Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review Bobocabin Kaldera Toba, 3 Malam cuma 300K

Bobocabin Signature Toba
Bobocabin Signature Toba

Sebagai orang yang suka banget pergi liburan di alam. Kayanya wajib ngerasain vibes menginap di bobocabin deh.

Saya sempat kaget jika ternyata bobocabin telah tersedia di Sumatera Utara, tepatnya ada di daerah Toba. Padahal, sudah lama ada, jadi saya tidak lagi perlu menyiapkan wishlist ke luar kota agar dapat menikmati staycation di bobocabin.

Salah satu pemilihan titik lokasi yang sangat tepat menurut saya. Karena dekat dengan Kota Parapat, dimana Parapat merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi bobocabin masih satu lokasi dengan The Kaldera.

The Kaldera sempat heboh karena ada salah satu view pemandangan menuju ke Danau toba dan adanya sepasang kursi untuk duduk ini sempat di datangi dan di duduki oleh orang penting di Indonesia, yakni Bapak Joko Widodo. Setelah itu, tempat ini menjadi tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat Sumut.

Selain itu, bobocabin juga dekat sekali dengan bandar udara Sibisa, hanya membutuhkan waktu sekitar lima menit saja.

Sebetulnya, saya sudah menceritakan sedikit pengalaman dari Medan menuju bobocabin pada artikel berikut, Baca Disini!. Tetapi di artikel ini khusus banget, saya ingin bercerita lebih lengkap dan detail vibes saat staycation di bobocabin.

Sebelum keberangkatan, seperti biasa kita cari tahu dulu apa saja yang harus kita bawa. Berhubung daerah Toba mayoritas pada non muslim, lebih baik kita juga siap sedia makanan yang bisa kita olah saat staycation di bobocabin.

Kalau saya, sepertinya tidak boleh ketinggalan menu makanan pop mie, emang pop mie selalu recomend banget sih saat di bawa pergi travelling. Jadi sudah mempersiapkan stok cemilan makanan saat singgah di Sibolangit.

Selain makanan, persiapan lainnya yang saya selalu rembuk terlebih dahulu adalah kendaraan, lalu jalur alternatif mana yang ingin di lewati. Juga ada budget yang tidak mungkin di lupakan. Budget juga perlu agar teman - teman Pohon Ketela dapat mengetahui budget yang keluar saat kita pergi ke bobocabin.

Jalur jalan dari Medan ke Toba, itu memiliki dua jalur, kalau mau lebih cepat, silakan lewati jalan dari kota Tebing Tinggi/ Dari Kota Medan nantinya akan melewati jalan tol agar lebih cepat sampai.

Tapi kalau mau melintasi jalan yang sedikit lama, namun di menikmati pemandangan yang hijau - hijau, bisa banget berangkat dari Berastagi / Merek.

Untuk jalur ke titik lokasi, silakan sesuaikan saja dengan kondisi anda, karena setiap orang pastinya ingin melintasi jalur yang berbeda - beda. Tidak dapat disamakan. Untuk mempermudah anda menuju lokasi, silakan lihat melalui Google maps.

Karena saya melewati jalur lintas Berastagi, dan Merek. Akhirnya saya jadi tahu jalan singkat dari Berastagi ke Toba.

Sempat merinding saat melintasi jalur ini. Jujur! Semua rasa campur aduk, merinding plus terharu, ketika dapat melihat pemandangan Danau Toba yang ternayata luas banget aslinya.

Jadi, ada satu titik lokasi tepat banget di pinggir jalan, kita dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang luas banget.

Di satu sisi lainnya, kita juga akan melewati jalur wisata seperti BIS (Bukit Indah Simarjarunjung) Dimana lokasi ini viral dan masih menjadi salah satu spot wisata yang banyak di kunjungi masyarakat Sumut.


Short story masuk ke The Kaldera

Masuk ke The Kaldera Toba
Selama perjalanan pasti ada drama atau cerita unik yang bakal bikin kamu geleng - geleng kepala, benar kan?

Saya masih belum mengerti dengan sistem masuk. Maksudnya begini, berhubung lokasi ini satu kawasan dengan The Kaldera, tapi bobocabin seperti punya batasan tersendiri. Pengunjung luar tidak boleh masuk ke kawasan bobocabin, demikian pula, kawasan bobocabin tidak boleh main ke Kaldera.

Pernah lihat video dari salah satu konten kreator, ia mengatakan bahwa kalau ke bobocabin, kita langsung saja masuk, tidak perlu membayar tiket masuk ke Kaldera, karena tujuan utamanya ke bobocabin.

Tetapi yang saya pahami dari rules yang terdapat dari aplikasi bobobox bahwa pengunjung yang akan masuk ke Kaldera tetap akan dikenakan biaya.

Intinya ya, kalau mau menikmati Kaldera juga kita tetap harus membayar tiket masuk.

Tiket Masuk ke The Kaldera

  • Monday - Friday
  1. Public : Rp. 15.000 / person
  2. Children : Rp. 5.000 / person
  3. Student : Rp. 10.000 / person
  4. Foreign tourist : Rp. 30.000 / person
  • Saturday, Sunday, and Public Holidays
  1. Public : Rp. 20.000 / person
  2. Children : Rp. 5.000 / person
  3. Student : Rp. 10.000 / person
  4. Foreign tourist : Rp. 40.000 / person
Sebetulnya ada drama masuk mau ke Kaldera ini, Ternyata sudah ada tempat tersendiri untuk pembelian tiket masuk ke Kaldera. Tapi karena saya tidak tahu, langsung saja melewati tempat pembelian tiket tersebut, ini benar - benar drama masuk yang membingungkan.

Masih sama dengan kejadian yang di atas. Saya pikir, ada satu tempat sepeda motor yang cukup banyak itu adalah tempat parkir. Jadi, langsung tanya ke security karena mengira itu adalah tempat parkir.

Security menanyakan tiket masuk Kaldera. Yang ternyata kita kelewatan karena tidak memperhatikan, mau tidak mau akhirnya kita membeli kepada security tersebut.

Dari drama ini, sebetulnya kalau mau masuk ke Bobocabin pun kita, tetap bayar tiket masuk ke Kaldera ya guys, hal ini mungkin perlu saya sampaikan, takutnya ada juga yang bingung sama seperti saya.

Tetapi, jika tujuan anda adalah ke Kaldera, maka tidak dapat memasuki wilayah bobocabin.

Vibes Menginap di Bobocabin Toba

Vibes menginap di bobocabin Toba
Day one, gambar ini di ambil pada sore hari, sekitar pukul 6 sore dengan cuaca yang sedikit mendung

Day one saya sampai, cuaca memang sedikit mendung, tidak begitu cerah. Para resepsionis-nya juga pada ramah banget.

Kita akan diantar sampai ke cabin tujuan, dan akan di jelaskan beberapa fitur dari bobocabin ini, mulai dari pintu masuk, yang dapat kita buka hanya dengan scan barcode yang telah tersedia dari aplikasi Bobobox.

Tersedia B-Pad canggih yang memiliki fungsi utama untuk mengatur hampir keseluruhan yang terdapat pada cabin, seperti lampu, suara hingga smart window.


The Kaldera
Salah satu spot yang ada di Kaldera dan di kelilingi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi

Setelah rehat sejenak di cabin, sorenya saya memutuskan untuk keliling daerah Kaldera, niat hati sih ingin duduk di tempat yang viral itu. Ternyata semakin sore hari, semakin ramai pengunjung tiada henti untuk bergantian foto di tempat itu.

Bobocabin Signature Toba
View dari cabin yang langsung mengarah ke Danau Toba

Habis, vibesnya dapat banget, langsung ke arah danau Toba! Alhasil, hanya bisa mengambil gambar dari cabin yang juga mengarah ke tempat yang sama. Dengan cuaca yang masih terlihat mendung banget.

Mau tidak mau, saya tetap memilih untuk keliling seputar Kaldera, banyak sekali tempat unik disini, nyaman juga dipakai untuk camping.

Yang kemari bukan hanya anak muda saja loh. Tetapi ada juga yang berkeluarga loh.

Banyak tempat asyik disini, di tambah lagi adanya band - band musik lokal yang mengisi acara sehingga tempat ini menjadi tidak terlalu sepi dan terlihat ramai. Apalagi, lokasi The Kaldera juga terbilang cukup luas.


Santai di Bobocabin
Tepat di samping cabin, meja ini langsung mengarah ke Danau Toba

Jujur, nyaman banget di tempat ini, di tambah lagi di Kaldera tuh ada kegiatan seperti band music gitu. Jadi, tidak bikin boring.

Emang sih, suaranya tidak masuk ke kamar. Tapi kalau sudah di luar cabin, kita santai, mau makan, diskusi dan sebagainya sambil melihat pemandangan Danau Toba, kayanya hati setenang dan senyaman itu deh.

Bobocabin Toba
Hijaunya pemandangan di sekeliling cabin

Mata kalau melihat yang hijau - hijau tuh juga ikut segar. Daerah bobocabin ini cukup terbilang sepi. Tidak ada keributan atau suara yang mengganggu seperti kita tinggal di perkotaan.

Tempat healing terbaik sepertinya terdapat pada bobocabin deh.

Eropa ada di Danau Toba
Vibes ala Eropa

Day dua, Alhamdulillah cuaca cerah dan langit bagus banget. Saya tidak merasa lagi tinggal di sekitar Danau Toba deh. Karena vibesnya benar - benar berbeda.

Ya tidak tau juga sih vibes di eropa itu bagaimana, tapi ini benar - benar serasa bukan di Sumatera Utara.

Minum teh di Kaldera
Secangkir teh di pagi hari

Salah satu kegiatan yang paling saya suka di tempat ini, menikmati teh di pagi hari, tidak di dalam cabin tapi di luar cabin.

Udara yang sejuk di pagi hari, memang tepat banget untuk menyeduh segelas teh. Apalagi jika situasi dan kondisi sekitar mendukung banget.

Biasanya ngerasain vibes di pegunungan dengan pemandangan Danau Toba saat ngecamp dengan menggunakan tenda, kali ini emang sedikit naik kelas sih.

Baca buku di Bobocabin
Si paling tidak pernah lupa bawa buku

Tidak mau ketinggalan, saya juga ingin merasakan vibes membaca buku di bobocabin. Jujur nyaman banget baca buku di tempat ini. Betah!!

Akhirnya saya menemukan tempat kedua yang nyaman banget untuk membaca buku.

Rasanya kurang banget kalau staycation di bobocabin ini hanya sehari saja, pengin juga ngerasain staycation dalam waktu yang panjang.

Untuk pemilihan staycation, sebetulnya saya tertarik dengan paket long stay. Akan tetapi, paket tersebut hanya dapat digunakan saat weekdays saja.

Mengingat juga, ada setumpuk pekerjaan yang tidak bisa di tinggalkan, mau tidak mau tetap memilih staycation selama satu hari saja.

Jika ingin menginap di bobocabin, boleh nih pakai paket long stay

Promo Longstay di Bobobox Indonesia

Promo longstay di Bobocabin
Nikmati menginap lebih lama di bobocabin dengan biaya yang lebih murah 

Berdasarkan pengalaman satu malam staycation di bobocabin, rasanya kurang. Jujur, betah banget, vibesnya nyaman. Kalau cuma sehari rasanya benar - benar kurang, karena memang senyaman itu.

Siapa sih yang tidak tertarik dengan promo longstay-nya bobocabin? Dapat stay lebih lama dengan harga yang lebih terjangkau pula. Tersedia untuk durasi menginap 3 malam, 5 malam, hingga lebih dari 30 malam!.

Jika disuruh memilih, sepertinya 3 malam sudah cukup puas sih menginap disini, jadi kita juga dapat mengelilingi tujuan wisata lainnya yang dekat dengan bobocabin.

Paket long stay untuk Double Pod

  • 3 Malam : Rp. 399.000 (Hanya berlaku untuk periode menginap dimulai hari minggu, senin, selasa).
  • 5 Malam : Rp. 599.000 (Hanya berlaku untuk periode menginao dimulai hari minggu).
  • 7 Malam : Rp. 799.000
  • 14 Malam : Rp. 1.499.000
  • 30 Malam : Rp. 2.999.000

Syarat dan Ketentuan

  1. Harga untuk menginap selama 3 dan 5 malam tidak berlaku saat weekend atau akhir pekan.
  2. Untuk menginap melewati akhir pekan, minimal memesan paket menginap selama 7 hari.
  3. Harga untuk Double Pod yang berkapasitas 2 orang dewasa dan 1 anak di bawah 10 tahun.
  4. Free Early Check-In dimulai dari jam 12.00 dan Late Check-Out sampai jam 14.00 (tergantung pada kesediaan kamar).
  5. Wajib menyertakan surat vaksin minimal 1 kali vaksin atau hasil swab negatif H-2 tanggal booking.
  6. Berlaku di seluruh branch Bobobox kecuali Bobobox Pancoran.
  7. Usia tamu yang menginap minimal 18 tahun.
  8. Pemesanan melalui Whatsapp Bob di 0821 - 1900 - 7791.
  9. Pemesanan tidak dapat di relocate, refund, atau reschedule.
  10. Persediaan terbatas.

Alasan kenapa harus unduh aplikasi bobocabin

Tau kah kamu, mengapa menginap di bobocabin harus banget mengunduh aplikasinya juga?

Mungkin yang kita pikirkan, kita dapat memesan tiketnya pada aplikasi lain. Tapi, saat tiba di bobocabin, kita juga di wajibkan untuk mengunduh aplikasi bobobox.

Jawabannya sederhana, karena segala kunci utama terletak pada aplikasi, seperti membuka pintu yang membutuhkan QR Code, chat pemesanan makanan, minuman, selimut, sendal dll.

Jadi, termasuk mempermudah juga. Berhubung letak resepsionis dan cabin juga lumayan jauh. Segala bentuk komunikasi tersedia melalui chat pada aplikasi bobobox saja.

Eits, menu makanan yang tersedia juga ada di aplikasi, kita tinggal melihat daftar menu lalu tinggal kirim message deh ke bob.

Budget dari Medan ke Bobocabin Kaldera Toba

Budget dari medan ke toba
Kira - kira berapa ya budget yang di keluarkan untuk menginap di bobocabin?

Setelah semuanya telah saya ceritakan secara menyeluruh dan hampir detail, kira - kira berapa sih budget yang saya keluarkan dari Kota Medan ke Bobocabin hanya dengan menaiki sepeda motor selama dua hari, satu malam.

Berikut merupakan rincian  budget yang saya habiskan dari Medan menuju Bobocabin Toba :
  • Bobobox : Rp. 720.000
  • Ongkos minyak sepeda motor : Rp. 80.000 (Pulang - pergi).
  • Cemilan makanan dan minuman : Rp. 50.000 (Beli saat di Sibolangit).
  • Makan malam : Rp. 92.000
  1. Fiesta Tumeric Rice with Popbites : Rp. 41.818
  2. Fiesta Chicken Mushroom Noodle : Rp. 41.818
  • Sarapan Pagi : Rp. 114. 000
  1. Warung Lokal Toba - Nasi Goreng Andaliman : Rp. 40.000
  2. Warung Lokal Toba - Nasi Goreng Ikan Asin : Rp. 40.000
  3. Ades 600 Ml (2pcs) : Rp. 23.636
Total Keseluruhan : Rp. 1.056.000.

Jadi, total keseluruhan rincian budget yang saya keluarkan senilai Rp. 1.056.000 untuk 2 orang. Btw, ini saya perginya naik sepeda motor punya pribadi. Kalau ingin menyewa mungkin budget yang dikeluarkan bisa saja lebih besar dari pada ini.

Makanya, sebagai rekomendasi juga, saya menyarankan untuk memilih staycation dengan menggunakan paket promo tersebut, menurut saya budget yang akan dikeluarkan tidak akan terlalu banyak seperti menginap satu malam.

Oh iya, makan malam dan sarapan pagi itu saya order melalui aplikasi bobobox ya. Banyak loh menu makanan yang tersedia dari bobobox, tetapi ada batas jam pemesanannya juga.

Untuk cara pemesanan bobocabin, anda dapat melihatnya Disini!   

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai akhir, Jangan lupa untuk tinggalkan jejak pada kolom komentar.

1 comment for "Review Bobocabin Kaldera Toba, 3 Malam cuma 300K"