Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar dan Dapat Ilmu Baru dengan Blogger Sumut

Blogger Sumut
Foto Bersama Blogger SUMUT


Sabtu, 26 Maret 2022 Blogger Sumatera Utara (Blogger Sumut) mengadakan kelas dengan tema Konten Asyik Digital di Media Sosial dan pembicara oleh kak Nurul Fauziah.

Kelas blogger ini adalah kelas pertama kali yang aku ikuti secara offline, saling tatap muka dengan para blogger baru, dan para member blogger Sumut lainnya. Walau bulan - bulan sebelumnya aku gagal bergabung dan tidak mengikuti kelas offline.

Tetapi tidak dengan kesempatan kali ini, aku datang dari Kota Kisaran menuju Medan hanya untuk mengikuti Kelas yang di adakan sebulan sekali oleh Blogger Sumatera Utara.

Kalau bicara niat, ya memang seniat itu agar bisa bergabung dengan Blogger Sumut. perjalanan menggunakan Kereta Api hanya menempuh waktu kurang lebih empat jam. Dan aku sudah terbiasa pulang pergi untuk ini semasa kuliah dulu.

Rasanya tidak afdal kalau sudah bergabung dengan blogger lainnya tetapi tidak bergabung dengan Komunitas Blogger daerah sendiri.

Singkat cerita, aku memang aktif memantau akun sosial media para komunitas Blogger. Karena kerja aku juga freelance, setidaknya disaat mereka mengadakan kelas online, aku selalu ikut untuk belajar dan menambah ilmu baru.

First Impression Bertemu dengan Blogger SUMUT yang aku dapat ketika aku bertemu dengan kakak - kakak blogger SUMUT ya tentu saja pasti happy dan bahagia banget, selama dua tahun ngeblog, setahun fokus di blog sampai akhirnya bergabung dengan beberapa komunitas blogger, tapi baru kali ini bergabung dengan blogger daerah khusus Sumatera Utara dan bertemu secara langsung.

Mengenal Blogger Sumatera Utara

FYI!!... Karena aku baru saja bergabung dengan Blogger Sumut ini, jadi aku masih belum banyak tau. Aku akan tulis sesuai dengan apa yang aku ketahui tentu dengan riset.
Blogger Sumut atau Blogger Sumatera Utara adalah suatu komunitas kumpulan para Blogger yang tersebar luas di daerah Provinsi Sumatera Utara. Adanya komunitas ini untuk menjalin silaturahmi antar blogger di daerah Sumut. Desy Zulfiani adalah salah satu pendiri di Blogger Sumatera Utara.

Jika kamu penasaran dan berkenan mengintip sosial media Blogger Sumut, bisa banget langsung klik sosmed di bawah ini ya :
Jika pernah mampir ke sosial medianya, Blogger Sumut ini juga aktif melakukan kegiatan bersih - bersih atau Gerakan Pungut Sampah di setiap hari minggu pagi.

Kegiatan

Selama kelas berlangsung, dengan Tema Konten Asyik Digital di Media Sosial kak Nurul Fauziah menjelaskan seperti kekuatan cerita di dalam konten tersebut. aku mencatat ada 4 kekuatan dari cerita, yakni ada :
  1. Konten dan konteks
  2. Tranmisi sosial
  3. Psikologi transaksi
  4. Kondrat Makhluk sosial
Selain itu, aku juga memiliki catatan tentang Meracik konten digital yang dijelaskan oleh kak Nurul Fauziah, diantaranya ada:
  1. Bukti sosial
  2. Eksklusif
  3. Siapa pembaca kita?
  4. Needs, desires & problems
  5. Tuliskan dalam bentuk features
Selain itu, sebagai penulis atau sebagai blogger yang tidak terlalu banyak berbicara, mungkin membagikan konten ke sosial media ada yang enggan, merasa masih malu dan tidak percaya diri. Mungkin kita juga seperti itu, kalau dalam bentuk video seperti dubbing ya.

Karena kita seorang Blogger, kita bisa memanfaatkan fitur caption atau story untuk mendongengkan atau menceritakan mengenai isi dari postingan tersebut.

Dengan cara dongeng atau bercerita ternyata ini adalah salah satu memancing para followers lain. Bahkan sebetulnya, itu yang dicari para followers.

Dan menurut aku beberapa pemaparan dari kak Nurul ini adalah ilmu baru yang aku pelajari, sesuai dengan hasil riset ku juga mengenai mendongeng atau bercerita pada suatu konten kita, itu memang mampu menarik atau memancing para followers, dan dari situ juga kita dapat mengetahui mana followers yang aktif dan juga yang tidak.

Setelah kelas ini selesai, aku juga mendapatkan ilmu lain, dan saling sharing dengan kakak - kakak Blogger Sumut lainnya, seperti membahas SEO, adsense, beauty blog, ya tidak jauh - jauh obrolin seputar blog.

Handmade natural soap
Handmade Natural Soap 

Di sisi lain, aku juga di bikin gagal fokus nih sama salah satu sabun yang super harum, ternyata itu adalah Handmade Natural Soap punya kak Desy Zulfiani. Natural soap ini ada beberapa varian dan aroma yang begitu wangi. Bahkan ada aroma kopi juga, tapi aslinya banyak varian aromanya kok.

Lokasi

Lokasi Kedai Sumatera Utara
Lokasi Kedai Sumatera

Lokasi pertemuan ini, diadakan di Kedai Sumatera. Lebih tepatnya berada di jln. Pasar 1 No. 48 Tanjung Sari Medan.

Sedikit bocoran mengenai Kedai Sumatera ini, ternyata Kedai Sumatera adalah salah satu kedai kopi kekinian, kopi asli yang tersebar luas di Sumatera Utara dan dikelola sendiri.

Pecinta Kopi sepertinya wajib deh main kemari, kalau bisa silakan ajakin teman - teman yang lain, karena kedai Sumatera ini cocok banget untuk nongkrong juga tempat diskusi bareng loh.

Beberapa tempat aku melihat banyak sekali tumpukan dan rak buku. Jadi kedai Sumatera ini juga mendukung para pengunjung untuk meningkatkan literasi membaca juga.

Pada acara sedang berlangsung, aku memesan minuman kopi latte dingin. Ada yang membuat aku terkejut, karena rasa kopinya benar - benar terasa, gula yang ada di kopi juga cuma sedikit, jadi pahit dari kopinya lebih terasa dan nikmat. Aku belum pernah merasakan kopi latte yang takaran gulanya lebih sedikit, ini menjadi nilai plus dari aku kepada Kedai Sumatera ini. Karena aku pun lebih suka kopi yang lebih terasa pahit dan tidak banyak gulanya, sehingga bikin rasa kopi menjadi terlalu manis.

1 comment for "Belajar dan Dapat Ilmu Baru dengan Blogger Sumut"

  1. Wah aku jd nyesel gak pesen kopinya, yg terkenang malah Mi ayamnya wkwkw, makasi udah diulas semoga bermanfaat yaaa😍

    ReplyDelete