Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melek Aset Kreatif di Dunia Digital Bersama KreatifHub

Haloo kerabat ketela, pernah mendengar kata aset kreatif, melek dunia ditigal atau kata freelance? Sepertinya, sudah tidak asing lagi ya?

Di era modern yang serba digital. Kini, kita harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan yang sudah tersedia, dipaksa melek media untuk menarik perhatian. Kalau sepele ya pasti kita akan tertinggal, orang lain sudah maju dan berkembang, eh kamu masih stay begitu saja.



Banyak aplikasi, sebuah situs online, marketplace dan lainnya untuk mendukung seorang freelance dan seorang konten kreator dengan cara mem-branding dirinya, sehingga mendatangkan sebuah job.

Namun, saya mau kenalin nih, salah satu platform yang dapat mendukung para freelance kreatif untuk bergabung dalam industri kreatif Indonesia. Sebelum itu mari kita simak terlebih dahulu, apa itu aset kreatif.

Apa itu Aset Kreatif?

Menurut KBBI, Aset memiliki makna yaitu sesuatu yang mempunyai nilai tukar. Sedangkan kreatif menurut KBBI memiliki kemampuan untuk menciptakan atau daya cipta yang memiliki tujuan pekerjaan yang menghendaki kecerdasan dan imajinasi.

Jadi, jika disatukan, menurut pohonketelamenulis.com aset kreatif adalah suatu pekerjaan yang memliki ide kreatif dan imajinatif sehingga memiliki nilai jual/tukar.

Kenapa Harus Melek Aset Kreatif?

Jika pertanyaan diawali oleh kenapa? maka jawabannya adalah karena! Melek akan aset kreatif berarti kamu dapat membangun dirimu sendiri untuk terus berkembang, mampu beradaptasi pada dunia digital. Terus, kenapa harus melek aset kreatif? Apa mendapatkan kelebihan? Saya menuliskan beberapa point yang kita dapatkan jika kita melek aset kreatif.
  1. Branding diri
  2. Passive income
  3. Turut Membantu dalam Membangun Ekonomi Negara
Dari ketiga point diatas, banyak para konten kreator yang memanfaatkan media digital sebagai wadah pengembangan diri dengan cara mem-branding-kan diri dengan membuat konten - konten kreatif.

Mungkin kita pernah mengatakan "Wahh, gila ada - ada saja ide gilanya dia". Ada yang pernah? saya pernah! Salah satu seorang youtuber muda yakni Alffy Rev. Sepasang yang terbilang dengan usia yang cukup muda, memiliki ide liar dan gila. Namun ide mereka tentu tidak sia - sia, walau sempat ada yang tidak percaya dengan ide gila yang mereka ciptakan, namun bukankah karya mereka mendunia? Setiap konten yang dia ciptakan selalu tak pernah lepas dari unsur budaya.

Content creator lainnya seperti sisca kohl? Tentu kita semua mengenali konten kreator yang satu ini kan? Konten yang ia miliki juga memiliki niche tersendiri, yakni tentang makanan dengan jargon "Mari kita coba" Apa sempat kepikiran nasi padang dijadikan es cream? Huhu, tidak. Dengan begitulah cara mereka membrandingkan diri mereka di sosial media.

Dari mem-branding-kan diri dengan cara membuat konten kreatif atau melakukan pemasaran maka akan mendatangkan income untuk kita. Sehingga kita pun dapat turut ikut serta membantu dalam membangun perekonomian negara.

Dengan kita membuat konten kreatif, kita akan mendapatkan banyak sekali kelebihan, seperti menarik perhatian pengunjung untuk sekadar mampir dan singgah di profil kita, melihat postingan lalu meninggalkan jejak seperti komentar ataupun like.

Inilah pentingnya kita melek media dan memanfaatkan aset kreatif sebagai seorang freelancer dan content creator. Media itu sangat kuat, bahkan dapat mempertemukan kita dengan suatu brand ternama. Maka gunakanlah media sebaik - baiknya, carilah yang bermanfaat dan bisa menghasilkan, bukan hanya bisa menghabiskan, menghamburkan dan membuang waktumu secara sia - sia, apa lagi stalking-in dia, Maaf.

Terlebih lagi, di era sekarang. Banyak sekali perusahaan ataupun marketplace yang mencari seorang freelancer, talent dan content creator. Sehingga suatu platform tertentu menyediakan jasa yang melibatkan para profesional dan talenta kreatif dalam Industri Kreatif Indonesia salah satunya adalah Kreatifhub.

Pohonketelamenulis.com juga merekomendasikan untuk teman - teman yang memiliki keahlian dalam bidang menulis, fotografi, videografi, editor, desain, animasi dan lainnya.

Tentu saja kreatifhub memiliki peluang besar untuk kamu dalam mengembangkan keahlian yang kamu miliki, jika kamu memasang jasa, karena nanti akan ada seseorang yang datang dan memakai jasa kamu. Bagaimana? Pastikan kalau kamu tertarik untuk bergabung di kreatifhub.

Kenapa Kreatifhub?

  1. Wadah atau rumah bagi para Freelancer memasang Jasa sesuai dengan bidang dan keahlian
  2. Tempat berkumpulnya para talent profesional dan kreatif
  3. Memiliki fitur chat, sehingga memudahkan komunikasi antara freelancer dan client.
  4. Memiliki fitur kerja yang cukup mudah
  5. Bisa Work From Home, Kerja lebih mudah
Itulah alasan, kenapa saya menyarankan kamu untuk ikut bergabung dengan marketplace kratifhub.

Nah, jika anda adalah seorang freelancer dan memiliki jasa, cocok banget nih bergabung dengan KreatifHub. Di kreatifhub sendiri, saya sudah lama memfolow instagram mereka. selalu mengikuti dan melihat terus perkembangan, dan saya juga pernah menghadiri acara webinar atau event yang diadakan oleh kretifhub yakni Memanfaatkan Platform Digital untuk Freelancer pada 9 Juli lalu, dan pada tanggal 5 Juli jugalah saya mencoba bergabung di platform yang mereka ciptakan di kreatifhub.

Saya semakin tertarik nih, untuk merekomendasikan kalian, betapa besarnya peluang yang ada di Kreatifhub. Saya akan sharing sedikit mengenai kretifhub, agar ketika kalian membaca ini, kalian juga dapat megenali dan mana tau jadi tertarik untuk bergabung.

Kreatifhub ini adalah sebuah platform networking yang akan menghubungkan dan melibatkan para profesional dengan talenta kreatif dalam industri kreatif Indonesia. Kreatifhub juga dikenal sebagai wadah untuk para jasa dan freelancer. Dengan menyediakan berbagai jasa freelancer profesional di Kreatifhub sehinggabegitu mudah ditemukan.

Sebagai freelancer, jasa apa saja sih yang bisa kita temukan di Kreatifhub ini? Jasa freelancer kreatifhub sebagai berikut:
  • Fotografi
  • Videografi
  • Desain
  • Writing
  • Animasi 
  • Music dan Video
Apakah kamu salah satunya yang memiliki keahlian seperti diatas? Mungkin kamu bisa nih bergabung di Kreatifhub, memasarkan keahlian kamu dan menambah project baru. Kalau saya tentu mendaftar jasa writing, sebagai seorang blogger dan juga freelance writer tentu tidak jauh dari kepenulisan bukan? 

Cara Daftar Jasa Freelancer KreatifHub

1. Sebagai langkah awal, silakan masuk ke situs https://www.kreatifhub.com/Kreatifhub 

2. Silakan pilih "jadi freelancer" atau "daftar" pada bagian pojok kiri atas

3. Setelah kamu melakukan langkah ke-2, maka selanjutnya kamu akan diberikan 3 pilihan, yakni buat akun berdasarkan kebutuhan kamu. Ketiga pilihan akun tersebut ada akun personal, akun profesional dan juga akun bisnis. Yang membedakan ketiga akun tersebut apa? setiap akun yang dipilih memiliki kelebihan sendiri, maka dari itu sesuaikan dengan kebutuhan yang kamu miliki

4. Kamu akan diarahkan pada laman selanjutnya, yakni mengisi nama, email, nomor hp, kategori dan lokasi dan ikuti langkah - langnya sehingga kamu memasuki laman profil kreatifhub.

5. Langkah selanjutnya, jika kamu sudah memasuki laman marketplace, kamu bisa klik nama kamu yang ada dibagian pojok kiri atas

6. Lalu pilih "Jasa saya", selanjutnya "tambahkan jasa" lalu ikuti langkah - langkah yang ada 5 langkah tersebut. 

7. Jika sudah selesai, jasa anda akan melalui proses kratifhub terlebih dahulu.

Bagaimana? Sudahkan anda melek aset kreatif hari ini? Dengan memanfaatkan banyak fitur yang tersedia. Kreatifhub adalah salah satu wadah sebagai seorang content creator / blogger seperti kita, tentu kerja juga lebih mudah.

18 comments for "Melek Aset Kreatif di Dunia Digital Bersama KreatifHub"

  1. Wah ternyata ada fungsi lain dari media sosial ya kak, saya baru tau selama ini saya Menggunakan media sosial hanya untuk hiburan semata gak kepikiran buat pasif income

    ReplyDelete
  2. Waaw, baru tau informasi tempat branding terbaru untuk freelance, thanks informasinya kak, lengkap juga

    ReplyDelete
  3. wah, peluang baru nih untuk mendapat side job dan penghasilan. sayang ya untuk jasa ilustrasi gak masuk, tapi lewat desain bisa mungkin ya. harus ngulik nih yang masuk kategori desain apa aja. soalnya kan banyak, desain grafis kah? interior kah atau media lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yapp bener. Ilustrasi bisa masuk kok, itu hanya garis besarnya saja, nanti akan ada pembagiannya lagi

      Delete
  4. Wah baru tahu aku tentang kreatifhub ini
    Jadi pengen gabung
    Makasih da sharing ya kak

    ReplyDelete
  5. Makasih informasi nya mba, boleh nih dicoba untuk jasa menulis walaupun kemampuan saya rasanya belum. Handal

    ReplyDelete
  6. Wah ada platform baru lagi nih untuk freelancer. Makasih ya infonya.

    ReplyDelete
  7. Wah ada sumber aset digital baru lagi nih. Kreatifhub. Saya baru tahu. jelas, saya pingin join...

    ReplyDelete
  8. Branding diri ini susah2 gampang ya kak. Aku aja sampe skrg blm menemukan branding yg tepat buat ku. Jadi pgn daftar juga nih di kreatifhub. Semoga pilihanku jd kreator konten mkn bersinar di tahun ini.

    ReplyDelete
  9. baru dengar saya tentang kreatifhub ini, terimakasih banyak ya infonya

    saya akan coba ikutan gabung di marketplace ini, semoga ada rezekinya juga di web ini

    ReplyDelete
  10. Wahh artikelnya relate banget nih sama artikel terbaru saya. KreatifHub ini bisa jadi salah satu ladang untuk cari job juga yaa, otw daftar semoga ada rejekinya disitu
    Terima kasih kak sudah sharing

    ReplyDelete
  11. Penting nih melek aset digital utk membranding diri kita sbg content creator dan blogger ya kak. Aku baru tau ada KreatifHub, cuss nanti langsung aku cobain bisa jadi job side juga nih kak

    ReplyDelete
  12. Dunia konten kreatif sekarang memang benar-benar lagi booming yaa. Bahkan penghasilannya bisa benar-benar banyak kalau sudah punya branding dan namanya sendiri. Makanya banyak banget sekarang yang mulai menjajal bidang itu

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu kalau ada platform bagi freelancer seperti KreatifHub ini. Kalau lihat apa yang dibahas, banyak sekali cakupan pilihan freelancer di paltform ini. Makasih, Kak.

    ReplyDelete
  14. baca ini langsung waahh, relate nih, aku sendiri udh labelin segala macam sosmed, blog dan akun digital sebagai asset digital, karena bisa dimanfaatin buat sumber penghasilan produktif, menarik nih join di kreatif hub yaa bisa memperluas peluang kerjasama para content creator

    ReplyDelete
  15. Menarik nih.. sekarang makin banyak wadah penghubung sepeti ini.. :) semoga makin jaya freelancer indonesia yaa

    ReplyDelete
  16. Dulu nggak kebayang saya bisa terjun di dunia digital dan per-blogging-an. Kadang saya ngebayangin, jaman nanti anakku besar bakalan semaju apa lagi ya dunia ini? Sekarang aja makin banyak wadah platform yang menghubungkan pekerja kreatif dengan industri kerja, dan ini saling ngebantu banget. Makin maju pastinya.

    ReplyDelete
  17. Makin ke sini makin banyak tempat untuk para content creator, ya. Selain itu, kita juga semakin 'dituntut' kreatif biar penuh warna dalam karya.

    ReplyDelete