Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

22 Oleh - Oleh Khas Aceh - Makanan, Minuman dan Aksesoris Aceh

Oleh oleh aceh
22 Oleh - oleh khas Aceh

Halo kerabat yang hobi jalan - jalan. Emang tidak lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke suatu tempat tidak membeli oleh - oleh. Apalagi jika tujuannya itu ada di Aceh. Kira - kira apa ya oleh - oleh khas Aceh yang bisa di coba?


Aceh di kenal dengan daerah wisata islami yang sangat mendunia namun bukan hanya wisata saja, tetapi juga oleh - oleh nya juga banyak banget yang populer.

Makanya jika anda pergi main ke aceh jangan lupa untuk membeli oleh - oleh khas Aceh.

Oleh - oleh yang di bawa buka sekedar aksesoris pakaian saja, tetapi bisa juga makanan dan juga minuman. 

Ayo intip oleh - oleh khas aceh yang telah di rangkum oleh penulis.

Makanan & Minuman Oleh oleh khas Aceh

Sudah berkunjung ke Aceh memang tidak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh - oleh khas Aceh untuk di bagikan ke sanak saudara. Jika belum pernah ke Daerah Istimewa Aceh, setidaknya oleh - olehnya sampai duluan tidak apa juga ya kan.

Berikut adalah oleh - oleh khas Aceh :

1. Kopi

Kopi Atjeh
Kopi Aceh yang akan siap di kelola

Aceh terkenal dengan cita rasa kopinya. Siapa nih yang kalau main ke Aceh suka beli atau nitip kopi ke temannya?

Pada setiap tempat yang berada di Daerah Aceh, cita rasa kopi yang di hasilkan juga berbeda loh. Ada kopi ulee kareng, kopi gayo, kopi takengon, kopi tangse. Dan banyak kopi lainnya.

Kalau saya sih, disetiap pulang ke kampung suka bikin kopi sendiri, punya resep sendiri secara turun temurun dari keluarga. tentu saja rasa yang di hasilnya juga berbeda dari yang lain, dan pasti dia lebih nikmat banget.

2. Kue Timphan

Kue timpan aceh
Timpan aceh

Timpan atau timphan adalah salah satu kue basah yang menjadi legendaris turun temurun di Aceh.

Kue timphan biasa di sajikan pada saat acara - acara besar. Namun kini anda juga dapat menemukannya di kedai - kedai makanan dan minuman. Karena disetiap harinya mereka akan selalu menjadikan kue timpan ini.

Timpan memiliki cita rasa yang berbeda dan nikmat, sehingga para pengunjung yang baru sangat menikmatinya.

Jika kamu penasaran bagaimana tata cara pembuatan kue timpan bisa klik link berikut untuk Cara Pembuatan Timpan dari berbagai rasa.

3. Kue Keukarah

Keukarah atau disebut juga dengan kue mie karang memiliki aroma khas Caramel, rasanya enak, rapuh, gurih dan bikin nagih.

Keukarah ini sangat banyak diserbu oleh orang - orang sebagai oleh- oleh untuk di bawa ke kampung halaman.

Keukarah juga sering ditemukan pada acara - acara besar, atau hari - hari besar lainnya.

4. Kue Bhoi

Kue bhoi biasanya di buat apa acara hajatan seperti khitanan atau acara kelahiran.

Kue bhoi ini di cetak dengan variasi gambar yang unik dan berbeda, seperti bentuk ikan, bunga, telur dan banyak ragam bentuknya.

Kue bhoi ini dapat anda temukan pada penyediaan oleh - oleh atau dapat di temukan di pasar.

Rasanya hampir mirip dengan bolu, memiliki ketahanan yang cukup awet hingga 1 bulan.

Jadi, kalau anda ingin membawa nya sebagai oleh - oleh tidak perlu takut. Karena kue bhoi ketahanan nya cukup untuk di bawa perjalanan jauh.

5. Kue Adee Kak Nah

Kue ade kak nah berada di Meureudu Kabupaten Pidie Jaya. Lokasi juga di pinggir jalan, jadi tidak terlalu sulit di cari.

Memiliki dua varian rasa yang berbeda. Variasi olahan tersebut adalah adee tepung yang di buat dengan menggunakan bahan dasar tepung terigu sedangkan yang satunya adee ubi yang menjadikan singkong sebagai bahan utamanya.

6. Pisang Sale

Jika bisa nostalgia, jika dulu sering naik bis. Pasti banyak banget tuh yang jual pisang sale ini. Di segala tempat tentunya pasti ada pisang sale.

Untuk harga 1/4 nya saja sekitar Rp. 15.000 Namun harga bisa berubah tergantung lokasi dan situasi daerah.

Lokasi juga berada di daerah Panton Labu tepat di pinggir jalan, bahkan banyak macam tersedia. Kita bisa bebas pilih mau bawa oleh - oleh apa.

7. Ikan Kayu

Ikan kayu memiliki sejarah kelam pada masa awal di temukan. Hal ini terjadi karena ikan kayu lahir pada masa aceh di landa perang yang tidak ada habisnya. Sehingga banyak rakyat yang mengalami krisis akan makanan.

Sehingga memunculkan sebuah gagasan ide untuk membuat ikan kayu. Ikan kayu ini berawal dari ikan tongkol segar yang di beri garam dan di jemur, sehingga menjadikannya awat dan tahan lama hingga dua tahun.

8. Bakpia Aceh

Bakpia Aceh yang berasal dari Sabang ini dikenal gurih, enak dan lembut. Bahkan yang menjadikan bakpia ini berbeda dari yang lainnya selain cita rasa, juga memiliki aroma yang khas.

Saking enaknya, bakpia ini sering di jadikan oleh - oleh bagi para pengunjung.

9. Dendeng Aceh

Dendeng khas Aceh ini sedikit berbeda. Karena Dendeng Aceh di buat dengan daging sapi atau daging rusa segar. Tentu dengan resep yang di pakai sudah turun temurun dari nenek moyang.

Menurut sejarah yang di dapat, dendeng Aceh berawal sudah ada pada zaman dahulu, yang kerap digunakan pelaut untuk menjadi makanan pengganjal perut di harinya ketika mengarungi samudra.

10. Dodol Aceh

Siapa yang tidak asing dengan dodol Aceh, dodol Aceh juga memiliki rasa yang nikmat dan berbeda dari yang lain. 

Sempat hampir meredup pasca pandemi, namun kini dodol Aceh tetap bisa nikmati di Kota ini.

11. Pliek U

Pliek U merupakan olahan dari buah kelapa yang di fermentasi dan di olah menjadi bumbu masakan Aceh.

Pliek u di ambil dari kelapa tua, karena dagingnya lebih tebal juga lebih terasa, lalu di jemur sepanjang hari hingga warna berubah menjadi kecokelatan.

Bukan hanya sebagai bumbu masakan, pliek u ini juga mantap disantap dengan buah - buahan muda yang kelat dan asam. Seperti buah rumbia, salak, mangga muda dan lainnya.

12. Kerupuk Kulit

Kerupuk kulit adalah produk makanan ringan yang terbuat dari sapi atau kerbau yang melalui proses tahap pembuangan bulu, pengembangan kulit, perebusan, pengeringan dan peredaman dengan bumbu untuk kulit mentah atau dilanjutkan penggorengan untuk kerupuk kulit siap di konsumsi.

Saat ini usaha pengolahan kerupuk kulit banyak terdapat di aceh. Anda akan dengan mudah mendapatkan oleh - oleh ini.

Kerupuk kulit Aceh memiliki ciri khas yang berbeda dari kerupuk kulit lainnya.

13. Emping Aceh

Emping Aceh salah satu makanan khas aceh yang terkenal dan banyak di produksi di kabupaten Pidie, Beureuneun.

Emping Pidie ini terkenal dari cita rasa yang khas dan berbeda dari yang lainnya.

Selain menjadi bahan camilan, Emping juga banyak di sajikan dalam makanan Aceh.

Aksesoris - Oleh oleh khas Aceh

Selain kuliner, rasanya memang kurang lengkap jika tidak mengoleksi aksesoris dari Aceh, sebagai pertanda bahwa anda pernah mengunjungi atau hanya sekadar hobi dan koleksi.

14. Kopiah Meukeutop

Kopiah Meukeutop Atjeh
Kopiah Meukeutop

Kopiah Meukeutop salah satu aksesoris khas Aceh, yang dikerjakan oleh pengrajin yang berasal dari aceh.

Pahlawan Indonesia asal Aceh, yaitu Teuku Umar menjadikan kopiah Meukeutop ini sebagai aksesoris favoritnya.

Selain dinamakan Meukeutop, banyak orang menyebut oleh oleh khas aceh ini dengan nama yang berbeda seperti kupiah tungkop. Karena terdapat tugu kupiah tungkop yang juga berada di daerah bernama Tungkop Pidie.

Kopiah meuteukop ini memiliki perpaduan 4 warna, yakni hitam, merah, hijau dan kuning.

15. Kopiah Riman

Kopiah riman aceh
Kopiah Riman


Selain Meuketutop, ada juga kopiah Riman loh.

Kopiah Riman ini berasal dari daerah Pidie dan dulunya sering di gunakan oleh para peringgi maupun bangsawan, khususnya yang berada di Pidie ini.

Bukan hanya di pakai solat saja, kopiah ini juga sering digunakan pada acara formal maupun non formal

16. Baju

Baju aceh
Baju sering di beli untuk oleh - oleh

Tak lengkap rasanya jika pergi ke Aceh tidak membeli oleh - oleh aksesoris berupa pakaian. Baju Aceh termasuk salah satu yang paling di cari dan diminati oleh pengunjung.

17. Tas/Dompet

Tas Atjeh
Tas Aceh

Dompet dan tas Aceh ini memiliki ciri khas motif dan corak yang ramai.

Tas dan dompet ini tersedia untuk segala usia ya. Dari tas anak - anak, tas dewasa, tas samping, tas ransel dan aneka tas lainnya. Tentu saja dengan motif khas aceh.

Tas yang di jual juga memiliki bahan yang cukup tebal  karena di rajut sendiri oleh pengrajin Aceh sehingga kualitas tetap aman dan terjaga.

18. Batik Aceh

Batik adalah salah satu icon Indonesia. Tidak hanya batik jawa, batik Aceh juga sudah ada sejak jaman kerajaan, pada abad 13 Masehi.

Hal ini di buktikan dengan berbagai macam batu nisan raja - raja Aceh tepatnya yang berbentuk batik.

19. Songket Aceh

kain songket Atjeh
Kain Songket Atjeh


Sebagai kain tradisional, songket Aceh diburu tidak hanya untuk keperluan koleksi pribadi saja, tetapi juga di beli untuk dimanfaatkan. Seperti kain songket pakaian, pakaian adat, hiasan meja atau taplak, hiasan dinding dan banyak bentuk lainnya.

Songket Aceh juga memiliki motif yang beraneka ragam, namun memiliki dominasi motif berwarna emas dan perak, sesuai dengan benang yang paling sering di gunakan.

20. Aksesoris lambang Pintu Aceh

Pinto Aceh merupakan salah satu motif perhiasan, awal mula di temukan oleh seorang seniman asal Aceh, yaitu Mahmud Ibrahim.

Dalam pembuatan karya, ia terinspirasi dari monumen peninggalan Raja Aceh, Iskandar Muda.


21. Rencong

Rencong Aceh
Rencong Atjeh

Rencong adalah salah satu senjata tradisional khas Daerah Istimewa Aceh. Bilah umumnya terbuat dari besi kuningan dan behulu serta bersarung tanduk kerbau.

Rencong aceh juga sering di jadikan sebagai oleh - oleh para pengunjung.

22. Sarung Aceh

Kain Sarung Aceh
Kain Sarung Atjeh

Ija kroeng atau kain sarung Aceh juga menjadi salah satu oleh - oleh dari Aceh yang paling banyak di minati.

Selain dapat di gunakan untuk beribadah, kain sarung juga dapat digunakan sebagai selimut.

Ija kroeng ini di buat dengan metode home made dan menggunakan kain katun seluruhnya sebagai bahan baku pembuatan.

Tidak lupa pula dengan motif - motif yang bikin menarik dan memikat hati.

Gimana nih, kerabat ketela sudah pernah main ke Aceh belum?

Jika sudah, sudah pernah bawa oleh - oleh apa saja tuh dari Aceh?

Nah, jika anda belum pernah ke Aceh boleh dijadikan tulisan sebagai bahan referensi anda jika suatu saat nanti pergi ke Aceh.

Post a Comment for "22 Oleh - Oleh Khas Aceh - Makanan, Minuman dan Aksesoris Aceh"