Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Air Terjun Dua Warna Sibolangit : Lokasi, HTM dan Tour Guide

Lokasi Air Terjun Dua Warna
Air Terjun Dua Warna

Air Terjun Dua Warna merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Sibolangit Sumatera Utara.

Memiliki keelokan yang eksotis dengan menghadirkan dua warna yang berbeda. Menjadikan para wisatawan ingin mengunjunginya. 

Bukan hanya pengunjung lokal saja, non-lokal juga banyak sekali yang memilih perjalanan ke Air Terjun Dua Warna, Sibolangit.

Bahkan beberapa pengunjung Air Terjun Dua Warna ada juga loh yang bermalam di area ini, dengan mendirikan sebuah tenda.

Air Terjun 2 Warna Sibolangit

Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Air Terjun Dua Warna Sibolangit

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Dua Warna memiliki ketinggian sekitar 75 Meter atau 1270 mdpl. Dan memiliki dua warna yang berbeda, warna briu muda dan berwarna putih abu - abu.

Adanya Air terjun dua warna terbentuk akibat letusan dari gunung Sibayak 

Pada lokasi ini terdapat dua air terjun yang memiliki warna yang berbeda, disatu sisi memiliki air yang berwarna biru muda, disatu sisi lainnya berwarna putih abu - abu.

Lokasi

Lokasi Air Terjun Dua warna terletak di Desa Durin Sirugun, Kcematan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun ini, para penguunjung harus menempuh perjalanan sekitar 49 Km dari Kota Medan, atau sekitar 1 jam 30 menit untuk menaiki kendaraan.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki wilayah air terjun, para pengunjung diharuskan untuk membayar biaya restribusi terlebih dulu. Harga tiket masuk ke Air Terjun Dua Warna ini sangat bersahabat dan ramah banget kok di kantong mahasiswa yaitu sekitar Rp. 25.000 per orang.

Makanya tidak heran jika anda menemukan banyak sekali para pelajar menuju lokasi ini. Anda juga dapat menyewa seorang pemandu untuk menuju ke lokasi Air Terjun, dan tentu saja anda harus membayar jasa si pemandu tersebut.

Pemandu / Tour Guide

Jika anda memang tertarik mengunjungi lokasi wisata ini, ada baiknya anda menyewa seorang pemandu, ini berguna agar anda tidak tersesat saat di perjalanan. Dan juga dapat memastikan bahwa anda akan sampai dan kembali dengan selamat.

Untuk menuju dari pos ke air terjun dua warna ini, pastikan anda harus bersama pemandu ya. Tour Guide disini juga pada ramah dan baik banget kok. Ia juga akan menceritakan tentang Air Terjun Dua Warna ini, sedikit sejarah atau ceritanya mungkin akan anda ketahui.

Jika bisa aku kasih clue sedikit, arah pergi dan pulang pemandu akan memberikan arah jalan yang berbeda.

Untuk menuju ke Air terjun dua warna kita akan merasakan perjalanan yang lumayan jauh, kurang lebih hampir dua jam juga.

Namun berbeda dengan arah pulang, pemandu mengarahkan arah jalan pulang lebih cepat dari yang sebelumnya.

Akses

Perjalanan Menuju air Terjun Dua Warna Sibolangit, anda harus memasuki wilayah Bumper (Bumi Perkemahan). Jika anda sudah memasuki area Bumi Perkemahan tersebut, maka selanjutnya dari Bumi Perkemahan ini kalian jalan terus aja ya, sampai mentok ke ujung dan akan ketemu dengan salah satu pos.

Di pos itu kita akan melakukan transaksi biaya pendaftaran dan pembayaran, seperti penitipan sepeda motor, helm, pemandu dan lainnya.

Yang mau ke kamar mandi silakan dulu untuk buang air disini, karena selama perjalanan kamu akan sulit menemukannya.

Fasilitas

Untuk mengunjungi suatu lokasi wisata memang kita harus memperhatikan setiap fasilitas yang akan di berikan. Apalagi jika anda adalah pengunjung baru. Ini lah pentingnya cek dan ricek untuk menuju ke suatu tempat baru yang akan di kunjungi.

Namun, Jika anda memang tertarik untuk mengunjungi Air Terjun Dua Warna yang berada di Sibolangit sayangnya disini anda tidak akan mendapatkan fasilitas apapun, hanya ada tempat penitipan sepeda motor dan menyewa pemandu.

Disini juga diharapkan anda membawa bekal sendiri dari rumah, karena disini anda tidak akan mendapatkan warung atau orang yang berjualan makanan. Jadi pastikan anda sudah menyiapkan semuanya terlebih dulu sebelum berangkat ya.

Air Terjun Dua Warna di buka pada pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Keindahan Air Terjun 2 Warna

Pembahasan paling menarik adalah bercerita tentang keindahan alam di Air Terjun Dua Warna, Sekiranya apa saja sih yang menarik untuk di bahas pada Air Terjun Dua Warna ini ?

1. Air Terjun Dua Warna

Sebagai tempat tujuan yang paling utama. Dan benar air terjun ini memiliki dua warna yang berbeda, berwarna biru muda dan putih sedikit ke-abu -abuan. 

Keduanya sama memiliki keindahan tersendiri. Anda juga dapat berenang di area ini.

Namun yang bisa di hindari pastikan bahwa anda tidak meminum air di Air terjun ini. Karena air terjun ini telah bercampur dengan air belerang.

2. Spot Foto dengan Pemandangan yang Cantik

Spot Foto Cantik di Air Terjun Dua Warna Sibolangit
Air Terjun Dua Warna
Tidak lengkap rasanya jika sudah kemari tapi tidak ada dokumentasi. Spot Air Terjun berwarna biru ini menjadi salah satu icon yang paling favorit oleh banyaknya orang.

Penulis memang tidak mempunyai dokumentasi yang banyak jika soal perjalanan, karena kami semua sangat menikmati perjalanan dan keindahan alam.

3. Pemandangan Hutan

Pertengahan hutan menuju Air Terjun Dua Warna
Pertengahan hutan menuju Air Terjun Dua Warna
Pemandangan hutan menuju lokasi Air Terjun juga tak kalah menarik indahnya loh. Pepohonan besar dan menjulang tinggi semua terlihat eksotis.

Terdapat akar - akar dari pepohonan kayu. Disini kita juga saling bahu membahu, sebab sebuah treck perjalanan yang di lalui juga cukup menantang. Maka pastikan bahwa anda tidak pergi dengan sendirian.

Cerita Perjalanan Menuju Air Terjun Dua Warna

Perkuliahan dan alam memiliki sebuah cerita. Tulisan ini di tulis oleh penulis untuk mengabadikan kisah pertemanan semasa perkuliahan.

Tim Menuju ke Lokasi Air Terjun Dwi Warna
My Team

Aku ingin memberikan sebuah fakta tentang Air Terjun yang terkenal di Sibolangit ini. Jadi, Air Terjun ini pernah mengalami suatu kejadian bencana yang cukup besar. Yakni, air dari atas turun dengan sangat deras dan mengakibatkan banjir bandang di sepanjang Sibolangit.

Beberapa pengunjung ada yang menjadi korban akan kejadian ini. Rasanya, siapa yang tidak bersedih mendengar kabar duka ini bagi penduduk Sumatera Utara.

Begitu pun aku, jujur saja aku langsung terdiam mendengar kabar itu. Seluruh tubuh terdiam dan bergemetar. Ucapan syukur terlontar, sebab saat menuju kesana semua masih aman - aman saja. Masih mampu menikmati seluruh pemandangan yang disajikan oleh tuhan untuk kita jaga.

Track yang tidak mudah untuk di lalui emang nyata, berada di pertengahan hutan tanpa adanya warga sekitar. Mungkin ini salah satu alasan mengapa kita membutuhkan seorang pemandu.

Oke, langsung saja aku ingin membagikan sebuah cerita ku bersama teman - teman kuliah.

Aku yang sebelumnya adalah anak rumahan, bukan mengaku. Tetapi tanpa merantau mungkin aku tidak di beri izin untuk ikut kesana kemari, menghabiskan masa muda menikmati alam bersama teman - teman.

Aku suka banget sama Alam, menikmati alam. lebih tepatnya aku suka bermain di pegunungan. Rasa syukur dan semangat ku bertambah disaat tuhan mempertemukan aku dengan teman - teman kuliah yang juga memiliki hobi travelling.

Jadi, kami selalu melakukan perjalanan menjelajahi alam di Sumatera Utara pada saat setelah ujian semester selesai. Ibaratnya ini adalah bentuk relaks setelah penatnya menghadapi tugas dan banyaknya drama perkuliahan. Iya, semua berawal dari semester satu.

Air terjun Dua Warna adalah salah satu objek wisata yang pertama kali kami kunjungi, kecuali beberapa teman ku, karena mereka anak pramuka tentu saja mainannya di sibolangit.

Oh iya mipir sedikit, jadi Sibolangit itu tempatnya Bumi Perkemahan anak Pramuka. Ya jangan heran kalau disana banyak banget anak - anak pramuka yang sedang berkemah.
Air terjun dua warna
Para Wanita yang ikut ke Air Terjun dua warna
Kami sekitar ada delapan orang menuju kesini. Disitu, wanitanya hanya ada tiga orang, yaitu aku biasa disapa dengan putri, ada ainur dan ada witri.

Untuk teman lelaki, ada Sony yang pada saat itu kami tunjuk sebagai ketua dan membentuk sesuatu komunitas. Lalu ada rangga, zulfahmi, dan sagala. Ada satu orang lagi temannya sony, yang sering kami sapa dengan sebutan bang zee.

Kami semua adalah perantau yang berkuliah di medan. Kecuali soni dan bang zee, jadi mereka adalah pemandu kami dalam berwisata.

Sejak dari Air terjun Dua Warna itu juga kami sepakat membuat suatu komunitas yang kami sebut dengan CAC (Communication Adventure Community).

Suatu komunitas yang di dirikan oleh sekumpulan mahasiswa Ilmu komunikasi yang menyukai Petualangan di alam. Kurang lebih artinya yaa begitu.

"Ini adalah perjalanan pertamaku"

Bahagia banget gak ketulungan. Menuju lokasi ini emang benar - benar hutan belantara banget. Untuk pemula seperti ku yaaa sempat kaget sih engga, karena ini bukan pertama kali aku main di hutan.

Lelah pasti, tapi ini lebih banyak ke seru-nya. Hal baru yang aku coba. Seperti yang aku tulis di atas, menempuh perjalanan menuju Air Terjun ini kurang lebih sampai dua jam-an gitu. Kita melewati hutan dengan pepohonan yang sudah tua dan tinggi, terdengar suara monyet bersautan, aliran sungai berbatuan dengan air yang jernih banget bukan main woii.

Hingga akhirnya sampai di tempat, jujur aja rasa lelah langsung hilang disaat setelah sampai. Pemandangan terbayarkan. Kami mencari sebuah lapak untuk menaruh barang dan makanan.
View Air Terjun Dua Warna
View Air Terjun Dua Warna
Beberapa teman ku sudah mulai berenang di tepi air terjun ini. aku masih melihat mereka yang kegirangan bermain air.

Sampai akhirnya aku juga tertarik untuk masuk dan mulai mencoba merasakan air terjun ini, dan ternyata dinginnya bukan main bikin mengigil kedinginan.

Aku yang baru masuk langsung naik lagi. Karena memang sedingin itu airnya, segar banget emang tapi sayang tubuhku tidak bisa melawan dinginnya air dari aliran Air Terjun ini.

Tidak lupa kami juga mengabadikan beberapa dokumentasi foto dan video, sebagai kenang - kenangan dan moment kebersamaan.

Di akhir perjalanan, pemandu memberikan kami perjalanan pulang dari arah yang berbeda, jalan tidak sesulit yang dilalui seperti waktu pergi. Dan tentu lebih cepat sampainya juga. Mungkin sekitar satu jam setengah sudah sampai, pokoknya lebih cepat lagi deh.

Aku tidak memiliki banyak dokumentasi pada perjalanan ini, karena ini perjalanan yang kami lakukan pada tahun 2015 akhir.

Beberapa dokumentasi juga banyak yang hilang hingga hanya menyisakan beberapa dokumentasi.

Post a Comment for "Air Terjun Dua Warna Sibolangit : Lokasi, HTM dan Tour Guide"