Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ikut KPK Ke Rumah Baca Gunung Sinabung

Rumah Baca Sinabung
Rumah Baca Sinabung

Komunitas Penuh Keakraban (KPK) adalah suatu komunitas yang di bangun oleh para alumni MAN 3 Medan.

Lebih tepatnya, komunitas ini berdiri dari alumni ekskul Pramuka MAN 3 Medan.

Saya mengenal komunitas KPK (Komunitas Penuh Keakraban) dari salah seorang teman saya yang merupakan seorang pengurus dari komunitas tersebut.

Kami memanggilnya dengan sebutan Sony. Yaa, Sony namanya, teman kuliah saya. Ia mengajak kami (beberapa rekan kampus) untuk turut ikut serta bergabung ke RBS (Rumah Baca Sinabung).

Beberapa teman lainnya sudah pernah singgah ke tempat ini. Tetapi, saya baru kali ini ikut sekalian healing kalau kata orang - orang.

Jadi, komunitas ini mendirikan sebuah Rumah Baca yang di beri nama dengan Rumah Baca Sinabung An-Nahar Guru Kinayan Karo.

Setiap bulan atau beberapa bulan sekali KPK selalu berkunjung ke Rumah Baca Sinabung (RBS) untuk bersilaturahmi dengan warga Desa Guru Kinayan dan tentunya memberikan edukasi dan bermain dengan anak - anak dari Desa Guru Kinayan.

First Impression main ke RBS

Rumah Baca Sinabung
Bermain dengan salah satu anak RBS

First impression atau kesan pertama merupakan kesan pertama kali bertemu dengan orang lain, dan bagaimana caranya agar menyampaikan hal baik atau citra baik yang dapat di terima pertama kali.

Sebagai kesan pertama kali saya berkunjung kemari, saya tidak pernah berekspektasi apapun tentang desa ini. Akan tetapi, saya juga tidak membayangkan kalau ternyata penduduk setempat welcome banget.

Ini adalah pertama kalinya saya ke bawah kaki Gunung Sinabung. Saya cukup kaget, ternyata penduduk disini ramah - ramah betul, saya cukup terharu dan merasa beruntung di berikan pengalaman kesini.

Dan tidak dapat membayangkan bagaimana sempat terhalangnya rezeki mereka disaat meletusnya gunung merapi yang dikenal masih aktif ini.

Rumah Baca Sinabung, Desa Guru Kinayan
Si gadis manis dan ramah
Sayangnya, saya sedikit lupa dengan nama si adik manis, baik dan juga ramah ini. Dia bijak dan aktif banget, terlebih lagi kita baru sekali bertemu, tapi seperti sudah sering jumpa.

Dia juga mengajak saya bermain ke rumahnya. Dan mendengarkan aktkfitas dia saat bersekolah.

Hal yang dilakukan di RBS

Rumah Baca Sinabung
Rumah Baca Sinabung

Ada beberapa kegiatan yang kami lakukan disini. Kegiatan yang kami lakukan, seperti berikut:

1. Games / Bermain Game

Sebelum menuju ke Rumah Baca Sinabung (RBS) para tim dari Komunitas Penuh Keakraban (KPK) sudah berdiskusi dan rapat mengenai agenda acara apa saja yang akan di laksanakan.


Berhubung masih dalam rangka bulan Kemerdekaan, yakni bulan Agustus. Jadi, saya, rekan - rekan dan tim Komunitas Penuh Keakraban (KPK) membuat acara lomba untuk anak - anak di Desa Guru Kinayan, sembari merayakan 17-an.

Games yang di berikan juga beragam. Asal anak - anak dapat memberi manfaat dan membahagiakan anak - anak disini.

Karena saya dan beberapa teman lainnya ikut hanya untuk meramaikan, bermain, edukasi, sekaligus menikmati hijaunya alam.

2. Belajar & Membaca

Rumah Baca Sinabung
Antusias membaca dari anak - anak Desa Guru Kinayan di RBS

Rumah Baca Sinabung isinya persis seperti di perpustakaan. Perpustakaan mini yang di buat oleh Komunitas Penuh Keakraban (KPK).

Antusias membaca anak - anak di daerah ini juga cukup tinggi. Maka tidak heran jika para Komunitas Penuh Keakraban ini datang, mereka langsung berlari menuju Rumah Baca Sinabung dengan memasang raut wajah yang sangat gembira.

Hal ini saya akui, vibes kebahagiaan dari anak - anak disini benar - benar menular ke kita. Sehingga dapat mengembalikan mood menjadi bahagia juga.

Semangat membaca dari mereka juga tinggi, disetiap kita datang mereka juga menanyakan apakah ada buku baru atau tidak. Jadi mereka menanti akan hal semacam ini.
Note:
Bagi anda yang ingin donasi buku di Rumah Baca Sinabung ini sangat bisa. Bahkan sangat di tunggu loh, anda dapat menghubungi admin pada instagram @komunitaspenuhkeakraban Buku terbaru paling di nanti oleh adik - adik kecil di Desa ini.

3. Beribadah

Tidak lupa pula, bagi yang beragama Muslim, ikut sholat bersama disini. Karena terdapat Musholla tepat di samping Rumah Baca Sinabung.

Beberapa juga ada yang belajar mengaji loh.

Sesuai dengan namanya, Komunitas Penuh Keakraban. Keakraban yang di bangun bukan sekadar nama semata. Tetapi semua orang yang kenal dengan komunitas ini, akan dapat merasakan akrab dan hangatnya yang di bangun.

Post a Comment for "Ikut KPK Ke Rumah Baca Gunung Sinabung"