Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Eksotis Bonan Dolok Sumatera Utara

Bonan Dolok, Sianjur Mula - Mula

Bonan Dolok merupakan salah satu destinasi wisata Sumatera Utara yang paling berhasil memikat hati wisatawan bahkan pernah populer pada masanya loh.

Disebut dengan Bonan Dolok karena merupakan nama asli dari sebuah desa yaitu Bonan Dolok, Samosir.

Samosir memang selalu menampilkan keindahan - keindahan alam yang selalu membawa pengunjung untuk menarik dan bermain di alam. Salah satunya ya Bonan Dolok ini.

Tak perlu main jauh ke Sembalun Rinjani yang berada di Lombok, untuk melihat luasnya persawahan dan disekelilingi oleh gunung dan bukit (yang biasa disebut dengan bukit barisan).

Kini, di Samosir ada pemandangan yang persis mirip sekali dengan pemandangan di kaki gunung Rinjani tersebut. Dan yang pasti, untuk hasilnya ya tidak kalah jauh. Sama indahnya.


Pemandangan persawahan yang membentang hijau dan lebar memang tiada obatnya. Seperti di Bonan dolok ini nih.

Pada saat sedang viral - viralnya tempat ini, banyak sekali pengunjung yang nyasar lalu akhirnya menyerah, sebab begitu sulit untuk mencari titik temu lokasi.

Hal ini merupakan sebuah fakta yang benar saat di lapangan. Karena kami pun, hingga sampai tepat di titik lokasi, juga bertanya kepada warga sekitar.

Agar tidak kesasar juga, intip lokasinya yok!

Lokasi

Bonan Dolok
Bonan Dolok

Bonan Dolok adalah salah satu desa yang berada di Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Perjalanan dari Medan menuju daerah Bonan Dolok membutuhkan waktu sekitar 7 jam.

Titik lokasi tepatnya sangat sulit di cari di google maps. Tetapi untuk menuju Desa Bonan Dolok anda tentu saja bisa menggunakan Google maps, jika anda telah tiba di Desa Bonan Dolok Kecamatan Sianjur mula - mula, anda bisa menanyakan kepada warga setempat dimana tepatnya letak lokasi ini.


Lokasi ini hanya berada tepat di pinggir jalan. Tidak banyak pengunjung, tidak terlalu banyak kendaraan yang lewat, dan cukup sepi.

Jika anda ingin menuju ke lokasi ini, pastikan bahwa minyak kendaraan sudah terisi penuh, bawa minuman dan tidak kebelet ke kamar mandi. Karena anda akan sulit menemukan warung bahkan pom bensin.

Yang pasti, kesini tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Layaknya jalan umum yang memberikan pemandangan luar biasa indahnya.

Yang saya ingat, saat sebelum menuju lokasi ini, kita belok ke jalan yang bertemu dengan sekolah dasar, jalan yang di lalui pada saat itu cukup rusak, tapi tidak berkepanjangan, selebihnya ya tetap jalan beraspal mulus. Mungkin saja jalan rusak itu belum teraspal dan kemungkinan juga sekarang jalannya sudah bagus sehingga lebih mudah di lalui

Kata teman saya, yang hafal betul jalan menuju kemari, jika anda ingin mengunjungi bonan dolok lokasi ini tepat berada pada turunan dari Menara Pandang Tele.

View Lain Bonan Dolok
Bonan Dolok
Bonan dolok


Spot foto bukan hanya sekadar mengarah kepada luasnya sawa yang membentang dengan indahnya pemandangan bukit barisan Sumatera.

Anda juga dapat berfoto di tengah jalan seperti foto di atas dan juga di bawah ini.


Pemandangan tak kalah jauh menariknya. Masih sama memberikan pemandangan yang indah.

Lalu mendapatkan sebuah bunga liar yang tumbuh sembarangan sebagai properti foto, agar semakin ciamik.


Datang ke lokasi ini, yang paling benar ya datang bersama teman. Selain ada yang fotoin juga tersimpan memori bersama teman lainnya.


Terdapat Air Terjun

Konon katanya, di Bonan Dolok ini bukan hanya sekadar memperlihatkan luasnya persawahan yang indah saja loh. Ternyata juga terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Sitapigagan.

Air terjun Sitapigagan memang tidak begitu di kenal dengan luas, namun keindahan yang di tawarkan dari Desa Bonan Dolok ini wajib di kunjungi.

Fakta mengejutkan bahwa ternyata di Desa Bonan Dolok terdapat tiga air terjun dengan titik lokasi yang saling berdekatan. Namun di antara ketiganya, hanya air terjun Sitapigagan saja yang memiliki debit air yang cukup deras.

Sayangnya, karena kami baru turun dari Bukit holbung, dan dengan tujuan akhir kemari, kami tidak sempat lagi untuk singgah ke air terjun itu.

Tapi semoga next trip bisa sampai dan mendatangi air terjun tersebut.

Hayoo siapa nih yang pernah kesasar saat ingin singgah ke Bonan dolok?

Hingga saat ini, Bonan dolok masih memiliki keindahan yang menawan hati.

Satu pesan yang tidak akan pernah bosan terucap, yakni jaga lisan dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Post a Comment for "Pesona Eksotis Bonan Dolok Sumatera Utara"