Tips & Trik jitu agar tidak tertipu saat Belanja Online

@iaputrii_

Haii Ladies, untuk kamu yang sering belanja online pasti udah tau tips dan trik jitu biar engga ketipu. Apalagi disaat masa pandemi begini, jualan online semakin membarudak dan pastinya sangat banyak dilirik. Tapi, kamu perlu hati - hati. Salah satunya kamu yang belum pernah sama sekali belanja online. Kadang, udah sering belanja online pun bisa jadi dia kena tipu looh, Uppss.

Nah, berikut penjelasan agar tidak tertipu saat belaja online yang perlu diperhatikan adalah:

1. Profil/Toko Online

Mau kamu belanja di shopee, tokopedia, blibli.com, buka lapak ataupun sebuah website. Pastikan bahwa toko online tersebut ori yaa. Misalnya saja di Shopee telah tersedia shopeemall atau toko online yang lainnya juga tersedia begitu. Mau beli barang di toko tersebut jadinya tidak menimbulkan sebuah keraguan lagi kan. Nah, jika masih toko online biasa. Mungkin kamu juga bisa cek profilnya di apk lain, misalnya di instagram, facebook atau bahkan twitter. Iya, bagaimana sih cara mereka dalam memasarkan produk mereka. Sehingga mampu meyakin kan kamu bahwa mereka memang tidak punya ruang untuk menipu melainkan menjaga kepercayaan konsumen.

2. Baca Deskripsi Produk

Hal ini sangat perlu diperhatikan sebelum membeli, jadi jangan sampai salah ya. Dan coba dibaca baik - baik tentang deskripsi produk yang di jelaskan. Jika kamu memilih pakaian, pastikan juga bahwa kamu hafal betul bagaimana tekstur dan bentuk dari kain produk tersebut. Jadi kalo barangnya datang engga zonk deh.

Tetapi, kalau kamu mau beli kosmetik atau kecantikan lainnya, tetap pastiin juga deskripsi produk. Biasanya sebuah toko menyajikan satu tempat namun dengan paket yang berbeda. Misalnya saja, ada paket acne, paket whitening dan paket luminous. Noh, baca deh tuh kamu kulit kamu cocoknya dimana. Jangan asal pilih, bisa rusak deh tuh muka.

Peran Deskripsi produk ini sebenarnya sangat penting bagi kita sebagai pembeli. Namun, dari kita kebanyakan untuk mengabaikan nya. (Kebanyakan) loh ya, berarti tidak semuanya. Padahal, ini adalah point utama juga. Jadi, jika barang yang datang tidak sesuai deskripsi baru deh bisa chat ke admin nya.

3. Chat - Mengirimkan Pesan

Chat? Emang penting?

Kadang juga engga di bales kok sama admin nya!

Chat atau mengirim pesan di toko online memang penting yaa, bukan cuma kasih kabar ke doi aja yang penting. Ke toko online juga, iya banget uang udah di tranfer eh barang engga dikirim, rugi dong.

Yapp benar, bagi konsumen memang cukup penting hal ini. Terkadang konsumen atau kita yang tidak mengerti bagaimana caranya menentukan ukuran baju, sepatu hingga cincin dan yang lainnya. Akan berujung menanyakan melalui pesan chat yang tersedia. Meski jarang di balas, ataupun sedikit lama di balas.

Untuk toko/admin, jika memang pesan melalui aplikasi online tidak dapat dilakukan, jangan lupa untuk membuat deskripsi pada toko online tersebut bahwa chat/mengirim pesan bisa melalui whatsapp. Jika terasa toko online sudah membarudak sekali pesanannya cobalah untuk menambah admin baru, agar toko online tetap berjalam aman, lancar, konsumen pun puas.

Untuk konsumen, sabar ya. Karena tidak semua toko punya banyak admin. Bisa jadi, dia mengelola toko tersebut hanya seorang diri.

Sebab, tidak semua toko dapat mengirimkan pesan atau chat melalui toko online tersebut. Biasanya yg seperti ini ada di aplikasi online seperti shopee, tokped dan lainnya. Terlalu banyak pesanan namun, mereka mengalihkan pesan tersebut melalui whatsapp.

Nah, kita sebagai konsumen juga jangan terlalu mengekang si penjual atau admin yaa. Karena mereka juga punya jam kerja.

4. Baca Comment dan Foto

Untuk review comment dan foto dari konsumen lain ini memang perlu diperhatikan yaa. Bahkan termasuk salah satu point penting nya. Biasanya penjual sangat mementingkan kepuasan dari konsumen, berharap diberi rating maksimal 5 bintang, minimal 4 bintang. Yang pasti, barang yang datang pada konsumen tidak mengecewakan. Jadi, sebelum membeli suatu produk di toko online. Kamu wajib banget lihat review dari comment dan foto nya yaa. Karena, dari hasil review yang lain inilah menambah keyakinan kita sebagai pembeli dan menghilangkan sebuah keraguan.

Penulis : I. Afrina Putri

Post a Comment for "Tips & Trik jitu agar tidak tertipu saat Belanja Online"