Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

15 Peralatan Camping yang Wajib di Bawa

Peralatan Camping
15 Peralatan Camping

Tidak terasa akhirnya wekeend kini sudah tiba. Menghabiskan waktu untuk berkemah di alam adalah salah satu pilihan yang tepat untuk rehat dari kebisingan riuhnya perkotaan.

Berkemah boleh dilakukan kapan saja dan dengan siapa saja, bisa sendirian, mengajak pasangan, bersama teman - teman, atau berkemah sekeluarga di suatu tempat. Wahhh, ini sih asyik banget.

Untuk berkemah beberapa orang memilih berkemah di gunung, pantai, pinggir sungai, bukit dan lain - lain. Bagaimana dengan kamu? ingin camping dimana dan dengan siapa?

Untuk camping tentu saja kita harus mempersiapkan peralatan camping terlebih dulu. Dari sekian banyaknya peralatan camping.

Kira - kira apa saja ya yang perlu di bawa pada saat camping ya?

15 Peralatan Camping yang Wajib di Bawa

Pohonketelamenulis.com menuliskan lima belas peralatan camping yang wajib di bawa saat ingin pergi camping. Dan lima poin untuk peralatan memasak.

Berikut alat camping yang harus di bawa :

1. Tenda

Namanya juga berkemah, salah satu yang wajib di sediakan adalah tenda. Tidak lengkap rasanya mau berkemah jika tidak ada tenda, sejenak melepaskan kepenatan dan mulai merebahkan badan pada sebuah tenda.

Anda bisa memilih tenda dengan kapasitas orang tertentu, semua tergantung anda ingin berkemah dengan siapa dan berapa banyak orang.

Dan, jangan lupa untuk menyiapkan alas tenda agar ketika anda tertidur di dalam tenda tidak langsung merasakan dinginnya dasar tanah tersebut.

Alas tenda juga sangat berguna disaat musim hujan tiba, terlebih lagi disaat kondisi tanah basah dan berair.

2. Tas Carrier

Tas carrier atau yang sering disebut dengan tas gunung bagian nomor dua terpenting dari bagian yang paling wajib di bawa.

Memiliki ukuran yang cukup besar hingga dapat membawa banyak muatan, selain pakaian biasanya para pendaki atau yang ingin berkemah memilih tas carrier karena ukurannya yang besar dan muat segalanya.

Dimulai dari pakaian, peralatan camping seperti tenda, p3k, bahan pangan dan minuman, dan banyak lainnya. Semuanya muat hanya dalam satu tas saja.

3. Sleeping Bag

Sleeping bag atau kantong tidur yang mirip dengan kepompong ini sebagai penghangat tidur saat anda tidur di tenda.

Anda dapat memilih ketebalan sleeping bag sesuai dengan kebutuhan anda dan kuatnya suhu dari pergunungan tersebut.

4. Matras

Matras salah satu peralatan camping yang wajib di bawa namun sering terlupakan.

Matras sangat membantu saat di suatu tempat yang dingin, agar tidak tembus dinginnya ke badan saat tertidur.

Matras juga sering di gunakan sebagai tempat duduk untuk berkumpul atau sedang makan.

5. Senter & Headlamp

Beberapa orang yang ingin bercamping sering lupa untuk membawa senter sebagai penerang di malam hari.

Jika anda ingin camping di sebuah pegunungan tentu saja senter dan headlamp ini sangat di butuhkan, sebagai penerang jalan, sebuah kode, dan sebagai lampu tidur di sebuah tenda.

Jadi, pastikan jika anda ingin camping jangan lupa untuk menyediakan senter juga ya.

6. Baterai / Powebank

Mungkin terlihat sepele, namun faktanya baterai dan powerbank sangat di butuhkan saat sedang camping.

Baterai berfungsi untuk kebutuhan senter dan lainnya. Beberapa orang sering membawa baterai cadangan sebagai gantinya.

Sedang powerbank sebagai alat kebutuhan untuk mengecas barang tertentu, seperti smartphone, kipas, dll.

Karena jika anda sedang berada di dalam hutan, dan mengandalkan GPS pada sebuah gawai, namun gawai anda mengalami kehabisan baterai, maka powerbank ini sangat di butuhkan.

Baterai dan powerbank sangat membantu ketika ingin camping di hutan. Terlebih karena di dalam hutan tidak memiliki aliran listrik.

7. Kantong Plastik

Kemana pun anda pergi, walaupun ingin pergi camping. Tetap sedia membawa kantong plastik. Ini berguna untuk membawa pakaian kotor atau sampah plastik yang anda bawa untuk di bawa pulang kembali. Agar tidak mengotori tempat yang sudah anda kunjungi.

Kemana pun anda pergi tetap menjaga kebersihan lingkungan, dimulai dari tidak membuang sampah sembarangan.

8. Kaos Kaki

Kaos kaki di perlukan sebagai penghangat kaki ketika berada di tempat yang dingin. Jangan sepele akan alas kaki, karena pada kondisi dan keadaan tertentu anda dapat membutuhkannya. Paling tidak sudah siap sedia menyediakan kaos kaki sebagai penghangat kaki.

9. Pisau

Disaat pergi camping atau sedang hiking tentu saja anda membutuhkan pisau sebagai alat bantu selama camping berlangsung.

Pisau biasanya digunakan untuk memotong dedaunan dan kayu, menggali tanah, dan berjaga - jaga dari hewan buas.

10. Peralatan P3K

Sebagai seseorang yang sering main di alam, pasti pernah menemukan seseorang yang memiliki penyakit asma, maag atau permasalahan lambung. Tak jarang ada juga saat camping malah demam.

Ada baiknya, sebelum pergi camping anda harus menyiapkan obat - obatan atau kotak P3K di dalam carrier.

Beberapa hal kecil kadang terlihat sepele, dalam kondisi tertentu ini di butuhkan.

11.Sendal / Sepatu

Pergi camping anda bisa menggunakan sendal roll strap atau memakai sepatu. Sendal yang di maksud adalah sendal roll strap bukan sendal biasa yang anda pakai ketika berada di rumah dan ingin pergi ke warung.

Sendal roll strap memiliki gerigi pada bagian alas bawah, sehingga aman menapaki tanah walau sedang licin - licinnya.

Jika sandal roll strap banyak desain khusus pengguna laki - laki, sebetulnya sandal roll strap ini juga tersedia kok untuk wanita. Anda bisa mencarinya di toko offline atau toko online tertentu.

Begitupun dengan sepatu, anda bisa memilih untuk mengenakan sepatu gunung. Jika anda tidak memiliki sepatu gunung karena terlalu mahal. Anda masih dapat menggunakan sepatu biasa namun memiliki tapak yang bergerigi agar tidak licin saat di perjalanan.

12. Jaket & Baju Ganti

Karena kita tidak bisa memprediksi cuaca di suatu tempat maka harus mempersiapkan baju ganti.

Jaket tentu saja sangat di perlukan dan di gunakan pada sepanjang perjalanan, terlebih lagi jika anda ingin camping di pegunungan pasti akan memiliki suhu yang cukup 

13. Jas Hujan

Jas hujan merupakan salah satu peralatan yang wajib banget anda bawa. Sebagai alat pelindung diri ketika hujan tiba.

Ini sangat membantu anda agar terlindung dari hujan, pakaian san seluruh barang bawaan tetap aman.

14. Hammock

Hammock atau ayunan (tempat tidur gantung) jika diperlukan anda dapat membawanya. Beberapa orang membawa hammock untuk bersantai di luar ruangan.

Namun, anda tetap harus menyesuaikan jenis hammock sesuai dengan kebutuhan anda.

15. Peralatan Memasak

Setelah peralatan kemah, maka lanjut untuk peralatan memasak dan makanan. Namun, semua tergantung pada kebutuhan masing - masing

a. Kompor Portable & Gas

Kompor yang di maksud bukan kompor gas dan membawa gas LPG apalagi kompor dengan minyak lampu, Bukan! Bukan itu ya!

Kompor yang dimaksud melainkan kompor portable. Kompor portable ini banyak sekali jenisnya, semua tergantung dengan keperluan masing - masing.

Kompor portable juga memiliki ukuran yang mini, sehingga mudah di bawa kemana - mana atau disebut dengan travel friendly

Untuk menghidupkan kompor portable maka anda juga memerlukan gas mini portable, memiliki bentuk dengan ukuran yang mini dan berbentuk seperti tabung. Sebagai keamanan anda bisa membawa gas mini portable lebih dari dua, sesuai dengan berapa lama anda pergi camping.

Nesting juga di perlukan untuk memasak bahan pangan dan juga menghangatkan air.

b. Korek Api

Camping, kok harus bawa korek api? Buat apa?

Korek api banyak sekali keunggulannya. salah satunya untuk menghidupkan api unggun. Jadi, apapun kondisi lapangan di kedepannya anda harus tetap savety membawa korek api.

c. Piring, Gelas & Sendok

Pada tempat dan lokasi tertentu kita memang harus menyediakan piring dan sendok. Lain cerita kalau di hutan, alam pegunungan. Karena kita bisa menggunakan daun sebagai alas makan.

Tetapi, camping dimana pun anda. Harus bisa menyediakan piring, gelas dan juga sendok untuk kebutuhan diri masing - masing.

d. Logistik & Bahan Pangan

Logistik dan bahan pangan, beberapa orang yang ingin camping sehari biasanya hanya membawa popmie atau indomie. Dan beberapa makanan instan lainnya.

Namun berbeda jika camping berhari - hari yang memerlukan beras, sayur, bawang, cabai, daging, minyak dan beberapa logistik dan pangan lainnya.

Mereka memutuskan untuk masak di alam dengan kompor portable. Ini membantu dan berguna banget untuk mengganjal perut disaat lokasi sekitar tidak ada penduduk.

e. Termos

Karena di pegunungan sangat dingin sekali, tentu saja anda harus menyediakan termos dan mengisinya dengan air panas. Apalagi jika anda hanya membawa stok makanan instan yang memerlukan air panas, Termos ini berguna banget loh sobat travelling.

Jika anda pemula atau hanya sesekali ingin pergi camping atau berkemah di alam, dan tidak memiliki peralatan lengkap seperti di atas.

Kini anda tidak perlu repot - repot untuk membelinya, karena sudah banyak tersedia di toko - toko online maupun offline yang menyewakan peralatan camping.

Anda hanya perlu mencari dengan kata kunci, bisa melalui google atau sosial media, pada lokasi terdekatmu.

Hai, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga membantu dan bermanfaat untuk sobat travelling.

Post a Comment for "15 Peralatan Camping yang Wajib di Bawa"