Peduli Inner Strength Anak Menjadi pe-Sepak Bola bersama Biskuat Academy 2022

Inner Strength Biskuat Academy 2022
Inner Strength Biskuat Academy 2022

Pembelajaran dan ilmu baru seputar Parenting, baru - baru saja saya pelajari setelah tamat dari perkuliahan, yakni pada tiga tahun yang lalu.

Saya yang awam seputar dunia per-parenting-an, pelan - pelan akhirnya paham, karena sering melihat postingan dari influencer ternama, membaca tulisan para mom blogger dan akhirnya saya memilih untuk mengamati dan memperhatikan para ibu - ibu di sekitar.

Walau pada saat ini posisi saya nyatanya belum menikah dan belum memiliki anak. Setidaknya, saya dapat sedikit paham membaca kondisi anak, sesuai mengikuti perkembangan jaman.

Agar kedepannya juga tidak kaget ataupun syok ketika sudah menikah dan memiliki anak. Karena kita memiliki bekal pengetahuan.

Beberapa hal, yang saya ketahui tentang kehidupan saya hingga usia 24 tahun ini. Banyak pula mengajarkan hal - hal yang ternyata bisa kita ubah dan perbaiki di masa depan.

Beberapa diantaranya adalah mendengarkan, mendapatkan pilihan (memilih) dan membebaskan namun masih dalam pantauan dan kepercayaan

Saya seorang anak bungsu yang memiliki dua orang abang. Hemm, tidak heran jika saya tidak terlalu lemah lembut seperti wanita pada umumnya. Namun masih tetap terlihat netral dan saya masih seorang wanita.

Meski begitu, saya memiliki seorang adik, lebih tepatnya ia adalah adik sepupu, kita berjarak usia 10 tahun, hanya saja sudah tinggal bersama saya dan di urus oleh keluarga dimulai dari usia 5 bulan, dan besar hingga 5 tahun.

Selanjutnya, adik saya sudah tinggal bersama orang tuanya. Kini, adik telah berusia 14 tahun dan mengenakan seragam SMP.

Saya selalu bilang ke adik, kalau... Jangan pernah merasa sendiri, anggap saya sebagai teman cerita, dan lakukan apapun kegiatan yang kau sukai.

Ini terbukti dari beberapa aktivitas di sekolah yang dulunya sempat saya geluti ia juga terjun di bidang itu. Salah satunya adalah Sepak Bola.

Serunya, keluarga kita juga mendukung ia. Sedari kecil, adik selalu aktif mengikuti kegiatan - kegiatan di luar sekolah maupun di dalam sekolah.

Banyak aktivitas yang dilakukan sang adik sedari dulu hingga kini. Si adik juga pernah bertanding sepak bola dan lawan antar kabupaten. Sayangnya, foto - foto saat ia bermain sepak bola menghilang di dalam gawai-nya.

Akan tetapi, benar saja. dari tipikal saya yang suka mengamati sekitar, saya suka mengambil satu kesimpulan untuk melihat hal dan kegiatan yang baik, dan membuang jauh sesuatu yang buruk.

Salah satunya pola yang kita terapkan pada anak. Beberapa bulan terakhir, saya juga belajar untuk memahami tentang Inner Strength.

Bahkan saya juga melihat dan mengamati, apa sih inner strength bagi seorang ibu? Apakah seorang Ibu memahami makna dari inner strength? dan Bagaimana cara Ibu dalam mendukung inner strength dalam diri seorang anak?

Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, silakan simak tulisan ini sampai akhir!

Pengertian Inner Strength

Pengertian inner strength
Inner Strength Biskuat Academy 2022

Inner Strength atau "kekuatan baik dari dalam" adalah sebuah bentuk keyakinan yang dalam dan itu ada pada diri sendiri, keyakinan tersebut bersifat kuat lebih kuat dari yang biasa atau juga dapat disebut dengan Kekuatan Batin.

Dengan adanya inner strength atau "kekuatan baik dari dalam" dapat menentukan bahwa tidak akan bergantung pada orang lain, juga tidak akan bergantung pada diri sendiri, sehingga membentuk kekuatan karakter.¹

Seperti di luar kendali, namun masih terkendali, karena memiliki kekuatan batin dan keyakinan secara penuh dengan hal - hal baik dan juga energi positif.

Saya pernah mendengarkan suatu hal tentang keyakinan dari seorang guru. Kurang lebih, isi pesannya begini

"Jangan sepele soal keYAKINan, Yakin akan suatu hal, keyakinan yang kuat, dan yakin - yakini lainnya. Itu akan membuahkan hasil! Maka dari itu jangan pernah sepele soal Yakin."

Note: (Yakin - keyakinan) yang di maksud yakni memiliki kepercayaan yang kuat terhadap sesuatu capai. Dan itu terbentuk dalam karakter diri sendiri.

Inner strength juga dapat di sebut dengan "kekuatan batin / kekuatan mental / kekuatan karakter" yang  mengusung suatu konsep yang terbuka untuk interpretasi.

Seorang Psikolog juga menggunakan suatu istilah "inner strength" untuk merujuk secara longgar pada berbagai sumber daya mental dan emosional, perilaku, keterampilan dan juga sikap. Hal inilah yang dapat membuat kita lebih stabil dan dapat beradaptasi dalam kehidupan.

Peran orang Tua dalam Inner Strength Anak

Tahukah bunda, orang tua sangat berperan penting terhadap inner strength anak. Akan tetapi ternyata banyak para bunda yang tidak memahami akan hal ini. Mungkin bisa saja minimnya edukasi yang di dapatkan, dan minimnya informasi - informasi penting yang kurang tersebar.

Termasuk akan perihal inner strength.

Di tambah, banyak kesalahan persepsi yang kini mulai meresahkan, yakni perbandingan akan pola asuh jaman dahulu dan kini bertemunya dengan Gen Z. Meski begitu kesadaran yang harus di perhatikan para orang tua adalah adanya perkembangan jaman yang kini terjadi.

Dan poin penting yang harus di perhatikan adalah bagaimana kita (para orang tua) sadar dan mendukung penuh inner strength anak.

Dari cerita saya sebelumnya (cerita pada tulisan awal), saya sudah bercerita jika ternyata keluarga saya mendukung penuh akan aktivitas sang adik dalam bidang akademik maupun non akademik, termasuk juga orang tua si adik, yang biasa saya sapa dengan sebutan paman dan ibu.

Walau kita adalah seorang wanita. Saya yakin jika kita tetap bisa melakukan aktivitas olahraga, seperti sepak bola. Bahkan saya sendiri juga dulunya pernah sempat tanding pada acara Porseni Kabupaten.

Begitupun adik, ia terpilih dari sekolah untuk tanding di kabupaten lain untuk bermain sepak bola.

Dengan begitu membutuhkan skill agar dapat menjadi pemain sepak bola yang handal, sebagai generasi muda juga perlu memiliki suatu karakter yang kuat dan positif.

Contoh Inner Strength
Contoh Inner Strength

Melalui olah raga sepak bola, anak dapat mengembangkan berbagai kekuatan baik dari dalam diri (inner strength) seperti :

Berani

Siapa yang tidak mau jika anak menjadi pemberani di sekolahnya. Dengan mengikuti olah raga sepak bola ternyata dapat membuat anak menjadi sang pemberani. Hal ini terlihat dari keyakinannya yang gigih saat berlatih.

Bahkan, saya juga melihat pada tumbuh kembang adik, disaat saya datang ke sekolahnya dan mengamati sekitar. Ia termasuk seorang wanita yang pemberani, diantara teman - temannya.

Pemberani ini terlihat dari beberapa kegiatan positif yang ia lakukan. 

Bunda, tau kah jika dengan mensupport anak, kita juga harus yakin dan percaya akan inner strength pada anak tersebut. Itu akan membuat sang anak menjadi sosok pemberani, tidak takut pada kekalahan.

Percaya Diri

Mengikuti olah raga sepak bola juga dapat menjadikan sang anak menjadi lebih percaya diri, bisa saja ia akan tampil atau bermain di depan banyaknya orang.

Hal ini ternyata melatih sang anak agar untuk tetap bisa percaya diri dan berhasil menjadi juara.

Baik Hati

Dengan adanya inner strength yang di sadari oleh orang tua pada anaknya, jika di perhatikan maka anak akan tumbuh menjadi sosok baik hati.

Ini bisa saja jauh dari perkiraan, akan tetapi fakta lapangan benar adanya. Maka dari itu orang tua harus menyadari inner strength pada anak.

Tangguh

Dengan inner strength anak juga akan menjadi sosok yang tangguh. Tahukah bunda, ketika bunda ingin memahami mengenai inner strength anak, tanpa disadari anak akan menjadi sosok yang tangguh

Ke-empat hal ini, dilakukan saat berinteraksi dengan orang lain maupun pada diri sendiri.

Yang orang tua juga harus ketahui bahwa melalui kegiatan olahraga sepak bola adalah skill juga membutuhkan Karakter yang Kuat dan Positif, inilah yang dapat menjadikan sang anak sebagai pemain yang handal pada generasi muda.

Inner Strength Biskuat Academy 2022

Inner Strength Biskuat Academy 2022
Inner Strength Biskuat Academy 2022

Kekuatan baik dalam diri (inner strength) ternyata dapat disalurkan melalui olahraga sepak bola, secara spesifik dengan mengikuti kegiatan Sekolah Bola Online BISKUAT ACADEMY 2022.

Sebelumnya, apa yang terlintas di benak anda, ketika membaca tulisan 'Biskuat'?

Jika saya, jadi bernostalgia di masa SD, entah berapa belas tahun lalu. Namun saya memiliki ingatan tersendiri tentang biskuat.

Biskuat adalah jajanan favorit yang saya suka semasa sekolah dulu, sebuah kalimat yang tersimpan di benak adalah "Jika kita makan biskuat, kita akan kuat. Karena di dalam biskuat terdapat kalsium dan susu".

Bahkan, dulu suka banget simpan stok biskuat di sekolah dan di rumah.

BISKUAT merupakan salah satu brand unggulan Mondelez Internasional yang memiliki tujuan mulia atau yang disebut dengan purpose-led brand untuk menciptakan para #GenerasiTiger yakni anak - anak yang bukan hanya berprestasi akan tetapi juga memiliki inner strength yang tekah tercermun dari karakter positif sang anak tersebut.

Biskuat juga percaya akan setiap anak pasti memiliki suatu potensi yang tak terbatas dan melebihi dari apa yang telah terlihat. Pada umumnya, kekuatan sejati dan unik seorang anak terletak pada dalam diri mereka sendiri.

Selain prestasi pada bidang - bidang akademik, para orang tua juga harus mengetahui bahwa ternyata Biskuat juga senantiasa mendorong potensi dan pencapaian prestasi dari anak - anak Indonesia pada bidang olahraga loh, contohnya saja seperti sepak bola melalui sebuah program yakni yang bernama Biskuat Academy.

Banyak para orang tua dan kerabat terdekat di daerah saya yang kini jadi terinspirasi dengan video inspirasional Coach Aji.

Perjalanan Biskuat Academy

Mengulik lebih lanjut, ternyata, Biskuat Academy telah di ada sejak tahun 2019. Simak lintas perjalanan dari Biskuat Academy dari 2019 hingga 2022 yuk!

Biskuat Academy 2019

Pertama kali Biskuat Academy ada pada tahun 2019 dan di dukung oleh KEMENPORA (Kementerian Pemuda dan Olahraga). Karena Biskuat telah mendukung kekuatan baik dari dalam anak Indonesia.

Biskuat Academy 2020

Biskuat Academy 2020 mendukung pengembangan potensi anak indonesia agar memiliki 'kekuatan dari dalam' yang membentuk para generasi muda Indonesia yang berempati, sportif dan pantang menyerah.

Selain itu Biskuat juga mendukung akan perkembangan karakter sang anak agar lebih baik dan mendalami potensi anak pada situasi dan kondisi apa pun.²

Biskuat Academy 2021

Semakin berkembangnya Biskuat Academy sehingga beberapa Kementerian mendukung Program Biskuat Academy, beberapa Kementerian diantaranya ada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Biskuat Academy 2022

Dengan mengusung #GenerasiTiger Biskuat Academy 2022 percaya bahwa setiap anak memiliki kekuatan baik dari dalam yang penting untuk perkembangan masa depannya.

Biskuat juga mengajak para orang tua Indonesia untuk menciptakan #GenerasiTiger, sebagai generasi yang memiliki karakter yang Tangguh, pemberani, baik hati, dan percaya diri.³

Dengan ini BISKUAT ACADEMY 2022 membantu para orang tua untuk mendukung potensi anak melalui bidang non akademi, yakni seperti olahraga sepak bola dengan melihat BISKUAT ACADEMY sebagai wadah, peluang dan juga kesempatan terbaik yang harus di perhatikan dengan seksama.

Ayo jadi #GenerasiTiger di Biskuat Academy 2022

Ternyata, Biskuat Academy ini memiliki program Promo Konsumen BISKUAT "Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022".

"Program" yang dimaksud di selenggarakan oleh PT. Mondelez Indonesia Trading, yang berkedudukan di Jakarta.

Program ini merupakan suatu promo registrasi yang diberlakukan khusus untuk konsumen BISKUAT yang dapat mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy hanya dengan satu cara saja.

Yakni membeli produk BISKUAT dengan kemasan khusus, hanya dengan itu konsumen dapat berpartisipasi di Sekolah Online Biskuat Academy hingga dapat memenangkan kesempatan untuk menjadi finalis dan pemenang Grand Final Biskuat Academy.

Ikuti kelasnya dan dapatkan banyak kesempatan untuk memenangkan Latihan Tur di Stadion Bola Internasional.

Cara Ikut & Daftar

Berikut ini adalah informasi cara ikut dan daftar Biskuat Academy 2022, harap perhatikan dengan baik, dan ikuti setiap langkahnya.

Langkah 1

Beli Biskuat kemasan khusus

Untuk kemasan khusus, anda dapat membeli salah satu paket Biskuat (berlaku untuk semua rasa). Berikut varian kemasan khusus yang dapat anda beli:
  1. 1 Biskuat 1216 gram.
  2. 1 Biskuat 60,8 gram.
  3. 2 Biskuat 22,8 gram.
  4. 2 Biskuat 7,6 gram.
Lalu, temukan Kode Unik pada bagian belakang yang terdapat di kemasan.

Langkah 2

Daftar via whatsapp.

  • Silakan kirimkan pesan ke nomor Whatsapp 0812 1222 5919
  • Lalu, silakan ikuti instruksi Chatbot Biskuat di Whatsapp tersebut.

Step 3

  • Ikuti Biskuat Academy dan Menangkan Hadiah.
  • Memenangkan kesempatan tur ke Stadion  Bola Internasional dan mendapatkan hadiah - hadiah menarik lainnya.

Syarat dan ketentuan Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022 dapat anda lihat di www.biskuatacademy.com secara lengkap.

Untuk peserta yang turut ikut berpartisipasi dalam Program yang telah diselenggarakan ini wajib membaca, memahami dan mematuhi syarat - syarat dan ketentuan - ketentuan yang diuraikan.

Note : Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy

Sumber lainnya :
¹https://www.tonyrobbins.com/business/inner-strength/
²https://nova.grid.id/read/052415169/di-tengah-pandemi-biskuat-hadirkan-biskuat-academy-2020-untuk-sekolah-bola-online?page=all
³https://www.biskuatacademy.com/

Post a Comment for "Peduli Inner Strength Anak Menjadi pe-Sepak Bola bersama Biskuat Academy 2022"