Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi yang Dapat Membantu Kamu yang Hobi Menulis

Dunia tulis menulis kini kian digemari. Maka tidak heran jika banyak pengguna baru yang terjun pada dunia tulis menulis. Apalagi pada masa pandemi saat ini, banyak yang memilih menulis untuk meningkatkan kreativitas.
Jika kamu salah satunya yang memiliki hobi menulis, ataupun ingin terjun ke dunia penulisan ada baiknya kamu mengetahui apa saja sih media yang mungkin nyaman dan cocok untuk kamu agar kamu bisa sharing atau berbagi tulisanmu pada suatu media menulis.
Bukan hanya menulis, kamu juga dapat membaca atau menemukan tulisan tulisan orang lain, pada apk berikut.

Ketahui yukk aplikasi menulis yang bisa di unduh pada smartphone kamu:

1. Steller
Sumber foto : Pinterest
Steller merupakan singkatan dari story teller alias penutur cerita ataupun pendongeng. Meski terdengar lebih rumit hingga menawarkan konsep yang berbeda. Steller menyediakan semua elemen untuk bercerita, meliputi teks, foto dan video.
Dalam update foto ataupun video pada suatu halaman yang ditambahkan di steller tida boleh dari 20 foto, berarti hanya mampu menampung maksimal 20 foto saja. Makanya, pilihlah foto yang sesuai dengan cerita kamu agar sebuah cerita yang kamu tulis lebih hidup dan tersampaikan dengan baik.
Cerita yang akan kamu unggah di Steller tersebut akan berbentuk seperti e-book. Satu judul cerita dengan beberapa lembar halaman di dalamnya.
Meski sebelumnya aplikasi steller ini hanya tersedia bagi pengguna iOS saja, kini pengguna Android juga sudah bisa mencoba steller dengan cara mengunduhnya pada Play Store ataupun Apple App Store.

2. Wattpad
Detik.net
Untuk media tulis menulis yang satu ini, tentunya sangat tidak asing lagi nih terdengar di telinga para penulis maupun pembaca. Tentunya, karena sudah banyak nya buku yang diangkat menjadi film, maka dunia wattpad juga sangat kian marak. Bahkan banyak juga nih penulis pemula yang terjun langsung di wattpad. 
Wattpad adalah sebuah aplikasi menulis yang merupakan komunitas online untuk para penulis dan pembaca. Di sini, penulis dapat dengan mudah menemukan pembaca tulisan mereka dan pembaca dapat dengan mudah menemukan berbagai tulisan dengan macam genre.
Kamu bisa membuat akun secara gratis di wattpad untuk mulai menulis atau sekedar membaca tulisan - tulisan di wattpad, mulai dari cerita pendek, cerita bersambung, puisi, dan lain sebagainya.

3. JotterPad
TechDissected
Jotterpad menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk penulis yang memliki lebih dari 1.400.000 total penginstalan dengan peringkat rata - rata 4,5.
Jotterpad adalah sebuah editor teks yang sangat berguna dengan baik untuk menulis catatan pendek maupun artikel panjang.
Bukan hanya itu sajaJotterpad ini juga sangat cocok digunakan untuk menulis novel, puisi, lirik lagu, hingga artikel. Format tulisan yang kamu buat di JotterPad bisa berupa .txt, pdf, markdown, dan docx. JotterPad juga memiliki antar muka yang user-friendly dan kamus built-in yang meningkatkan produktivitas kamu.
Aplikasi jotterpad ini hanya tersedia di Android dan Chrome yang dapat di unduh melalui Google Play Store. Namun, belum tersedia pada Mac ataupun iOS. Tetapi tenang saja karena Jotterpad pada Mac dan iOS akan tersedia pada akhir 2020.

4. Storial.co
Storial.co adalah sebuah aplikasi menulis untuk  ingin mengunggah tulisan atau cerita kamu dalam format buku.
Fitur yang disediakan oleh Storial.co sangat memungkinkan para penggunanya agar bisa menuliskan cerita dari bab per bab.
storial pun menyediakan koleksi yang begitu beragam dan lebih banyak pilihan seperti cerpen, novel, puisi, review, esai, Sejarah dan banyak lainnya. Storial juga bekerja sama loh dengan nulisbuku.com dalam menerbitkan karya - karya penulis. 

5. Medium
Bagi kamu yang senang membaca artikel opini, reportase mendalam, fotografi, dan artikel features yang panjang, aplikasi ini sangat cocok untuk kamu. Karena didesain dengan antarmuka yang bersih, pengalaman membaca pun jadi lebih nikmat walaupun dalam durasi yang lama. Medium juga memiliki platform fitur yang mirip dengan twitter dan juga blog. Sama seperti storial.co, Medium juga menyediakan fitur story yang kegunaan nya mempromosikan hasil tulisan yang baru saja kita publish, tiap story tersebut akan mendapatkan informasi mengenai penulis, waktu terbit, hingga estimasi waktu bacaan yang bertanda bintang.


6. Writer Plus
Myket.ir
Writer Plus sudah banyak digunakan untuk menulis. Untuk mendapatkan aplikasi ini, bisa kamu temukan dengan mengunduhnya di play store. Aplikasi menulis novel ini dilengkapi fitur word and character count, undo dan juga redo serta night mode.
Aplikasi writer plus ini sangat membantu bagi penulis, karena dapat mencatat hingga merekam semua pembicaraan kita. 

7. Novelist
Apkpure.com
Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mendukung bagi kamu para penulis novel. Aplikasi Novelist ini menggunakan berbagai tools keren guna untuk menyusun plot bahkan berupa outline dari tulisan tulisan anda.
Novelist juga menawarkan beberapa macam fitur yang menarik, mulai dari tersedianya template untuk buku, editor teks dengan format dan auto save hingga mode preview yang praktis.
Bukan hanya itu, dengan menggunakan novelist kamu dapat mengatur tanggal deadline sesuai dengan pekerjaan menulis anda.

8. Writer Tools
Writer Tools merupakan aplikasi yang menyediakan fitur time. Dimana kamu akan menulis dengan waktu yang sudah ditentukan yaitu selama 25 menit. Namun, jika waktunya sudah selesai, kamu disarankan agar berhenti menulis dan melakukan istirahat sejenak.
Aplikasi ini dapat membantu kamu untuk membuat profil dari setiap karakter dalam Novel kamu pada fitur "Characters" yang telah tersedia.
Writer Tools juga menyediakan Writing Progress, yang dimaksud sebagai pemantau dari hasil tulisan dan terlihat secara berkala agar mengetahui statistik dari buku yang sedang anda tulis.

Apakah kamu salah satu pengguna media menulis seperti diatas? Jika iya, next akan di perjelas lebih luas mengenai media atau aplikasi tulis menulis. Silakan comment dibawah kamu memakai media tulis yang mana. Atau jika ada tambahan silakan tambahkan pendapatmu mengenai aplikasi menulis di kolom komentar.

Post a Comment for "8 Aplikasi yang Dapat Membantu Kamu yang Hobi Menulis"