Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Bola - Bola Kentang Keju, Ide Cemilan Sehat untuk Anak

Bola Kentang Keju


Hai moms, kayanya penulis sudah lama banget nih tidak menulis resep makanan. Padahal lagi sering - seringnya banyak banget makanan yang di buat.

Bola kentang keju ini sebetulnya sudah lama tersimpan di dalam draft, mungkin sudah ada satu tahun lebih. Entah mengapa betah sekali dirinya di dalam draft tulisan. Hingga akhirnya hari ini penulis memutuskan untuk melanjutkan dan menyelesaikan resep masakan bola kentang keju.

Hai moms yang memiliki balita ataupun anak - anak di bawah 5 tahun. Kalau soal makanan pasti selalu berpikir keras ya untuk selalu membuat apa saja dengan segala kreasi hanya untuk seorang anak?

Beribu ide pasti akan keluar, agar si anak betah untuk makan dengan lahap tanpa perlu banyak drama.

Penulis sering banget nih pantau akun instagramnya Dwihanda atau yang dikenal dengan sebutan Mama Uwik.

Sudah tau dong yaa, influencer yang memiliki 2 orang anak yang sangat lucu, pintar dan menggemaskan itu. Siapa lagi kalau bukan Freya dan juga Illaya.

Penulis sering banget nih, bahkan tidak boleh absen sedikit pun dari postingan mama uwik, walaupun penulis belum menikah setidaknya bisa belajar parenting dari mama uwik. Emang suka banget lihat cara parentingnya dan juga emosionalnya mama uwik.

Begitu juga dengan resep dari Bola - bola kentang keju ini, penulis terinspirasi dari mama Uwik loh.

Makanan yang bisa dijadikan cemilan ini bukan hanya untuk anak - anak saja, tetapi untuk orang dewasa juga bisa.

Dijamin, jangan kan bayi ya. Penulis dan keluarga juga suka banget loh, benar - benar enak, gurih dan renyah banget ketika di makan. Apalagi isi dari kentangnya ada keju yang begitu lumer.

Para kerabat ketela harus coba sih resep bola - bola kentang yang satu ini.

Biar jangan kelamaan baca tulisan penulis, langsung saja kita lihat bahan - bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat bola - bola kentang keju.

Bahan :

  1. Kentang 2 buah
  2. Wortel baby 1 nuah
  3. 2 siung bawang putih
  4. Keju cheddar secukupnya
  5. Tepung terigu
  6. 1 buah telur
  7. Tepung roti / panir
  8. Garam dan kaldu jamur
Bagaimana? sepertinya untuk bahan - bahannya pasti sangat mudah dong untuk di temukan.

Jika para moms sudah memiliki ke - 8 bahan di atas, langsung saja kita ke cara memasaknya.

Cara Masak Bola - Bola Kentang Keju :

  1. Kukus kentang dan wortel yang sudah di potong - potong.
  2. Setelah di kukus di diamkan terlebih dahulu agar airnya turun dan kentangnya tidak basah
  3. Selanjutnya haluskan kentang dan parutkan wortel. Lalu di aduk dan di campur menjadi satu
  4. Tumis bawang putih yang sudah di cincang kecil berbentuk dadu. Jika sudah menimbulkan bau harum, lalu masukkan ke adonan kentang dan aduk kembali
  5. Tambahkan garam dan kaldu jamur secukupnya sesuai selera.
  6. Tambahkan tepung terigu 3 - 4 sendok makan (Boleh di lebihkan atau di kurangi tergantung tingkat ke-lembek-an si kentang.
  7. Kocok lepas telur pada mangkuk terpisah
  8. Siapkan juga tepung roti di mangkuk kecil lain untuk finishing biar cakep dan terlihat lebih krispi.
  9. Bulatkan adonan kentang, lalu bisa di penyetkan untuk menaruh keju di dalamnya. lalu bisa di bulatkan kembali.
  10. Masukkan kentang berisi keju dan di bulatkan ke telur sampai menyeluruh
  11. Jika sudah silakan angkat dan masukkan ke wadah tepung roti, lakukan berulang hingga rata dan menyeluruh.
  12. Sebagai tahap akhir, panaskan minyak pada api kecil, jangan sampai kepanasan, lebih sering untuk di bolak balik agar bola - bola kentang matang secara merata.
Bagaimana nih kerabat ketela? Ada yang sudah pernah mencobanya belum? atau baru mau mencoba?

Waah, cara memasaknya cukup simple dan mudah banget nih untuk di coba. Semoga para moms bisa mendapatkan inspirasi untuk si anak dengan cara memasak bola - bola kentang keju. Lebih sehat juga praktis kan moms.

Oh iya moms, untuk bola - bola kentang keju ini bisa juga di kreasikan dalam bentuk stik, caranya cukup sama, hanya berbeda pada bentukan saja. Selamat berkreasi para bunda.

Jika ada kerabat ketela yang mencoba resep di atas jangan lupa untuk share dan senggol penulis ya, boleh dari kolom komentar pada blog ini, dari twitter ataupun dari instagram.

Happy Reading dan Selamat Mencoba.

2 comments for "Resep Bola - Bola Kentang Keju, Ide Cemilan Sehat untuk Anak"

  1. Mbaaa kebetulan di rumahku lagi banyak kentang dan msh bingung mau dibikin apa selain SOP 😄. Kayaknya aku bikin cemilan sore gini ajalah.. toh ada keju juga.. lagi kepikiran ditambahin Mozarella dalamnya pasti enak juga Yaa 😍👍. Thank you resepnya mbaaa

    ReplyDelete
  2. kalo ada keju, pasti anak-anak ga akan nolak ya :D enak bangetttt

    ReplyDelete