Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengalaman Kerja di Books Big Bad Wolf Medan 2018 2019


Hooooollllllaaaaaa Kerabat Ketela,
kali ini saya mau sharing pengalaman kerja di BBW nih pada tahun 2018 dan juga 2019 lalu, tetapi dengan terpisah,
sebelum masuk ke cerita 2018 dan 2019 saya mau sharing dulu mengenai Books Big Bad Wolf nih.

Apa sih BBW itu? BBW adalah singkatan dari Big Bad Wolf. Dikutip dari laman wikipedia, Buku Big Bad Wolf (The Bid Bad Wolf Book Sale atau BBW Books) adalah pameran buku. Buku buku tersebut sebagian besar diambil dari stok BookXcess, sebuah toko buku yang menjual buku - buku sisa atau berlebih dari distributor internasional. Pertama kali diselenggarakan pada tahun 2009.

Pameran buku ini menjual segala jenis genre buku, seperti fiksi, non fiksi, novel, sastra, sastra anak, dan fiksi dewasa muda. Itu juga menjual barang dagangan termasuk buku dan poster koleksi, wallpapaer, poster film, tanda berlapis timah dan barang dagangan mereka sendiri.

Books Big Bad Wolf juga berputar pada daerah - daerah tertentu saja di Indonesia. Seperti Kota Jakarta, Medan, Surabaya dan beberapa kota lainnya. Pameran buku ini juga disambut dengan antusias yang sangat tinggi dari setiap kota, kehadiran yang sangat dinantikan.

Pada tahun 2018 dan 2019 Books Big Bad Wolf Medan bertepatan di lokasi Gedung Andromeda, Ex Bandara Polonia Medan.
2018

Sebetulnya, masuk ke Books Big Bad Wolf ini berawal dari ajakan teman sekampus yang sebelumnya sudah bekerja duluan di bbw tersebut, namun karena mengambil shift malam, ada yang keluar dan tidak tahan, akhirnya BBW merekrut crew baru lagi, termasuk saya sih, sebagai crew baru. Jadi posisi saya saat itu adalah sebagai Packer, nah buat teman teman yang belum tau, apa itu packer? packer itu tugas nya sebagai berikut :
  • Bertindak sebagai kasir cadangan
  • Melakukan packaging produk yang dibeli oleh customer
  • Membantu kasir dalam memverifikasi harga & kuantitas yang dibeli
  • Menawarkan produk, program yang ada ataupun sedang berjalan kepada customer.

Dipersingkat, langsung next ke 2019 aja yaa.

2019

Nahh kalau pada tahun 2019, bukan sebagai crew pengganti lagi. Tetapi mengikuti proses dari awal pendafaran, interview, hingga lolos masuk ke BBW.

Untuk sebagian yang bertanya, bagaimana sih masuk? Atau lihat pengumuman lowongan pendaftaran nya dimana? Nah, untuk informasi penerimaan crew biasanya ada informasi tersendiri dari akun asli BBW, kita cuma perlu update aja, daerah kita kapan bukanya.

Pada tahun 2019 ini, saya mengambil pada bagian cashier.
Nah, cashier itu tugasnya :
Section : Cashier
  • Menjalankan proses penjualan dan pembayaran dengan scanning item, menginput dan meng-output setiap kali ada transaksi dari customer.
  • Membantu customer dalam memberikan informasi mengenai suatu produk.
  • Menawarkan produk, program yang ada ataupun yang sedang berjalan kepada customer.
  • Malkukan klarifikasi selambat - lambatnya 2 x 24 jam kepada chief cashier apabila terjadi selisih dalam melakukan laporan keuangan.
Untuk bagian cashier, jika kita lolos dalam tahap interview maka kita akan masuk sebagai crew, dan kita akan mengikuti training (untuk bagian cashier dan packers) selama dua hari.


Oh iyaa, Big Bad Wolf tersebut juga Terbuka selama 24jam loh, jadi kita para crew disediakan 3 shift, tinggal pilih deh kita mau di shift yang mana. Tapi milih nya disaat interview yaaa.

  • Shift 1 (satu) itu dari pukul 07.00 Wib hingga 15.00 wib
  • Shift 2 (dua) dari pukul 03.00 wib hingga 23.00 wib
  • Shift 3 (tiga) dsri pukul 23.00 wib hingga 07.00 wib
Untuk honor yang di dapat oleh cashier dan packer itu sebesar Rp. 20.000 / jam
Jika terlambat selama 30 - 60 menit, maka akan dikenakan potongan sebanyak Rp. 10.000 namun bila lewat dari 1 jam lebih akan di kenakan potongan honor sebanyak Rp. 20.000

Tapi, kalau kita bekerja lebih dari 8 jam, hitungan ke 9 atau ke 10 akan dibayar sebesar Rp. 20.000 pula

Beda juga kalau tidak hadir sama sekali, tentu saja tidak akan mendapatkan fee.

Selama bekerja, kita juga diberi apron dan juga id card pada saat acara berlangsung, namun jika acara telah selesai maka apron dan juga id card akan dikumpulkan kembali.

Alasan saya tertarik bekerja di BBW adalah
  1. Karena saya suka dengan dunia perBUKUan, di BBW itu hampir semua buku ada loh dan juga ada buku dari luar negeri yang buat tertarik adalah dengan harga yang cukup miring karena diskon yang diberikan BBW cukup lumayan besar, apalagi crew dikasih harga diskon, kan jadi menarik.
  2. Engga mau munafik deh, point kedua yaa tertarik dengan upahnya yang lumayan cukup banyak juga lah untuk kantong mahasiswi seperti ku pada saat itu. Hehew, bagi anak perantauan ini sih udah cukup banget lah yakan. Udah kerja di tempat yang disuka, yaitu diperbukuan, dan digaji lagi.
  3. Relasi, ini sih pasti dapet banget. Memperbanyak relasi juga kan, apalagi kalau kita tipe orang yang suka bergaul dan berkenalan dengan orang baru.
Enak nya kerja di shift malam apa?
Menurut saya nih yaaa
Tiap malam kita suka ke floor, menyusun buku atau mengganti buku baru. Karena memang suka banget diperbukuan, jadi mengerjakannya tuh juga senang banget, sambil menyelam sambil meminum air, sambil lihat lihat buku mana yang cocok untuk dibeli.

Ngantuk gak? Ngantuk pasti, jelas banget sih itu. Kita mengubah pola tidur kita, belum lagi jika kita ada kegiatan di siang hari lagi kan. Tapi sekarang tuh sudah banyak aneka minuman kopi yang tersedia, jadi udah tau lah untuk mencegah rasa ngantuk gimana. Apalagi kita yang beetugas sebagai cashier/packer pasti bertemu dengan customer. Masa iya harus menguap dan wajah yang sedikit ngantuk. Kelihatan tidak sopan tentunya.

Enaknya juga, kita bisa lihat sunrise di lapangan lanud soewondo. Aahhhh, ini sih masih hal ternyaman dan paling ditunggu.
Walau terkadang pagi pagi wajah kita udah lecek dan kek baju kusut, hihiw canda kusut.

Ohh iya, kalau yang sebagai crew dari kita tuh kebanyakan yang masih pada kuliah, atau juga freshguade, bahkan ada juga yg udah kerja. Asal kita pandai - pandai saja menyusun waktu.

Post a Comment for "Pengalaman Kerja di Books Big Bad Wolf Medan 2018 2019"