Cara Mengetahui Kode KBLI : Pengertian, Cara Pemilihan dan Kode KBLI 2023

Kode KBLI 2023
Sumber: Pinterest

Dalam menjalankan suatu bisnis, para pelaku usaha diwajibkan untuk mengenali apa itu KBLI. Seperti yang kita tahu bahwa KBLI adalah poin yang sangat penting untuk diketahui sebelum memulai proses perizinan perusahaan. Tidak heran jika para pelaku usaha mulai melirik kode kbli 2023 agar tidak salah langkah dalam mengurus perizinan berusaha.

Dalam mengisi kode KBLI juga tidak boleh terkesan asal - asalan, kita harus menyesuaikan dengan kategori yang akan kita pilih, karena pada kode KBLI juga terdapat keterangan khusus yang lebih rinci sesuai dengan bidangnya.

Jika kamu seorang pelaku usaha pemula, sebelum mengetahui kode KBLI ada baiknya untuk kamu mengetahui apa itu yang dimaksud dengan KBLI, apa saja kategorinya, bagaimana cara penggunaan, dan apa saja Kode KBLI.

Pengertian KBLI

KBLI merupakan singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia yang dikenal untuk mempermudah para pelaku usaha dalam menentukan kategori bidang usahanya.

KBLI adalah pengklasifikasian aktivitas atau kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk (output), baik itu berupa barang atau jasa, berdasarkan pada lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, defenisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia.

Secara singkatnya, Jika kamu memiliki suatu usaha agar terdaftar atau ter-akui maka harus mendaftarkan dan mendapatkan izin secara resmi, dan KBLI memiliki kode yang telah terstruktur dan diperlukan saat mendaftar melalui OSS.

KBLI dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) dengan merujuk pada International Standard Industrial Classification of All Economic Activities (ISIC), dan dikenal sebagai turunannya.

Sebelumnya ada empat digit KBLI yang telah berlaku secara global. Namun kini di Indonesia telah dikembangkan lagi menjadi 5 digit angka KBLI dan disesuaikan dengan kegiatan ekonomi di Indonesia.

Dalam mempelajari KBLI, Ketika kamu ingin mengurus perizinan usaha yang sesuai maka perlu terlebih dahulu untuk melihat urutan dari KBLI (Cek urutan kode KBLI agar sesuai dengan perizinan berusaha yang ingin dibuat).

Dalam setiap angka KBLI sebenarnya terdapat uraian atau  penjelasan yang dapat di pahami, apakah usaha yang sedang ingin dikembangkan tersebut termasuk kedalam uraian KBLI tersebut.

Cara Memilih KBLI

Memilih KBLI yang tidak sesuai dengan jenis usaha maka akan dapat menghambat proses izin usaha yang kamu miliki. Maka dari itu pastikan bahwa kamu tidak salah memilih KBLI.
  1. Sesuaikan dengan jenis jasa / model bisnis / produk usaha yang di tawarkan.
  2. Cek secara rinci dan perhatikan model bisnis yang seperti apa yang kamu miliki, termasuk pada kategori yang ada pada KBLI. Karena pada setiap jenis barang atau jasa yang ditawarkan punya KBLI dan izin usaha atau izin komersial yang berbeda.
  3. Perhatikan tiap proses distribusi usaha. Karena terdapat perbedaan KBLI antara Perdagangan Besar dan Perdagangan Eceran, sehingga kedua jenis KBLI tersebut tidak dapat dijadikan dalam satu usaha.
Hanya tiga poin namun memiliki peran yang sangat penting! Karena KBLI adalah bagian yang harus dimasukkan dalam akta pendirian badan usaha atau pengurusan izin usaha. Jadi jangan sampai salah dan harus diperhatikan dengan sebaik mungkin ya.

Cara Mengetahui Kode KBLI

Sebelum mendaftarkan ke OSS maka ada baiknya agar kita mengetahui kode KBLI dari usaha yang kita kelola. Karena ada banyak sekali pelaku usaha pemula yang salah langkah bahkan sampai salah kode KBLI. Berikut adalah cara mengetahui Kode KBLI 
  1. Silakan kunjungi laman resmi OSS di https://oss/go/id
  2. Lalu klik pada bagian informasi dan pilih Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI 2020).
  3. Kemudian akan muncul urutan kategori yang berawal dari huruf A hingga huruf U yang merupakan jenis dari KBLI. Silakan klik pada fitur "pencarian" dan tuliskan kata kunci dari kegiatan usaha yang kamu miliki.
  4. Kamu dapat menyamakan golongan usaha yang tepat dan sesuai dengan hurufnya. Kamu juga dapat memilih urunan KBLI 2 digit sesuai dari golongan usaha dengan hurufnya.
  5. Kamu juga dapat memilih turunan KBLI 3 digit yang sesuai dengan usaha yang kamu miliki. Lalu kamu juga dapat memilih turunan  KBLI 4 digit yang menunjukkan opsi kegiatan usaha kamu secara lebih detail.
  6. Kemudia kamu akan menemukan KBLI 5 digit yangs esuai dengan kegiatan usaha yang kamu miliki. Namun pada KBLI 5 digit ni, kamu akan dapat menemukan uraian dan ruang lingkup kegiatan usaha.
  7. Pada step terakhir, kamu harus melihat ruang lingkup pada KBLI 5 digit untuk menentukan cakupan kegiatan usaha yang sesuai dengan kegiatan usaha kamu. Karena pada persyaratan perizinan berusaha, yang harus kamu penuhi akan disesuaikan dengan ruang lingkup yang telah tertera pada KBLI 5 digit tersebut.


Untuk mendapatkan informasi secara lengkap, kamu dapat mengunjungi laman kontrakhukum.com dimana kamu akan mendapatkan informasi - informasi yang lengkap dan lebih up to date.

Ingin Buka Usaha? Wajib Kenal dengan Kontrak Hukum Sekarang Juga!

Kini terdapat banyak sekali platform yang berkembang untuk membantu dan mendukung UMKM Indonesia melalui jasa yang telah diberikan, salah satu platform yang harus kamu ketahui adalah kontrakhukum.com

Kontrak Hukum adalah legal platform satu - satunya yang berbasis teknologi dan mendemokratisasi layanan legal ke seluruh usaha di Indonesia. Kehadirannya sebagai bentuk memperkuat usaha yang kamu miliki dengan layanan yang legal tercepat, terpercaya dan termudah.

Kontrak Hukum hadir sebagai partner starups dan UMKM dalam memberikan solusi usaha nyata dengan solusi legalitas dan bisnis. Hal menarik dari Kontrak Hukum adalah menjadi pioneer bagi industri layanan legalitas online yang telah dipercaya lebih dari 5676 bisnis di Indonesia.

Kontrak Hukum juga banyak menyediakan jasa yang cocok bagi kamu yang baru saja ingin memulai usaha, karena jasa yang diberikan berupa pendirian badan usaha, digital assistant, perizinan dan perpajakan, kontrak dan perjanjian, kekayaan intelektual hingga notaris digital.

Kontrak hukum juga di kenal karena kemudahan, kecepatan dan kualitas pelayanan terbaik yang telah diberikan. Sehingga sangat cocok direkomendasikan kepada pelaku usaha pemula.


Sumber lainnya
1. oss.go.id

Post a Comment for "Cara Mengetahui Kode KBLI : Pengertian, Cara Pemilihan dan Kode KBLI 2023"