomendasi & review Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Rekomendasi & review menu Mie Ayam Jamur Haji Mahmud

Kalau sudah datang ke tempat kuliner, seperti biasa saya juga akan tetap mengulas menu makanannya pula. Entah kali ke berapa saya datang ke warung Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini saya selalu memesan menu yang sama, kalau bukan mie ayam jamur spesial ya mie ayam mercon.

Tapi saat saya datang lagi kemarin, saya sangat tertarik untuk memesan salah satu menu yang lainnya pula, menu yang sebelumnya tidak pernah saya coba dan kali ini hanya melihat gambarnya saja sudah bikin penasaran. Menunya sudah saya tuliskan di bawah ini, berikut adalah menu favorit di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud:

1. Mie Ayam Jamur Spesial

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud

Mie ayam jamur spesial merupakan salah satu menu yang utama yang harus dicoba oleh pengunjung. Selain menu favorit, menu ini juga memiliki cita rasa berbeda, yang begitu khas, bahkan tidak dapat ditemukan dimana saja selain Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.

Saat menu disajikan di meja, akan ada semangkuk mie dengan toping yang banyak sekali, dan semangkuk kuah yang nantinya akan kita tuangkan ke mangkuk mie.

Menariknya, kuah akan langsung dituang ke mangkuk tepat hadapan kita, dimana kuah masih tersaji dengan panas dan hangat, didukung dengan asap yang bergejolak ke atas.

Mie jamur ini terdiri dari mie kuning, dan topping yang tersedia juga tidak pelit, karena ada banyak sekali topping dalam mangkuk mie seperti potongan semur ayam, jamur gurih, taso, bumbu kriuk, sayur fresh seperti sawi & toge, bakso daging, telur pangsit, kerupuk pangsit, dll.

Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Sensasi menuang kuah ke dalam mie ayam jamur

Kalau saya sih sebelum makan mie ayam jamur, selalu icip - icip terlebih dahulu rasa kuahnya. Untuk kuah dari mie ayam jamur ini terasa banget kaldunya, rasanya juga pas banget di lidah. Setelah itu biasanya saya mulai mencicipi beberapa topping terlebih dahulu, baru deh mulai menuang kuah kedalam mangkuk mie.

Emang kalau tipe makan tiap orang pasti akan berbeda ya, selalu unik dengan caranya sendiri. Saya juga mau kasih tau kalau semua menu di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud tidak mengandung pengawet dan penyedap, inilah yang membuat rasa mie dan kuahnya berbeda. Cita rasa kaldu yang benar - benar di jaga dan bisa bertahan sampai sekarang, proud banget sih ini.

Dan kalau boleh jujur, mie ayam jamur spesial ini memang bikin rindu mahasiswa perantau, karena saya sendiri pun sangat merasakan ini pada 2020 lalu, karena covid datang dan saya harus balik ke kampung halaman. Ya karena tidak dapat menemukan mie ayam jamur ini kecuali di Medan.

Salah satu khas yang menjadi saya gagal move on sama mie ini adalah jamur dan kuahnya. Makanya, sampai sekarang kalau saya ada kesempatan untuk main ke medan, selalu mengusahakan untuk singgah makan ke mie ayam jamur, sembari melepas rasa rindu.

2. Mie Ayam Mercon

Mie Ayam Mercon

Bakso Mercon emang pernah viral pada masanya di indonesia ini. Tapi, Mie Ayam Jamur Haji Mahmud juga memiliki menu dengan Bakso Merconnya juga loh.

pecinta pedas di Mie Ayam Jamur Haji Mahmud
Pecinta pedas, wajib cobain bakso merconnya

Bagi si pecinta pedas, sepertinya wajib banget buat cobain menu yang satu ini, cabai-nya asli segar banget, bikin mata melek atau bahkan bisa bikin nangis. Kalau lagi pengin makanan pedas, Mie Ayam Mercon adalah menu favorit saya disini. Walau kadang suka minta ampun saat memakannya, tapi bikin nagih. Gurihnya dapat, pedas dan nikmatnya super dapat.

Meskipun mie ayam mercon, tapi topping dari setiap menunya cukup lengkap dan banyak nih, ada pangsit, ada potongan telur, sayur fresh, toge, tahu bakso (taso), bawang crispy, dan ada bakso daging sebagai pelengkap si bakso merconnya juga loh.

3. Mie PJ Goreng

Mie Pangsit Jamur Goreng
Mie Pangsit Jamur Goreng

Jika sebelumnya menu yang saya pesan selalu mie ayam dan bakso mercon, kali ini saya tertarik untuk menikmati Mie PJ Goreng. Karena tertarik banget saat melihat menu, dari tampilan gambarnya membuat penasaran. Jadi reminder banget nih buat saya kalau datang harus cobain menu yang lainnya juga, jangan hanya satu menu saja.


Mie PJ goreng ini akan menjadi salah satu menu makanan favorit saya kalau di Mie Ayam Jamur. Saat Mie PJ Goreng disediakan di atas meja, rasanya pandangan mata akan langsung tertuju kesitu. 

Sensasi menikmati Mie PJ Goreng sambil berkata "Kok baru tau menu ini"

Untuk mie PJ goreng rasanya nikmat, 1 porsi juga cukup banyak banget ya, dijamin bakal kenyang kok. Toppingnya juga cukup lengkap, ada bakso, timun dan tomat sebagai pelengkap cita rasa

Untuk rasa dari mie PJ goreng ini tidak bisa saya jelaskan, karena rasanya memang enak, saking enak dan nikmatnya tidak bisa dijelaskan dengan kata - kata. Kalau kemari lagi, saya akan memesan mie PJ spesial nih.

Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud Anniversary ke-35

Tanpa terasa ternyata perjalanan  Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud sudah 35 Tahun. Meski baru mengenal warung ini hanya beberapa tahun karena merantau di Medan. Tapi saya juga turut bangga karena Mie Ayam Jamur Spesial Haji Mahmud telah menjadi salah satu pelopor wisata kuliner yang melegenda di Kota Medan.

Happy Anniversary untuk Mie Ayam Jamur Haji Mahmud yang ke-35. Terus berinovasi, semakin Melegenda dan Gaul, dengan cita rasa yang khas akan selalu menjadi wisata kuliner yang wajib dikunjungi di Medan. Seperti sebuah pengharapan dan doa, tapi semoga bisa jadi kenyataan yakni dapat perbanyak cabang lainnya di luar kota.

13 comments for "Mie Ayam Jamur Haji Mahmud Melegenda, Pelengkap Wisata Kuliner Medan"

Comment Author Avatar
Meski bukan penggemar mie ayam, tapi kalau lagi traveling mah cobain aja semua kuliner khas daerahnya. Apalagi kuliner yang melegenda seperti mie ayam jamur Haji Mahmud ini. Sudah pasti harus dicoba deh. Sate kerangnya tentu saja jangan lupa, soalnya saya suka kerang, hehehe.
Comment Author Avatar
Belum pernah ke Medan. Liat mie dan porsinya banyak banget ya. Lengkap lagi menunya. Pasti enak deh, mau nyoba. Moga rezeki bisa ke Medan
Comment Author Avatar
Sebagai penggemar mie ayam, membaca artikel Mba sungguh membuatku ngiler :D Mie Ayam Jamur sungguh menggodaku. Fix kalo nanti MainJalan ke Medan bakal ke sini. Temenin yaah :D
Comment Author Avatar
Wah lengkap banget ini ulasannya kak. Aku belum pernah liburan ke Medan, belum ada rencana juga hehe. Tapi next kalo misal emang mau ke Medan, kayaknya ini bisa jadi referensi. Soalnya aku termasuk pencinta mie ayam. Ini varian menunya banyak juga, jadi bisa milih. Apalagi ini kuliner udah legendaris yaa...
Comment Author Avatar
wah ternyata mie ayam jamur haji mahmud ini ada di banjarmasin juga ya? soalnya aku tahunya yang di banjarbaru aja sih dan lumayan jauh juga kalau mau ke sana dari rumahku. kalau sudah ada di banjarmasin mah lebih gampang nih datanginnya
Comment Author Avatar
paling aku suka dari mie ayam haji mahmud ini, nuasa restoranya sama pelayanan yang diberikan emang mantaps betul, juarak deh. selain itu sama mie ayam yang rasanya punya ciri khas tersendiri, jadi ketika bawa pulang kerumah rumah udah bisa menebak, kalo ini mie ayam haji mahmud heehe
Comment Author Avatar
Sudah cukup lama hadir sebagai salah satu penyemarak kuliner enak di Kota Medan nih ternyata Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini. Dari foto-fotonya saja sudah nampak menggoda. Bener sih, kalau kita suka jalan-jalan tuh jadi punya pengetahuan tentang lokasi tempat-tempat tertentu sesederhana menu makanan enak yang pastinya bisa jadi saran juga kalau ada rekan dari luar kota yang bertanya ke kita.
Comment Author Avatar
mie ayam jamur sih udah pasti enak tapi aku belum pernah cobain mie ayam jamur haji mahmud di kota medan, sekilah dari foto-fotonya terlihat so yummy2
Comment Author Avatar
Ini mah namanya Kedai Mie Ayam Level Up gak sih... sampe bikin apps sendiri khusus delivery...
Sate kerang Tanjung Balainya bikin ngileeeerrr . . .
Comment Author Avatar
Wah mie ayam haji mahmud kesukaan ku banget ini. Nggak pernah skip kalau lagi di Medan
Comment Author Avatar
Adududuh... Nikmat banget mie ayam jamurnya. Kalau aku ke Medan, ajakin ke sini yaah mbak. Saking larisnya sampai buat apps untuk pesan antar. Keren, nih, mie ayam jamur haji Mahmud.
Comment Author Avatar
Tambah lagi nih satu alasan buat ke Medan. Keliatan enak ya kak Mie Ayam Jamur Haji Mahmud.. Udah lama juga berdirinya, hampir seumur aku :D Udah selama itu yakin sih ya pasti kualitasnya terjaga, pelanggannya juga setia :) Pingin nyobain juga sate kerangnyaaa :D
Comment Author Avatar
Seporsi Mie Ayam Jamur Haji Mahmud ini banyak yaah..
Puas banget kalau makan bersama keluarga, teman or rekan kerja. Jadi bisa saling tuker-tukeran alias saling incip.

Semoga Mie Ayam Jamur Haji Mahmud buka cabang di Jawa yaa...