Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

#PolriPresisi2021 Ada Sosok Polisi Menginspirasi!



Mungkin kita semua pernah mendengar mengenai Polri Presisi. Dan menjadi sebuah pertanyaan mengenai, Apakah Polri Presisi itu?

Konsep presisi ini diluncurkan oleh Komjen Listyo Sigit Prabowo Ketika beliau terpilih sebagai Kapolri. Yang dimaksud dari "Presisi" tersebut adalah gambaran seperti kepolisian masa depan. Presisi sendiri memiliki singkatan yakni Prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan. Berikut konsep transformasi presisi tersebut:
Konsep Transformasi Presisi

Transformasi Menuju Polri yang Prediktif, Responsibilitas, Transparansi berkeadilan yang diperkenalkan sebagai konsep
POLRI YANG PRESISI
"Transformasi menuju Polri yang Presisi"
Hadir melalui penekanan pada upaya pendekatan pemolisian yang prediktif

Prediktif diimplementasikan dalam model pemolisian prediktif atau Predictive Policing yang mengedepankan kemampuan untuk memprediksi situasi dan kondisi yang menjadi isu dan permasalahan serta potensi gangguan Kamtibmas.
Ada 8 Komitmen dari Komjen Listyo Sigit untuk perbaiki Citra Polri :
  1. Menjadikan Polri sebagai institusi yang prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan (PRESISI).
  2. Menjamin keaanan untuk mendukung program pembangunan nasional.
  3. menjaga soliditas internal
  4. Meningkatkan sinergisitas dan soliditas TNI Polri, serta bekerjasama dengan APH dan kementerian / lembaga untuk mendukung dan mengawal program pemerintah.
  5. Mendukung terciptanya ekosistem inovasi dan kreativitas yang mendorong kemajuan Indonesia.
  6. Menampilkan kepemimpinan yang melayani dan menjadi teladan
  7. Mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restoratif dan problem solving.
  8. setia kepada NKRI dan senantiasa merawat kebhinekaan.
Polri Presisi juga memiliki lagu loh, Berikut lirik lagu Polri Presisi :
"Kami Polri Presisi setia melayai masyarakat Indonesia
Selalu berinovasi memajukan teknologi kepolisian modern
Demi bakti pada negeri darah setiaku untuk Indonesia
Prediktif, reposibilitas, transparansi berkeadilann setia berbakti bakti untuk negeri
Polri Presisi
Polri Presisi wujud dari aspirasi harapan masyarakatsemua terhadap kami
Kami Bhayangkara melangkah dengan pasti wujudkan harapan bakti
setia kami pada negeri
Polres Presisi untuk Indonesia"
Diluncurkannya Polri Presisi ini, saya sebagai penulis mengambil salah satu sosok Polri yang telah saya tuliskan disini. Yaitu Iptu Dimin Suyono.

Iptu Dimin Suyono sebagai Kanit Binmas yang bertugas di Polsek Air Joman Kabupaten Asahan Sumatera Utara, yakni yang paling sering terjun ke dunia permasyarakatan. Untuk terjun dan mendekati masyarakat menurut saya cukup terbilang sulit dan tidak mudah. Karena selain mendengarkan suara masyarakat, sebagai polisi juga harus turun aksi dan menanganinya.

Saya pernah melihat Bapak Dimin Suyono juga sangat berperan aktif di masyarakat, mengikuti pengajian, hingga sering menghadiri berbagai acara, karena termasuk dalam tugasnya untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai. Seperti, mengisi arahan pada perwiritan, Menjalin silaturahmi dengan tokoh agama dan masyarakat setempat. Untuk keadaan seperti ini, tentunya tak lepas dari menyampaikan informasi mengenai pemakaian masker, untuk jaga jarak dan tidak berkumpul di tempat yang ramai. 

Gambar ini di ambil sebelum covid

Bisa dikatakan bahwa Iptu Dimin Suyono menjadi sosok teladan dan menginspirasi bagi masyarakat sekitar  Air Joman. ia juga terkenal dekat dengan masyarakatnya.

Menjadi seorang Polri adalah cita - cita sedari anak - anak hingga remaja. Beliau juga banyak menginspirasi anak - anak ketika  berkunjung di sekolah - sekolah. Memberikan teladan, ilmu dan arahan yang baik. Selain dari yang selalu melakukan ibadah 5 waktu di Masjid, setelahnya juga selalu memberi arahan dan bimbingan kepada remaja masjid.

Iptu Dimin Suyono  juga sering hadir ke sekolah - sekolah, dan memberi arahan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang patut ditiru dan mana yang tidak harus dicontoh. untuk mewujudkan terciptanya generasi penerus bangsa. Bisa saja, arahan yang diberikan kepada remaja, murid ataupun masyarakat bisa menjadi abdi negara seperti Iptu Dimin Suyono.

Gambar diambil sebelum covid

Saya sendiri cukup belajar banyak mengenai Public Speaking, bagaimana menyampaikan pesan kepada masyarakat, memberikan infromasi yang benar, jujur atau transparan.

Dan melihat semua perkembangan dan perubahan Polri mengenai perubahan era digital yang semakin modern ini dimana semua didapatkan dengan cepat, sehingga memudahkan masyarakat untuk mendapatkan infromasi.

Tepat pada tanggal 1 Juli, Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 75. Hari Bhayangkara adalah hari kepolisian Nasional yang di ambil dari momentum turunnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 11 Tahun 1946.

Dan, sosok polisi yang tertulis diatas, saya sering memanggilnya dengan sebutan AYAH.
Yaa, dia ayah saya, terima kasih telah mengabdi kepada Negara, tetap tak lupa pada keluarga
terima kasih telah menginpirasi kepada masyarakat, begitupun saya, anakmu.

Tulisan ini saya persembahkan untuk dia, yang sudah menjadi Abdi Negara selama 37 tahun. Pada hitungan bulan yang akan segera pensiun. Dan Selamat hari Bhayangkara untuk ayah dan Seluruh Polisi  Rakyat Indonesia, Terima Kasih telah mengabdi kepada Negara, Masyarakat dan keluarga. 

Penulis : Ismayanti Afrina Putri S.Ikom
(Artikel ini diikutsertakan pada perlombaan Lomba Vlog, Tiktok, Infografis, dan Blog POLRI 2021 HUT Bhayangkara ke 75. Bersama Divisi Humas Polri).

Post a Comment for "#PolriPresisi2021 Ada Sosok Polisi Menginspirasi! "