Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Menjadi Seorang Blogger di Masa Pandemi


Menjadi seorang blogger tentu saja adalah pilihan pribadi masing - masing. Ingin sefokus apa dirinya dalam berbagi informasi kepada publik. Karena label "Blogger" tergantung pada diri sendiri dalam mengelola dan tanggung jawab pada blog tersebut.

Kadang, suka terbesit apa sih enaknya menjadi seorang blogger? hemm, enaknya jadi blogger itu banyak sobat. Disisi lain juga banyak yang melihat kehidupan seorang blogger sangat WAH sekali. Iya, seperti travel blogger, beauty blogger atau seorang food blogger. Mereka sering dapat tawaran kerja sama dari brand - brand yang ternama.

Buat blog butuh alasan? sejak kapan?

Sejak blogwalking, membaca satu persatu artikel dari blog lain, akhirnya saya mendapatkan referensi. Setelah setahun lebih ngeblog, saya baru sadar dengan yang namanya blogwalking. Blogwalking atau yang sering disingkat dengan BW adalah mengunjungi blog milik orang lain, dan meninggalkan jejak baik itu berupa komentar atau yang lainnya.

Blogwalking ini ternyata banyak sekali mendatangkan manfaat. Bahkan yang di dapat dari blogwalking itu hasilnya positif.

Iya, sepertinya selama ini konten yang saya buat terlalu formal. Padahal mengenai keseharian juga bisa dijadikan sebagai konten, layaknya youtuber terkenal. Bukankah mereka sering upload konten? bahkan mereka selalu upload tentang keseharian mereka. Yaa tentu saja berbeda, mereka membuat konten dengan merekam dan membuat video yang menarik, dan kita sebagai seorang blogger tentu saja tugasnya membuat dan upload konten tulisan semenarik mungkin.


Tapi jangan salah, banyak juga loh blogger yang menyambi sebagai seorang youtuber. Sudah pasti tau lah ya, arahnya kemana? hehe iya, cuan kan? bagi mereka seorang content creator atau seorang blogger yang memang fokus di bidang mereka. Wajar saja jika tujuan yang dikejar itu cuan.

Ada juga yang mengerjakan itu sebagai hobi, cuan? Itu dianggap sebagai bonus atau kerja keras kita yang dibayar.

Jaman sekarang itu mudah, kok bisa? dulu, saya sangat buta dengan dunia internet. Kalau di sekolah guru memberi pekerjaan rumah dengan mencari di internet. Saya cuma pergi ke warnet terus bilang sama si penjaga warnet untuk cari dan printkan tugas makalah saya. Laptop? Komputer? Sebetulnya ada dirumah, paling cuma buat ngerjain tugas, ngetik - ngetik doang atau dipakai untuk bermain game. Iya, dulu saya sebuta itu dengan internet.

Padahal, dijaman SMA dulu ketika sudah memakai smartphone (ini lagi jamannya smartphone baru saja keluar), sempat penasaran, "Orang - orang kok bisa ya nulis di internet? caranya bagaimana ya? tertarik? tapi tidak tau bagaimana caranya.

Dari situlah saya tertarik untuk memiliki website pribadi, dan mulai mencari - cari bagaimana caranya agar bisa mengelola website dan memiliki website pribadi. Namun, karena belum menemukan hasil saya menunda mencari tau tentang website dan juga blog. Namun saya tetap saja percaya jika suatu hari nanti apa yang saya ingin pasti bisa saya gapai.

Ketika di jaman kuliah, Masuk di konsetrasi Jurnalistik, tentu saja tidak jauh dari situs - situs web, berita, dan media pertelevisian. Sempat juga dulu, ada salah satu dosen yang pernah bilang begini "Buat website itu mahal, paling murah kurang lebih sekitar Rp. 2.500.000".

Yang awalnya memiliki semangat berharap ada peluang bisa membuat website sendiri eh tiba saja tendengar dosen yang berbicara seperti itu langsung down tiba - tiba haha, kena mental bosque. Ya iyalah, kuliah masih minta bulanan sama orang tua, jasa hasil menggambar yang saya lakukan di jaman kuliah cuma cukup untuk nongkrong di cafe atau nonton di bioskop. Mungkin jika dikumpulkan bisa saja cukup dan terkumpul. Hanya saja, pertanyaan pertama kan yang ditanya "Dimulai dari mana?'.

Peluang lainnya, disaat saya magang di salah satu perusahaan milik BUMN, dari masing - masing kami wajib mengelola media sosialnya, berharap banget saya dapat mengelola website, biar dapat ilmu baru. Ternyata kesempatan saya adalah mengelola twitter. Oke baik, sepertinya ini adalah jalan tuhan, kalau saya fokus pada apa yang seharusnya saya bisa.

Tamat kuliah, keberuntungan saya bekerja di salah satu ecommers. Menurut saya, ecommers tersebut sudah cukup berhasil. Dan saya dipinta untuk mengelola situs website mereka mulai dari 0 banget. Rasa campur aduk, happy? pasti. Tapi, baiknya si bos bilang begini "Ini kamu yang kelola, pelajari aja, dibuka satu - satu". Kalimat ini yang termotivasi saya sampai sekarang untuk terus pelajari hal - hal baru.

Karena diawal saya bekerja disitu saya juga bilang kalau "Mungkin sekarang saya belum fasih, tapi jika saya diberi kesempatan dan diterima disini, tentu akan saya pelajari". Sayangnya, begitu website tersebut sudah full beres dan jadi. Saya harus resign karena pandemi, padahal masih banyak yang harus saya pelajari dan ketahui. Dan saya tidak dapat melanjutkan untuk mengelola website tersebut.

Sewaktu bekerja di ecommers itu saya baru menyadari bahwa "Iya sih benar, harga website tersebut senilai 2 juta lebih bahkan hampir 3 jutaan".

Sebulan setelah resign, saya yang aktif membuka youtube, tiba - tiba dapat notif mengenai tutorial cara membuat blog gratis, dengan menggunakan blogger.

Seakan haus akan ilmu, saya ikuti langkah per langkah yang dijelaskan oleh seorang youtuber tersebut dan tentu saja langsung saya praktekkan.  Perlahan selama kurang lebih sebulan - dua bulan saya menerbitkan 5 tulisan.


Pelan - pelan saya mempelajari mengenai dunia blogger. Bagaimana cara nya memasang template / tema, about, disclaimer, faq, petasitus, Google Search Console, hingga akhirnya saya berkenalan dengan yang namanya domain.

Dari awal pembuatan website di mulai dari nol pada awal mei tahun 2020 lalu, saya tidak pernah bertanya pada orang lain jika mengalami kesulitan, bagaimana caranya membuat A, B, atau C. Karena saya mempunyai satu prinsip "Usaha dulu, kalau tidak bisa, usaha lagi, kalau tidak bisa, dicoba lagi, kalau tidak bisa dan rasanya ingin menyerah. Silakan tanyakan kepada teman yang lebih mengerti".

Saya selalu mengandalkan kemampuan diri saya sendiri dulu, jika terasa sulit baru bertanya kepada orang yang lebih mengerti dari pada tersesat di jalan.

Pada akhir september 2020 saya diterima oleh salah satu pencapaian yang diinginkan kebanyakan para blogger dan youtuber yaitu GA. Hihi, ini sih keberuntungan para blogger. Tetapi, ternyata tidak semudah itu sobat. Baru saja berjalan dua bulan, ternyata adsense mengalami klik tidak falid. Ooh ternyata begini rasanya ke banned adsense selama 30 hari. Galau iya sedih iya, mungkin belum rezeki kali ya.

Jadi, kalau saya ditanya apakah kamu ngeblog butuh alasan? tidak, jawabannya adalah tidak, jawaban lainnya adalah di kerjakan. Iya, alasan saja tidak cukup jika kamu tidak pernah mengerjakannya.

Sekarang juga saya menjadikan blog sebagai pekerjaan utama saya, walaupun sedikit jarang upload konten. Tetapi saya mau lebih rajin - rajin lagi untuk upload konten, sebagai sharing bahwa blog saya selalu aktif, entah ini bermanfaat atau tidak. Setidaknya dengan adanya konten ini sebagai penghantar bahwa adanya blog ini.

Kalau tidak ada pandemi, mungkin saya tidak diperkenalkan dengan dunia blogger. Dan berkat pengalaman menjadi content writer di salah satu ecommers juga saya dapat julukan sebagai seorang blogger.

Bagaimana rasanya menjadi seorang Blogger di masa pandemi?



Iya, seorang freshguade seperti saya, jika ditanya kerja apa sekarang? Jawaban saya adalah Blogger dan Freelance Writer.

Pahadal kerjanya cuma nulis konten doang? doang? iya tidak lebih disitu. Iya kerjaan saya menjadi seorang blogger adalah menulis konten, dengan menulis konten maka akan mendatangkan yang namanya content placement juga review product. Dibayar? tentu saja, kedua ini sebagian dari hasil ngeblog. Menjadi seorang blogger yang cuma duduk, nulis di depan laptop saja, tetapi juga dapat menghasilkan pundai - pundi rupiah.

Sebagai seorang blogger, saya hanya mengandalkan itu saja, tentu dengan menuliskan artikel - artikel yang baik dan menarik.

Yang lainnya, sebagai freelance writer, saya juga menyediakan jasa edit jurnal nasional dan jurnal internasional. Sebagai tambahan pemasukan saya sebagai freelance writer.

Menjadi seorang blogger dimasa pandemi memang sangat membantu sekali bagi saya, walau terlihat seperti pengangguran, padahal dirumah asik sibuk berkarya, memikirkan ide dan menuliskan konten.

6 Tips Menjadi Seorang Blogger Versi Pohon Ketela


Menjadi seorang blogger juga mempunyai tips. Tips ini dirangkum oleh pohonketelamenulis.com dari hasil setahunnya menjadi seorang blogger. Berikut tips yang harus kamu perhatikan untuk menjadi seorang blogger:

1. Punya blog

Langkah pertama menjadi seorang blogger, tentu saja kamu harus mempunyai blog. Kamu bisa menggunakan platform apapun, ada yang gratis dan ada pula yang berbayar. Semua tergantung kebutuhan si pengguna, mau bagaimana dan dibawa kemana untuk kedepannya blog tersebut. Mau lebih di kembangkan lagi atau hanya sekedar berbagi tulisan dan tulisan lomba saja?.

Jadi, jika kamu yang belum mempunyai blog, kamu bisa membuatnya. Banyak tutorial cara membuat blog gratis dari website dan juga youtube.

Ingat, jika kamu tertarik menjadi seorang blogger, kamu wajib mempunyai blog!

2. Mulai menulis

Tips yang kedua adalah mulai menulis. Iya, tujuan kamu membuat blog apa? singkirkan dulu hal lainnya seperti mendapatkan cuan dari ngeblog. Adanya blog yaa di gunakan untuk menulis. Jika kamu tidak memulai untuk menulis maka blog kamu dianggap tidak aktif oleh audiens.

Silakan tulis apa saja, yang bisa kamu sharing, yang sekiranya bermanfaat ketika orang lain membacanya. Jika bisa isi dari kontenmu adalah dimulai dari yang kamu sukai dan kamu pahami. Karena pada dasarnya, segala hobi dan hal  - hal yang kita sukai bisa dikembangkan melalui tulisan.

Jika kamu membutuhkan ide, kamu bisa melihat daftar lomba menulis yang tersedia di banyak media. Atau kamu bisa menuliskan topik berita yang sedang trending saat ini, hal ini juga dapat meningkatkan trafik pengunjung blog kamu.

Jika kamu ingin menjadi seorang blogger, dan sudah mempunyai blog. Silakan lakukan tips kedua ini, yaitu Menulis. Menulis lah tanpa pernah mengenal kata berhenti.

3. Buat Nama domain

Apakah nama domain penting? Penting atau tidaknya kembali ke diri kita sendiri. Karena dengan adanya domain banyak kelebihan yang kita dapatkan. Salah satunya adalah mudah di ingat, iya audiens akan sangat mudah mengingat nama blog kita. contohnya lombatulis.com

Nama domain biasanya memiliki 2-3 kata saja. tidak perlu panjang - panjang.

4. Pahami topik blog

Setiap blog pasti memiliki topik blog nya sendiri. Pengguna blog biasanya menyebutnya dengan kata Niche. Pentingnya niche atau topik blog ini adalah memudahkan para audiens untuk mengkonsumsi konten - konten yang sesuai dengan minat mereka.

Contohnya topik blog mu adalah review film. Maka isi dari blog kamu tidak jauh dari review film seperti review 10 film korea yang menarik perhatian publik.

Begitu pula jika topik di blog kamu membahas mengenai seputar dunia blog, maka isi dari blog kamu tidak jauh membahas dunia blogging seperti Cara membuat blog gratis. Begitulah seterusnya dalam menentukan niche blog kamu.

Untuk memilih topik blog, pilihlah sesuai minat kamu sehingga akan dapat memudahkan kamu untuk terus menghasilkan ide konten ketika blog kamu sudah berkembang.

5. Manajemen Waktu

Tips yang ke lima adalah manajemen waktu. ini sangat penting dilakukan oleh para blogger. Manajemen waktu yang dimaksud adalah mengatur waktu atau jadwal untuk ngepost konten - konten kita.

Atur jadwal ngepost konten kamu sesuai dengan waktu mu. Hal ini bisanya dilakukan sebagai kewajiban para blogger.

Ada yang mengatur satu hari dengan satu hingga dua konten, ada juga yang seminggu dua sampai tiga konten. ada pula yang sebulan maksimal 10 isi konten yang di post. Untuk jam ngepost, ada pula yang mengatur waktunya sedemikian rupa, seperti ngepost tepat pada pukul 7 pagi, jam 8 pagi, jam 1 siang, jam 8 sore, adapula yang tengah malam. Ada juga yang acak - acakan kok jadwal ngepostnya.

Hal yang seperti itu biasanya sudah di manajemen waktu sendiri oleh si pemilik blogger.

6. Pelajari SEO

Jika kita sudah melakukan ke 5 (lima) tips di atas, maka tips terakhir yang harus kita lakukan adalah mempelajari SEO. SEO sebagai singkatan dari Search Engine Optimization atau Optimasi Mesin Pencari (Google).

Masa kini, para blogger berlomba - lomba untuk menerapkan SEO di blog mereka masing - masing dengan menyediakan konten - konten berkualitas lainnya.

Kamu bisa mempelajari cara SEO dengan banyak - banyak membaca atau blogwalking ke blog lain yang menjelaskan mengenai SEO, atau kamu juga dapat mempelajarinya dengan melihat konten - konten di youtube, pilihan terakhir bergabunglah dengan komunitas - komunitas yang sering mengadakan event mengenai dunai perblogger-an, karena dunia blog tidak jauh membahas dunia SEO.

Jika bisa dipetik, kamu bisa mempelajari SEO dengan cara tulis lah konten - konten yang menarik.

Apakah sudah membaca sampai selesai mengenai seorang blogger di masa pandemi? Apakah kamu salah satunya yang tertarik menjadi seorang blogger? Mungkin bisa kamu pakai tips di atas. Terima kasih sudah membaca hingga akhir.

Artikel ini diikut lombakan pada kontes blog #SUPERBERCERITA pada https://superapp.id/.
#SuperBercerita adalah hastag yang digunakan oleh Aplikasi Super dalam eventnya. Aplikasi super adalah kulakan sembako lengkap dan sangat terjangkau no 1 di Jawa Timur.

Dengan kehadiran Aplikasi Super ini tentu saja sangat membantu masyarakat. Kita cuma duduk manis dirumah saja, maka pesananmu akan diantar ke tempatmu. Mudah banget yaa, kulakan berbagai kebutuhan sembako, baik grosir maupun eceran dengan cepat dan mudah cuma langsung dari HP saja.

Keunggulan Memakai Aplikasi Super


Aplikasi Super memiliki keunggulan loh, coba simak pada poin - poin berikut ini:

1. Gratis Ongkir

Hal yang menarik dari aplikasi super adalah gratis ongkir. Semua pesananmu akan langsung dikirim keesokan harinya dan gratis ongkos kirim.

2. Produk Lengkap dan Harga Kompetitif

Kamu bisa kulakan semua kebutuhan sembako hanya dengan satu aplikasi dengan harga grosir.

3. PPOB

Beli pulsa, paket data, atau bayar tagihan listrik, air, dan BPJS langsung di satu aplikasi

4. Pencatatan Keuangan

Aplikasi super bisa mencatat keuangan kamu. Mulai dari mengelola stok barang, mencatat transaksi penjualan, hingga mencatat utang piutang.

Hemm, lengkap banget sih Aplikasi Super ini. Oh iya, Aplikasi Super kini sudah tersedia di smartphone kamu yaa. Cukup buka playstore dengan mencari kata kunci Aplikasi Super maka akan tersedia dan jika bisa kamu download segera. untuk mempermudah kamu dalam mengakses barang kebutuhan pokok toko dan agen.

Saya sudah memakai Aplikasi Super, kamu kapan?

Penulis : Ismayanti Afrina Putri S.Ikom

Post a Comment for "Kiat Menjadi Seorang Blogger di Masa Pandemi"