Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Produktif Dengan Planning Harian


Sebagian dari kita sering banget nih keteter jikalau mengerjakan sesuatu. Jika kamu merasakan hal yang seperti itu, ada baiknya kamu mencari tau akan penyebabnya. Bisa jadi karena kamu tidak punya planning harian.

Planning harian yang sering diabaikan bahkan dianggap terlalu sepele, padahal planning punya peran yang sangat membantu produktivitas kamu loh dan banyak manfaat lainnya yang bisa kamu dapetin, Seperti:

Kamu Jadi Lebih Siap

Selain bisa tau apa yang akan mau dikerjakan. Kamu juga jadi lebih mudah untuk menangani tanggung jawab di hari itu dengan jelas. Kebayang dong disaat kamu harus melakukan banyak hal, tapi kamu malah lupa dan akhirnya tugas kamu jadi keteter.

Lebih Memahami Prioritas

Memang tidak ada yang salah jika kamu melakukan pekerjaan sepanjang hari dengan mengikuti alur. Tapi dengan membuat planning harian, kamu jadi tau mana yang harus kamu prioritaskan. Dengan tau mana yang jadi prioritas, maka pekerjaan kamu yang lebih penting jadi cepat beres dan akan mengurangi beban kamu.

Meningkatkan Kemampuan Time Management

Ingat satu hal ini ya "Kunci Produktivitas adalah Manajeman Waktu" Saat membuat planning harian kamu juga sudah termasuk melakukan basic manajemen waktu loh. Tinggal bagaimana kamu agar bisa berkomitmen dengan tenggang waktu yang kamu punya. Kalo kamu hebat dalam manajemen waktu, dijamin kamu bisa mengurus hal apapun kedepannya dengan mudah.

Kehidupan Jadi Lebih Fleksibel

Kata siapa kamu bakal terus - terusan terikat dengan kehidupan yang kaku? punya planning harian, bukan berarti kamu bakal terkekang. Justru dengan adanya kondisi mendadak, gak akan bikin kamu kelabakan kok. Karena dengan adanya planning harian kamu akan tau mana prioritas kamu. Jadi kamu tidak kehilangan arah meskipun dalam kondisi spontan. Tinggal bagaimana cara kamu mengelolanya.


Tips Membuat Planning Harian

Berikut tips planning harian yang mudah ringan dan tetap efektif agar semakin terlihat lebih produktif:

1 Tentukan Goals

Menentukan goals ini sangat penting dan wajib kamu lakukan, karena ini adalah salah satu langkah untuk melihat kamu menjadi lebih produktif lagi. Setidaknya kamu bisa menentukan motivasi untuk diri sendiri. Misalnya, dengan adanya planning ini, tugas dikerjakan jam sekian dalam seminggu harus selesai agar tidak keteter, memperbaiki jam tidur, rutin olah raga pagi dan banyak hal lain semacamnya.

2 Jangan Hanya Melihat Goals Harian

Meskipun ini adalah planning harian, jangan melihatnya untuk satu hari. Artinya apa yang mau kamu lakukan dalam satu hari harus sejalan dengan apa yang ingin kamu capai dalam jangka seminggu, atau jangka yang lebih panjang lainnya. Misalnya dalam seminggu kamu mau selesaikan 10 cerpen dan puisi. Nah, kamu bisa set planning harian kamu, kapan kamu memulainya, mencari inspirasi, hingga eksekusinya. Planning harian ini akan bikin kamu tidak akan melenceng dari goals kamu.

3 Mengkategorikan Kegiatan

Kesalahan yang banyak di lakukan adalah kamu terlalu fokus pada pekerjaan dan terlalu sedikit fokus untuk diri sendiri. Padahal meluangkan waktu untuk diri sendiri sangat diperlukan untuk kekuatan mental kreativitas, refleksi diri dan hal - hal penting lainnya yang bikin kamu tetap produktifloh. Kamu juga bisa kategorikan mana kegiatan untuk pekerjaan dan mana untuk diri kamu sendiri, ataupun keluarga, agar seimbang.

4 Fleksibel

Kamu nggak pernah tau, hal apa yang tiba - tiba bisa terjadi di hidup kamu. Tandai apa hal yang bisa dijalankan dengan opsi lain, dan hal apa yang tidak bisa diganggu gugat. Dengan cara ini, kamu jadi gak perlu untuk berpikir panjang apalagi bingung jika tiba - tiba akan terjadi keadaan yang tida terduga.

5 Pertahankan Keseimbangan

Kamu harus menyeimbangkan jumlah tugas dan tingkat kesulitannya supaya kinerja kamu tetap konsisten. Jika satu hari ada dua tugas besar dan 4 - 6 tugas ringan, ada tugas yang lebih banyak memakan waktu dan ada yang singkat. Kamu juga bisa tambahkan tugas opsional jika kamu masih punya sisa waktu. Tetapi tetap jaga kesehatan dan harus istirahat yaa.

Sumber : kreativv

Post a Comment for "Tips Produktif Dengan Planning Harian"