Review Cara Pakai Serum Scarlett Retinol dan Niacinamide, Jangan Sampai Salah!

Review Serum Retinol dan Niacinamide Scarlett Whitening
Review Serum Retinol dan Niacinamide Scarlett Whitening

Tahukah kamu bahwa Retinol dikenal sebagai DEWA dari segala kandungan skincare? Loh, kok bisa?

Pasti sering terdengar kalau akhir - akhir ini banyak sekali bertebaran di media sosial, orang - orang bahas seputar retinol dan naicinamide. Bahkan ada yang mengingatkan untuk berhati - hati jangan sampai menggabungnya dengan niacinamide? Kira - kira kenapa ya?

Tapi, aku yakin banget buat kaum yang paham pasti tau dong artinya?

Iya, sebenarnya ada beberapa alasan kenapa retinol disebut sebagai dewa, dan jangan sampai kamu menggabung retinol dengan niacinamide jika kamu tidak mau memiliki wajah cerah, anti keriput, bebas dari jerawat dan bebas dari noda hitam. Saya harap kamu mengerti maksudnya.

Hal ini lah yang menyebabkan kedua serum ini jika digabung disebut dengan combo serum. Duh, rasanya impian setiap wanita banget nih, mendapatkan wajah cerah dan sehat maksimal.

Eits, tapi ada bahayanya juga loh jika kamu masih asal - asalan menggunakan kedua combo ini, hanya karena tidak tahu cara pakainya.

Sebelum masuk ke review produk, aku ingin menjelaskan sedikit mengenai concern atau permasalahan kulit yang aku alami.

Serum retinol dan niacinamide ini sebetulnya sudah hampir setahun lebih aku pakai. Dua combo serum yang selalu menemani dan tidak pernah aku skip. Karena aku tahu kalau retinol ini memiliki manfaat baik untuk kulit wajah, tapi jika ingin lebih puas dengan hasilnya, dapat di tambah dengan penggunaan serum niacinamide.

Namun, aku membuat kesalahan beberapa bulan yang lalu, karena membawa skincare yang minim disaat pergi keluar kota. Padahal, membawa skincare disaat bepergian merupakan suatu kebutuhan, Apalagi ditengah banyaknya aktivitas seharian.

Itu dia kenapa terciptanya suatu produk yang travel friendly dan adanya wadah yang berukuran mini size.

Alhasil, sepulang dari luar kota tersebut aku membawa oleh - oleh yang sangat kurang menyenangkan. Apalagi jika bukan jerawat, mereka semangat tumbuh di area dagu, bagian pipi kanan kiri dan sedikit beruntusan di area jidat.

Tidak berhenti disitu, selama sebulan perawatan ku saat masih diluar kota benar - benar belum maksimal, hanya karena aku harus bolak balik ke luar kota dan minimnya skincare yang aku bawa. Suatu kesalahan yang tidak akan aku ulangi lagi nih.

Saat itu pun jerawat masih hilang dan muncul, cukup mengganggu pemandangan disaat aku bertemu orang banyak. Ini menurutku, atau mungkin aku yang sedang tidak percaya diri.

Sampai akhirnya aku memutuskan untuk istirahat sejenak setelah sebulan penuh aku mengabaikan kesehatan kulit. Sembari memperbaiki kondisi wajah ku yang sedikit kusam dan 20% jerawat aktif dan sisanya adalah bekas jerawat yang menghitam.

Bukan berarti duo combo ini saat tidak dipakai akan menjadi ketergantungan ya. Tapi emang tipikal kulit wajahku yang super sensitif, dan kesalahan aku yang minim membawa skincare saat pergi keluar kota.

Tentu saja, aku kembali menggunakan dua combo terbaik versiku sendiri. Emang anaknya suka review produk, kalau produknya benar - benar rekomend banget pasti aku review di blog dan sosial media lainnya.

Pertanyaan Retinol dan Niacinamide

Banyak sekali pertanyaan setiap orang mengenai retinol dan niacinamide. Aku juga sempat open discuss mengenai kandungan skincare di sosial media. Dan pertanyaan paling banyak adalah mengenai retinol.

Adik kelas ku juga menanyakan soal ini "Bagaimana cara penggunaan retinol? dan bagaimana kalau dicampur dengan niacinamide?".

Mungkin, akan lebih lengkap lagi kalau aku jelaskan pada artikel ini, Penjelasan mengenai niacinamide dan retinol dibawah ini berdasarkan dari apa yang aku lihat, aku baca, dan dengarkan. Berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan seputar retinol dan niacinamide:

1. Apakah retinol dan niacinamide dapat di gabung atau tidak?

Karena mendengar, retinol ini jika digunakan dengan tidak hati - hati juga akan menyebabkan iritasi pada wajah. Bahkan tak jarang orang jadi ragu memakai Retinol hanya karena mereka terlalu awam dan ingin membeli skincare tanpa mengetahui kandungan skincare tersebut.

Retinol biasanya dipakai pada usia 25 tahun ke atas, karena ada benefit anti aging-nya dan memiliki fungsi dibanyak hal. Untuk penggunaan retinol, memang tidak boleh sembarangan di gabung dengan kandungan yang lainnya.

Sedangkan niacinamide termasuk kedalam kandungan yang paling aman untuk dipakai. Pemakaian dari serum niacinamide dan retinol sangat diperbolehkan, namun harus diberi jeda terlebih dahulu.

2. Cara Pemakaian Retinol dan Niacinamide yang Benar

Pasti banyak banget yang bingung mengenai pemakaian dari retinol dan niacinamide. Kira - kira yang mana dulu yang akan di pakai?

Sebelum menggunakan dua combo ini, pastikan kamu sudah pakai basic skincare terlebih dahulu.

Begini, aku juga pernah diskusi dengan banyak beauty enthusiast, mereka mengatakan bahwa pakai serum dimulai dari teksturnya yang cair baru ke tekstur yang kental, berdasarkan konsistensi produk.

Katanya, penyerapan dari tekstur yang cair lebih cepat dan efektif, lalu setelah tekstur cair meresap dan merata ke seluruh wajah, baru kamu dapat menggunakan serum yang memiliki tekstur kental.

Pada produk combo Scarlet ini, yang memiliki tekstur cair ada pada niacinamide. Sedangkan yang memiliki tekstur kental, terdapat pada serum retinol.

Maka dari itu, aku memakai si serum naicinamide terlebih dulu, fungsinya untuk menghidrasi kulit dan melindungi kulit, lalu beri jeda hingga serum meresap dan merata ke seluruh wajah.

Setelah itu langsung dapat di layering dengan serum retinol, sesuai dengan konsistensi produk, cair => kental.

3. Perbedaan Retinol dan Niacinamide

Retinol lebih  bagus digunakan pada orang yang berjerawat. Jadi jika kamu memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat, berminyak, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan retinol.

Selain itu, retinol juga bagus untuk mengatasi keriput pada wajah, karena retinol memiliki sifat regenerasi kulit yang baik.

Pemakaian retinol juga dapat mengurangi pigmen melanin, sehingga penggunaan retinol ini pun sangat direkomendasikan untuk yang punya masalah flek - flek hitam di wajah.

Untuk penggunaan retinol yang tepat adalah pada orang yang tidak memiliki kulit sensitif dan diatas usia 25 tahun.

Niacinamide bagus banget digunakan untuk orang yang punya masalah pada kulit yang berjerawat, namun yang tidak berminyak.

Karena niacinamide memiliki sifat meregenerasi DNA sel, sehingga ia lebih cepat meregenerasi sel dan dapat membuat kulit kita jadi mudah cerah dan mengurangi keriput di wajah.

Sedangkan Niacinamide dapat digunakan mulai dari anak yang berusia 14 tahun.

4. Kenapa Retinol Tidak Boleh Dipakai Ibu Hamil?

Kenapa retinol tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan ibu menyusui karena kandungan dari retinol itu sendiri takutnya berdampak pada si baby-nya nanti.

Karena seperti yang kita tahu bahwa retinol ini memiliki kandungan yang dewa banget.

5. Hindari pemakaian retinol di Siang Hari

Pengguna retinol harus paham bahwa penggunaan retinol hanya dapat dipakai di malam hari saja, dan untuk menghindari penggunaan retinol pada siang hari.

Karena, pada siang hari kita akan banyak melakukan aktivitas dan sering terpapar sinar UV maka dapat mengakibatkan kemerahan di kulit.

Ini lah mengapa untuk pengguna retinol dilarang dipakai pada siang hari, dan lebih merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen di pagi harinya setelah malamnya menggunakan retinol, hal ini juga untuk mencegah iritasi pada kulit.

Penggunaan sunscreen ini bersifat wajib banget ya.

Dari penjelasan mengenai retinol dan niacinamide diatas, semoga saja dapat dipahami. Aku juga memiliki rekomendasi serum retinol dan niacinamide yang cocok untuk kamu pakai, termasuk untuk pemula.

Berikut adalah hasil review pemakaian Skin Smoothing Retinol Serum dan Nicinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum dari Scarlett Whitening.

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett Whitening

Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett Whitening
Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett Whitening

Scarlett Whitening memiliki serum Retinol yang dapat membantu peremajaan dan mencegah tanda penuaan pada kulit wajah.

Jika kamu tertarik ingin memperkuat anti aging, mencegah kerutan, menghaluskan tekstur kulit dan mengenyalkan kulit, Sepertinya produk yang kamu cari adalah retinol dan kamu wajib banget untuk mencoba si retinol ini.

Retinol juga dikenal sebagai kandungan yang dapat bikin wajah menjadi awet muda, bebas dari penuaan dini. Asal jangan sampai salah pemakaian retinol, karena bisa mengakibatkan iritasi pada wajah loh. hingga menimbulkan kemerahan bahkan terjadinya breakout di wajah.
NOTE : PRODUK INI TIDAK DISARANKAN UNTUK IBU HAMIL DAN MENYUSUI.

Kemasan

Untuk kemasan dari Skin Smoothing Retinol Serum seperti biasa aku menuliskan dari kemasan dus hingga kemasan produk, sebagai pemahaman bagi kita dan mempermudah untuk mengenali produknya.

Kemasan Kotak / dus :

Kemasan Dus Retinol Serum Scarlett
Kemasan dus Retinol Serum Scarlett

Kemasan kotak/dus dari Skin Smoothing Retinol Serum memiliki tampilan warna yang menarik, yakni perpaduan warna biru tosca dan putih.

Untuk menandakan keaslian kemasan, menurut aku kita dapat menilai dari tampilan bunga pada kemasan, logo Scarlett dan tulisan dari Skin Smoothing Retinol Serum pada kemasan ini timbul, jadi gambar bunga, logo, dan tulisan produk tersebut tidak rata dengan kemasan, ada desain timbulnya.

Kenapa mulai dari kemasan kita bisa menilai? Karena aku pernah mencari tahu mengenai produk asli dan palsu dan salah satu penandaannya bisa kita lihat dari kemasan produk.

Pada bagian depan kemasan terdapat logo Scarlett, isi/berat produk, dan manfaat dari produk. Bagian sebelah kanan kemasan terdapat keterangan berupa tata cara penggunaan, tempat penyimpanan, No BPOM, bahkan terdapat QR CODE.

Oh iya, untuk menandakan keaslian produk, kamu juga dapat scan barcode yang telah tersedia di kemasan kotak produk ya.

Pada bagian sebelah kiri terdapat informasi berupa utama kandungan produk dan sebuah informasi yang menjelaskan bahwa produk ini tidak disarankan untuk ibu hamil.

Lalu lanjut ke bagian kemasan belakang, pada kemasan belakang terdapat informasi berupa kandungan / ingredients, QR Code dan tempat produksi.

Oh iya, untuk melihat masa ketahanan produk atau sering disebut dengan masa expired berada di bawah kemasan dus ya.

Didalam dus juga terdapat kemasan pelindung untuk produk, sehingga produk tetap aman di dalam dus.

Kemasan Produk :

Kemasan Produk Retinol Serum Scarlett
Kemasan Produk Retinol Serum Scarlett

Kemasan produk menurut aku ini termasuk versi yang travel friendly banget, ya karena aku sering bepergian dan untuk kemasan produk ini cukup bersahabat.

Sama seperti kemasan dus, kemasan produk juga memiliki warna kemasan yang sama, yakni perpaduan biru tosca dan putih.

Kemasan produk berasal dari botol kaca yang sedikit blurry, namun glass bottles ini memiliki ketahanan yang kokoh dan tidak mudah pecah, dengan tutup yang menggunakan pipet untuk mempermudah dalam pengambilan isi serum.

Pada kemasan produk terdapat informasi serupa dengan kemasan dus seperti fungsi serum, ingredients, cara penggunaan, dan NO BPOM. Hampir lengkap seperti kemasan dus ya.

Manfaat Skin Smoothing Retinol Serum :

Manfaat Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett Whitening
Manfaat Skin Smoothing Retinol Serum Scarlett Whitening

Skin Smoothing Retinol Serum memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah, karena retinol serum dapat membantu untuk mencegah tanda - tanda penuaan dini dan dapat menghidrasi kulit yang teriritasi ringan.

Jika kamu sudah memasuki usia 20+, menurut aku jangan pernah skip retinol, dan untuk pemula ada baiknya menggunakan retinol maksimal dua kali dalam seminggu, atau seminggu 3x pemakaian untuk kamu yang sebelumnya sudah pernah memakai retinol.

Ingredients

  • Encapsulated Retinol :  
  1. Membantu menyamarkan garis - garis halus.
  2. Membantu mengangkat sel kulit mati.
  3. Membantu merawat kekencangan kulit.
  • Pomegranate Extract : 
  1. Membantu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan,
  2. Membantu melawan bakteri penyebab jerawat.
  • Hexapeptide-8 :
  1. Membantu mencegah tanda - tanda penuaan dini.
  2. Membantu menghidrasi kulit.
  3. Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.
  • Allantoin :
  1. Membantu menghidrasi kulit.
  2. Membantu menghaluskan kulit.

Cara Pakai Serum Retinol

Catatan penting bagi pemula untuk pemakaian retinol. Jika kamu seorang pemula, ada baiknya untuk memakai retinol seminggu 2x dan di pakai pada malam hari saja.

Namun, jika sebelumnya kamu sudah pernah menggunakan retinol maka ada baiknya untuk menggunakan retinol selama seminggu 3x dan dipakai pada malam hari.

Untuk cara pakai Skin Smoothing Retinol Serum cukup mudah kok, berikut adalah cara pemakaian serum yang biasanya aku lakukan :

  1. Teteskan serum ke area wajah, lalu sapu secara merata dan pijat perlahan
  2. Biarkan beberapa saat hingga serum mulai meresap untuk penggunaan tahapan skincare berikutnya.
Catatan : Untuk mendapatkan pemakaian yang maksimal gunakan serum retinol seminggu 3x pada malam hari.

Tekstur dan Aroma

Tekstur dan Aroma Serum Retinol Scarlett Whitening
Tekstur dan Aroma Serum Retinol Scarlett Whitening

Serum retinol Scarlett menurut aku tidak ada bau apa - apa atau tidak memiliki aroma yang menyengat, bahkan aromanya tidak bisa dijelaskan secara spesifik, karena ya tadi menurut ku ini suatu kelebihan dari serum ini tidak menghadirkan aroma apapun.

Untuk tekstur dari retinol serum Scarlett memiliki tekstur yang cukup kental. Meskipun begitu, serum ini sangat mudah digunakan dan diratakan ke seluruh wajah. 

Detail

Netto : 15 ml.
Harga : Rp. 75.000.
PAO (Period After Opened) : 12 bulan.
No BPOM : NA 18210100520
Tekstur : Kental
Daya Serap : Cepat meresap
Performa : Mencerahkan, Menghidrasi kulit kering dan membantu iritasi ringan di kulit.
Tipe  Kulit : Semua Jenis Kulit (Rekomendasi untuk jenis kulit yang bertekstur dan beruntusan).

Ulasan Produk

Ulasan Pemakaian Retinol Serum Scarlett Whitening
Ulasan Pemakaian Retinol Serum Scarlett Whitening

Untuk pertama kalinya mencoba serum retinol aku pakai dari brand Scarlett ini. Selain iklannya yang bagus banget, di lingkungan aku juga pada banyak pakai produk Scarlett.

Aku juga pernah bilang di artikel sebelumnya kalau aku pakai Scarlett karena tergiur sama review yang reallife dari pengguna Scarlett, bukan dari sosial media. Walau di sosial media iklannya selalu muncul, dan jujur kadang menggiurkan banget!

Aku suka sama retinol serum Scarlett ini karena memiliki tekstur yang gentle dan ringan di kulit, saat pemakaian aku juga tidak merasakan yang namanya cekat - cekit di wajah. Minim iritasi tapi tetap efektif dan tidak bikin kulit kering jika jenis kulitmu dry skin.

Dari semua serum serta kandungannya, jujur aja aku lebih suka dengan serum retinol. Karena setiap bangun tidur, kalau malamnya pakai retinol, muka jadi berasa glowing, pori - pori mengecil dan kalau ada bekas jerawat pasti akan lebih cepat terlihat progress-nya.

Scarlett Whitening Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum
Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Scarlett Whitening juga menghadirkan face care atau produk perawatan kulit yakni serum niacinamide untuk dapat membantu mencerahkan dan merawat skin barrier wajah hanya dalam satu serum saja.

Niacinamide adalah salah satu bentuk dari vitamin B3 atau niacin. Jika saat ini kamu memiliki permasalahan kulit wajah seperti kemerahan, jerawat kering dan juga gatal - gatal, kamu dapat menggunakan serum niacinamide.

Manfaat dari niacinamide juga dapat mengatasi jerawat termasuk jenis papula atau jenis jerawat yang menonjol, padat, dll, selain itu niacinamide juga dapat mengobati eksim dan rosacea yaitu gangguan pada kulit wajah yang dapat ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik - bintik, serta dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan banyak manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan.

Seperti yang kita tahu, niacinamide dapat melindungi kulit dari paparan radikal bebas karena memiliki efek antioksidan.

Tidak heran jika Niacinamide ini menjadi kandungan yang begitu populer dalam produk perawatan kulit.

Kemasan

Kemasan Serum Niacinamide Scarlett Whitening
Kemasan dus Serum Niacinamide Scarlett Whitening

Untuk kemasan, sebetulnya ini hampir sama dengan kemasan dari retinol, maka aku tidak akan menjelaskan yang rinci seperti retinol, karena informasi yang di dapat juga hampir sama saja ya.

Dari segi kemasan, serum niacinamide ini memiliki perpaduan warna putih dan ungu, begitupun yang terdapat pada kemasan produk.

Logo brand dan masa expired
Logo brand dan masa expired

Selain itu, pada kemasan dus serum niacin ini memiliki logo Scarlett yang terlihat menyatu pada bagian depan dan bagian atas dus.

Kemasan produk Serum Niacinamide Scarlett Whitening
Kemasan Produk Serum Niacinamide Scarlett Whitening


Pada kemasan produk, dibagian leher penutup memiliki warna ungu mengikuti ciri khas produk tersebut. Untuk info penjelasannya juga hampir sama dengan retinol terdapat informasi ingredients, tata cara penggunaan, no BPOM, dan manfaat produk.

Tes produk jika di blur

Oh iya, kalau bicara kemasan produk dari Scarlett, terlihat banget bagaimana brand ini membuat produk yang memiliki ciri khasnya tersendiri. Meskipun produk ini di blur atau dilihat dari jauh, aku yakin pasti akan tanda banget dengan produknya Scarlett, karena memang memiliki ciri khasnya sendiri. 

Ditambah lagi desain dari logonya yang simpel namun elegan, yang membuat kita jadi lebih mudah mengenali brand ini.

Manfaat  Nicinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum

Nicinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum memiliki manfaat yang dapat membantu merawat skin barrier dan mencerahkan kulit wajah.

Jadi, serum ini cocok banget loh untuk kamu yang ingin mendapatkan wajah cerah dan merawat skin barrier.

Ingredients

Niacinamide 5% Beta Glucan 7 Phyto Extract Serum memiliki kandungan alami yang banyak manfaatnya, seperti :
  • Beta Glucan :
  1. Beta glucan merupakan kandungan yang dapat melindungi kulit dari penuaan dini yang di sebabkan oleh efek buruk sinar UV
  • Niacinamide 5% :
  1. Niacinamide dikenal memiliki manfaat yang baik.
  2. Niacinamide juga  salah satu kandungan yang dapat digabung dengan retinol karena Niacinamide sendiri berperan dapat merawat skin barrier,
  3. Mencerahkan kulit secara merata dan,
  4. Mampu menyamarkan noda gelap kulit wajah.
  • Creatine :
  1. Creatine memiliki manfaat untuk melembabkan dan menyejukkan kulit.
  • Allantoin :
  1. Membantu melembabkan kulit
  2. Membantu menyejukkan kulit yang teriritasi ringan.
  • Triple Ceramide Complex :
  1. Membantu melembabkan kulit
  2. Membantu merawat kekencangan kulit.

Cara Pakai :

Untuk pemakaian biasanya aku menunggu skincare yang aku pakai sebelumnya sudah menyerap ke kulit secara merata, setelahnya lalu aku menggunakan Serum Niacinamide ini.

  1. Pastikan skincare yang sebelumnya sudah menyerap secara merata di kulit
  2. Teteskan serum secara merata dan pijat perlahan.
  3. Biarkan beberapa saat hingga serum meresap secara sempurna sebelum menggunakan tahapan skincare berikutnya.
Catatan : Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat menggunakan Niacinamide ini secara rutin setiap pagi dan malam hari.

Tekstur dan Aroma

Tekstur Serum  Niacinamide Scarlett Whitening
Tekstur Serum Niacinamide Scarlett Whitening

Tekstur dari serum niacinamide ini memiliki tektur cair cenderung kental. Tapi dengan begitu, tekstur dari niacin ini lebih cepat meresap daripada tekstur retinol. Bahkan kecepatan meresapnya tidak sampai lebih dari 1 menit.

Untuk aroma ini terdapat aroma dari kandungannya itu sendiri, menurut kau aromanya lebih mirip sama aroma tumbuhan. Bagi aku sih masih aman - aman saja, dengan aromanya pun malah membuat semakin yakin kalau niacin ini aman. 

Detail

Netto : 15 ml.
Harga : Rp. 75.000.
PAO (Period After Opened) : 12 bulan.
Aroma : Aroma Buah persik.
No BPOM : NA 18211903259
Tekstur : Cair cenderung kental
Daya Serap : Cepat meresap
Performa : Mencerahkan, Menghidrasi kulit kering dan membantu iritasi ringan di kulit.
Tipe  Kulit : Semua Jenis Kulit

Ulasan Produk

Pemakaian niacinamide di wajah yang aku rasakan bukan hanya mencerahkan, tapi juga bikin wajah lembab, apalagi pemakaian pada malam hari, paginya terasa banget wajah jadi lebih lembab.

Aku suka serum ini karena memberikan efek kelembapan di wajah. Menurut aku jika kamu memiliki jenis kulit yang kering atau sensitif yang rentan kemerahan bisa banget untuk cobain pakai serum niacinamide ini, karena ampuh banget untuk memperbaiki skin barrier.

Review Pemakaian Scarlett Whitening Retinol & Niacinamide

Review Pemakaian Serum Scarlett Whitening Retinol & Niacinamide
Review Pemakaian Serum Scarlett Whitening Retinol & Niacinamide

Review pemakaian Scarlett serum retinol dan niacinamide selama satu bulan. Tulisan ini adalah hasil review aku dan aku akan kasih progress dari kondisi wajah ku mulai dari awal pemakaian sebulan terakhir, seperti yang sudah aku jelaskan pada awal artikel ini mengenai kondisi wajahku.

Walaupun sebelumnya kedua combo ini sudah rutin aku pakai sejak dulu, dan ini entah botol yang keberapa kalinya aku pakai.

proses pemakaian serum retinol & niacinamide scarlett whitening
Skin Progress selama 1 bulan pemakaian

Bisa terlihat bagaimana kondisi wajahku yang cukup parah dan aku minim pemakaian skincare. Kalau kamu punya jenis kulit yang sensitif, tetap harus memperhatikan kesehatan kulit ya, rajin olah raga dan atur pola makan juga.

Tapi perlahan, dalam seminggu pemakaian aku tidak lagi merasakan kehadiran jerawat baru, beruntusan benar - benar hilang dan bekas jerawat juga ikut memudar secara perlahan.

Seminggu yang berarti 3x pemakaian retinol, dan penggunaan niacinamide dilakukan setiap hari pada pagi dan malam hari yang dapat membantu kulit wajah jadi cerah dan lembab.

Dan dari foto after juga dapat terlihat dengan jelas bagaimana progressnya di wajah aku. Bekas jerawat benar - benar memudar. Sampai saat ini, aku tidak pernah lagi merasakan kehadiran jerawat baru.

Yang paling aku suka, biasanya bekas jerawat aku tuh lama banget hilangnya, bisa sampai 3 bulanan, tapi kalau dibantu dengan pemakaian duo combo serum retinol dan niacinamide tidak sampai sebulan bekas jerawat sudah bersih dan kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Aku paling suka ketika pemakaian kedua combo ini dengan hasilnya di pagi hari. Karena benar - benar bikin wajah jadi lembab, terasa glowing, dan pori - pori mengecil.

Untuk pilihan skincare, emang aku tidak salah untuk jatuh hati pada Scarlett Whitening. Gatau kenapa face care-nya benar - benar ringan semua teksturnya, dan hasilnya juga nyata di wajah kita.

Jadi, please jangan pernah skip kedua combo ini. Dan jangan nyesal sama hasilnya ketika memakai dua combo ini.

Info Pembelian

Oh iya, buat kamu yang tertarik buat cobain dua combo ini bisa banget kamu dapatkan dengan mudah dan silakan Klik Disini untuk melihat produk lainnya dan pastinya akan ada promo yang tersedia.

Dan aku juga ingin menginformasikan, kalau kamu bisa banget loh untuk cek keaslian produk dengan cara Tap Disini.

14 comments for "Review Cara Pakai Serum Scarlett Retinol dan Niacinamide, Jangan Sampai Salah!"

Comment Author Avatar
Kalau dilihat dari ingredientnya sih kayaknya aman juga ya buat pemula
Comment Author Avatar
Dari sekian banyak retinol yg saya pakai, produk scarlett paling aman nih kak untuk pemula
Comment Author Avatar
Jadi pengen coba retinolnya scarlett deh
Comment Author Avatar
scarlett makin kesini produknya makin mantep ya. aku penasaran banget sama produk-produknya, udah lama gak pakai scarlett
Comment Author Avatar
Ingredients nya mantap semua di dua serum ini. Mungkin buat pemula kayak aku coba retinolnya dikit dulu ya. Baru setelah dipastikan aman bisa rutin. Kalau niacinamide nya Scarlett aku udah pernah coba dan suka banget.
Comment Author Avatar
Wah ternyata sekarang merk Scarlett udah mengeluarkan banyak produk ya😍 ada berapa sih total produk yang mereka keluarkan?
Comment Author Avatar
Secara umur saya udah di atas 25 jadi lebih baik pake retinol ya kan.. Apalagi wajahnya berminyak.
Biasanya eike kalo udah pake satu serum diganti-ganti dengan serum lain maksudnya giliran pakenya.
Ternyata bisa dipake barengan tapi pake jeda waktu ya..
Noted!
Comment Author Avatar
Informatif sekali, Kak. Khususnya buat saya yang sempat juga terpapar info kalo kedua komposisi ini nggak akur, hehehe. Btw, penasaran dengan kandungan dari retinol yang takutnya berdampak pada si baby. Kandungannya apa, ya, Kak?
Comment Author Avatar
Kak? Kenapa pakai di baby? Huhu sad.
Comment Author Avatar
Maksudnya kak karunia nanya kak, kandungan nya apa ya sampe ga boleh buat ibu hamil dan menyusui,
Comment Author Avatar
Skin care gitu bisa dipake cowo jg ga ya? Jarang ada yg bahas skon care untuk cowo soalnya
Comment Author Avatar
Boleh dipake cowok kalo scarlett.

Saya belom pernah lho pake yg retinol, seringnya pake yg niacinamide.
Comment Author Avatar
Wahy terakhir baca Scarlett masih d body care handbody, sabun, taunya skrg udah ada untuk wajah yaa 😍
Comment Author Avatar
Kandungan retinol ini merupakan pengetahuan yang baru bagi saya. Biasanya memang yang dipakai itu niachinamide. Pengen juga tester serum ini. Mana tahu cocok.