Cara Meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan dan Paham Sikap Profesional sebagai Blogger bersama Bloggercrony

Sikap Blogger
Pengetahuan, kemampuan dan paham sikap profesional blogger

Menjadi seorang blogger, adalah pilihan. Apalagi kini semakin banyak blogger pemula yang terjun dan mencoba - coba di bidang kepenulisan.

Tak heran, kian hari mulai banyak para blogger pemula yang awalnya coba - coba hingga memilih terjun menjadi seorang blogger profesional.

Namun, ada beberapa hal yang harus di ketahui oleh beberapa blogger. Mengenai sikap profesional sebagai blogger yang perlu diketahui.

Sebelum pembahasan terlalu jauh, ada baiknya bagi kita untuk mengenali apa itu blogger?

Blogger adalah salah satu wadah yang dapat dipakai oleh siapa saja, melalui sebuah blog yang berbayar ataupun gratis, dan melakukan aktivitas berupa postingan tulisan, pemasaran, edukasi dan banyak lainnya.

Blogger kini dikenal sebagai suatu profesi yang juga menghasilkan loh.

Hemm, tidak heran ya jika banyak sekali yang terjun ke blogger apalagi setelah adanya pandemi kemarin. Ternyata, suatu pekerjaan yang jika di seriuskan akan menghasilkan pundi - pundi rupiah.

Anggapan Menjadi Seorang Blogger versi Pohon Ketela

Setelah setahun terjun di bidang beauty reviewer, membuat saya tertarik untuk berbagi informasi mengenai dunia kecantikan bukan hanya dari video saja, tetapi juga dari tulisan.

Hingga akhirnya saya pun turut serta membuat anakan blog yang fokus untuk membahas satu niche, yakni tentang kecantikan.

Agar informasi yang diberikan lebih luas dan lebih dalam. Apalagi, menjadi beauty blogger biasanya mengharuskan review produk lebih dalam dan rinci dari pada video reels dengan kurasi waktu yang cukup singkat.

Hal ini dilakukan agar pembahasan mengenai beauty cukup pada satu blog saja, fokus pada satu niche, dimana isi dari artikel - artikel yang disajikan tidak bercampur dengan artikel lainnya.

Namun, ada satu hal yang menjadi daya tarik bagi saya. Hal ini merupakan suatu keresahan yang saya alami sendiri. Namun memiliki solusi jika benar kita ingin meningkatkan diri menjadi blogger yang profesional.

Akhir - akhir ini saya sering sekali melihat adanya new beauty blogger. Yang mungkin secara background mereka lebih fokus kepada review produk melalui video.

Beberapa dari mereka tertarik membuat blog dengan beberapa alasan tertentu. Namun salah satunya adalah tawaran job blogger yang dikenal begitu menggiurkan.

Memang tidak heran, karena pada nyatanya tujuan setiap orang yang terjun di dunia blogging pasti berbeda - beda. Dan akan melewati beberapa proses untuk ke tahap profesional.

Keresahan yang mulai saya rasakan saat saya bergabung dengan salah satu grup komunitas kecantikan dimana didalamnya adalah para beauty blogger. Yang jika kita intip satu persatu isinya bukan seperti mengulas suatu produk, ataupun membahas hal lainnya yang sekiranya bermanfaat ketika di baca oleh pengguna media.

Dan pastinya, untuk ulasan tersebut, tidak akan mendapatkan posisi halaman pertama di pencarian google.

Tak lain dan tak bukan, isi dari blog persis seperti caption di instagram, bahkan ada yang tidak sampai dari 100 kata.

Keresahan ini cukup bikin nyesek sendiri, apalagi jika ini adalah suatu project yang disediakan oleh komunitas dengan brand.

Lalu, dengan hal yang demikian. Apakah yakin brand akan tertarik dengan wadah yang kita dirikan tersebut?

Bagi saya, hal itu sangat disayangkan sekali, dan pastinya akan ada dampak yang tidak baik juga untuk komunitas tersebut, dan brand tentu saja akan merasa dirugikan.

Tapi, jika memang ada rasa tertarik menjadi seorang blogger, meski itu merupakan tawaran kerjasama atau tidak. Saya yakin akan ada perasaan yang muncul untuk memperbaiki kualitas blog semenarik mungkin.

Bukan hanya kekepoan dari bagaimana cara membuat blog saja, karena akan ada tahapan bagaimana tulisan di blog agar muncul di pencarian google. Dan saya yakin untuk pemula hal ini pasti akan dipertanyakan.

Memperbaiki kualitas blog akan banyak sekali keuntungan yang di dapat, seperti tampilan yang menarik, banyak pengunjung, mendapatkan tawaran kerja sama dan banyak lainnya. Walau itu masih tahap sederhana.

Apalagi jika kita mendapatkan project dari komunitas, jangan sampai bikin komunitas kita jadi turun rating karena kualitas konten yang kita sajikan.

Belajar dari kelas Raditya Dika. Kata bang radit, mulai dari keresahan. Dan dari keresahan tersebut, saya tertarik untuk sharing bagaimana caranya meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di dunia blogging hingga ke tahap profesional.

Agar mendapatkan kualitas dan performa blog yang bagus dan menjalin kerjasama yang lancar dan baik untuk ke depannya.

Sikap Profesional yang Harus di Kenali

Menjadi seorang blogger juga memiliki etika dan sikap yang harus kamu kenali jika kamu tertarik menjadi blogger profesional.

Kira - kira, sikap profesional seperti apa ya yang harus kita ketahui? Yukk cari jawabannya di bawah ini.

1. Bertanggung Jawab

Salah satu peran utama sebagai seorang blogger yakni memegang sebuah tanggung jawab atas apa yang ia kerjakan, menciptakan tulisan yang original yang berarti tidak mencuri artikel orang lain, bertanggung jawab terhadap ikatan kerja sama dll.

Bertanggung jawab ini hampir sama dengan keresahan yang saya maksud tersebut. Selain isi artikel yang kita tulis, kita juga harus bertanggung jawab jika kita telah menjalin kerja sama.

Deadline yang diberikan, sesuai dengan syarat dan ketentuan atau tidaknya.

Dari tulisan konten yang kita ciptakan, kita di percaya oleh brand berarti kita berani bertanggung jawab dan memberikan yang sesuai.

2. Menciptakan Konten yang Berkualitas

Gak asal update tulisan saja agar terlihat aktif, pastikan bahwa tulisan yang di unggah adalah konten yang berkualitas.

Konten berkualitas biasanya memiliki beberapa kriteria, dan pastinya tulisan tersebut banyak di cari pengguna.

Untuk tetap update menulis dan menciptakan konten yang berkualitas pastikan karya tulisan yang diciptakan bukanlah hasil karya tulisan orang lain atau yang dikenal sebagai jiplakan / plagiat.

Karena tulisan yang original merupakan sikap profesional dari seorang blogger.

3. Berkomunikasi dengan Baik

Yang perlu di perhatikan pada seorang blogger adalah komunikasi. Apalagi menjalin kerja sama.

Komunikasi yang baik juga akan menghadirkan relasi yang baik pula.

Maka dari itu, mulai dari sekarang kita dapat mengubah kebiasaan dan tata cara komunikasi yang baik.

Komunikasi dilakukan bukan hanya di individu saja, kelompok komunitas juga diperlukan. Menjalin komunikasi di komunitas juga dapat meningkatkan branding juga. Asal, komunikasi yang dibangun juga cukup bagus.

Komunikasi pada komunitas

Cara Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan menjadi Seorang Blogger

Seringnya mendapatkan sebuah pertanyaan seputar cara untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan seputar blogger.

Sepertinya ini adalah artikel yang tepat untuk mendapatkan pengetahuan seputar itu. Dan Berikut adalah cara dari riset yang saya miliki, ini berdasarkan setelah terjun sebagai seorang blogger.

1. Blogwalking

Blogwalking adalah istilah dari mengunjungi blog seseorang lalu meninggalkan jejak pada kolom komentar. Eits, pastikan tidak memberikan link hidup pada kolom komentar ya, cukup komentar sewajarnya sesuai dengan isi artikel.

Berhubungan dengan blog, ternyata blogwalking ini banyak sekali kelebihannya. Dari blogwalking kita juga dapat memperbaiki kualitas dari isi tulisan kita.

Mengenal EYD, kata baku dan tidak baku dan banyak hal lainnya.


Kelas Online

Dunia blogger juga menghadirkan kelas - kelas online, baik itu yang dihadirkan dari komunitas atau dapat kita lihat secara percuma di youtube.

Kelas online mengenai blogger juga banyak disajikan secara gratis, beberapa juga ada yang berbayar.

Dengan mengikuti kelas blogger kita akan menambah pengetahuan baru sesuai dengan tema yang di bahas.

Biasanya tidak lepas dari pembahasan SEO, one page, off page, Optimasi, GA4, Backlinks, DA/PA dll.

Bergabung dengan Komunitas

Poin terakhir yang wajib diikuti untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan menjadi seorang blogger adalah bergabung dengan komunitas.

Komunitas blogger Indonesia ini cukup banyak, cara bergabungnya juga cukup mudah.

Bergabung dengan komunitas bukan hanya wadah untuk blogwalking dan menambah relasi saja, tapi juga dapat meningkatkan performa blog, mendapatkan ilmu baru, mendapatkan job dll.

Bahkan ketika kita sedang mengalami kesulitan, teman - teman blogger turut serta membantu mengatasi permasalahan yang sedang di alami blogger tersebut pada blognya.

Jika di tulis soal keuntungan. Tentu saja, akan banyak sekali keuntungan yang di dapat jika kita bergabung dengan komunitas.

Contohnya seperti komunitas Bloggercrony Indonesia, yang memberikan wadah dan fasilitas untuk blogger - blogger profesional.

Komunitas Bloggercrony Indonesia

Dua bulan setelah memberanikan diri untuk fokus menjadi seorang blogger, saya mulai meraba beberapa komunitas yang memberi wadah untuk blogger pemula seperti saya.

Memahami apa itu blogger yang sebenarnya, bagaimana blogger - blogger didalamnya, rasa antusiasnya, bahkan rasa kekeluargaan yang tercipta dari komunitas.

Lima bulan setelahnya, saya mulai masuk dan bergabung dengan komunitas blogger indonesia. ada beberapa komunitas blogger di dalamnya.

Saya selalu mengikuti rutinitas yang selalu mereka jalankan di komunitas. Sampai 14 bulan berjalan, akhirnya saya bergabung juga dengan salah satu komunitas blogger Indonesia yakni Komunitas Bloggercrony Indonesia.

Kalau diceritakan secara rinci, pasti kita punya perjalanan masing - masing bertemu dan bergabung dengan suatu komunitas.

Komunitas Bloggercrony Indonesia memiliki khas tersendiri, dari pandangan saya komunitas ini memiliki semangat yang tidak biasa tapi lebih luar biasa.

Bukan hanya memberikan wadah untuk kita bisa saling blogwalking, menambah relasi, tapi juga memberikan wadah untuk kita bisa aktif, meningkatkan skill, kualitas diri, dan mendorong bagaimana kita agar tetap bisa berkembang dan bertumbuh.

Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif, serta berdaya mandiri dan profesional

Semangat sang founder benar - benar bikin nular. Saya bersyukur bisa bergabung dengan komunitas ini.

Apalagi, pada tahun 2022 lalu. Saya diberi kesempatan menjadi volunteer pada acara BloggerDay 2022.

Pengalaman baru, karena biasanya saya selalu aktif mengikuti event di kampus secara offline, dan kini bergabung dengan event online. tapi dari sini saya juga banyak evaluasi diri sekaligus melatih diri agar lebih baik di kemudian hari.

BloggerDay 2023

Beberapa point penting ingin saya tuliskan disini.

BloggerDay merupakan acara tahunan di Bloggercrony sebagai peringatan hari ulang tahun-nya.

Setelah tahun 2022 lalu dilakukan secara online,Bloggercrony memberikan hal yang baru di BloggerDay 2023 ini dengan mengusung konsep Hybrid Fun Camp.

Iri plus sedih rasanya, tidak bisa ikut camp bareng teman - teman blogger lainnya. Padahal jiwa bermain di alam begitu bergejolak.

Tapi tak apa, karena pada BloggerDay 2023 ini juga bisa diikuti secara online. Teruntuk saya yang tinggal di ujung barat Indonesia menghadiri acara online tersebut cukup antusias.

Seperti biasa pada BloggerDay 2023 selalu ada saja kejutan yang diberikan oleh Bloggercrony, mulai dari keseruan acaranya, antuasiasnya, dll.

Saya juga mau spill sedikit ini yang membuat saya kembali bernostalgia di bangku perkuliahan, saat Bloggercrony menghadirkan salah satu narasumber yakni bapak Anwari Natari.

Jujur, berasa masuk kuliah lagi. Karena bapak Anwari Natari juga mengupas tuntas tentang ilmu speaking, ilmu kepenulisan, teknik wawancara.

Cara penyampainnya yang santai tapi yang disampaikan ilmu semuanya.

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Pengetahuan, Kemampuan dan Paham Sikap Profesional sebagai Blogger bersama Bloggercrony"