Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Review dan Sinopsis Pengabdi Setan 2017 - Sekte Pemuja Setan

Source : Instagram Pengabdi Setan
"Di... kesunyian malam ini"
Hayooo, siapa yang bacanya sambil nyanyi? Emangnya masih ingat nadanya gimana? coba di ingat - ingat lalu sambil nyanyikan hihi.

Yang saya ingat, film ini begitu mendunia sekali, dan terdapat beberapa fakta nyata di depan mata saya saat saya menonton film ini di bioskop seperti beberapa orang yang saya kenal, yaitu rekan - rekan saya berkali - kali menonton film ini di bioskop. Padahal, dapat dikatakan aslinya mereka adalah orang - orang yang penakut. Tetapi selalu merasa tertantang ketika melihat film ini. Ataauu, kalian ada melakukan hal yang sama juga?

Berikut adalah ulasan - ulasan singkat mengenai film Pengabdi Setan, yang perlu kamu ketahui:

Sutradara Joko Anwar
Produser Sunil Samtani
Gope T. Samtani
Priya N.K
Penulis Joko Anwar
Didasarkan dari Pengabdi Setan (Film 1980)
Pemeran Tara Basro
Dimas Aditya
Endy Arfian
Ayu Laksmi
Bront Palarae
Nasar Anuz
Elly D. Luthan
Arswendi Nasution
Egi Fedly
M. Adhiyat
Fachri Albar
Asmara Abigail
Penata Musik Aghi Narottama
Bemby Gusti
Tony Merle
Sinematografer Ical Tanjung
Penyunting Arifin Cu'unk
Perusahaan Produksi Rapi Films
CJ Entertainment
Iflix
Paramount Pictures
Distributor Disney + Hotsar
Tanggal Rilis 28 September 2017
Durasi 107 Menit
Negara Indonesia

Sinopsis Film Pengabdi Setan

Ibu yang diperankan oleh (Ayu Laksmi) mengalami sakit yang aneh selama 3 tahun berturut - turut, sedangkan Rini (Tara Basro) harus rela menghabiskan masa depannya dan berjuang untuk terus mencari biaya pengobatan ibu.

Hingga akhirnya ibu meninggal dunia. Lalu bapak yang diperankan oleh (Bront Palarae) memutuskan untuk bekerja diluar kota dan meninggalkan anak - anaknya.

Kini Rini yang menjadi kepala keluarga untuk mengurus ke - tiga adik - adiknya tersebut.

Toni anak kedua yang diperankan oleh (Endy Arfian) secara diam - diam menjual barang - barang berharga miliknya, agar bisa membeli makanan untuk keluarga dan adik - adiknya, sekadar membantu untuk meringankan kakaknya.

Tiba saat bondi pulang sekolah, ternyata bondi menemukan nenek telah meninggal di sumur. 

Rini menemukan sebuah surat yang akan dikirim nenek kepada kerabatnya di daerah kota. Yaitu kepada Budiman Syailendra (Egy Fedly) kerabat dekat nenek semasa sekolahnya.

Rini menemui pak budiman dibantu dengan Hendra (Dimas Aditya) sebagai anaknya pak ustad. Disana Rini menerima penjelasan oleh bapak Budiman, dan ia memberikan buku tulisannya kepada Rini. Namun Rini tetap saja tidak percaya dan merasa bahwa itu adalah tahayul.

Hingga tak lama kemudian, anak - anak merasa bahwa sosok Ibu kembali lagi hadir dan berada dirumah. Dimulai dari bunyi lonceng yang kembali terdengar, siaran radio juga album - album yang berganti dengan lagu - lagunya Ibu.

Disini lah hal - hal aneh dimulai seketika situsasi terasa semakin mencekam, ternyata sosok Ibu benar - benar datang bukan hanya sekedar menjenguk, namun untuk menjemput mereka.


Fakta Menarik Film Pengabdi Setan

Berikut fakta menarik yang terdapat pada film pengabdi setan yang harus kamu ketahui :

1. Ditonton oleh 4juta lebih Penonton


Fakta pertama yang telah dilansir pada laman wikipedia, film Pengabdi Setan karya Joko Anwar ini telah ditonton oleh 4.000.000 lebih penonton di Bioskop.

Dengan durasi waktu 107 menit, film ini menjadi film dengan penonton terbanyak di tahun 2017.

2. Meraih Banyak Penghargaan

Source : Instagram Pengabdi Setan

Film ini meraih banyak sekali penghargaan seperti pada Festifal Film Indonesia 2017 yang masuk ke dalam 13 Nominasi Piala Citra 2017 dan tujuh penghargaan lainnya.

Pada tahun 2018, di luar negeri. Film Pengabdi Setan ini dinobatkan sebagai film horor terseram di Popcorn Frights Film Festival Florida pada 2018.

Penghargaan lainnya, ditahun yang sama. Film Pengabdi Setan juga berhasil memenangkan dua kategori yaitu Best Horor Film dan Most Scary Film di Toronto After Dark Film Festival 2018.
Source : Instagram Pengabdi Setan

Dimana Toronto After Dark Film Festivel adalah penghargaan untuk genre film horor, sci-fi, aksi dan juga kultus yang selalu di adakan setiap tahunnya yang di mulai dari tahun 2006 di Toronto, Ontario dan Kanada.

Festival film ini pun menampilkan beragam pilihan film - film panjang dan juga pendek dari seluruh dunia.

3. Tayang di Luar Negeri

Seperti penjelasan yang terdapat di point sebelumnya, Film ini bukan cuma tayang di Indonesia saja. Melainkan film ini juga ditayangkan di luar negeri juga, beberapa diantaranya adalah Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Taiwan dan Juga Spanyol.

4. Film yang di Remake pada Tahun 1980

Pengabdi Setan yang hadir pada tahun 2017 adalah film yang telah di-remake dari Pengabdi Setan versi orisinal (1980).

Joko Anwar tertarik untuk me-remake film ini namun tidak menghilangkan gaya atau tradisi yang di dapat pada film 2017 ini. Seperti model rambut, kendaraan dan juga rumah.

Lonceng dan Ibu

Source Google
Jika seseorang mengatakan apa yang kamu ingat dari film Pengabdi Setan?
Kalau saya, tentu saja saya mengatakan "lonceng" dan juga "ibu" sepertinya sudah cukup terwakilkan, seperti kata kunci yang sudah melekat dalam ingatan.

Pada film pengabdi setan ini, tentu saja kita sangat tidak asing lagi ketika mendengar kata "Ibu" dan juga "Lonceng". Kedua kata ini adalah ciri khas dari film tersebut, namun lebih terpadu pada kata "lonceng". Bunyi lonceng pun terekam jelas di ingatan bukan?

"lonceng" adalah simbol dari sang ibu untuk memanggil anak - anaknya. Dikarenakan kondisi ibu yang tidak bisa bangkit dan sulit untuk berbicara.

Dan, lonceng juga menjadi salah satu icon yang diambil untuk gambar poster dari pengabdi setan.

Terdapat Opini Gambar yang menyeramkan

Kalau menurut saya pribadi mungkin tidak ada seram - seramnya sama sekali. Namun beberapa cuplikan disini memang sangat mencuri perhatian, seperti :
Source : Instagram Pengabdi Setan
  • Baju ibu, ketika diawal melihat dan dipertemukan dengan sosok ibu yang berbaring, ibu mengenakan baju putih panjang, dengan rambut tergurai. Yang ada dipikiran kita, jika seseorang yang memakai seperti itu berarti itu adalah setan atau jin. Hal ini adalah salah satu yang menjadi pusat perhatian hingga menimbulkan benih pertanyaan "Emangnya harus ya ibunya pakai baju putih seperti itu?". Namun, dapat dikatakan berarti film ini cukup berhasil menarik perhatian.
  • Kehadiran si bungsu yang menutupi dirinya memakai kain selimut tiba - tibas saja berdiri di samping bondu, ketika bondi yang tidak bisa tidur dan terbangun melihat ke arah jendela. dimana arah jendela terdapat pemandangan yang cukup menakutkan yaitu tempat peristirahatan terakhir alis pemakaman.
Source : Kumparan.com
  • Gambar wajah dari Ibu dan jenis - jenis hantu lainnya yang tersorot dengan jelas.

Melalaikan Ibadah

Pelan - pelan, film ini juga menceritakan tentang ibadah. Disaat ibu dimakamkan, bapak bertemu dengan seorang ustad yang baru saja pindah ke desa mereka. Bapak mengakui dan berkata secara terang - terangan bahwa mereka tidak pernah sholat.
Source : Cnn Indonesia

Si teman nenek, Budiman Syailendra (Egy Fedly) juga mengatakan bahwa selama ini sang Ibu berdoa dan menyebah bukan kepada tuhan, melainkan kepada iblis untuk meminta bantuan atau pertolongan agar bisa mendapatkan seorang anak, dan bergabung dengan sekte - sekte penyembah iblis.

Ustad kembali datang kerumah, dan memeriksa seluruh isi rumah dan mengatakan bahwa;

"kalian masih ingat sholat? jika masih sholatlah"

Yaaa, point disini kita di ingatkan lagi untuk beribadah, berdoa dan menyembah kepada tuhan saja. Bukan kepada jin, setan ataupun iblis. Namun, jika kita telah melakukan suatu perjanjian kepada diantaranya, maka kita akan mendapakan siksaan dari bumi dan tidak diterima oleh semesta.

Apasih yang bisa kita ambil "Manfaatnya" dari Film Pengabdi Setan ini?

Biasanya pertanyaan semacam ini sering diajukan oleh orang - orang yang tidak menyukai film horor. Mereka berpikir bahwa film horor selalu berbicara mengenai 18+ saja. Padahal tidak semua film horor terutama di Indonesia yang selalu memaparkan 18+.

Kalau sudah film horor biasanya tidak lepas dan tentu ada kaitannya dengan agama, dan penjelasan - penjelasan mengenai cerita horor yang di angkat.

Pada film ini bercerita mengenai sekelompok sekte. Bagaimana gambarannya, dan apa dampaknya jika bergabung kepada sekte - sekte tertentu. 

Kita, yang awalnya tidak mengerti apa itu sekte, dan apakah sekte itu ada di dunia nyata? dengan adanya film horor ini yaa kurang lebih, sedikitnya kita akan mengetahui itu dengan penggambaran - penggambaran yang telah mereka sajikan.

Dan bagaimana cara agama kita menanggapi hal itu. Apakah kita termasuk orang yang rajin dalam beribadah, atau malah melalaikan dan malah menyembah yang lain? seperti yang terdapat pada film pengabdi setan ini.

Sebagai si pecinta film, dan tidak pernah ketinggalan kalau sudah film horor, horor yaa bukan thiller. Karena menurut saya, horor dan thiller tentu saja berbeda.

Apalagi disaat saya melihat event dari Baca terus mengenai review film dari berbagai negara seperti Korea, Barat, Indonesia, dan juga Anime. Aduuh rasa - rasanya ingin sekali saya review satu persatu. Semuanya memang sangat tertarik untuk di ulas, tetapi sayangnya hanya dikasih pilihan untuk me-review satu film saja dengan kategori film yang sudah di tentukan.

Untukmu si pecinta film, dapatkan rekomendasi film - film menarik dari Bacaterus.com. Silakan kunjungi dan dapatkan informasi - informasi menarik mengenai dunia perfilim-an.

Post a Comment for "Review dan Sinopsis Pengabdi Setan 2017 - Sekte Pemuja Setan"